Kenali Tanda Rayap pada Furniture dan Gunakan Cat Kayu Anti Rayap Ini

Rayap dikenal juga dengan semut putih, inilah yang sering terjadi karen banyak orang tidak bisa membedakan antara rayap dan juga semut.

Sehingga penanganannya pun seringkali salah. Ketika sebuah furniture. Perbedaanya adalah pada pinggang, rayap memiliki pinggang yang lebih tebal dibandingkan dengan semut. Anda harus mengetahui apakah furniture terserang semut atau rayap. Ketika furniture kayu atau bahkan bangunan di rumah Anda terserang rayap maka akan bangunan atau furniture akan cepat rusak.

Sehingga akan menimbulkan kerugian secara finansial bagi Anda. Bayangkan jika konstruksi rumah Anda rusak maka rumah Anda bisa roboh. Selain itu kerugian juga akan didapatkan apabila furniture yang sudah Anda beli dengan harga mahal ternyata dimakan rayap maka kerugian secara finansial akan Anda dapatkan.

Baca Juga : rekomendasi merk cat kayu anti air dan rayap untuk lindungi furnitur kayu

Keadaan furniture akan menjadi sulit apabila rayap menggerogoti furniture daru dalam. Rayap adalah serangga yang tidak akan pernah lepas dari koloninya sehingga apabila mereka merusak rayap dari dalam furniture seringkali Anda terlambat menyadarinya. Untuk mengatasi hal ini Anda harus terlebih dahulu mengamati apakah furniture Anda telah dihinggapi oleh rayap. Nah apabila Anda sudah bisa mengidentifikasi apakah furniture sudah terserang rayap maka Anda bisa langsung mencari solusi yang tepat.

Baca Juga : cara lindungi kusen rumah agar awet dengan cat anti rayap untuk kusen

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil furniture yang tidak mudah terserang rayap maka Anda bisa memberikan lapisan cat kayu anti rayap pada bagian luar furniture. Sekaligus memberikan perlindungan dari dalam yaitu menggunakan bahan anti serangga yang akan meresap ke dalam substrat kayu. Lalu bagaimana dengan furniture yang telah terserang rayap?

Baca Juga : cara mudah memperbaiki furnitur kayu keropos karena rayap

Bagaimana dengan cara menghilangkan rayap dan juga pencegahannya? Tentu saja untuk furniture yang terkena rayap bisa diatasi juga dengan obat anti serangga seperti BioCide Insecticide kemudian baru dilakukan proses refinishing pada furniture untuk pencegahan timbulnya rayap di kemudian hari.

Tanda-Tanda Keberadaan Rayap Pada Furniture

Agar Anda tidak terlambat menyadari keberadaan rayap pada furniture maka ketahuilah ciri-ciri furniture yang terkena rayap. Meneliti apakah sebuah furniture terkena rayap memerlukan kesabaran karena Anda tentu tidak bisa melihat langsung keberadaan rayap di dalam furniture kayu. Namun Anda bisa memperhatikan tanda-tanda apa saja yang mengidentifikasikan keberadaan rayap.

Baca Juga : cara dempul kayu untuk cacat kayu yang bolong karena rayap

1. Kenali Jenis Kayu

Rayap akan cepat muncul tergantung dengan jenis kayunya. Bahkan untuk jenis kayu jati muda juga sering dimakan oleh rayap. Ketahuilah jenis-jenis kayu apa saja yang sering  dimakan oleh rayap. Salah satunya adalah jenis kayu lunak seperti pinus, mahoni, sonokeling dan juga jati belanda. Maka Anda harus lebih waspada apabila Anda menggunakan jenis kayu ini untuk furniture.

2. Muncul Bubuk

Rayap yang memakan furniture kayu seringkali meninggalkan jejak berupa bubuk kayu. Bubuk kayu ini adalah substrat kayu yang dimakan oleh rayap. Jika furniture Anda terdapat bubuk kayu maka dapat dipastikan rayap berada di dalam furniture kayu. Permasalahan ini seringkali muncul pada kusen jendela atau pintu.

pintu kena rayap

3. Amati kaki furniture

Rayap akan mulai merusak dari bagian bawah furniture, perhatikan kaki furniture di rumah Anda dan bisa mulai dengan mengetuk. Apabila kaki furniture yang tadinya terasa berisi kemudian ternyata setelah Anda ketuk terdengar kosong maka bisa jadi rayap sudah mulai merusak furniture.

4. Sisa sayap rayap

Ada jenis rayap yang bersayap, Anda bisa mengamati apakah banyak sayap laron yang terlepas di sekitar furniture. Nah ini adalah salah satu tanda keberadaan rayap.

5. Sulit membuka pintu atau jendela

Ketika rayap menggeregoti kayu dari dalam maka kotoran dari rayap akan membentuk sebuah proteksi yang menyebabkan penyerapan panas dan kelembaban. Efek ini akan membuat kayu berubah ukuran yang membuat sulit untuk membuka atau menutup pintu dan jendela.

6. Ada galeri pada kayu

Furniture Dimakan Rayap? Gunakan Cat Kayu Anti Rayap Ini

Galeri yang dimaksud adalah terowongan yang muncul di dalam kayu. Untuk melihatnya Anda memerlukan alat bantu khusus untuk bisa melihat jauh ke dalam pori kayu.

