Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini

686
Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini

Anda ingin mendapatkan hasil finishing kayu terlihat teroksidasi? Jangan bingung dulu karena tampilan warna kayu teroksidasi atau yang disebut juga dengan kayu warna patina bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bahkan apabila Anda adalah seorang pemula juga bisa mengaplikasikannya dengan mudah dan juga dengan cepat. Lalu apa sebenarnya keterangan lebih detil tentang warna patina? Warna kayu patina adalah lapisan yang tipis yang memberikan tampilan bermacam-macam baik itu pada material batu, tembaga, perunggu dan logam, mebel kayu yang akan diproduksi beradasarkan dengan usia dari kayu seperti keausan atau pemolesan dan juga tampilan perubahan permukaan dengan usia kayu. (sumber: Wikipedia).

Dalam hal ini artikel ini akan membahas khususnya material kayu. Usia kayu yang semakin tua maka akan mempermudah untuk mendapatkan warna patina. Namun jika menunggu kayu untuk mendapatkan hasil kayu yang teroksidasi maka membutuhkan waktu yang terlalu lama. Kini untuk membuat kayu menjadi terlihat warna yang terlihat berumur. Lalu bagaimana caranya agar Anda mendapatkan hasil warna finishing? Berikut ini ada tiga hasil finishing warna patina sesuai dengan umur kayu.

  1. Panel 1

Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini

Tampilan dari panel 1 ini menampilkan hasil finishing kayu yang telah teroksidasi di awal. Pada bagian ini finishing lebih memperlihatkan hasil dari jamur yang muncul pada permukaan kayu sehingga terdapat efek warna kehijauan.

  1. Panel 2
CS Biovarnish

Tampilan dari panel 2 ini menampilkan kayu yang telah teroksidasi lebih lama dibandingkan dengan panel 1.  Finishing kayu pada bagian ini adalah untuk memperlihatkan kayu yang lebih lama terbakar matahari. Sehingga serat kayu lebih tajam.

Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini

  1. Panel 3

Tampilan dari panel ke3 ini adalah untuk memperlihatkan hasil finishing kayu yang paling lama teroksidasi. Hasilnya kayu tampak lebih lapuk namun serat kayu tetap terlihat dengan baik.

Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini

Lalu bagaimana cara finishing untuk mendapatkan hasil finishing seperti panel-panel di atas? Sudah tidak sabar mengetahui dan ingin segera praktek? Anda tidak perlu susah lagi karena produk BioColours series akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil finishing patina series tersebut.

Hasil Finishing Patina Kayu Masih Terlihat Berjamur

Anda ingin mendapatkan hasil finishing patina kayu seperti pada palet pertama yang memperlihatkan kayu seolah-olah sedang berjamur? Untuk mendapatkan hasil seperti ini kunci utama keberhasilan berasal pada jenis kayu yang digunakan. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu solid yang memiliki tekstur keras agar mudah untuk membentuk tekstur. Nah untuk jenis kayu yang bagus antara lain kayu jati, kayu mindi dan juga kayu akasia. Ketiga jenis kayu ini adalah kayu keras yang juga memiliki jenis serat kayu yang menarik. Serat kayu jati misalnya yaitu lurus terkadang berpadu dengan tekstur yang kasar dan tidak merata. (sumber: Atlas Kayu Indonesia)

Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini

Kayu yang dipilih jika ingin memperlihatkan bekas jamur maka Anda bisa mencari kayu yang memang sudah memiliki jamur blue stain. Namun jangan khawatir karena nantinya efek jamur dapat disamarkan dengan bleaching kayu dan justru memperlihatkan efek artistik dari  kayu. Setelah jenis kayu ditentukan Anda bisa mulai mempersiapkan material sebelum dilakukan proses finishing. Prosesnya adalah dengan menciptakan efek rustic. Caranya sangat mudah gunakan sikat kawat kemudian digosok-gosokan atau sikatkan searah serat ke seluruh permukaan kayu. Sikat kawat ini akan menimbulkan tekstur yang bergelombang dan seolah-olah kayu sudah melalui proses oksidasi.

Persiapan kayu telah selesai kini saatnya Anda melakukan proses finishing dengan cara-cara berikut ini:

  • Amplas permukaan kayu menggunakan kertas amplas aluminium oxide no. 240. Amplaslah permukaan dengan ditekan untuk mendapatkan permukaan yang tidak kasar namun tetap memiliki tekstur yang bersih. Lalu bersihkan sisa debu amplas menggunakan kain yang kering. Jika perlu gunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa debu amplas yang masih masuk di dalam sela kayu. Pastikan permukaan benar-benar bebas dari debu dan juga kotoran.

Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini

  • Sebelum masuk ke dalam proses pengecatan gunakan White Agent 250 untuk proses menyamarkan noda jamur. Campurkan WA 250 dengan air 2 bahan : 1 air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan dan tunggu meresap sekitar 4 hingga 6 jam. Lalu bilas dengan air detergen untuk menghilangkan sisa bahan. Jika sudah keringkan kayu hingga mendapatkan MC kayu 15%.
  • Mulailah tahapan finishing menggunakan cat kayu Biovarnish Walnut Brown 1 bahan : 5 air menggunakan spray system tipis saja ke seluruh permukaan hingga rata kemudian Anda bisa mengamplas dengan aluminium oxide no. 400 ambang saja setelah cat kayu benar-benar kering. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 60 menit.
  • Gunakan sanding sealer dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dicampur kemudian disemprotkan ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering sekitar 60 menit dan diamplas kembali menggunakan kertas amplas nomor 400.
  • Paling penting adalah mengaplikasikan BioColours Wood Stain Black dengan perbandingan 1 bahan : 5 air kemudian diaduk dan disemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar 60 menit baru diamplas kembali dengan kertas amplas nomor 400.
  • Langkah terakhir adalah menggunakna BioColours top coat death matt untuk mendapatkan kesan natural perbandingan 1 bahan : 1 air. Kemudian semprotkan ke seluruh permukaan dan tunggu kering sekitar satu malam maka lapisan cat kayu akan mengering.

Hasil Finishing Patina Yang Sudah Lama Terbakar Matahari

Pada bagian kedua ini Anda akan mendapatkan hasil finishing patina adalah untuk mendapatkan hasil kayu yang terlihat telah terbakar matahri cukup lama. Untuk persiapan tidak terlalu berbeda dengan cara pertama yaitu mempersiapkan kayu yang solid dan kayu yang memiliki serat yang baik. Sayangnya warna patina ini masih belum bisa digunakan pada jenis turunan kayu atau kayu buatan seperti MDF. Jenis kayu tersebut masih menggunakan venner yang merupakan kayu serut sehingga apabila dibentuk efek rustic kayu akan menjadi rusak. Selain itu serat kayu juga tidak akan seindah dan terbentuk unik seperti kayu solid.

Cara aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

  • Pastikan kayu telah melalui proses rustic sehingga mendapatkan hasil tekstur yang terbaik. Jika Anda sudah mendapatakan teksturnya maka Anda bisa langsung mengamplas dengan kertas amplas nomor 240 dan hilangkan serbuk amplas.
  • Campurkan Biovarnish Walnut brown dengan air perbandingan 1 bahan : 5 air kemudian aplikasikan dengan carta disemprot ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering hingga 60 menitan kemudian diamplas dengan kertas amplas sekitar 400. Amplas secara ambang.
  • Penasaran Bagaimana Cara Finishing Warna Kayu Patina? Gunakan Cat Kayu Ini
    Lap lapisan glaze yang sudah ditunggu 5 menit

    Aplikaskan BioColours Black dengan air perbandingan 1 bahan : 5 air kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan spray system. Tunggu hingga kering baru diamplas ulang menggunakan kertas amplas nomor 400.

  • Langkah ketiga adalah dengan mengaplikasikan Glaze Veg Patin. Prosesnya berbeda yaitu mencapurkan Glaze dengan air perbandingan 1 bahan : 5 air kemudian diaduk dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga masuk ke dalam sela kayu tunggu agak kering sekitar 5 menit kemudian dilap menggunakan kain kering yang bersih. Tunggu lapisan glaze benar-benar kering sekitar 60 menit.
  • Lapisan terakhir adalah BioColours Matt yang sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar semalaman.

Hasil Finishing Warna Patina Kayu Oksidasi

Jenis finishing warna patina yang terakhir adalah untuk hasil oksidasi yang paling lama. Jadi kayu ini memiliki waktu oksidasi yang lebih lama dibandingkan dengan kedua jenis warna patina sebelumnya. Untuk mendapatkan jenis hasil finishing maka kayu yang direkomendasikan adalah jenis kayu jati, akasia dan juga kayu mindi. Lakukan proses persiapan dimulai dengan efek rustic menggunakan sikat kawat. Selain menggunakan sikat kawat maka Anda bisa menggunakan mesin rustic kayu. Mesin ini lebih mudah untuk digunakan karena akan bergerak searah serat kayu. Jika Anda bisa menggunakan mesin ini maka sebaiknya gunakan mesin ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tampilan rustic yaitu tekstur dan ebntuk serat sudah terlihat maka selanjutnya adalah untuk melakukan proses finishing. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Amplas permukaan kayu menggunakan kertas amplas nomor 240 dan hilangkan debu amplas menggunakan kain lap yang bersih dan juga kering.
  • Pertama campurkan cat kayu yaitu BioColours Primer White dengan cat Orchid pearl dan air. Perbandingannya adalah 3 bahan Primer : 1 bahan Orchid dan 8 Air. Aduk hingga rata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga mendapatkan hasil yang rata. Tunggu permukaan kayu hingga mengering sekitar 60 menit lalu amplas ambang dengan kertas amplas nomor 400.
  • Kedua adalah aplikasikan BioColours Wood Stain Black yang sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 5 air. Langsung saja semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar 60 menit. Amplas dengan kertas amplas nomor 400 secara ambang saja.
  • Ketiga adalah pengaplikasian BioColours Top Coat Matt. Campurkan dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air dan campurkan hingga rata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar semalaman.

Ingin mendapatkan hasil finishing ada beberapa produk yang dibutuhkan yaitu Biovarnish, BioColours, Glaze, Orchid dan juga White Agent 250. Untuk mendapatkan produk-produk finishing ini bisa didapatkan di Cirebon khususnya di alamat Kisabalanang no. 23 Megucilik, Weru, Cirebon Jawa Barat. Anda juga bisa menghubungi langsung ke nomor 0231-320759.

 

CS Biovarnish