Begini Cara Memilih Warna Cat Pintu Kayu Utama untuk Tampilan Rumah

Warna cat pintu kayu pada rumah dapat memberi dampak besar pada keseluruhan keindahan dan daya tarik rumah Anda. Ini adalah salah satu hal pertama yang dilihat tamu dan telah muncul kembali sebagai titik fokus yang menghubungkan penghuni rumah dengan gaya pribadi mereka.

Aplikasi Cat Kayu Untuk Pintu Dan Jendela Tampilan Natural

Pemilihan warna cat untuk pintu kayu utama dan juga bahan yang digunakan seringkali menjadi perbincangan yang hangat. Ketika saatnya memilih warna kebanyakan orang akan bingung untuk memilih warna pada pintu. Akhirnya mereka memilih warna natural kayu hampir untuk semua pintu di rumah. Untuk pintu kayu yang berserat bagus, aplikasi pernis pintu kayu  akan memberikan warna kayu yang hangat dengan tekstur kayu yang indah.

Warna netral seperti putih atau abu-abu memang memberikan kesan elegan namun kurang berani. Jika Anda bisa lebih memilih warna yang lebih berani seperti warna merah atau bahkan kuning akan menjadi langkah pertama yang menarik. Anda akan memiliki rumah yang berkesan ceria dan berani.

Baca terus untuk tips warna pintu depan terbaik dan produk cat kayu untuk pintu berkualitas yang kami buat untuk membantu Anda memilih warna yang sempurna untuk kesan pertama yang tak terlupakan.

Pertimbangan Gaya Finishing Pintu Kayu

Saat akan melakukan finishing pada pintu kayu, anda perlu memperhatikan beberapa aspek yang ada di rumah anda. Diantaranya adalah:

–> Arsitektur dan Gaya

Berbagai gaya dan arsitektur khas Georgia, Tudor, Mediterania atau Kontemporer mungkin saja terdapat pada rumah anda. Untuk finishing pintu kayu, anda bisa memilih warna sesuai dengan gaya arsitektur yang diusung pada hunian anda.

Warna pastel terang akan terkesan megah pada gaya Victoria, namun mungkin bukan pilihan terbaik untuk desain yang lebih tradisional. Rumah yang lebih modern dapat mendukung pilihan warna yang berani dan skema monoton yang indah juga. Memilih warna kasual dapat membuat pintu masuk utama menjadi lebih terlihat fleksibel.

–> Perhatikan faktor eksternal

Penting juga untuk memperhitungkan banyak faktor eksternal. Atap, lansekap, dan berbagai bahan yang digunakan untuk membuat rumah juga tidak boleh luput dari pengamatan anda. Seperti kayu atau batu bata, dapat sangat membantu memandu pilihan warna akhir untuk pintu utama. Mengkoordinasikan elemen lain, seperti daun jendela dan trim, juga merupakan kunci untuk menciptakan skema warna yang terbaik untuk pintu kayu utama.

–> Menciptakan Nuansa Baru

Pemilik rumah biasanya mengubah warna pintu depan mereka saat merasa perlu melakukan refinishing. Saat memilihwarna cat pintu kayu baru, manfaatkan situasi tersebut untuk menciptakan suasana yang Anda inginkan.

Warna dengan rona terang atau semarak membawa energi segar ke rumah Anda. Sedangkan pemilihan warna yang lebih gelap dan lebih lembut dapat memberikan rasa kedamaian dan ketenangan. Memilih warna terang seperti kuning juga dapat menjadi pilihan yang cocok jika anda membutuhkan nuansa baru yang lebih segar.

Memilih Produk Cat untuk Pintu Utama

Untuk satu pintu eksterior yang telah dipreparasi, Anda akan membutuhkan kira-kira satu liter cat. Jika Anda tidak memiliki pintu kaca atau kusen yang melindungi pintu utama, Anda harus memastikan Anda menggunakan cat eksterior.

