Meja Kerja Minimalis dan Ramah Lingkungan

28
Meja Kerja Minimalis dan Ramah Lingkungan

Pengap dengan ruangan kantor Anda? Darimanakah sumber pengap tersebut, apakah dari pekerjaan yang menumpuk atau jangan-jangan berasal dari furnitur yang Anda gunakan saat ini? Ruangan kantor yang menggunakan air conditoner adalah ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara seperti pada kantor Anda. Ada banyak bahaya yang mengancam karena tidak adanya ventilasi udara yang menciptkan udara baru terus berganti.

Apakah Anda pernah mendengar bahwa kayu yang digunakan sebagai furnitur ternyata masih bernapas? Beberapa penilitian menyatakan bahwa fungsi dari pori kayu yang telah diolah menjadi furnitur akan tetap memiliki fungsi untuk menyerap karbon di dalam ruangan, maka tidak heran jika furnitur akan mudah rusak.

Mengurangi kerusakan furnitur seperti meja kerja di kantor Anda maka penggunaan bahan finishing sangat berguna. Bahan finishing berupa cat inilah yang akan menutup pori kayu kamudian mengurangi kemampuan kayu untuk menyerap kelembaban. Namun sayangnya penggunaan bahan finishing inilah yang banyak tidak diperhatikan oleh para produsen furniture. Banyak bahan finishing sembarangan yang akhirnya hanya membuat ruangan menjadi beracun atau tidak ramah lingkungan.

Apa penyebab utamanya? Bahan finishing kayu yang dipilih secara sembarangan bahkan dibeli tanpa merk dengan jumlah kiloan memiliki kandungan logam berat yang tidak dapat dideteksi. Jika bahan finsihing ini diletakan dalam ruangan, proses penguapan zat dari bahan finishing akan memenuhi udara dalam kantor Anda. Akibatnya meja kerja minimalis Anda menjadi sumber racun yang memneuhi ruangan kerja Anda.

CS Biovarnish

Tentu Anda akan menghirup udara ini selama berhari-hari, jika hal ini tidak dirubah atau bahkan dicegah kemudian hari akan muncul berbagai gangguan kesehatan yang sangat mahal harganya. Sebaiknya Anda lebih waspada ketika sedang memilih meja kerja minimalis baik untuk keperluan kantor maupun rumah.

Memilih meja kerja minimalis yang lebih ramah lingkungan harus menjadi prioritas Anda. Tidak hanya bahan finishing saja namun banyak material meja yang dipilih harus ramah lingkungan.

Mengenal Material Meja Kerja Ramah Lingkungan

Seperti yang telah disebutkan bahwa memilih meja yang ramah lingkungan akan menjadi pekerjaan rumah Anda saat ini. Memilih material yang ramah lingkungan tidak bisa sembarangan, walaupun mungkin Anda telah memilih material serat alam belim tentu material tersebut ramah lingkungan. Anda perlu mempertimbangkan apakah material tersebut telah diolah dan memiliki kandungan berbahaya seperti lem dan juga berbagai macam kekurangan lainnya.

Ada beberapa bahan ramah lingkungan yang bisa Anda pertimbangkan sebagai berikut ini:

  1. Bambu

Bambu adalah bahan furnitur ramah lingkungan lain yang telah terkenal dalam popularitas di bidang furnitur. Secara teknis, bambu adalah rumput, bukan pohon, sehingga dapat tumbuh kembali setelah dipotong. Bambu tumbuh sangat cepat dan sangat serbaguna. Daripada mengambil 35 – 50 tahun untuk tumbuh menjadi dewasa, bambu mencapai kematangan tinggi dalam sekitar 3 tahun dan kematangan kekerasan dalam 5 – 7 tahun dan menyerap sejumlah besar CO2 selama proses pertumbuhan yang cepat ini.

  1. Material yang Direklamasi

Furnitur yang terbuat dari bahan reklamasi merupakan pilihan lain yang sangat baik untuk ramah lingkungan. Menggunakan kayu reklamasi merupakan pilihan populer untuk proyek furnitur ramah lingkungan.

