Mencegah Jamur Perusak Kayu dengan Cat Anti Jamur

413
Cara Mencegah Jamur Perusak Kayu dengan Cat

Seringkali furniture akan rusak karena jamur. Ada banyak sekali jenis jamur yang bisa merusak kayu baik itu kayu solid ataupun kayu buatan. Bagaimana cara jamur merusak dan jamur tumbuh pada furniture? Semua itu berasal dari kelembaban yang melanda kayu baik itu kelembaban yang terdapat pada udara atau kelembaban yang terdapat pada air hujan.

Kayu solid atau kayu buatan memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban. Kandungan air yang diserap ini akan disimpan di dalam furniture sehingga jamur akan tumbuh. Jamur yang tumbuh ini tinggal di dalam dan juga di permukaan kayu. Apabila tidak segera diatasi maka akan merusak struktur kayu.

Kayu solid memiliki pori atau rongga dimana jamur bisa tumbuh. Rongga yang sudah ditumbuhi oleh jamur akan semakin melemah, menjadi lembek sehingga furniture akan menjadi hancur. Jika furniture terbuat dari kayu buatan maka jamur akan lebih mudah tumbuh. Kayu buatan biasanya terdiri dari serbuk kayu yang dilem kemudian ditekan menggunakan mesin.

Strukturnya yang lebih halus dibandingkan kayu solid lebih mempermudah jamur untuk tumbuh. Bahkan apabila furniture sudah difinishing dengan bahan cat jamur akan tetap tumbuh. Alasan utamanya adalah jenis cat yang digunakan tidak mengandung bahan anti jamur.

CS Biovarnish

Apakah mungkin mengatasi jamur perusak kayu furniture hanya dengan cat? Tentu saja hal tersebut sangat mungkin. Saat ini, sudah banyak produk cat yang dilengkapi dengan bahan anti jamur sehingga sangat melindungi furniture yang terbuat dari kayu apapun.

Mengenal Jenis dan Cara Mencegah Jamur Perusak Kayu

Mengetahui atau mengidentifikasi jenis jamur apakah yang tumbuh pada permukaan kayu sangat penting untuk dipelajari. Mengenal jenis jamur artinya mengetahui langkah apakah yang harus diperbuat. Bagaimana cara menghilangkan jamur dengan aman tanpa merusah furniture, serta cat manakah yang sebaiknya digunakan.

Saat ini sudah banyak orang yang mulai memperhatikan masalah jamur pada kayu, khususnya mereka yang bekerja dengan kayu atau furniture. Jamur memiliki kandungan yang bisa dikatakan sebagai racun untuk kayu. Alasan inilah yang membuat banyak orang untuk mencari cara dan meneliti agar dapat menggunakan produk untuk menghilangkan jamur pada kayu.

Jamur atau yang lebih kerap disebut mold dapat terlihat pada permukaan kayu dengan bentuk yang samar-samar. Memiliki warna yang lebih gelap dan tersebar bahkan adapula beberapa yang berwarna putih. Jamur atau mold ini juga dapat tumbuh di permukaan kayu (tidak hanya tampil dengan warna saja).

Cara Mencegah Jamur Perusak Kayu dengan Cat
jamur permukaan yang sudah parah pada kayu

Jamur akan tumbuh di kayu dan mengkonsumsi kayu sebagai nutrisi inilah yang membuat furniture kayu kemudian menjadi rusak. Sangat mudah bagi jamur kayu untuk berkembang biak. Spora yang terdapat pada jamur permukaan akan terbang di udara. Apabila spora ini menempel pada furniture lain maka akan menembuhkan jamur dengan sangat cepat.

Spora jamur berada di udara yang kita hirup, beberapa jenis spora jamur bisa menembulkan alergi bagi mereka yang sensitif. Jamur yang disebut sebaga jamur permukaan ini biasanya memiliki tampilan berwarna putih dan timbul. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan kaca pembesar.

Jamur permukaan ini sangat mudah dihilangkan dengan lap basah, namun hanya dengan lap saja tidak akan mencegahnya untuk tumbuh kembali. Walaupun sudah bersih, dalam waktu beberapa minggu saja, jamur akan tumbuh kembali bahkan dalam jumlah yang lebih banyak.

