Tak Ingin Tampilan Natural? Pertimbangkan Menggunakan Cat Duco Ini

Cobalah menggunakan cat duco untuk mengecat furniture kayu, karena Anda akan mendapatkan warna-warna menarik dengan aplikasi mudah. Ada banyak sekali pilihan warna hingga hasil finishing yang artistik. Tentu saja hasil menarik dibarengi dengan teknik mengecat yang tidak biasa.

Finishing cat duco masih banyak dihindari oleh para pekerja kayu. Alasannya adalah menutup tampilan asli dari kayu selain itu juga cara aplikasinya yang dianggap ribet. Memang benar untuk mengaplikasikan cat duco dibutuhkan alat semprot dan juga banyak lapisan yang harus diaplikasikan. 

Keuntungan Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Kayu - furniture warna solid

Artinya untuk mendapatkan hasil warna solid pada kayu dengan cat duco Anda tidak hanya memberikan satu atau dua lapisan saja. Banyaknya lapisan coating dari cat duco ini memang sangat penting. Pertama untuk menutup warna dan serat kayu asli dan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik lagi. 

Jadi bagi Anda yang mempertimbangkan untuk mengecat dengan cat duco untuk furniture kayu maka akan banyak keuntungan lain yang didapatkan nantinya. Anda tidak perlu ragu dan mulailah belajar teknik semprot yang tepat dan gunakan produk cat duco kayu terbaik. 

Keuntungan Cat Duco untuk Furniture Kayu

Menggunakan cat duco kayu untuk furniture kayu bukan hanya soal sulitnya mengaplikasikan. Jika Anda menguasai teknik menggunakan spray semuanya akan menjadi lebih mudah. Bahkan banyak ternyata keuntungan tersembunyi yang diberikan oleh cat duco kayu. 

Keuntungan Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Kayu - teknik spray kayu

Beberapa keuntungan ini adalah untuk pengguna cat hingga furniture itu sendiri. Anda mungkin tidak menyadarinya. Inilah keuntungan menggunakan cat duco kayu yang seringkali terlewatkan. 

1. Menutup Cacat Pada Kayu

Cacat yang dimaksud disini adalah cacat warna pada permukaan kayu. Ada beberapa jenis kayu yang memiliki tampilan cacat dan membutuhkan waktu lebih lama lagi dalam memperbaikinya. Karena tidak bisa dicat dengan warna natural karena cacat tersebut maka cat duco adalah pilihan yang tepat. 

Keuntungan Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Kayu - blue stain kayu

Warna solid dari cat duco akan menutup semua cacat warna pada permukaan kayu. Misalnya saja blue stain pada kayu pinus yang seringkali muncul. Untuk memudahkan Anda tidak mendapatkan cacat maka sebaiknya gunakan cat duco. 

2. Perlindungan yang Lebih Baik

Anda akan mendapatkan perlindungan pada kayu terbaik mengingat banyaknya lapisan yang digunakan. Lapisan coating yang diaplikasikan bisa lebih dari dua bahkan mencapai empat jenis coating dengan beberapa lapisan. Banyaknya lapisan coating ini akan memperkuat perlindungan. 

Furniture kayu akan lebih tahan terhadap panas matahari, hingga perubahan cuaca. Kayu tidak akan mudah rusak karena panas dan juga hujan. Bahkan cat yang bagus akan membuat furniture lebih tahan gores. 

3. Memiliki Tampilan yang Halus

Proses aplikasinya yang menggunakan alat semprot membuat hasil finishing akan lebih halus. Jika Anda menemukan produk terbaik maka akan terhindar dari masalah saging. Permukaan furniture akan dicat dengan lebih mudah dan cat akan langsung menempel. 

Keuntungan Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Kayu - no sagging

Oleh karena itu penting bagi Anda menguasai teknik menyemprot yang tepat. Sehingga hasil finishingnya akan menjadi lebih halus. Sekali semprot cat akan menempel dan proses aplikasinya menjadi lebih merata.

Produk Cat Duco Terbaik di Indonesia

Dilihat dari keuntungan penggunaan cat duco, apakah Anda tertarik menggunakannya. Tidak ada ruginya jika Anda memberikan warna solid pada furniture kayu. Khususnya untuk furniture anak-anak yang sangat menarik dengan warna-warna terang. Nah saatnya untuk menentukan produk terbaik apakah yang sebaiknya digunakan. 

