Apa Itu Cat Enamel Akrilik? Kenali dan Cermati Cara Mengaplikasikannya

Cat enamel adalah salah satu jenis cat yang dapat kering dengan cepat dan keras. Biasanya memberikan hasil mengkilap dan glossy dan digunakan pada furniture luar ruangan dan objek lainnya yang terkena temperatur berubah-ubah. Beberapa cat enamel dapat diaplikasikan dengan kuas atau alat semprot.

Ada banyak sekali jenis enamel paint sesuai dengan bahan pembuatnya. Bahan-bahan tersebut seperti latex, akrilik, dan nitrocellulose. Cat enamel yang terbuat dari bahan nitrocellulose adalah cat yang diciptakan mulai abad ke 20. Perkembangan semakin meningkat membuat cat enamel pun berubah menjadi lebih aman dan ramah lingkungan.

Sebelumnya bahan nitrocellulose mengandung banyak zat organik, bagian ini sangat mempengaruhi keamanan pengguna cat dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit di masa depan. Menghindari hal tersebut cat enamel akrilik berkembang dengan bahan dasar air.

Pelarut air yang digunakan bebas dari zat organik membuatnya lebih aman dan ramah lingkungan. Para pengguna tidak perlu khawatir lagi akan masalah kesehatan di masa yang akan datang. Cat enamel akrilik water based adalah jenis cat yang dapat digunakan pada berbagai macam jenis barang.

Jika Anda masih mempertimbangkan barang dan furniture apa saja yang bisa menggunakan cat enamel water based, berikut ini macam-macam furniture yang bisa dilapisi.

  • Furniture dapur

Fakta bahwa cat enamel akrilik adalah cat yang memiliki ketahanan tinggi dan membuat furniture mudah dibersihkan sangat cocok digunakan pada area dapur. Furniture yang berada di dapur sering terkena kotoran dan juga debu. Beberapa kotoran bekas penggunaan seringkali membutuhkan proses pembersihan yang ekstra.

Tampilan glossy dari cat enamel justru akan memberikan dapur terlihat mengkilap dan terang serat tampilan yang bersih. Khususnya pada cat enamel yang akan memberikan tampilan high glossy atau semi glossy.

  • Furniture kamar mandi

Selain dapur, furniture yang berada di kamar mandi juga sangat sering terkena kotoran dan juga lembab. Kamar mandi membutuhkan furniture yang berpenampilan mengkilap dengan tingkat glossy yang diberikan cat enamel. Anda bisa menggunakan cat enamel pada kabinet di kamar mandi untuk penyimpanan peralatan mandi.

  • Pintu dan jendela
Mengenal Cat Enamel Akrilik Hingga Cara Aplikasinya

Menggunakan cat enamel akrilik pada pintu, jendela dan kusen sangat banyak dikenal. Ketika cat enamel digunakan akan membuat furniture tampak menarik dan bersih, serta memberikan kelebihan lebih tahan lama. Tampilan glossy akan membuat pintu atau jendela tampak bersih tanpa harus dibersihkan setiap hari.

  • Lantai

Beberapa jenis cat enamel khusus dapat digunakan pada lantai kayu. Bagi mereka yang menginginkan lantai kayu dengan warna solid bisa menggunakan cat enamel. Khususnya pada lantai yang sering digunakan seperti lantai ruang tamu, teras, kamar tidur dan juga ruang keluarga. Lapisan cat enamel yang terbentuk tidak hanya membuat ruangan tampak bersih dan juga kuat khususnya pada tampilan glossy.

  • Perkakas

Cat enamel juga dapat digunakan sebagai lapisan perkakas yang terbuat dari stainless steel bahkan pagar besi. Tampilan glossy dan warna opaque akan banyak digunakan pada kasus ini walaupun tampilan glossy tidak akan terlalu kentara khususnya pada permukaan perkakas yang bergelombang. Cat enamel juga akan mencegah timbulnya karat dari perlindungan yang diberikan.