7. Tedengar suara rayap

Apabila Anda sedang mendengarkan suara di dalam furniture maka rayap sudah bersarang sangat lama dan sangat berbahaya. Terlebih jika Anda mendengarkan suara dari konstruksi rumah seperti tiang.

Nah sekarang coba Anda bisa melihat dalam furniture atau kusen di rumah Anda. Apakah terdapat ciri-ciri di atas? Jika rayap sudah terdeteksi maka Anda bisa langsung melakukan pencegahan dengan mudah.

Bahan-Bahan Yang Tidak Disukai Oleh Rayap

Sebelum Anda masuk ke dalam solusi bagaimana menghilangkan rayap pada furniture, bagi Anda yang memiliki furniture belum dimakan oleh rayap maka bisa melakukan pencegahan. Salah satu caranya adalah menggunakan bahan-bahan yang tidak disukai oleh rayap. Rayap adalah serangga yang menyukai kelembaban. Rayap akan segera menyerang furniture yang berjamur dan mengandung banyak air. Bahkan tidak jarang jamur yang mengundang rayap untuk datang.

Oleh karena itu Anda bisa mengukur kelembaban di dalam udara. Mencegah adanya kelembaban khususnya pada musim hujan bisa menggunakan bahan serap lembab seperti container desiccant. Produk ini juga akan mencegah jamur dan kelembaban tidak timbul pada ruangan. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan cara menggantungkan produk dalam ruangan. Container desiccant akan lebih bekerja dengan sendirinya.

Selain menjaga kelembaban, Anda bisa menggunakan produk-produk yang tidak disukai oleh rayap. Pertama Anda bisa menggunakan kapur anti rayap. Kapur ini cukup efisien untuk digunakan pada furniture. Goreskan kapur pada furniture khususnya pada bagian bawah. Kedua gunakan oli bekas dan oleskan pada bagian bawah furniture. Oli sangat tidak disukai oleh rayap karena aromanya. Ketiga adalah menggunakan akar wangi. Rayap paling tidak suka dengan akar wangi, namun keberadaan akar wangi bisa menimbulkan aroma yang wangi di dalam ruangan.

Keempat Anda bisa menggunakan air tajin. Semprotkan air tajin ke dalam pori kayu sehingga membuat rayap tidak akan masuk ke dalam kayu melalui pori-pori.  Kelima adalah menggunakan sabun. Ini adalah cara paling mudah dan paling murah untuk digunakan. Dengan menggunakan sabun rayap tidak akan masuk ke dalam substrat kayu.

Di atas adalah bahan-bahan alami yang mudah sekaligus murah untuk didapatkan. Apabila Anda ingin mengusir rayap maka cara di atas adalah paling efektif selain menggunakan obat.

Proses Pengusiran Rayap Pada Furniture Berayap

Bagaimana mengusir rayap pada furniture? Apabila Anda sudah mendeteksi keberadaan rayap pada furniture maka Anda bisa langsung mengambil langkah pengusiran. Apabila furniture Anda telah dilapisi dengan cat maka hilangkan lapisan cat terlebih dahulu. Ini dikarenakan lapisan coating pada furniture menutup pori-pori kayu yang menghambat peresapan obat anti serangga. Setelah lapisan coating hilang maka aplikasikan produk anti serangga yaitu BioCide Insecticide. Campurkan BioCide dengan air secukupnya kemudian oleskan ke seluruh permukaan furniture dengan kuas. Apabila furniture berbentuk kecil maka Anda bisa merendamnya dengan larutan bahan anti serangga.

Setelah seluruh bagian furniture terkena dengan bahan tunggu hingga benar benar kering. Jika perlu lakukan penjemuran furniture di bawah sinar matahari secara langsung. Pastikan kayu benar-benar kering dan obat telah meresap. Proses ini akan menghilangkan dan membunuh rayap bahkan bakal rayap yang akan memulai koloninya. Atau ratu rayap yang bersarang di dalamnya, ketika koloni ini sudah mati maka BioCide juga akan memberikan perlindungan berupa pencegahan agar rayap tidak mulai bersarang kembali.

Cat Anti Rayap

Proses penghilangan rayap sudah dilakukan, selanjutnya adalah proses recoating. Proses recoating ini membutuhkan peranan dari cat yang mengandung bahan anti rayap seperti produk Biovarnish. Produk Biovarnish memiliki kandungan anti rayap pada Wood Filler, Wood Stain dan juga Clear Coat sehingga pori-pori tertutup dan terlindungi dengan bahan cat yang tidak disukai oleh rayap. Aplikasi produk ini sangat penting untuk menjaga agar rayap tidak mudah untuk merusak furniture bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Proses aplikasi produk Biovarnish sangat mudah, dalam kemasan tertera cara aplikasi dengan tepat. Anda bisa mulai mengaplikasikan produk Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Proses aplikasi hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut jadi Anda tidak perlu membeli thinner. Dengan harga murah tentunya Anda bisa membeli produk cat kayu Biovarnish series. Segera atasi rayap pada furniture Anda sebelum rayap merusak furniture Anda yang berharga jutaan rupiah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top