You are currently viewing Cara Finishing dan Pemanfaatan Driftwood Furniture Unik Menarik

Cara Finishing dan Pemanfaatan Driftwood Furniture Unik Menarik

Apa itu driftwood? Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Atau justru masih bingung apa itu drift wood?

Sebelum masuk ke dalam pemanfaatan driftwood di Indonesia, apakah Anda mengenal apa itu driftwood? Driftwood adalah cabang kayu, atau pohon yang tumbang kemudian terhanyut di sungai akibat bencana alam sehingga berkumpul di pinggiran pantai atau di hulu sungai.

Banyak beranggapan bahwa driftwood adalah kumpulan sampah alam yang tidak berguna karena driftwood tidak bisa digunakan dengan dibakar. Ketika driftwood dibakar maka akan menimbulkan gas yang sangat berbahaya akibat kayu telah menyerap berbagai macam jenis bahan kimia alami dari perubahan cuaca.

Pemanfaatan Driftwood Di Indonesia

Sebuah penelitian di Alaska mengenai driftwood menyatakan bahwa driftwood adalah salah satu benda yang cukup berharga khususnya di daerah Yup’ik Alaska. Driftwood ini banyak ditemukan di pulau Aleutian, di mana banyak kayu log yang berkumpul berasal dari Alaska tenggara.

Kini driftwood di wilayah Alsaka kabanyakan digunakan sebagai bahan baku pembuatan rak, model kapal, hiasan topeng, juga perkakas dan boneka. Pada zaman dahulu driftwood digunakan sebagai material pembuatan kayak, busur dan panah, sepatu salju, dan kerangka rumah.

Sejarah Driftwood di Indonesia

Menurut penelitian, jenis driftwood yang digunakan berasal dari jenis kayu red cedar, yellow cedar, sitka spruce, cottonwood dan hemlock. Jika di Alaska driftwood sangat penting dan digunakan, bagaimana di Indonesia?

Di Indonesia sendiri driftwood bukan hanya sekedar sampah namun digunakan sebagai bahan dasar yang penting dalam pembuatan mebel. Dari tahun 2018 hingga 2020, furniture yang bertemakan driftwood diperkirakan menjadi jenis tren furniture yang sangat banyak dicari. Tak heran jika harga yang dibanderol untuk jenis furnitur ini juga bernilai sangat tinggi.

Banyak sekali furniture yang menggunakan bahan baku driftwood ini karena tidak membutuhkan banyak finishing dan juga memiliki bentuk yang sangat artistik. Kebanyakan driftwood berbentuk akar pohon kemudian diolah menjadi meja atau kursi yang dikombinasikan dengan kaca atau besi.

Bahkan driftwood furniture dari Indonesia banyak dicari dan berharga mahal sebagai barang ekspor. Driftwood furniture dari Indonesia mampu bersaing dengan furniture yang juga sedang naik daun seperti patina finish, charcoal dan juga wash finish. Warna charcoal adalah warna yang termasuk salah satu trend driftwood finish furniture.

Untuk mendapatkan driftwood ini seseorang harus mencari di pinggiran pantai atau di hulu sungai di mana driftwood ini biasanya berkumpul. Namun, untuk memperolehnya Anda juga harus memilihnya karena driftwood yang berukuran besar khususnya untuk di wilayah pantai biasanya berguna untuk rumah hewan dan sumber makanan mereka.

Sebaiknya, ketika sedang mencari dritwood ambil ukuran secukupnya dan yang paling mudah untuk dibawa. Namun ketika mencari driftwood sudah mulai sulit, beberapa perusahaan bahan finishing menciptakan produk bahan finishing untuk tampilan seperti driftwood.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan tampilan driftwood pada furniture lama, Anda bisa menggunakan bahan finishing yang memang digunakan untuk menghasilkan tampilan tersebut.

Begini Cara Membuatnya Driftwood pada Furniture

Mendapatkan tampilan driftwood pada furniture bisa dilakukan sendiri. Terlebih jika Anda telah mendapatkan bahan finishing yang sesuai dan tepat. Anda tidak perlu mencari driftwood di pantai atau bahkan membuat driftwood karena Anda tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Dengan adanya bahan finishing akan sangat menghemat waktu Anda mendapatkan furniture dengan tampilan driftwood. Bahkan cara aplikasi bahan finishing tidak sulit atau tidak membutuhkan banyak cara. Anda bisa mengaplikasikan pada berbagai macam jenis kayu solid sebagai kursi, meja, dinding, lantai, atau bahkan kerangka rumah Anda.

Pertama-tama Anda harus memilih jenis bahan finishing yang bisa digunakan. Kali ini Anda disarankan untuk menggunakan bahan finishing water based karena proses aplikasi yang lebih mudah dibandingkan dengan solvent based.

Produk yang direkomendasikan adalah Biovarnish. Biovarnish adalah cat kayu water  based yang bisa digunakan dengan cara dikuas atau disemprot. Setelah mengetahui produk yang akan digunakan kemudian Anda bisa mempersiapkan jenis kayu.

Kayu yang dibutuhkan adalah kayu solid, bukan kayu buatan seperti particle board. karena kayu solid keras dan dapat menciptakan tekstur kayu yang lebih terlihat natural. Anda bisa menggunakan jenis kayu solid seperti jati, sungkai, mindi yang memiliki serat kayu menarik.

Kayu tersebut mula-mula dibentuk tekstur menggunakan alat rustic atau menggunakan sikat kawat. Pastikan tekstur yang dibuat telah memunculkan serat kayu. Jika tekstur serat kayu telah diciptakan pastikan permukaan kayu bersih dari debu dan kotoran.

