Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Furniture Kayu Pinus

1040
Menciptakan Furniture Kayu Palet Pinus

Pohon pinus dianggap sebagai pohon kayu lunak, yang berarti kayu lebih lunak daripada varietas kayu keras. Pohon pinus tumbuh di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia saja Anda akan menemukan pinu, namun di Amerika Serikat juga terdapat banyak pinus yang digunakan sebagai pengemasan barang impor.

Ada banyak jenis pinus yang memiliki banyak kekakuan dan ketahanan terhadap tekanan, yang membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk banyak macamfurnitur. Pinus cenderung lebih mudah diolah selama tahap pembuatan furnitur karena sifatnya yang lebih lembut.

Furnitur dari kayu pinus telah ada selama beberapa waktu. Secara tradisional, pinus digunakan untuk furniture gaya Kolonial, kasar dan pengrajin. Lama kelaman berubah, dengan pinus yang bekerja untuk berbagai gaya furnitur, termasuk potongan kontemporer.

Pinus berwarna terang, biasanya memiliki tampilan putih krem, meskipun warna tertentu bisa agak berbeda. Beberapa varietas menghasilkan warna yang sangat putih. Yang lainnya condong ke arah tampilan kekuningan.

CS Biovarnish

Warna terang membuat pinus mudah dicat untuk mencapai hampir semua warna yang Anda inginkan, atau Anda cukup menggunakan lapisan transparan untuk melindungi kayu sambil membiarkan warna cahaya alami menjadi pusat perhatian. Pinus juga memiliki pori yang menonjol dengan mata kayu yang lebih gelap dari kayu itu sendiri, yang memberikan tampilan yang berbeda.

Apakah Kayu Pinus Bagus Untuk Furniture?

Sementara pinus sangat berbeda, ini adalah pilihan yang bagus untuk furnitur, tergantung pada tujuan Anda. Kayu pinus adalah bahan kuat, tahan goncangan yang cocok untuk furnitur, terutama jika Anda menyukai gaya vintage atau country.

Seiring waktu, pinus yang dibiarkan diluar bisa menghasilkan warna patina yang memberinya kualitas antik, yang merupakan tampilan menarik bagi banyak orang. Beberapa cacat kayu  yang dihasilkan untuk muncul di kayu hanya menambah tampilan usia itu.

Namun untuk mendapatkan kesan antik tersebut Anda juga bisa mewujudkannya dengan menggunakan teknik pengecatan warna patina khusus. Beberapa bagian cacat bisa dibuat dan penggunaan cat water based yang tepat akan memberikan kesan yang sesuai dengan warna patina.

Perabotan kayu pinus dilengkapi dengan pro dan kontranya sendiri, tergantung pada kebutuhan Anda. Pertimbangkan pro berikut untuk furnitur kay pinus:

