Orchid Enamel Paint, Cat Kayu dan Besi Terbaik

Orchid Enamel Paint adalah cat enamel terbaik yang aman digunakan untuk kayu dan besi, Orchid Enamel Paint memiliki varian warna yang lengkap dan mudah digunakan. Cat enamel water based ini adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan finishing anda.

Cat enamel adalah cat yang dapat digunakan untuk beberapa jenis material. Jadi dalam satu produk Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. 

Tidak hanya itu saja jika Anda menemukan cat yang berkualitas makan ketahanannya akan sangat baik. Cat bisa bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

Cat Enamel Yang Aman, Cepat, Mudah, Warna Lengkap Dan Hemat - cat enamel

Cat berkualitas mencakup beberapa hal yaitu dilihat dari keamanannya, aplikasi yang cepat, kemudahannya untuk pemula. Ditambah lagi dengan pilihan warna yang lengkap dan harga Yang murah agar lebih hemat.

Produk enamel yang memiliki kualitas tersebut tidak lain adalah cat Orchid. Cat ini merupakan cat kayu water based yang aplikasinya cepat, mudah, hemat, banyak pilihan warna dan aman.

Tingkat Keamanan Terhadap Lingkungan

Cat yang digunakan haruslah aman dan ramah lingkungan. Bahaya tentang toxic dari cat enamel masih minim disadari oleh para pengrajin and pengguna DIY.

Disinilah cat Orchid membantu kesehatan lingkungan rumah Anda. Cat yang terbuat dari bahan air ini termasuk kategori low volatile organic compound dan voc. Kandungan berbahaya seperti formalin, merkuri, dan timbal sangat dibatasi.

Cat Enamel Yang Aman, Cepat, Mudah, Warna Lengkap Dan Hemat - orchid enamel paint

Pembuatan dari cat Orchid sendiri mengacu pada regulasi European Chemical Agency danUS Environmental Protection Agency. Kedua regulasi ini membatasi penggunaan voc hingga maksimal 350 gram per liternya. 

Sedangkan kandungan dari cat Orchid sendiri terhadap voc adalah 50 gram per liternya. Inilah Yang membuat cat Orchid sebagai produk kategori low VOC. Buktinya tidak ada aroma kuat yang membuat pusing, batuk hingga pedih di Mata keluar dari cat.

Kecepatan Aplikasi Cat Kayu Besi Orchid Enamel

Bagaimana dengan proses keringnya? Berbeda dengan jenis cat enamel kainnya kecepatan kering Orchid hanyalah 60 menit saja. Padahal biasanya cat dapat kering lebih dari dua jam.

Apabila Anda membandingkannya dengan cat enamel berbahan solvent maka kecepatan kering Orchid lebih unggul. Bahkan tidak perlu menjemur setiap selesai aplikasi cat.

Cat Enamel Yang Aman, Cepat, Mudah, Warna Lengkap Dan Hemat - orchid

Anda tidak membutuhkan penjemuran karena proses kering cat hanya membutuhkan ruang kering. Panas justru akan merusak setiap lapisan coating. 

Kecepatan ini akan menghemat waktu Anda jika ingin mengecat dalam beberapa lapisan coating. Cat bisa mengering sempurna dan menghasilkan warna yang tajam.

Kemudahan Aplikasi Cat Kayu Besi Orchid Enamel untuk Pemula

Tak perlu proses yang panjang dan rumit. Tidak perlu juga proses aplikasi dengan alat canggih yang sulit untuk digunakan. Cukup dengan kuas saja Anda bisa mendapatkan tampilan cat yang tahan lama dan memiliki warna terbaik. 

Khusus untuk finishing kayu disarankan untuk menggunakan produk tambahan yaitu Bioduco primer coat. Primer berfungsi untuk menutup warna kayu dan seratnya. Hasilnya membuat tampilan cat Orchid lebih tajam warnanya. 

Cat Enamel Yang Aman, Cepat, Mudah, Warna Lengkap Dan Hemat - primer coat

Sedangkan jika Anda ingin mengecat besi cukup produk Orchid saja Yang digunakan. Anda juga bisa memiliki hasil tampilan gloss tanpa harus menambahkan top coat.

Apabila Anda lebih menyukai tampilan matte, maka setelah aplikasi Orchid gunakan Bioduco top coat matte. Hasilnya kayu atau besi tidak akan mengkilap. 

Pilihan Warna Lengkap dan Menawan

Hasil finishing sebuah cat tidak akan terlepas dari pilihan warna yang menarik. Cat kayu besi Orchid memiliki pilihan 25 warna. Semuanya dapat dipilih sesuai kebutuhan. Ada dua jenis warna yang bisa dipilih, pertama warna solid kedua adalah warna metalik. Warna solid terdiri dari pilihan warna yakni sebagai berikut ini. 