Produk Cat Enamel yang Direkomendasikan

Apa jenis cat enamel yang direkomendasikan mengingat kebutuhan cat ini sangat tinggi? Apabila Anda ingin mendapatkan cat enamel akrilik, Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid. Produk ini bisa digunakan pada material kayu dan juga besi. Banyak yang sudah menggunakannya terbukti terhindar dari karat, jamur dan juga rayap.

Cat kayu besi Orchid merupakan cat akrilik water based yang menggunakan teknologi terbaru dan formula yang sangat rumit. Semua bahan yang digunakan bebas kandungan organik bahkan zat voc (volatile organic compound) terbatas. Sesuai dengan regulasi dari ECHA dan EPA, cat Orchid hanya mengandung 50 gr per liter dari voc sisanya adalah resin dan juga air.

Tidak ada bau menyengat yang muncul sehingga tidak akan menghambat proses pengecatan. Justru proses aplikasi yang cepat hanya dengan kuas bisa dilakukan dalam satu hari saja. Aplikasi cat enamel terbaik adalah menggunakan kuas, jika menggunakan cat Orchid hasil finishing akan bebas dari brush mark.

Menggunakan cat kayu besi Orchid pada kayu membutuhkan cat dasar kayu yakni primer coat. Sedangkan untuk material besi Anda bisa memberikan langsung Orchid dengan beberapa kali lapisan. proses aplikasi cukup dicampurkan dengan air dan dioleskan pada seluruh permukaan kayu.

Berbeda dengan cat enamel nitrocellulose dan lainnya, cat enamel Orchid ini membutuhkan waktu kering yang sangat cepat. Sebelum mengulangi aplikasi cat hanya perlu waktu kering 60 menit tanpa dijemur dibawah panas matahari. Cat akan mengering dengan sempurna dan kuat.

Mengenal Cat Enamel Akrilik Hingga Cara Aplikasinya

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk proses aplikasi cat kayu besi Orchid pada kayu.

  • Amplas seluruh permukaan kayu hingga bersih. Gunakan amplas 120 sebelum memulai finishing.
  • Aplikasikan Bioduco primer coat yang telah dicampur dengan air. Semprotkan atau kuaskan primer coat ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Setelah kering mulai amplas ambang dengan kertas amplas alumunium oxide no. 400.
  • Campurkan cat enamel Orchid dengan air dalam wadah bersih. Gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu satu arah. Lakukan hingga merata dan tunggu kering. Amplas secara ambang permukaan kayu hingga rata dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas dan ulangi aplikasi cat. Anda bisa mengulangi aplikasi cat hingga 3 dan 4 kali.

Jika kayu yang dilapisi cat kayu besi Orchid harus dengan primer berbeda dengan besi. Anda cukup mengamplas, bersihkan dan langsung mengaplikasikan cat kayu besi Orchid yang telah dilarutkan dengan air. Proses aplikasi bisa berlangsung hingga 4 kali lapisan. Apabila terdapat karat pada besi pastikan sebelumnya sudah diamplas bersih terlebih dahulu.

Produk cat kayu besi Orchid, adalah produk lokal yang tidak kalah hasilnya dengan produk impor. Anda bisa memilih warna sesuai dengan kebutuhan, tersedia 24 warna solid yang bisa dipilih. Hasil tampilan cat enamel ini adalah semi gloss, namun Anda bisa juga mendapatkan hasil tampilan lainnya.

Apabila Anda berminat untuk mendapatkan tampilan matte dan doff, cukup tambahkan clear coat/top coatBiovarnish sebagai lapisan akhir. Top coat ini bisa Anda aplikasikan setelah dicampur dengan air dan proses aplikasinya bisa menggunakan kuas maupun alat semprot. Anda bisa menggunakan top coat matte untuk menurunkan tingkat glossy yang dihasilkan.

Apabila lapisan top coat sudah selesai diaplikasikan maka cukup menunggu selama 24 jam menjadi kering benar. Anda bisa mendiamkannya di ruang kerja tanpa menyentuhnya dan pastikan tidak ada debu dan kotoran yang berterbangan. Esok harinya Anda bisa mendapatkan furniture yang sudah kering dan dapat digunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.