  • Harga: Perabotan pinus sering jauh lebih murah daripada versi kayu oak dari furnitur yang sama. Pertumbuhan pohon pinus yang cepat adalah alasan utama untuk perbedaan harga ini. Pohon pinus mudah dipanen dan diolah yang mempercapat waktu yang lebih singkat ke pasar, yang memungkinkan petani menjual kayu dengan harga lebih rendah. Jika Anda berfokus terutama pada harga, pinus adalah opsi yang menarik. Anda bahkan bisa mendapatkan kayu pinus di mana saja terutama di pulau Jawa.
  • Warna: Karena warnanya yang terang, perabot pinus sangat cocok dengan perabotan lain di rumah Anda. Ini memiliki tampilan serbaguna yang juga cocok dengan berbagai warna dinding, pola dan detail lainnya di dekorasi Anda. Warna yang terang ini juga disertai denga serat kayu indah tidak kalah dengan kayu jati. Walaupun Anda harus mengatasi masalah mata kayu yang sering tidak disukai oleh banyak orang. Namun bagi sebagian orang justru mata kayu menjadi tampilan yang artistik.
  • Pilihan untuk mengubah warna: Kayu pinus adalah kayu yang mudah diwarnai untuk mencapai warna yang Anda inginkan. Ini memberi Anda berbagai pilihan finishing bervariasi, termasuk pewarnaan dan cat. Anda juga bisa bertahan dengan warna alami dengan memilih lapisan film yang jelas. Pinus memiliki berbagai finishing dengan baik, sehingga Anda mendapatkan hasil yang berkualitas, tidak peduli pilihan finishing apa yang Anda pilih.
  • Kekakuan: Kayu pinus adalah kayu yang sangat kaku. Ini membuatnya tahan lama dan kuat saat digunakan dalam furnitur. Itu tidak sekuat oak, tetapi masih menawarkan daya tahan. Anda bisa menggunakan kayu pinus sebagai furnitur meja tamu, kursi tamu atau yang membutuhkan daya tahan tinggi.
  • Lebih ringan: Sementara furnitur yang terbuat dari kayu pinus masih cukup berat dan kokoh, lebih ringan dari kayu jati. Bobot yang lebih ringan adalah banyak disukai ketika Anda akan memindahkan berbagai macam furnitur. Menata ulang furnitur Anda lebih mudah dengan berat yang lebih rendah, jadi pertimbangkan pinus jika Anda ingin mengubah tampilan ruangan Anda.
  • Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Furniture Kayu PinusKetahanan guncangan: Pinus tahan terhadap guncangan, yang membantu meminimalkan dampak kerusakan. Jika Anda akan menggunakan kayu pinus sebagai kursi anak yang sering digunakan maka adalah pilihan baik. Selain itu kayu pinus juga sangat ringan untuk dipindahkan oleh anak-anak.
  • Ciri khas: Pinus memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan mata kayu gelap dan warna kayu terang. Jika gaya ini sesuai dengan preferensi Anda, tampilan yang berbeda itu merupakan manfaat yang patut dipertimbangkan.
  • Dampak lingkungan kurang: Karena pohon pinus tumbuh sangat cepat, pohon-pohon yang ditebang segera diganti dengan pertumbuhan baru. Pohon pinus tumbuh baik di perkebunan atau pertanian dengan sedikit dampak pada habitat alami, sedangkan pohon oak yang digunakan dalam furnitur biasanya berasal dari hutan pertumbuhan yang lama.
  • Tahan terhadap penyusutan dan pembengkakan: Meskipun kayu dapat mengecil dan memuai karena perbedaan kelembaban dan suhu, pinus tahan terhadap kerusakan. Dengan meminimalkan pembengkakan dan pembengkakan, pinus mempertahankan bentuk aslinya.

Ada juga beberapa kontra yang perlu dipertimbangkan dengan furnitur pinus. Jadi jika Anda akan menggunakan kayu pinus maka Anda harus mengetahui mana saja kelebihan dan mana saja yang menjadi kekurangan dari kayu pinus. Anda bisa memutuskan menggunakan kayu pinus setelah melihat kelebihan dan kekurangannya. Beberapa potensi negatif tersebut termasuk:

  • Gaya kurang fleksibilitas: Sementara pinus dapat bekerja untuk sebagian besar gaya, itu cenderung lebih condong ke arah gaya country atau dengan teknik distressing. Jika Anda lebih suka gaya yang lebih modern, Anda mungkin menemukan pinus tidak sesuai dengan selera Anda.
  • Meningkatnya tanda-tanda keausan: Pinus memiliki kualitas yang kaku, tetapi kayu tidak menawarkan banyak kekuatan dan ketahanan untuk dipakai seperti yang dilakukan oleh kayu oak. Pinus dapat melekuk dan tergores dengan mudah. Jika Anda berencana untuk mempertahankannya tanpa batas, kayu oak kemungkinan adalah pilihan yang lebih baik.
  • Lebih banyak perawatan: Karena kecenderungannya untuk tergores, rusak dan mendapatkan warna patina dari waktu ke waktu, pinus sering membutuhkan perawatan lebih dari pohon oak. Jika Anda tidak keberatan dengan tampilan usia, Anda bisa bertahan dengan sedikit perawatan. Namun, jika Anda ingin mempertahankan kondisi asli mebel pinus, Anda mungkin perlu memperbaiki bagian itu dan memperbaiki kerusakan yang terjadi.
  • Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Furniture Kayu PinusPotensi untuk mata kayu berlebih: Saat memilih furnitur pinus, perhatikan mata kayu, terutama jika mereka membentuk lubang ke furnitur. Adanya mata kayu yang berlebihan dapat menyebabkan kelemahan pada furnitur. Pilih produsen yang memiliki reputasi baik untuk memastikan Anda membeli furnitur kayu pinus dengan konstruksi berkualitas.
CS Biovarnish