Cat Kayu Biovarnish Aman dan Ramah Lingkungan, Ini Kelebihan Lainnya

Menggunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan saat melakukan finishing adalah hal yang penting, anda dapat menggunakan cat Biovarnish untuk mendapatkannya.

Tips Dan Teknik Mengecat Kayu Dengan Cat Solid Menggunakan Kuas - Cara Menguas Kayu

Saat melakukan proses finishing, penggunaan cat yang aman dan ramah lingkungan akan membuat pekerjaan finishing anda menjadi lebih mudah. Berbagai keuntungan akan anda dapatkan saat menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan seperti Biovarnish. Sebagai cat water based berkualitas, biovarnish akan membantu anda mewujudkannya.

Sebelumnya, anda pasti perlu mengetahui seperti apa cat yang aman dan ramah lingkungan untuk finishing? Apakah Biovarnish sudah memenuhi standar sebagai cat yang aman dan ramah lingkungan? Pada artikel ini anda akan menemukan jawabannya.

Cat Terbaik untuk Finishing

Agar tidak keliru dalam memilih cat untuk finishing, simak tips memilih cat terbaik untuk finishing berikut ini:

  • Tidak berbau

Cat solvent based yang menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya pasti memiliki bau menyengat. Bau ini akan bertahan lama hingga anda selesai melakukan finishing, bahkan masih tertinggal di furniture yang anda finishing. Selain mengganggu, bau ini juga akan menjadi penyebab penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda.

  • Tidak beracun

Jika anda tidak menggunakan thinner sebagai bahan kimia pengencer cat, kemungkinan cat yang anda gunakan tidak beracun semakin besar. Dalam cat solvent based yang menggunakan pengencer thinner terdapat kandungan formaldehyde yang beracun sehingga berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

  • Mudah diaplikasikan

Cara aplikasi yang mudah juga harus dimiliki oleh cat yang berkualitas. Selain aman dan ramah lingkungan, cara aplikasi yang fleksibel juga harus menjadi perhatian anda dalam memilih cat.

  • Cepat kering

Dan yang tidak kalah penting adalah cat yang anda gunakan harus cepat kering. Agar proses finishing anda dapat berjalan dengan cepat dan lebih efisien.

  • Tahan cuaca

Saat memilih cat untuk finishing furniture, anda perlu memperhatikan satu aspek ini. Sebaiknya, pilihlah cat yang memiliki ketahanan terhadap cuaca, baik terhadap sinar UV maupun terhadap hujan. Jangan sampai cat yang anda gunakan mudah pudar dan cracking.

Cat Plitur Kayu Pernis

Seluruh kriteria di atas dapat anda peroleh saat menggunakan cat water based dari Biovarnish. Berbeda dengan cat solvent based, anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut cat ini. Aplikasinya juga sangat fleksibel bisa dengan dikuas maupun di spray.

Produk ini terbukti aman untuk digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pada cat solvent. Anda dapat menggunakan cat kayu biovarnish yang aman dan ramah lingkungan untuk finishing furniture kesayangan anda. Penggunaan cat ini juga lebih fleksibel, dapat digunakan untuk furniture indoor maupun outdoor.

Bahaya Bahan Kimia Cat Pada Kesehatan

Untuk menyadarkan penggunaan cat kayu water based sebaiknya dipahami terlebih dahulu apakah bahaya penggunaan cat solvent. Apa saja yang akan dipengaruhi jika menggunakan cat solvent terus menerus bahakan seumur hidup? Berikut ini ulasannya:

  1. Sakit tenggorokan

Bahaya Bahan Kimia sakit-tenggorokan

Ini merupakan gejala awal dari seringnya menghirup kandungan bahan kimia yang disebarkan oleh cat kayu solvent. Terlebih lagi jika proses aplikasinya menggunakan spray gun. Partikel cat akan menyebar dan masuk ke dalam saluran pernapasan, Anda akan mengalami batuk yang bisa saja berkelanjutan.

  1. Perih pada mata

Partikel cat tidak hanya mempengaruhi dan merusak saluran pernapasan tetapi juga akan menimbulkan efek buruk pada mata. Anda akan merasakan mata yang perih dan berair. Hal ini menandakan iritasi mata sedang berlangsung. Jangan biarkan hal ini terus menerus karena akan menimbulkan kerusakan pada mata.

  1. Penyakit keturunan

Anda mungkin tidak terjangkit penyakit secara langsung. Tetapi pengaruh berbahaya dari formalin, merkuri dan timbal bisa menyebabkan penyakit keturunan. Bisa jadi karena Anda bekerja pada industri yang menggunakan cat solvent maka dapat mempengaruhi kesehatan anak Anda. Jangan sampai anak Anda lahir cacat karena penggunaan cat solvent yang berlebihan.

