Cara Finishing dan Merawat Kusen Pintu Kayu Warna Natural Anti Rayap

Finishing kusen pintu kayu dapat menentukan kualitas kusen tersebut nantinya, anda bisa menambahkan obat anti rayap untuk kusen pintu kayu berkualitas!

2 Tahapan Mengecat Kusen Kayu Dengan Pernis Mudah Untuk Dilakukan Siapa Saja

Memiliki kusen pintu yang kokoh dan tampak estetik adalah hal yang diinginkan semua orang. Apalagi jika kusen kayu tersebut juga memiliki ketahanan terhadap serangga pengganggu seperti rayap. Meski hasil finsihingnya bagus, jika sudah terkena serangan rayap pasti akan berkurang kualitasnya. Maka, diperlukan cara finishing dan bahan yang tepat untuk digunakan agar kusen pintu bisa lebih awet dan tahan rayap.

Agar kusen pintu di rumah anda dapat terhindar dari rayap dan bisa awet digunakan, anda perlu melakukan perawatan. Selain itu, proses finishing juga sangat mempengaruhi kualitas kusen pintu di rumah anda. Simak artikel ini untuk mengetahui cara finishing yang tepat untuk kusen pintu anda agar tahan terhadap rayap.

Memilih Bahan Finishing untuk Kusen Pintu Kayu

Pemilihan bahan finishing untuk kusen pintu kayu sangat penting untuk diperhatikan. Penggunaan bahan finishing yang salah akan mengakibatkan kusen pintu kayu mudah rusak bahkan terkena serangan rayap. Dari berbagai jenis cat yang beredar di pasaran, anda perlu memperhatikan keamanan bahan yang digunakan.

Sebaiknya gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan, dan mudah diaplikasikan. Anda juga perlu menggunakan tambahan obat anti rayap. Jadi pastikan cat yang anda gunakan dapat dicampurkan dengan obat anti rayap untuk melindungi kusen pintu dari serangan rayap di kemudian hari. Jenis cat water based adalah cat yang cocok untuk kebutuhan anda dalam hal ini.

Cat water based adalah cat yang berpelarut air, bukan seperti cat solvent based yang menggunakan thinner. Cat ini juga lebih aman untuk digunakan jika dibandingkan dengan jenis cat solvent based. Karena lebih fleksibel untuk digunakan, anda bisa mencamourkan cat ini dengan obat anti rayap pada bagian clear coat. Kombinasi kedua bahan ini akan membantu kusen pintu anda menjadi lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.

Merk cat water based yang dapat anda gunakan adalah biovarnish. Tersedia dengan varian dan warna yang lengkap, membuat produk ini sangat cocok untuk finishing kusen pintu anda. Selain lebih aman digunakan, cat ini juga lebih hemat budget karena hanya membutuhkan air bersih sebagai bahan pelarutnya.

Finishing Natural dengan Biovarnish Liquid Stain untuk Kusen Pintu Anti Rayap

Biovarnish adalah cat kayu water based yang telah memenuhi standar keamanan bahan kimia international. Dibawah regulasi EU-ECHA Reach Regulation compliance dan US EPA Regulation Compliance, membuat bahan ini menjadi produk yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Pewarna kayu biovarnish liquid stain juga sangat cocok digunakan untuk finishing natural kusen pintu di rumah anda.

Dengan penetrasi warna yang baik tanpa merusak dan menutup serat kayu, wood stain liquid dari biovarnish ini akan meningkatkan kesan natural pada kusen pintu. Anda juga dapat menghemat biaya finishing saat menggunakan produk ini karena hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya. Aplikasinya juga fleksibel, bisa di kuas maupun dengan menggunakan spray gun. Selain itu, anda akan lebih cepat melaksanakan proses finishing karena cat ini cepat kering.

Penggunaan liquid stain dapat dilakukan setelah aplikasi wood filler yang akan menutup pori-pori kayu. Setelah itu baru dilakukan pewarnaan dengan menggunakan wood stain liquid, anda dapat memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Selesai dengan tahap pewarnaan, anda bisa melanjutkan dengan aplikasi clear coat.

Tahap akhir pada finishing ini, anda dapat mencampurkan biocide insectice sebagai obat anti rayap dengan clear coat. Aplikasi ini akan membuat lapisan finishing kusen kayu menjadi lebih tahan terhadap rayap. Sehingga akan membantu memperkecil resiko kusen pintu mengalami kerusakan akibat serangan rayap.

Merawat Kusen Pintu Kayu anti Rayap

Untuk mendapatkan kusen pintu kayu berkualitas, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Menggunakan obat anti serangga

Cara perawatan kusen kayu yang paling mudah adalah dengan menggunakan obat anti serangga. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya rayap atau serangga lainnya yang berpotensi merusak kusen pintu. Anda dapat menggunakan biocide insecticide yang dicampurkan dengan clear coat saat melakukan proses finishing sebelum kusen pintu digunakan. Untuk hasil terbaik, gunakan juga obat anti rayap ini secara rutin setelah kusen pintu sudah terpasang dan digunakan.

Pintu Berlubang Karena Rayap Segera Atasi Dengan Dempul Kayu Biovarnish 1
  1. Membersihkan bagian-bagian yang berlubang

Selanjutnya, anda juga harus perhatikan kondisi kusen pintu untuk mencari tahu apakah ada bagian yang berlubang. Jika sudah mulai terlihat lubang atau pori pada kusen pintu tersebut, sebaiknya gunakan dempul atau wood filler untuk menutupnya.

  1. Melakukan pengecatan ulang

Langkah lain yang perlu anda lakukan adalah melakukan finishing ulang atau pengecatan ulang. Anda dapat menggunakan biovarnish liquid stain untuk memperbarui warna kusen pintu di rumah anda. Hal ini dilakukan selain untuk menjaga keindahan, juga untuk merawat kusen pintu kayu agar lebih awet.

  1. Hindarkan dari benturan

Selanjutnya, sebisa mungkin jangan sampai kusen pintu terkena benturan. Benturan berpotensi menimbulkan luka atau lubang pada kusen pintu. Selain itu, benturan bisa  meninggalkan goresan yang bekasnya susah hilang sehingga akan menurunkan nilai estetika kusen pintu kayu. Jika sudah ada lubang, tentu saja rayap akan lebih mudah menggerogoti kusen pintu. Jadi, pastikan hal ini tidak terjadi ya.

  1. Membersihkan dari serangga

Cara lain dan mungkin menjadi cara terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan kusen pintu dari serangga. Anda harus rutin membersihkan kusen pintu di rumah anda agar tidak menjadi sarang serangga seperti rayap.

Ingin Membeli Biovarnish dan Biocide?

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish dan biocide di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish Liquid Stain"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.