Cara Mempersiapkan Tekstur Kayu untuk Finishing Furniture Rustic

Kayu di rustic, seringkali menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan tampilan yang artistik. Furniture atau semua olahan dari kayu yang difinishing rustic akan memperlihatkan kesan alami dan juga kayu terlihat lapuk. Biasanya finishing rustic ini digunakan untuk beberapa gaya seperti vintage dan juga shabby chic. 

Rustic akan memperlihatkan kayu yang seolah-olah telah digunakan dalam waktu lama. Sebenarnya finishing ini lebih ke teknik saja, sedangkan masih banyak pengembangannya. Secara umum rustic merusak kayu sesuai dengan kerusakan yang tampak alami. 

Sedangkan ketika dilapisi dengan bahan finishing, Anda bisa menciptakan beberapa jenis finishing. Misalnya saja finishing driftwood agar seperti kayu yang sudah lama di daerah pantai, charcoal agar tampak seperti arang. Bisa juga black wash atau white wash sehingga pelapukan kayu sangat terlihat. 

Melakukan rustic sebelum finishing tidak boleh sembarangan. Ada beberapa trik dan alat khusus yang bisa digunakan. Sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja alat rustic dan juga bagaimana cara menggunakannya. 

Mengenal Alat yang Sering Digunakan untuk Menciptakan Efek Rustic

Ada banyak alat yang dapat digunakan untuk merusak kayu. Jenis kayu yang paling mudah dirusak tidak lain adalah kayu lunak yaitu permukaannya yang berpori besar. Otomatis kayu lunak sangat mudah penyok karena benda tumpul. 

Sedangkan jika Anda hendak merustik kayu solid yang keras, lebih baik mesin rustic untuk mempermudah dan mempercepat prosesnya. Apa saja alat yang bisa digunakan? Berikut ini macam-macamnya. 

  • Mesin rustic

Mesin ini berbentuk seperti gerinda hanya saja pada alat untuk memangkas diganti dengan sikat kawat berbentuk lingkaran. Mesin ini paling banyak digunakan dan harganya cukup mahal tetapi dapat menghasilkan permukaan yang rusak terlihat alami. 

  • Sikat kawat

Alternatif lain jika Anda tidak memiliki mesin rustic, sebaiknya pilih sikat kawat. Hanya saja ketika diaplikasikan pada kayu keras butuh penekanan yang lebih. Proses aplikasinya cukup sikatkan pada permukaan kayu yang datar searah dengan serat kayu. 

  • Palu

Anda juga bisa menggunakan palu untuk menciptakan beberapa bagian penyok pada siku kayu. Bagian penyok bisa saja di beberapa bagian yang datar hanya saja Anda harus bisa memperlihatkannya tampak alami. 

  • Paku

Anda juga bisa menggunakan paku untuk menciptakan lubang di beberapa bagian misalnya tengah atau justru sudut kayu. Sebaiknya pilih paku yang berukuran cukup besar agar lubang yang dibuat terlihat. 

  • Rantai besi

Alat ini bisa digunakan untuk menggantikan palu dalam menciptakan beberapa penyok yang dalam. Syaratnya Anda harus memukulkan pada bagian siku dan permukaan tidak merata. Hati-hatilah menggunakannya karena rantai ini bisa menciptakan penyok yang terlalu dalam. 

Tips Menciptakan Tampilan Rustic yang Alami

Semua alat yang digunakan tersebut tidak bisa langsung digunakan begitu saja. Anda harus memperhatikan area pada kayu mana saja yang sebaiknya dirusak. Bahkan ketika kayu tersebut telah diolah menjadi furniture. Tentu mengetahui bagian-bagian tertentu ini sangat penting. 

Apa saja kira-kira bagian yang sebaiknya dirusak atau justru tidak? Berikut ini tips cara menciptakan kesan rustic. 

  1. Rusak bagian sudut menjadi lebih tumpul. Jika kayu adalah kursi maka rusak bagian sudut dudukan kursi yang sering digunakan. 
  2. Pada permukaan kayu yang datar sebaiknya rusak dengan sikat kawat atau mesin rustic. Pastikan arahnya sesuai dengan serat kayu. 
  3. Bersihkan dengan seksama potongan kayu kecil setelah menggunakan sikat kawat. jangan sampai kayu masih tertinggal pada sela-sela yang telah dirusak. 
  4. Anda bisa juga merusak menggunakan paku yang dimasukan ke dalam kaus kaki. Kerusakannya akan cukup alami khususnya bagian permukaan kayu yang datar. 
  5. Amplas permukaan kayu yang sudah dirusak, sebaiknya gunakan amplas nomor 220 untuk hasil yang halus. 