  1. Berbagai penyakit kanker

Bahan kimia dalam cat tidak hanya menimbulkan penyakit mata atau tenggorokan tetapi juga menimbukan penyakit dalam seperti kanker. Jenis kanker yang biasanya ditimbulkan oleh cat adalah kanker darah, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker kulit, dll. Sungguh berbahaya kandungan yang terdapat dalam cat solvent maka sebaiknya Anda beralih pada cat water based yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Standar Keamanan Cat Kayu Biovarnish

Produk cat water based biovarnish telah memenuhi standar keamanan bahan kimia secara internasional. Biovarnish juga diformulasi sesuai dengan standar yang berlaku. Sehingga telah memenuhi standar sebagai cat yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Berikut ini beberapa diantaranya:

>> ECHA Reach Regulation

Dalam rangka memenuhi standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) ini produk Biovarnish diolah untuk menjadi produk water based. Peraturan ini sangat konsen sejak tahun 2011 mengenai 82 jenis bahan kimia berbahaya yang diketahui telah menjadi sumber timbulnya kanker (Carcinogenic), gangguan reproduksi (Toxic for reproduction), gangguan genetika (Mutagenic).

Inilah Cara Menggunakan Plitur Kayu Yang Benar

ECHA mengeluarkan daftar yang terus berkembang dalam pembatasan dan pelarangan penggunaan bahan kimia berbahaya tersebut. Produk Biovarnish selalu mengikuti daftar yang telah dikeluarkan oleh ECHA tersebut. Jadi jika Anda melihat dari segi kemanan dan kesehatan lingkungan produk Biovarnish sudah tidak diragukan lagi.

>> United States Environmental Protection Agency (US EPA)

Jika ECHA di Eropa, US EPA adalah regulasi di Amerika. Regulasi ini sama-sama mengatur tenang kesehatan manusia dan lingkungan dari penggunaan bahan kimia berbahaya salah satunya terdapat dalam cat. Di dalam US EPA paint regulation number 8, diatur seberapa banyakah kandungan Volatile Organic Compound sebagai bahan dasar cat.

Bahkan setiap tahunnya regulasi penggunaan VOC semakin dikurangi dan semua produk cat sebaiknya mengikuti peraturan tersebut seperti Biovarnish. Dalam hasil pengujian cat Biovarnish pada laboratorium TUV Rheinland German, Biovarnish dinyatakan layak dan aman untuk digunakan dalam lingkungan manusia.

>> LPPT UGM

Selain dari tingkat internasional, cat kayu Biovarnish juga sudah di uji cobakan dalam laboratorium LPPT UGM. Hasilnya adalah tidak terdektaksi adanya kandungan berbahaya dan beracun yaitu formalin, cobalt (Co), Lead (Pb) dan Mercury (Hg).

Jika dilihat dari hasil uji coba di berbagai laboratiorum tersebut, cat Biovarnish sudah diakui dan bebas bahan kimia baik di tingkat nasional maupun internasional. Poin inilah yang wajib Anda pertimbangkan dalam memilih produk cat yang aman dan ramah lingkungan.

Selain Aman, Cat Biovarnish Juga Mudah Diaplikasikan

Proses pengecatan dengan cat kayu Biovarnish tidak membutuhkan peralatan khusus seperti cat lainnya. Cat ini hanya membutuhkan kuas saja bahkan untuk tarikan kuasnya sangat ringan. Anda tidak perlu khawatir akan jejak kuas (brush mark) yang biasanya dialami oleh cat yang diaplikasikan dengan kuas. Dengan campuran air yang tepat maka Biovarnish tidak akan meninggalkan brush mark.

Kemudahan lain dalam proses aplikasi Biovarnish adalah mudahnya dalam proses pengamplasan. Proses amplas pada dempul Biovarnish tidak akan menimbulkan efek peeling yang biasanya dialami oleh jenis dempul lain. Dempul Biovarnish melekat dengan baik pada substrat kayu dan mengisi pori-pori kayu. Jika Anda menggunakan dempul yang menimbulkan efek peeling tentu saja Anda akan mengeluarkan banyak budget.

Cat Kayu Untuk Teknik Finishing Kursi Rotan

Selain dempul, mudahnya aplikasi wood stain didukung dengan bahan pelarut air. Anda tidak perlu membeli thinner sebagai bahan pelarutnya. Anda cukup mencampurkan air saja dan mengaduknya hingga tercampur dengan rata baru mengaplikasikannya pada seluruh permukaan substrat kayu.

Aplikasi dengan kuat dapat dilakukan oleh berbagai macam kalangan tidak harus profesional, baik Anda seorang ibu rumah tangga, anak-anak bahan pemula dibidang hobi kayu. Nah inilah kelebihan dari segi kemudahan aplikasi dari Biovarnish. Jika melihat dari segi hasil pengecatan menggunakan Biovarnish, warna transparansi yang tajam akan Anda dapatkan. Serta kayu yang unik dan ingin di perlihatkan akan didukung oleh lapisan clear coat doff. Dengan menggunakan clear coat doff, furniture kayu akan terlihat seperti tidak dilapisi oleh cat.

Butuh finishing berkualitas? Kuasin aja pakai air. Yuk gunakan biovarnish water based cat kayu yang aman dan ramah lingkungan!

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.