Salah satu produk cat duco terbaik yang sebaiknya digunakan adalah Bioduco. Banyak sekali alasan yang akan disebutkan mengapa Anda harus menggunakan cat ini. Alasan utamanya adalah masalah keamanan yang diberikan. Bioduco adalah cat kayu water based yang aman karena jumlah logam berat yang digunakan dibatasi. 

Keuntungan Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Kayu - bioduco

Keamanan dari Bioduco dapat dilihat dari aroma yang keluar dari cat tidak menyengat. Artinya tidak banyak amonia yang dikeluarkan dari cat ini. Selain itu masih banyak keuntungan yang diberikan seperti berikut ini. 

  1. Memiliki pilihan warna solid dan juga metalik. 
  2. Proses aplikasi cepat karena waktu kering hanya 60 menit tanpa dijemur. 
  3. Produk lengkap dari dempul hingga top coat.
  4. Memiliki perlindungan maksimal dari perubahan cuaca, sinar UV hingga goresan. 
  5. Daya sebar yang luas serta pelarut air membuat cat ini hemat digunakan. 
  6. Cat tahan lama dan bisa digunakan untuk furniture luar ruangan. 
  7. Warna yang lebih tahan lama dan tidak mudah pudar dalam waktu yang lama. 

Cara Mengaplikasikan Cat Bioduco Warna Solid

Bioduco akan memberikan banyak keuntungan dan Anda bisa mengetahuinya ketika mengaplikasikannya pada furniture. Proses aplikasi cepat walaupun ada banyak lapisan coating yang dibentuk. Jika Anda hendak mengecat sebuat furniture kayu tidak sampai satu hari prosesnya akan selesai. 

Finishing yang cepat ini membutuhkan bahan dari Bioduco wood putty, primer, solid color dan top coat. Masing-masing aplikasi akan berjalan dengan baik jika Anda mempersiapkan kayu terlebih dahulu. 

Furniture harus di amplas dengan kertas amplas nomor 220 terlebih dahulu kemudian bersihkan debunya. Setelah itu ikuti beberapa aplikasi berikut ini mulai dari pendempulan hingga top coat. 

a. Proses Aplikasi Dempul Bioduco Wood Putty

Setelah kayu bebas dari debu maka Anda akan melihat beberapa cacat furniture seperti lubang. Untuk memperbaikinya cukup isi bagian tersebut dengan wood putty kemudian diamkan hingga kering. Proses pengeringan tidak membutuhkan panas dan selama 20 menit. 

Amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 240 hingga permukaan kembali halus bebas cacat. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 

Keuntungan Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Kayu - bioduco wood putty

b. Proses Aplikasi Base Coat Bioduco Primer Coat

Lapisan kedua adalah primer yang fungsinya menutup warna hingga serat kayu. Campurkan Bioduco primer coat dengan air kemudian aduk hingga merata. Semprotkan primer coat ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan tunggu kering. 

Proses kering akan memakan waktu selama 60 menit tanpa dijemur. Kemudian amplas ambang dengan amplas 400 dan bersihkan debunya. Ulangi aplikasi jika warna serat masih terlihat hingga akhirnya permukaan kayu berwarna putih. 

Keuntungan Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Kayu - bioduco primer

c. Proses Aplikasi Bioduco Solid Color

Lapisan ketiga adalah cat duco, Anda perlu mencampurkannya terlebih dahulu dengan air. Pastikan viskositas cat adalah 11-12 detik NK2. Kemudian semprotkan tipis ke permukaan kayu hingga merata. Tunggu kering selama 60 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang. 

Gunakan amplas nomor 400 namun warna kayu harus tetap terlihat. Ulangi aplikasi sehingga membentuk dua lapisan coating. Diamkan kembali hingga kering. 

bioduco solid color

d. Proses Aplikasi Bioduco Top Coat

Pilih tampilan gloss atau matte, kemudian amplas permukaan kayu secara ambang. Amplas permukaannya sehingga menjadi halus dan semprotkan Bioduco top coat yang sudah dicampur dengan air. Dapatkan viskositas top coat 11-12 detik NK2 dan diamkan selama semalaman. 

Cat lapisan terakhir akan mengering dengan sempurna jika Anda mendiamkannya di dalam ruangan yang kering selama 24 jam. Akhirnya furniture bisa digunakan setelah lapisan tersebut mengering. 

bioduco top coat

Info lebih lanjut mengenai Cat Duco Furniture Kayu? Hubungi kami

Untuk pemesanan, Anda dapat menghubungi marketing representative kami berikut ini:

WhatsApp : 082219357640

Untuk inspirasi lainnya mengenai finishing dengan cat duco, anda dapat mengunjungi kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ

Scroll to Top