Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furniture?

Menciptakan finishing black wash pada furniture merupakan salah satu ide unik dan menarik. Anda bisa menerapkan gaya ini untuk memperoleh hasil tampilan yang berbeda dan lebih unik dibandingkan dengan hasil finishing pada umumnya.

Glaze, Cat Untuk Kayu Dengan Teknik Wash
Proses finishing menggunakan teknik wash pada produk Glaze

Finishing wash adalah salah satu finishing yang banyak diminati hingga saat ini. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan berbagai macam cara dan juga peralatan yang minim. Jika kesulitan kini ada banyak jenis cat tersedia untuk membantu Anda mendapatkan finsihing wash ini.

Lalu apa itu sebenarnya finishing wash ini dan dimana saja Anda bisa menggunakannya atau berbagai jenis kayu apa saja yang bisa Anda aplikasikan pada jenis finishing ini? Jika melihat dari apa itu finishing wash sebenarnya adalah bagaimana Anda mendapatkan furnitur yang memiliki tampilan tua.

Tidak jauh berbeda seperti finishing patina, finishing rustic semuanya itu membutuhkan teknik distressing untuk mendapatkannya. Hanya saja warna yang didapatkan akan berbeda hasilnya. Jika pada warna patina maka lebih membawa Anda pada furnitur yang memiliki tampilan pada kesan silver.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana mendapatkan finishing furnitur black wash yang akan membuat tampilan furnitur di rumah tampak sudah tua atau memiliki umur yang lama. Padahal Anda baru saja membuatnya.

Pilihan Warna yang Bisa Diaplikasikan pada Finishing Wash

Saar akan membuat furnitur dengan wash finish, Anda juga akan dihadapkan pada berbagai pilihan warna. Finishing wash akan membawa Anda pada warna-warna yang lebih cerah dan gelap. Contohnya adalah seperti warna white wash, black wash dan juga grey wash.

Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furnitur?

Tampilan yang dihasilkan akan memunculkan efek penggunaan dari furnitur tersebut. Bahkan adapula yang menggunakan finishing wash untuk recoating atau hanya untuk memperbaiki tampilan furnitur. Misalnya saja Anda di rumah memiliki dining table atau kabinet yang penampilannya sudah mulai memudar.

Anda juga bisa memanfaatkannya hanya dengan mengamplas pada beberapa bagian yang memang sudah memudar. Anda bisa memunculkan serat kayu kembali walaupun sebelumnya furnitur telah difinishing dengan warna solid. Cara ini tentu akan lebih memudahkan Anda untuk tidak beraktivitas menggunakan cat secara langsung.

Namun jika Anda memiliki furnitur baru dan ingin mendapatkan tampilan furnitur wash maka Anda tidak bisa melewatkan aktivitas mengecat. Hanya saja teknik yang digunakan harus tepat beserta dengan jenis cat yang digunakan.

Tampilan finishing wash ini akan memberikan nilai estetika tersendiri di dalam ruangan Anda. Jadi manfaatkanlah teknik finishing ini untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik bagi ruangan dalam hunian Anda.

Jenis Cat yang Tepat untuk Finishing Black Wash

Untuk mendapatkan finishing wash ini Anda membutuhkan banyak lapisan cat. Sehingga sangat penting untuk memilih menggunakan jenis cat yang cepat kering. Karena hal tersebut adalah tindakan yang tepat. Daripada jika Anda menggunakan cat solvent based, maka penggunaan cat water based adalah jenis cat yang lebih cepat kering.

Pengeringan cat water based tidak membutuhkan panas matahari langsung. Maka hal ini juga membuat proses pengecatan wash dapat dilakukan dengan lebih cepat dan Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Sedangkan untuk masalah penampilan dan juga pilihan warna, cat water based kini tidak kalah menariknya dari cat solvent.

cat water based vs solvent based

Ada sejumlah warna yang bisa Anda aplikasikan dan Anda pilih untuk digunakan pada finishing wash furnitur di rumah. Anda juga bisa melakukan kegiatan mengecat bersama dengan anak-anak Anda jika Anda sedang melakukan proyek furnitur untuk anak Anda. Tentunya hal itu akan lebih menarik dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah keamanan lagi.

Cat water based tidak menimbulkan bau yang menyengat sehingga ketika bekerja bersama dengan anak-anak masalah kesehatan tidak perlu menjadi pengganggu di pikiran Anda. Tingginya kandungan VOC pada cat akan menyebabkan adanya bau yang menyengat pada cat. Sementara hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan jenis cat water based yang berkualitas.

Salah satu jenis produk cat water based di Indonesia yang tidak kalah dengan produk luar negeri dan sangat direkomendasikan adalah cat water based Biovarnish dan Bioduco. Produk dari Bio Industries ini akan membantu Anda mendapatkan tampilan wash furniture lebih maksimal dan lebih aman.

Kedua produk ini akan membantu Anda dalam proses finishing wash baik untuk furnitur rustik atau furnitur yang rata. Cat akan meresap ke dalam pori kayu dengan sangat baik dan juga maksimal. Anda akan mendapatkan lapisan film finishing wash yang benar-benar melindungi.

Cara Finishing Black Wash untuk Furnitur

Cara aplikasi di sini tidak membutuhkan proses rustic yang mungkin akan memakan waktu bagi Anda yang belum berpengalaman. Karena jika Anda belum pernah memuat tekstur rustik kemungkinan besar akan gagal.