  1. White
  2. Yellow
  3. Pastel Green
  4. Diamond Blue
  5. Pastel Pink
  6. Broken White
  7. Golden Yellow
  8. Light Green
  9. Traffic Red
  10. Ocean Blue
  11. Cream
  12. Orange
  13. Panama Green
  14. Pastel Violet
  15. Pearl
  16. Grey
  17. Yellow OX
  18. Green
  19. Violet
  20. Gold
  21. Sand Grey
  22. Milk Brown
  23. Brown
  24. Black
  25. Copper

Sedangkan untuk warna dari metalik terdiri dari 3 warna yaitu Pearl, Cooper dan Gold. Banyaknya dari warna tersedia tersebut akan memperluas cara mengeksplor Anda. Gaya apapun Yang diinginkan pada sebuah furniture besi atau kayu bisa diraih dengan mudah.

Cat Enamel Yang Aman, Cepat, Mudah, Warna Lengkap Dan Hemat - color swatch orchid

Hemat Biaya untuk Finishing di Rumah

Satu lagi kelebihan yang dimiliki cat enamel Orchid adalah murahnya biaya untuk aplikasi. Bagaimana tidak Anda hanya membutuhkan air dan juga kuas untuk aplikasinya. 

Kuas dan air adalah bahan Yang paling mudah didapatkan di rumah. Jadi siapa saja bahkan pemula tidak membutuhkan budget besar untuk finishing. 

Jika dibandingkan dengan cat enamel dari solvent, Anda harus membeli thinner sebagai bahan pelarutnya. Belum lagi kuas bukanlah bahan yang mudah untuk diaplikasikan secara halus untuk cat ini. 

Cat Orchid akan menghasilkan tampilan halus walaupun diaplikasikan dengan kuas. Cat ringan untuk ditarik dan menutup warna kayu secara sempurna. 

Langkah Aplikasi Cat Kayu Besi Orchid Enamel dengan Kuas

Jenis kuas yang wajib digunakan untuk aplikasi ini adalah kuas sintetis. Kuas dengan bahan bulu sintetis seperti nilon tidak akan menyerap cat berlebihan. Bulu kuas tidak akan kaku karena menyerap air. 

Proses aplikasi bisa dimulai dengan mengamplas permukaan kayu. Permukaannya harus halus dan bebas dari debu atau kotoran. Jadi bersihkan dengan kain yang kering. Baru setelahnya ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air hingga merata. Ikuti petunjuk perbandingan bahan dan air dalam kemasan. 
  2. Kuasan cat ke permukaan kayu hingga merata. Lakukan searah dengan serat kayu.
  3. Diamkan tanpa dijemur selama 60 menit. Setelah kering Anda bisa mengamplas secara ambang dengan grit 400. 
  4. Bersihkan debu amplas kemudian aplikasikan cat kembali dengan arah sama. Ulangi proses hingga 3 lapisan coating terbentuk.

Pada lapisan akhir, diamkan kayu selama 24 jam agar baru bisa digunakan. Penting untuk mengeringkan secara sempurna lapisan terakhir agar cat tidak rusak nantinya.

Tips Aplikasi Cat Orchid Enamel agar Hasil Sempurna

Pernahkah Anda gagal dalam melakukan finishing dengan cat enamel? Kegagalan kapan saja bisa terjadi walaupun Anda sudah menggunakan produk cat berkualitas sekalipun. 

Banyak hal harus diperhatikan pada saat Anda melakukan finishing. Cat enamel berbeda dengan cat solid atau pernis kayu. Supaya berhasil ikuti beberapa tips mudah aplikasinya berikut ini.

1. Cara menggunakan kuas

Jika Anda memegang kuas jangan buat sudut 90 derajat. Angkat kuas sedikit dan miringkan hingga 45 derajat. Pastikan kuas tidak menimbulkan brush mark.

Maksimalkan satu kali sapuan kuas panjang ke satu arah saja. Jangan bolak balik menguaskan karena lapisan sebelumnya bisa saja sudah mulai mengering.

2. Cara melarutkan cat

Mencampur cat dengan air tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan perbandingan air dan bahan. Pastikan juga cat tidak dikocok Karena akan menimbulkan buih.

Cat harus diaduk hingga tidak ada endapan. Setiap kali Anda hendak mengecat aduk sesekali agar cat tidak mengendap.

3. Kondisi ruangan mengecat

Apapun jenis cat yang diaplikasikan kondisi ruangan mengecat sangat penting. Hindari bekerja di area outdoor karena debu mudah terbawa angin. Kotoran jadi lebih mudah menempel pada cat yang Masih basah.

Ruangan juga harus terang agar Anda dilihat  mana saja yang belum terlapisi. Pastikan ventilasi udara tetap baik dan suhu ruangan tidak lembab. Suhu normal akan mempercepat cat mengering.

4. Tes warna terlebih dahulu

Jangan lupa untuk memilih warna yang tepat. Anda bisa mencoba beberapa warna terlebih dahulu. Mencocokannya pada ruangan dan gaya yang ingin diterapkan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Logo Bioindustries

Artikel "Finishing Kayu"

Update

Plitur Kayu Biovarnish Untuk Finishing Artificial Wood Grain

Alat Pembuat Motif Serat Kayu

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.