Ingin Finishing White Wash? Pilih Bahan Varnish Kayu Biovarnish Ini

Dalam dunia finising ada berbagai jenis hasil finishing yang bisa digunakan tergantung dengan gaya yang diinginkan dalam rumah atau gedung. Gaya yang digunakan bisa berbagai macam misalnya saja untuk jenis gaya klasik Anda bisa menggunakan finishing natural transparan yang memperlihatkan serat kayu. Ada juga jenis finsihing gaya modern yang lebih banyak memanfaatkan finishing warna solid seperti hitam atau putih. Diantara keduanya Anda bisa mendapatkan finishing white wash dimana furniture akan terlihat seperti tua.

Finishing white wash ini memang rekaan manusia. Jenis finishing ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan hasil tampilan yang terlihat tua atau penggunaan kayu lama. Bahkan kayu akan memiliki tekstur seolah-olah sudah terkikis dengan perubahan cuaca. Finsihing white wash ini cocok digunakan untuk furnitur indoor atau furnitur outdoor.

Jika Anda ingin memiliki cafe atau restoran yang bergaya klasik atau kontemporer maka Anda bisa menggunakan finishing white wash ini. Berbicara mengenai finsihing white wash ini menggunakan kayu yang sudah memiliki kesan tua dan bertekstur sehingga akan lebih mudah untuk melakukan finishing, namun untuk harga yang didapatkan tentu saja tidak murah. Jenis kayu tua kebanyakan sudah tidak memiliki kekuatan yang baik jika digunakan sebagai furnitur.

Kini untuk mewujudkan furniture dengan hasil finishing white wash, Anda tidak perlu untuk mencari jenis kayu yang memang memiliki tektur lama atau jenis kayu tua. Anda bisa mewujudkan jenis finishing white wash dengan kayu yang baru bahkan yang tidak memiliki tekstur seperti hasil yang diinginkan. Anda bisa menciptakan tekstur tersebut tanpa cara yang sulit. Dalam artikel ini Anda akan belajar mengenai bagaimana menciptakan finishing white wash dengan mudah menggunakan produk cat kayu Biovarnish.

Indahnya Tampilan Furniture White Wash

Mungkin bagi sebagian Anda masih belum mengetahui bagaimana hasil dari finishing white wash sehingga mungkin Anda akan kebingungan dimana harus meletakan produk finishing yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Berikut ini beberapa contoh hasil finishing white wash yang bisa Anda gunakan dan ciptakan sendiri:

Kabinet-Varnish-Kayu

Kabinet

Anda bisa menggunakan kabinet dengan finsihing white wash. Ini akan memberikan tampilan yang sangat berbeda di dalam dapur. Anda akan merasakan memasak di ruangan dapur pada zaman dahulu karena untuk tampilan furnitur terlihat lama seperti di negara Eropa tahun 80an. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing ini tidak hanya untuk kabinet saja tapi Anda juga bisa menggunakannya pada kitchen set.

Tempat Tidur

tempat-tidur-Varnish-Kayu

Anda ingin memiliki tampilan sangat berbeda dari kamar tidur Anda? Gunakanlah tempat tidur dari kayu yang difinishing dengan white wash. Bahkan untuk bentuk tempat tidur carilah bentuk yang unik dan jarang yang ditemukan. Dengan pencahayaan jendela yang bagus maka Anda akan mendapatkan ruangan yang terkang seperti sedang dalam negara tropis. Lantai kayu yang juga difinishing white wash akan menambah suasana ruangan yang terlihat berumur lama.

  • Meja

meja-Varnish-Kayu

Finishing white wash paling sering digunakan sebagai meja. Ada berbagai jenis meja yang memanfaatkan finishing white wash sebagai hasil akhirnya seperti dining table, console table, end table dan berbagai amcma jenis lainnya. Jika Anda menggunakan dining table finsihing white wash akan membuat ruangan tampak lebih menarik. Khusus untuk ini Anda harus memberikan lapisan top coat yang baik karena penggunaan meja makan yang seringkali tergores peralatan makan. Jika lapisan akhir tidka kuat maka meja akan emmiliki tampilan dengan banyak goresan.