Menciptakan kerusakan yang tampak alami membutuhkan beberapa imajinasi. Anda juga bisa melihat dari bagaimana tampilan furniture kayu yang benar-benar rusak. Setelah itu cobalah untuk meniru agar tampilannya benar-benar sama. 

Contoh Finishing Tampilan Rustic dengan Dua Metode

Ada dua cara bagaimana Anda bisa memanfaatkan kayu yang sudah di rustic. Pertama untuk tampilan yang natural, kedua untuk mendapatkan tampilan kayu yang sebelumnya sudah dicat dengan warna solid. 

Dua metode ini membutuhkan dua jenis cat yang berbeda. Untuk finishing pertama Anda membutuhkan glaze dan juga vernis. Sedangkan cara kedua Anda hanya perlu chalk paint. Merk cat yang direkomendasikan untuk proses ini adalah Biovarnish dan juga Bioduco. 

Kedua bahan finishing ini sangat mudah diaplikasikan bahkan hanya dengan kuas saja. Simak cara aplikasi kedua produk ini untuk hasil yang berbeda. 

Finishing Rustic dengan Biovarnish

Untuk hasil pertama yaitu rustic namun warna kayu masih terlihat, Anda membutuhkan empat bahan yaitu Biovarnish sanding sealer, wood stain, glaze dan juga clear coat matte. Alat yang harus dipersiapkan adalah gelas plastik, kuas nilon dan terakhir amplas 400.

Jika bahan dan alat sudah disiapkan, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan permukaan kayu dengan kain dan pastikan tidak ada debu yang menempel.
  • Aplikasikan Biovarnish sanding sealer yang telah diencerkan. Kuaskan tipis saja ke permukaan kayu, tunggu kering kemudian amplas ambang. 
  • Aplikasikan Biovarnish warna walnut brown yang juga telah diencerkan. Kuaskan tipis ke permukaan kayu ikuti serat. Tunggu kering kemudian amplas ambang. 
  • Aplikasikan Biovarnish glaze warna hitam yang sudah diencerkan dengan air sedikit. Kuaskan ke seluruh permukaan searah dengan serat. Diamkan 5 menit kemudian lap dengan kain yang kering. 
  • Aplikasikan Biovarnish clear coat matte ke seluruh permukaan kayu. Diamkan kayu selama semalaman. 

Hasil finishing dengan cara ini adalah rustic black wash, dimana glaze akan memberikan kesan kuat pada serat kayu yang telah dirusak sebelumnya. Glaze hanya akan kering setelah ditumpuk dengan lapisan clear coat. 

Finishing Rustic dengan Bioduco

Hasil finishing yang kedua ini sebenarnya sangat mudah dan dapat digunakan oleh siapa saja. Bioduco chalk paint memberikan warna yang lembut dan juga sangat menarik. Di Indonesia Anda hanya dapat mendapatkan cat chalk paint dalam merk ini. 

Peralatan yang harus disiapkan sama hanya saja Anda juga perlu menambahkan amplas grit 320. Jika sudah lengkap semua, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Bersihkan permukaan kayu dari debu menggunakan kain lap yang bersih dan kering. 
  • Campurkan cat Bioduco chalk paint dengan air. Aduk merata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata.
  • Tunggu kering, amplas ambang dengan amplas 400 kemudian aplikasikan cat kembali. Pastikan setiap lapisannya hanya tipis saja. 
  • Siapkan amplas nomor 320, kemudian amplas pada bagian yang tadi telah Anda rusak. Amplas hingga warna kayu sedikit terlihat. 
  • Amplas kembali permukaan secara merata. Kini Anda sudah bisa dilihat tampilan beberapa bagian rusak tampak alami. 

Sebagian lapisan terakhirnya, Anda bisa menggunakan cat kayu Bioduco top coat matte atau dengan Biopolish Beeswax.  

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.