Meja Kerja Minimalis dan Ramah LingkunganKayu yang direklamasi adalah kayu yang telah digunakan sebelumnya biasanya dalam bangunan, tetapi kayu yang direklamasi juga dapat berasal dari sumber seperti tong anggur, tambang batu bara, atau gerbong kereta. Kayu yang populer untuk kayu reklamasi termasuk oak, dan pinus longleaf. Kayu reklamasi merupakan bahan yang dapat digunakan kembali secara inheren dan bahan furnitur ramah lingkungan yang sangat populer karena banyak alasan.

Kayu yang lebih tua sering digergaji menjadi papan yang lebih lebar dari kayu kontemporer. Sangat mungkin untuk menemukan kayu reklamasi dalam jenis kayu yang tidak biasa dan / atau indah yang tidak dapat dipanen secara berkelanjutan. Kayu reklamasi telah telah dikeringan dengan baik dan stabil.

  1. Bahan yang dapat didaur ulang

Karena plastik dan logam dapat didaur ulang, mereka dapat, tetapi tidak selalu, bahan ramah lingkungan untuk perabotan. Bahan daur ulang memerlukan sumber daya yang lebih sedikit dan lebih sedikit pengolahan dan mereka juga membantu mendukung industri daur ulang.

Bahan Finishing yang Ramah Lingkungan

Setelah mengetahui material apa saja yang bisa Anda pilih kini saatnya Anda memilih bahan finishing yang ramah lingkungan. Cat solvent adalah jenis cat yang terkenal telah digunakan dari masa ke masa. Penggunaan cat solvent yang mendunia ini menyadarkan banyak orang bahwa cat solvent sebenarnya bukanlah jenis cat yang aman digunakan. Pasalnya banyak aroma menyengat yang bisa segera dirasakan setelah cat diaplikasikan.

Aroma yang menusuk hidung ini berasal dari kandungan formaldehyde yang tinggi dalam cat solvent. Thinner sebagai bahan pelarutnya juga memiliki kandungan tinggi akan logam berat seperti timbal dan juga merkuri. Anda perlu berhati-hati dan waspada terhadap cat solvent.

Kesadaran manusia tersebut membuat banyak orang beralih menggunakan cat kayu water based yang lebih aman bahkan nyaman digunakan. Penggunaan cat water based inilah yang tidak akan membahayakan lingkungan sekitar Anda. Jika Anda ingin menggunakan cat water based maka gunakanlah pernis kayu merk Biovarnish.

Produk Biovarnish series ini dijamin tidak akan mengeluarkan aroma menyengat seperti yang terjadi pada cat solvent. Anda bisa menggunakan tiga varian produk secara bergantian untuk mendapatkan hasil meja kerja minimalis yang berwarna natural transparan. Namun jika Anda tidak ingin mendapatkan warna kayu natural maka Anda bisa mencoba menggunakan cat enamel water based dari produk Orchid.

Produk cat enamel water based masih sangat jarang ditemukan di Indonesia, karena teknologi yang digunakan sangat mahal namun bukan berarti harga dari produk terlalu mahal. Cat enamel Orchid yang bisa Anda gunakan untuk melapisi meja kerja minimalis di kantor maupun di rumah ini sangat terjamin hasilnya. Anda akan mendapatkan hasil warna solid yang menutup warna kayu bahkan Anda bisa mengaplikasikannya pada material besi.

Jika meja kantor minimalis Anda memadukan antara material kayu dan besi maka cat Orchid adalah pilihan yang tepat. Baik itu produk Biovarnish maupun cat Orchid Anda akan mendapatkan hasil warna yang sempurna. Biovarnish memberikan warna transparan natural sedangkan cat kayu besi Orchid akan memberikan warna yang menutup warna dan serat kayu dengan baik.

Keduanya memiliki warna dan penampilan yang berbeda. Jika Anda ingin menambahkan kesan natural dengan produk Biovarnish, sebagai lapisan akhir cat Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat matte. Hasil tampilan matte yang diberikan akan memberikan kesan natural yang sesungguhnya.

Berlawanan dengan Biovarnish, produk Orchid akan memberikan hasil warna yang semi gloss. Tampilan mengkilap dari warna solid akan menjaga meja kerja Anda lebih tahan lama. Dapatkan kedua produk cat water based ini di agen terdekat wilayah Anda.