Karena bahan finishing yang digunakan adalah air maka Anda perlu mempersiapkan air sebagai bahan pelarut cat Biovarnish. Meski demikian, tentunya hal ini juga akan lebih menghemat biaya finishing yang akan Anda lakukan.

Ketahui Langkah-Langkah Finishingnya untuk Lebih Memahami Apa itu Drift wood

Bagi Anda yang ingin melakukan finishing menggunakan cat water based dan mendapatkan hasil finishing yang sesuia, langsung saja untuk mempersiapkan produk yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain warna candy brown dan papua rose. Untuk lapisan akhirnya Anda juga perlu mempersiapkan Biovarnish Clear Coat Matte.

Untuk proses atau langkah aplikasi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Sebagai langkah awal, pastikan kayu yang akan difinishing sudah benar-benar kering. Pastikan bahwa ukuran MC kayu sebesar kayu 12%. Tingkat kelembaban kayu ini sangat penting untuk proses setelah selesai aplikasi agar jamur tidak muncul setelah proses aplikasi.
  • Lanjutkan dengan menggunakan Biovarnish Wood Stain Candy Brown murni tanpa campuran air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Setelah itu tunggu hingga kering sekitar 60 menit setelah diaplikasikan dan ampelas hingga halus. Untuk mengampelasnya, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kertas ampelas alumunium oxyde nomor 400. Ampelas secara ambang saja hingga seluruh permukaan kayu menjadi halus dan rata.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Stain warna Papua Rose murni tanpa dicampur dengan air. Kemudian Anda bisa langsung menguaskannya ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu kering sekitar 60 menit lalu amplas ambang kembali dengan kertas amplas nomor 400. Jika sudah halus, Anda bisa melakukan proses selanjutnya.
  • Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte yang sudah dicampur air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Campurkan hingga larutan menjadi homogen lalu mulai aplikasikan. Untuk hasil yang rata Anda bisa menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Untuk waktu kering sebelum digunakan Anda bisa menunggu sekitar satu malam atau 24 jam setelah aplikasi.

Hasil Tampilan Finishing Driftwood

Setelah proses aplikasi dengan teknik driftwood di atas selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan tampilan  yang menarik. Furniture driftwood tersebut akan memiliki hasil yang terlihat sangat natural. Produk Biovarnish yang digunakan ternyata mampu untuk mengubah tampilan baru dari furniture Anda memiliki kesan driftwood yang maksimal.

Hasil finishing driftwood menjadi seolah-olah kayu baru tersebut sudah melalui waktu panjang dan rusak perlahan karena adanya perubahan cuaca. Ciri khas dari furniture dengan tampilan driftwood adalah warna kayu yang berubah. Biasanya kayu dengan warna gelap akan berubah menjadi warna yang lebih terang. Dan sebaliknya warna kayu yang terang berubah menjadi gelap.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya proses oksidasi dari kayu terhadapa perubahan cuaca panas, dingin bahkan salju. Di Indonesia, produk cat water based sebagai bahan untuk proses finishing furniture driftwood masih sangat jarang, karena kebanyakan orang-orang hanya menggunakan bahan finishing yang terbuat dari cat solvent based.

Terobosan dari bahan finishing yang terbuat dari cat water based ini sangat membantu khususnya bagi kesehatan manusia yang menggunakannya. Beitu pula yang dimiliki oleh cat Biovarnish yang sudah jelas keamanannya. Untuk lebih mengenal cat ini, Anda juga perlu mengetahui berbagai kunggulannya terlebih dahulu.

Berikut ini berbagai keunggulan dari cat Biovarnish yang perlu Anda ketahui.

1. Aplikasi Mudah

Selain hanya membutuhkan air bersih sebagai pelarutnya, cat water based Biovarnish juga mudah diaplikasikan. Anda dapat menggunakan kuas maupun spray gun. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

2. Pilihan Warna Lengkap dengan Transparansi Tinggi

Bila Anda mencari bahan finishing dengan pilihan warna lengkap Anda akan mendapatkannya dalam Biovarnish karena tersedia 20 macam pilihan warna. Tingkat transparansinya juga tinggi, selain itu cat ini tidak menimbulkan efek menguning seperti cat solvent karena tidak mengandung formaldehide.

3. Lebih Hemat Karena Berpelarut Air

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pelarut seperti thinner. Cukup menggunakan air bersih yang tersedia di rumah, Anda sudah dapat melakukan pengenceran dan finishing pun akan mudah dilakukan.

4. Tahan Cuaca

Biovarnish memiliki lapisan yang kuat sehingga tahan cuaca, baik terhadap pengaruh sinar matahari maupun pada hujan. Hal ini membuat cat water based biovarnish dapat digunakan untuk furniture outdoor maupun indoor.

5. Cepat Kering

Selain hemat budget, Anda juga akan hemat waktu. Kecepatan kering Biovarnish adalah 60 menit dibandingkan dengan cat lain yang membutuhkan waktu kering 2 jam. Finishing menjadi lebih cepat menggunakan Biovarnish.

6. No Brush Marking

Apakah Anda sering menemukan brush mark ketika cat sudah kering? Anda tidak akan menemukannya pada Biovarnish. Tampilan tanpa brush marking akan meningkatkan nilai estetika pada furniture.

7. Aman dan Ramah Lingkungan

Tidak semua jenis cat pernis biovarnish aman dan ramah lingkungan. Biovarnish telah memenuhi standar regulasi ECHA dan US EPA. Sehingga tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya seperti formalin, timbal dan merkuri. Anda tidak perlu takut lagi penggunaan cat di dalam ruangan anak.

Di Manakah Anda Bisa Mendapatkan Produk untuk Finishing Driftwood Ini?

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone/Fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: +62 231 320759
e-mail: [email protected]