Sebaiknya Anda bekerja dengan furnitur yang memiliki permukaan lebih halus dan rata. Cara ini akan lebih memudahkan dan Anda akan tetap mendapatkan serat kayu yang baik. Terlebih dahulu, pilihlah media finsihing yang tepat.

Agar cara finsihing wash ini berhasil, maka Anda membutuhkan jenis kayu solid yang memiliki serat menarik. Anda bisa menggunakan beberapa jenis kayu solid yang benar benar memiliki serat berbentuk unik. Diantaranya seperti kayu jati, kayu mahoni, ataupun kayu ulin.

Pastikan furnitur dengan kayu tersebut telah diamplas hingga mendapatkan hasil berupa permukaan yang halus dan rata. Jangan lupa untuk mendapatkannya bebas dari debu yang menyumbat pori kayu dan akan menghambat kinerja dari cat untuk memperlihatkan serat kayu.

Jika media kayu sudah siap maka Anda harus mempersiapkan Biovarnish Wood Stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan namun jangan pilih yang gelap karena akan sulit untuk memunculkan serat. Sebaiknya pilih warna seperti walnut brown atau salak brown. Pemilihan warna yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan warna kayu yang dipilih.

Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furnitur?

Siapkan juga berbagai produk Biovarnish yang akan digunakan. Diantaranya yaitu Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze Black, serta Biovarnish Clear Coat Death Matte. Siapkan  pula spray gun dan kuas untuk melakukan aplikasi serta kertas amplas alumunium oxyde.

♦ Pertama

Langkah pertama untuk memulai finishing ini adalah dengan mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Gunakan Sanding Sealer yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk hingga merata dan semprotkan ke seluruh permukaan furnitur.

Tunggu kering sekitar kurang lebih 60 menit setelah diaplikasikan. Setelah kering, lanjutkan dengan pengamplasan dengan menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 400. Amplas hingga halus dan rata lalu jangan lupa bersihkan debu amplas.

♦ Kedua

Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain sesuai dengan warna yang sudah dipilih. Terlebih dahulu campurkan dengan air pada perbandingan 2 bahan : 1 air. Aau encerkan hingga mencapai viscositas yang sesuai. Belajar Cara Finishing Kayu Politur dengan Sistem Semprot

Kemudian lakukan aplikasi dengan cara menyemprotkan cat secara merata dan tunggu kembali hingga kering. Amplas ambang lapisan ini sama seperti tahap awal tadi, saat Anda mengaplikasikan Sanding Sealer. Dan jangan lupa, Anda perlu menghilangkan sisa debu amplas.

♦ Ketiga

Tahap ketiga yang harus Anda lakukan adalah aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer kembali. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan lapisan film yang lebih kuat. Aplikasikan Sanding Sealer dengan cara yang sama seperti pada di tahap awal.

♦ Keempat

Langkah keempat yang harus dilakukan adalah Anda perlu mengaplikasikan Biovarnish Glaze Black yang telah dicampur dengan sedikit air. Anda perlu mengencerkannya dengan menggunakan perbandingan 2 cat : 1 air. Lalu encerkan secara merata hingga menjadi larutan yang homogen.

Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish Glaze Black dengan kuas dan lakukan hingga merata. Tunggu kurang lebih 5 hingga 10 menit baru Anda bersihkan dengan kain katun yang telah dibasahi. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan kelebihan Biovarnish Glaze black. Maka sisa Glze akan tertinggal pada bagian serat kayu saja.

Pengaplikasian Biovarnish Glaze dilakukan untuk mendapat efek wash finish yang lebih maksimal. Warna yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

♦ Kelima

Lapisan glaze akan dapat mengering jika Anda baru melapisi bagian atasnya dengan top coat atau sanding sealer. Dalam hal ini Anda bisa langsung mengaplikasikan Bovarnish Clear Coat death matte. Pilihan Clear Coat ini dapat diaplikasikan untuk membuat furnitur tampak lebih natural. Jika Anda memberikan tampilan gloss maka furnitur tidak akan tampak natural.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish clear coat

Aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Jika dirasa lapisan film akhir yang diaplikasikan masih kurang tebal Anda bisa menunggu kurang lebih 60 menit agar kering dan mengamplas kembali.

Lalu Anda bisa mengaplikasikan Clear Coat kembali dan sebagai lapisan terakhir. Anda perlu mendiamkannya selama 24 jam agar lapisan film benar benar mengering. Setelah mengering baru Anda bisa menggunakan furnitur.

Jika Anda akan melakukan proses pengiriman dan mengemas furnitur disarankan untuk menunggu selama 7 x 24 jam dan menunggu furnitur benar-benar mengering. Pastikan Anda juga mengemas dengan cara yang tepat agar tidak terjadi chipping pada saat pengeringan.

Jika seluruh tahapan finishing diatas sudah Anda lakukan, maka tahapan finishing black wash sudah selesai. Itu artinya, Anda sudah bisa langsung menggunakan furnitur. Cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk mencoba teknik finishing ini ya!

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk untuk Wash Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk untuk melakukan blach wash finish ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/biocide-official

https://shopee.co.id/catkayu_com

https://www.tokopedia.com/biovarnish-official

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.lazada.co.id/shop/cat-kayu-jakarta/

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top