Satu-satunya cara untuk mencegah pertumbuhan jamur permukaan adalah dengan menjaga permukaan kayu tetap kering. Artinya seluruh ruangan yang tgerdapat furniture kayu harus memiliki ventilasi agar kelembaban tidak tinggi di dalam ruangan. Khususnya pada ruangan lembab seperti kamar mandi, dapur dan basements.

Cara Menghilangkan Warna Bekas Jamur pada Furniture

Seringkali furniture yang pernah ditumbuhi jamur permukaan akan meninggalkan bekas warna pada furniture. Bekas warna ini akan mengurangi tampilan estetika dari furniture. Bekas ini tidak hanya bisa dihilangkan dengan air saja namun harus menggunakan bahan kimia khusus seperti bleaching kayu.

Bleaching kayu water based adalah pilihan jenis produk yang aman digunakan untuk menghilangkan bekas noda yang timbul akibat jamur permukaan. Anda bisa menggunakan bleaching kayu White Agent 250 yang lebih mudah untuk digunakan serta bisa lebih cepat menyamarkan noda jamur.

Cara menggunakannya adalah mencampurkan White Agent 250 dengan air perbandingan 1 bahan ; 1 air. Kemudian kuaskan larutan ke seluruh permukaan furniture. Anda bisa mengaplikasikan ke seluruh permukaan kayu atau hanya bagian noda saja. Diamkan furniture kering kemudian Anda akan melihat warna noda jamur menghilang.

Proses pengeringan memerlukan waktu sekitar 4 hingga 6 jam tanpa dijemur pada panas tahari langsung. Bahan akan mulai memudar dan selanjutnya adalah pembilasan untuk menghilangkan sisa obat pemutih. Pembilasan dilakukan dengan air bersih. Jemur kembali hingga furniture kering.

Kini furniture sudah bisa dilapisi oleh bahan cat anti jamur.

Aplikasi Bahan Cat Anti Jamur

Proses aplikasi atau pemberian bahan perlindungan berupa cat anti jamur pada furniture cukup mudah. Hanya saja lapisan cat sebelumnya haruslah cat water based karena lapisan cat yang digunakan adalah jenis clea coat water based. Anda bisa mengaplikasikannya di atas wood stain atau sanding sealer water based.

Bahan obat anti jamur permukaan didapatkan dari BioCide SFP yang merupakan obat khusus anti jamur water based. Jadi ketika dicampurkan dengan clear coat water based akan membentuk larutan yang kompatible dan bisa digunakan untuk melindungi furniture kayu.

 Bahan cat yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Biovarnish. Biovarnish clear coat merupakan bahan cat yang proses aplikasinya mudah hanya dengan kuas. Selain aplikasinya yang mudah, bahan ini cocok dicampurkan dengan bahan obat anti jamur permukaan BioCide.

Berikut ini cara aplikasinya:

  1. Siapkan furniture yang telah diamplas, pastikan sebelumnya furniture telah dilapisi dengan wood stain atau sanding sealer water based. Amplas halus dengan ambang seluruh permukaan dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  2. Siapkan air, tambahkan Biovarnish clear coat, dan BioCide SFP lalu aduk hingga rata. Apabila larutan sudah rata lanjutkan dengan aplikasi. Siapkan kuas busa yang bersih dan kering.
  3. Aplikasikan larutan ke seluruh permukaan furniture kayu dengan kuas. Cara menguas adalah searah serat kayu tips-tipis saja. Jangan terlalu tebal karena clear coat akan sulit mengering dengan sempurna.
  4. Diamkan furniture selama 24 jam dalam ruangan dengan ventilasi udara yang baik. Lapisan clear coat yang sudah tercampur dengan obat anti jamur akan menjaga furniture tetap tahan lama bahkan dari serangan jamur.

Menggunakan double protection terhadap furniture ini terkesan boros, karena Anda akan menggunakan dua bahan sekaligus sebagai lapisan furniture. Namun jika melihat ketahanan cat yang diberikan Anda tidak perlu khawatir karena furniture bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Produk-produk ini bisa digunakan pada berbagai jenis kayu apapun bahkan hingga kayu buatan.

jamur perusak kayu

CS Biovarnish