Bahan Anti Jamur yang Mampu Mempertahankan Tampilan Kursi Rotan

Kursi rotan di rumah sedang menganggur dan memiliki banyak jamur di permukaannya? Sudah saatnya Anda mengecat ulang kursi rotan di rumah dengan anti jamur. Jika dibiarkan terlalu lama, kursi yang masih memiliki struktur kuat lama kelamaan akan rusak dimakan oleh jamur. Apalagi jika Anda menggunakannya di teras. 

Udara yang lembab dan perubahan cuaca ekstrim menjadi penyebab utama kursi rotan yang tampil natural tersebut menjadi rusak. Jamur berwarna putih dan berubah menjadi hijau hingga hitam akan muncul. Jika Anda hanya mengelap sesekali jamur, maka akan tumbuh kembali semakin banyak. 

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - kursi rotan

Apa solusinya jika kursi rotan di rumah sudah tidak memiliki penampilan yang menarik? Tentu saja Anda masih bisa memperbaikinya dan jangan terburu-buru untuk membuang dan menggantinya dengan yang baru. Masih banyak cara yang dapat digunakan salah satunya adalah dengan mengubahnya menjadi warna hitam. 

Kursi rotan yang memiliki warna hitam akan menjadi pilihan warna yang netral. Selain itu kursi akan memiliki kesan yang berbeda dan tampak gagah. Anda bisa mengecat dan menghilangkan jamur dengan cat kayu besi Orchid. Cat enamel ini akan membuat tampilan dari kursi rotan di rumah berubah total. 

Cara Membuat Anti Jamur Pada Kursi Rotan Sebelum Finishing

Anda mungkin berencana untuk mengecat kursi rotan sendiri di rumah. Namun harus mulai dari mana? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan jamur yang muncul pada permukaan. Jika jamur yang muncul sangat banyak maka Anda harus perlahan-lahan menghilangkannya. 

Cobalah untuk menggunakan BioCide SFP untuk menghilangkan jamur terlebih dahulu. Bahan pengawet ini akan menghilangkan jamur sekaligus memberikan perlindungan pada rotan. Sehingga jamur tidak akan muncul lagi di masa mendatang. Obat ini cukup mudah digunakan karena hanya membutuhkan campuran air. 

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - biocide sfp

Proses menghilangkan jamur dengan BioCide SFP pada kursi rotan adalah sebagai berikut ini. 

  • Bersihkan kursi rotan dari jamur dan kotoran lain yang menempel. Anda bisa menggunakan kain katun yang kering. Pastikan ruangan bersih dan jamur tidak mengenai kursi kembali. 
  • Campurkan BioCide SFP dengan air sesuai dengan cara menggunakan yang tertera pada kemasan. Karena obat ini termasuk keras, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan untuk menghindari cairan mengenai tangan. 
  • Cukup kuaskan campuran BioCide tersebut dengan kuas ke seluruh permukaan rotan. Biarkan bahan meresap sambil dijemur. 
  • Jamur akan hilang dan kursi rotan akan terlindungi kembali. 

Proses pengeringan membutuhkan waktu sekitar beberapa jam hingga bahan benar-benar mengering. Setelah itu akan memasuki tahapan persiapan sebelum pengecatan dimana kursi akan di amplas. 

Tahapan Persiapan Kursi Rotan untuk Hasil Pengecatan Anti Jamur Terbaik

Setelah proses pengecatan kursi rotan diselesaikan Anda bisa memasuki proses pengamplasan. Jika lapisan coating kursi yang lama adalah pernis maka cukup dengan proses pengamplasan. Namun jika lapisan coating yang lama adalah cat warna solid maka dibutuhkan bahan penghilang coating khusus. 

Proses pengamplasan sendiri bisa dimulai dengan kertas amplas nomor 180. Pengamplasan harus dilakukan secara merata khususnya bagian siku. Jika tidak rata nantinya cat Orchid tidak akan menempel. Amplaslah menggunakan busa agar kertas amplas bisa mengikuti struktur dari kursi dengan mudah. 

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - amplas kursi rotan

Jika amplas nomor 180 sudah mulai aus dan belum semua cat mengelupas segera ganti dengan yang baru. Apabila permukaan sudah mulai menghilang lapisan coatingnya gantilah dengan kertas amplas nomor 220. Cara mengamplasnya masih sama dengan busa hanya saja hasilnya akan lebih halus dari sebelumnya. 

