Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furnitur?

178
Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furnitur?

Finishing wash adalah salah satu finishing yang banyak diminati di tahun 2018 ini. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan berbagai macam cara dan juga peralatan yang minim. Jika kesulitan kini ada banyak jenis cat tersedia untuk membantu Anda mendapatkan finsihing wash ini.

Lalu apa itu sebenarnya finishing wash ini dan dimana saja Anda bisa menggunakannya atau berbagai jenis kayu apa saja yang bisa Anda aplikasikan pada jenis finishing ini?

Jika melihat dari apa itu finishing wash sebenarnya adalah bagaimana Anda mendapatkan furnitur yang memiliki tampilan tua. Tidak jauh berbeda seperti finishing patina, finishing rustic semuanya itu membutuhkan teknik distressing untuk mendapatkannya.

Hanya saja warna yang didapatkan berbeda. Jika warna patina lebih membawa Anda pada furnitur yang memiliki tampilan pada kesan silver. Finishing wash akan membawa Anda pada warna-warna yang lebih cerah dan gelap seperti warna white wash, black wash dan juga grey wash.

CS Biovarnish

Tampilan yang dihasilkan akan memunculkan efek penggunaan dari furnitur. Bahkan adapula yang menggunakan finishing wash untuk recoating atau hanya untuk memperbaiki tampilan furnitur.

Misalnya saja Anda di rumah memiliki dining table atau kabinet yang penampilannya sudah mulai memudar. Anda bisa memanfaatkanya hanya dengan mengamplas pada beberapa bagian yang memang sudah memudar.

Anda bisa memunculkan serat kayu kembali walaupun sebelumnya furnitur telah difinishing dengan warna solid. Cara ini tentu akan lebih memudahkan Anda untuk tidak beraktivitas menggunakan cat secara langsung.

Namun jika Anda memiliki furnitur baru dan ingin mendapatkan tampilan furnitur wash maka Anda tidak bisa melewatkan aktivitas mengecat. Hanya saja teknik yang digunakan harus tepat beserta dengan jenis cat yang digunakan.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana mendapatkan finishing furnitur black wash yang akan membuat tampilan furnitur di rumah tampak sudah tua atau memiliki umur yang lama. Padahal Anda baru saja membuatnya.

Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furnitur?
Perbedaan warna wash.

Tampilan finishing wash ini akan memberikan nilai estetika tersendiri di dalam ruangan Anda.

Jenis Cat yang Tepat untuk Finishing Black Wash

Untuk mendapatkan finishing wash ini Anda membutuhkan banyak lapisan cat sehingga memilih jenis cat yang cepat kering adalah tindakan yang tepat. Daripada cat solvent cat water based adalah jenis cat yang lebih cepat kering.

Pengeringan tidak membutuhkan matahari membuat proses pengecatan wash lebih cepat dan Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan untuk masalah penampilan dan juga pilihan warna cat water based kini tidak kalah menariknya dari cat solvent.

Ada sejumlah warna yang bisa Anda aplikasikan dan pilih untuk finishing wash furnitur di rumah. Anda juga bisa melakukan kegiatan mengecat bersama dengan anak-anak Anda jika Anda sedang melakukan proyek furnitur untuk anak Anda.

Cat water baased tidak menimbulkan bau yang menyengat sehingga ketika bekerja bersama dengan anak-anak masalah kesehatan tidak perlu menjadi pengganggu di pikiran Anda.

Salah satu jenis produk cat water based di Indonesia yang tidak kalah dengan produk luar negeri dan sangat direkomendasikan adalah cat water based Biovarnish dan BioColours.

Kedua produk ini akan membantu Anda dalam proses finishing wash baik untuk furnitur rustik atau furnitur yang rata. Cat akan meresap ke dalam pori kayu dengan sangat baik dan juga maksimal. Anda akan mendapatkan lapisan film finishing wash yang benar-benar melindungi.

Cara Finishing Black Wash untuk Furnitur

Cara aplikasi di sini tidak membutuhkan proses rustic yang mungkin akan memakan waktu bagi Anda yang belum berpengalaman. Karena jika Anda belum pernah memuat tekstur rustik kemungkinan besar akan gagal.

Sebaiknya Anda bekerja dengan furnitur yang memiliki permukaan lebih halus dan rata. Cara ini akan lebih memudahkan dan Anda akan tetap mendapatkan serat kayu yang baik. Telrebih dahulu pilih media finsihing yang tepat.

Agar cata finsihing wash ini berhasil Anda membutuhkan jenis kayu solid yang memiliki serat menarik. Anda bisa menggunakan kayu jati, kayu mahoni, kayu ulin yang benar-benar memiliki serat berbentuk unik.

Pastikan furnitur dengan kayu tersebut telah diamplas hingga mendapatkan permukaan halus, mendapatkannya bebas dari debu yang menyumbat pori kayu dan akan menghambat kinerja dari cat untuk memperlihatkan serat kayu.

Jika media kayu sudah siap maka Anda harus mempersiapkan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan namun jangan pilih yang gelap karena akan sulit untuk memunculkan serat. Sebaiknya pilih warna seperti walnut brown atau salak brown. Pemilihan warna harus juga disesuaikan dengan warna kayu.

Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furnitur?
Lemari dengan finishing black wash.

Siapkan juga BioColours Sanding Sealer dan BioColours Glaze Black, Biovarnish Clear Coat Death Matte. Siapkan spray gun dan kuas untuk melakukan aplikasi serta amplas.

Pertama aplikasikan BioColours Sanding Sealer yang telah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk dan semprotkan ke seluruh permukaan. Setelah kering amplas dengan amplas 400 dan bersihkan debu amplas.

Kedua Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish wood stain sesuai warna pilihan dan campurkan dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian semprotkan secara merata dan tunggu kembali hingga kering. Amplas ambang lapisan ini dan Anda bisa menghilangkan sisa debu amplas.

Ketiga adalah aplikasi BioColours Sanding Sealer kembali untuk mendapatkan lapisan film yang kuat. Aplikasikan dengan cara yang sama seperti di awal.

Keempat aplikasikan Glaze Black yang telah dicampur dengan sedikit air. Aplikasikan Glaze Black dengan kuas dan biarkan merata. Tunggu 5 hingga 10 menit baru Anda aplikasikan kain katun yang telah dibasahi untuk menghilangkan kelebihan Glaze black. Maka sisa Glze akan tertinggal pada bagian serat kayu saja.

Kelima, Glaze akan dapat mengering jika Anda baru melapisi bagian atasnya dengan top coat atau sanding sealer. Dalam hal ini Anda bisa langsung mengaplikasikan Bovarnish Clear Coat death matte. Pilihan Clear Coat ini untuk membuat furnitur tampak natural. Jika Anda memberikan tampilan gloss maka furnitur tidak akan tampak natural.

Aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Jika dirasa lapisan film akhir kurang tebal Anda bisa menunggu 60 menit kering dan mengamplas kembali.

Lalu Anda bisa mengaplikasikan Clear Coat kembali dan sebagai lapisan terakhir Anda perlu mendiamkannya selama 24 jam agar lapisan film benar-benar mengering. Setelah mengering baru Anda bisa menggunakan furnitur.

Jika Anda akan melakukan proses pengiriman dan mengemas furnitur disarankan untuk menunggu selama 7 X 24 jam dan menunggu furnitur benar-benar mengering. Pastikan Anda juga mengemas dengan cara yang tepat agar tidak terjadi chipping pada saat pengeringan.

Finishing black wash sudah selesai Anda Anda sudah bisa menggunakan furnitur. Selamat Mencoba.

 

 

CS Biovarnish