Memilih Warna Cat Pintu Kayu Utama Penting Untuk Tampilan Rumah

Meskipun Anda dapat memilih bahan finishing, cat glossy biasanya lebih disukai untuk pintu utama, karena mereka mampu menonjolkan fitur arsitektur ini. Cat gloss juga cenderung mampu tahan terhadap goresan lebih baik dari cat lainnya. Hal ini berarti aplikasi cat gloss dapat bertahan lebih lama untuk melindungi pintu utama.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah apakah Anda memiliki cat berbasis air atau solvent. Ini sangat penting untuk menentukan hasil finishing, terlebih jika anda melakukan finishing ulang pada pintu. Karena Anda tidak akan bisa menggunakan  cat minyak di atas cat berbasis air atau sebaliknya. Jenis primer yang Anda gunakan juga harus sesuai dengan jenis cat yang Anda gunakan (air atau berbasis minyak).

Cat Water Based Vs Solvent Based

Anda bisa mengecat pintu Anda secara langsung atau melepaskannya dari engsel. Anda juga dapat menggunakan terpal jika Anda memilih untuk melepas pintu Anda untuk mengecat ulang. Agar hasil finishing pintu kayu utama di rumah anda lebih maksimal, sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan menghapus lapisan cat yang lama pada pintu. Anda bisa membersihkannya dengan mengelap seluruh permukaan pintu menggunakan lap basah. Kemudian gunakan sander atau amplas untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Cara ini juga dapat dilakukan untuk meratakan permukaan pintu agar hasil finishing menjadi lebih halus merata. Pastikan untuk membersihkan debu dari pengamplasan sebelum mengecat.

Cara Mengecat Pintu Kayu dengan Cat Water Based

Pastikan Anda sudah melakukan langkah persisapan mengecat pintu kayu agar lebih mudah untuk proses pengecatan dengan warna yang telah Anda pilih. Produk yang direkomendasikan untuk digunakan pada pintu utama kali ini adalah cat kayu besi Orchid Enamel Paint.

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - Orchid

Sebagai pintu utama, kebutuhan akan ketahanan dari panas matahari dan juga cuaca yang sering berubah sangat penting. Cat kayu besi Orchid Enamel Paint akan memenuhi kebutuhan utama dari pintu di rumah Anda. Cat kayu besi Orchid adalah cat berbasis air yang proses aplikasinya lebih mudah dan juga lebih cepat.

Warna yang disediakan untuk dipilih dan diaplikasikan pada pintu utama rumah Anda juga sangat beragam. Terdapat 24 pilihan warna solid yang bisa Anda dapatkan mulai dari warna cerah hingga warna gelap.

Proses aplikasi tidak memakan waktu yang lama, untuk proses aplikasinya Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan pintu yang sudah diamplas hingga permukaan warna asli kayu dan serat kayu terlihat.
  2. Untuk menutup warna kayu, aplikasikan Bioduco Primer Coat terlebih dahulu. Campurkan primer coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Semprotkan ke seluruh permukaan pintu hingga rata. Tunggu kering dan amplas dengan amplas 400. Jika warna kayu masih terlihat maka aplikasikan sekali lagi.
  3. Pemberian warna kayu dari cat kayu besi Orchid di mulai dari tahapan ini. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air, gunakan kuas busa untuk tahapan aplikasi. Prosesnya satu arah agar warna yang didapatkan rata dan halus.
  4. Tunggu lapisan cat Orchid mengering dan lanjutkan dengan pengamplasan amplas 400. Gunakan cara ini untuk menghaluskan dan meratakan warna. Apabila warna yang didapatkan belum sesuai maka aplikasikan cat kembali dengan kuas dan dapatkan hingga warna sempurna.
  5. Terakhir adalah aplikasi top coat. Penggunaan top coat sesuai dengan kebutuhan. Gunakan Bioduco Top Coat gloss dan campurkan dengan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Gunakan alat semprot dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering selama 24 jam dan pintu siap untuk digunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.