Cara Finishing White Wash Dengan Biovarnish

Jika Anda ingin mendapatkan finishing white wash maka Anda bisa melakukan finsihing sendiri tanpa bantuan dari tukan. Proses finishing sangat mudah hanya membutuhkan produk Bioavarnish dan juga sbagai cat dasar kayu dan Glaze yang akan memberikan efek tampilan serat kayu warna putih.

Pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan baku kayu yang akan difinsihig terlebih dahulu. Dalam hal ini pilih kayu yang sudah dibentuk menjadi furnitur, karena akan lebih mudah dan hasilnya akan lebih rapi. Jika sudah maka lakukan pengamplasan bisa menggunakan kertas amplas yang bernomor 180an. Proses pengamplasan harus dengan baik sehingga permukaan kayu menjaid lebih halus dan juga rata.

Setelah pengamplasan selesai maka Anda bisa langsung menggunakan sikat kawat yang bersih. Buat guratan mengguanakan sikat kawat seraah serat kayu, lakukan dengan cara tidak beraturan agar permukaan tekstur kayu tampak berubah atau terlihat tua secara alami. Lalu setelah selesai bersihkan serubuk kayu khususnya pada bagian sela serat. Amplas ambang dengan kertas aplas nomor 240, jangan amplas hingga permukaan kayu halus akrena tekstur sangat dibutuhka.

Langkah kedua masuk pada penggunan Boiovarnish Wood Stain warna walnut brown. Campurkan terlebih dahulu Biovarnish dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata dalam gelas plastik. Jika sudah rata maka selanjutnya Anda bisa menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu searah serat tipis-tipis saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda harus mengaplikasikan tipis saja. Jangan sampai warna yang dihasilkan terlalu tua karena nanti akan mempengaruhi efek white wash kalah dengan warna kayu.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain sebagai cat dasar ini dubutuhkan untuk memberikan ketajaman pada warna kayu saja. Maka Anda harus hati-hati ketika mengaplikasikan wood stain agar tidak terlalu tua warna yang didapatkan. Setelah anda mengaplikasikannya maka tunggu kering sekitar 60 menit tanpa harus dijemur pada panas matahari. Jika sudah kering maka lankukan pengamplasan amabng searah serat kayu dengan kertas amplas no.400. Hati hati dalam pengamplasan karena lapisan sangat tipis, jangan terlalu menekan seperti ketika mengamplas dempul.

Langkah ketiga adalah memebrikan lapisan Biovarnish Clear Coat doft. Ini berfungsi sebagai lapisan perantara anatar wood stain dan glaze agar benar-benar menyatu. Campurkan Biovanrish Clear doft dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaduknya hingga benar-benar rata. Semprotkan clear coat ke sleuruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering hingga sekitar 60 menit.

Langkah keempat adalah penggunaan glaze. Gunakan glaze pilihan warna white yang akan memberikan efek white wash. Campurkan glaze dengan air secukupnya. Penggunaan air tergantung denganw intensitas warna putih yang ingin Anda dapatkan. Anda bsia mencobanya terlebih dahulu pada media kayu yang lainnya sebelum menggunakan pada furnitur. Jika warna yang diinginkan sudah didapatkan maka kuaskan glaze secara pmerata kesleuruh permukaan kayu searah serat. Jangan lupa untuk menguas pada bagian sela kayu yang tadi dibentuk oleh sikat kawat.

Tunggu kerung glaze pada permukaan kayu beberapa saat. Kemudian setelah kering Anda bisa menghapus permukaan kayu dengan kain yang bash namun sudah diperas terlebih dahulu. Lap seluruh permukaan kayu hingga tertinggal warna glaze pada sela kayu yang tadi telah dibentuk.

Langkah kelima adalah mengaplikasikan kembali Biovarnish Clear Coat. Dalam lapisan terkahir ini agar tampak sangat natural maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat doft. Campurkan clear coat dengan air perbandingan sama yaitu 2 bahan dan 1 air kemudian aduk hingga rata. Anda bisa langsung menyemprotkan pada seluruh permukaan kayu. Tunggu kering sekitar 60 menit namun untuk hasil kering sempurna dibutuhkan waktu semalaman.