Setelah semua proses pengamplasan selesai, hilangkan debu amplas. Anda bisa membasahi kain microfiber untuk membersihkan debu. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan semua debu yang sangat halus dari bekas pengamplasan. Terakhir pindahkan kursi ke ruang mengecat. 

Tahapan Mengecat Kursi dengan Cat Kayu Besi Orchid

Kini saatnya kegiatan yang menyenangkan yaitu mengecat. Untuk mengecat satu kursi rotan Anda hanya membutuhkan satu kilogram cat kayu besi Orchid. Demi mendapatkan hasil warna hitam pekat maka pilih warna black yang nantinya harus diaplikasikan berulang kali. Jangan lupa juga untuk memilih kuas yang tepat. 

Jenis kuas yang digunakan harus berbulu nilon dan ukurannya kurang lebih 3 inci. Ukuran ini sangat pas untuk mengecat bentuk rotan yang cukup kecil. Pastikan ujung kuas berbentuk runcing untuk memudahkan mengecat pada bagian dalam anyaman rotan. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan air selama proses pengecatan. 

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - orchid

Berikut ini langkah-langkah mengecat dengan cat enamel Orchid yang bisa Anda ikuti. 

  1. Campurkan cat kayu Orchid dengan air perbandingan 3 bahan : 1 air. Aduk hingga cat menjadi homogen. 
  2. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kursi rotan secara merata. Ikuti struktur rotan dan cat pada arah yang panjang secara berturut-turut tanpa sering mengulanginya. Hindari cat yang menimbulkan brush mark, artinya jangan terlalu menekan kuas. 
  3. Cat harus diaplikasikan dengan tipis kemudian tunggu hingga mengering tanpa dijemur. Cat akan kering setelah 60 menit kemudian. 
  4. Amplas permukaan kursi dengan kertas amplas nomor 400 hingga menjadi lebih halus. Bersihkan debu amplas. 
  5. Ulangi proses pengecatan hingga 3 kali atau 4 kali lapisan. Pada lapisan terakhir Anda bisa menunggu 60 menit sebelum dilapisi top coat.

Tahapan Aplikasi Top Coat agar Kursi Tahan Lama

Anda kini sudah mendapatkan kursi dengan warna hitam pekat. Namun warna ini masih kurang tahan lama jika Anda tidak melapisi permukaan terakhir dengan top coat. Anda bisa memanfaatkan Bioduco top coat yang sama-sama terbuat dari bahan dasar air. Sehingga terbentuk lapisan film yang kuat. 

Ada dua jenis tampilan yang bisa Anda pilih, pertama adalah gloss kedua adalah matte. Jika Anda ingin menggunakan tampilan coating yang tahan lama sebaiknya pilihlah top coat gloss. Top coat ini akan membuat permukaan rotan tahan terhadap goresan. 

Top coat

Proses aplikasinya juga mudah, Anda hanya perlu menggunakan kuas. Pastikan kuas sudah dicuci bersih atau menggunakan kuas baru. 

  1. Campurkan Bioduco top coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga cat bercampur dengan rata.
  2. Kuaskan top coat ke permukaan rotan. Ikuti arah pengecatan dari cat Orchid yang sebelumnya. Pastikan hasilnya merata dan juga halus. 
  3. Terakhir diamkan kursi rotan hingga kering selama 24 jam. 

Tips Merawat Kursi Rotan agar Lebih Awet

Kursi sudah mendapatkan perlindungan maksimal, jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih maksimal lagi maka lakukan perawatan secara berkala. Perawatan ini bisa dilakukan dengan bahan poles kayu seperti Biopolish Linseed Oil. Bahan poles ini dirancang khusus untuk membuat furniture seperti kursi rotan mengkilap dan tahan jamur atau rayap.

Biopolish linseed oil

Anda bisa melakukan pemolesan kursi rotan setiap tiga atau satu bulan sekali. Prosesnya bahkan cukup mudah, yaitu siapkan kain katun yang bersih dan kering. Usapkan sedikit Biopolish Linseed Oil ke permukaan rotan, kemudian gosok dengan kain katun. Gosok hingga permukaan menjadi lebih mengkilap. 

Butuh info lebih lanjut mengenai produk ini?

WhatsApp : 082219357640

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