You are currently viewing Tembus Pasar Internasional Dengan Cat Kayu Solid Water Based

Tembus Pasar Internasional Dengan Cat Kayu Solid Water Based

Selain tampilan furniture, juga memperhatikan finishing yang aman. Gunakan cat kayu solid water based yang lebih ramah lingkungan.

Furniture pastilah tidak lepas dari sentuhan finishing, baik yang hanya di topcoat hingga diberikan colouring. Warna yang digunakan salah satunya adalah warna solid. Walaupun di Indonesia sendiri banyak sekali produsen furniture yang menggunakan warna ntural namun tidak menutup kemungkinan juga menggunakan warna solid. Warna solid biasanya digunakan untuk sentuhan hunian rumah bergaya kontemporer ataupun modern.

Namun sering kali ditemui bahwa cat yang digunakan merupakan cat solvent based. Sedangkan pasar internasional telah memiliki standarisasi keamanan untuk furniture yang akan dikirim ke luar negeri. alangkah baiknya menggunakan cat kayu solid water based yang dipastikan lebih ramah lingkungan.

Cat Kayu Solid Water Based yang Bisa Menembus Pasar Internasional 

harga cat kayu dan besi orchid enamel paint

Cat untuk warna solid tidak terbatas pada cat duco saja, Anda juga bisa memilih cat enamel. Cat ini juga menghadirkan warna-warna solid sampai dengan metalik. 

Di antara sekian banyak merk di pasaran, Orchid Enamel Paint adalah produk yang direkomendasikan untuk pasar internasional. Jika Anda ingin mengirimkan furniture ekspor maka cat ini harus jadi pilihannya. 

Ada beberapa alasan mengapa Orchid Enamel Paint perlu digunakan saat Anda finishing. Bukan hanya karena hasil finishingnya warna duco, tetapi juga alasan lain sebagai berikut:

1. Memenuhi Standar Regulasi Internasional 

Regulasi-regulasi untuk pembuatan produk kimia seperti cat kebanyakan dikeluarkan di luar negeri. Oleh karena itulah regulasi tersebut jadi acuan utama dalam pembuatan cat di Indonesia, termasuk Orchid Enamel Paint. 

Cat ini mengikuti regulasi dari European Chemical Agency (ECHA), tepatnya pada daftar Substance Very High Concern (SVHAC). Di dalam Orchid Enamel Paint hanya terdapat volatile organic compound kurang dari 100 gram per liternya. 

Angka tersebut membuktikan bahwa Orchid Enamel Paint adalah produk yang aman untuk digunakan. Termasuk juga mengikuti regulasi US Environmental Protection Agency yang batasnya ada di 350 gram per liternya. 

2. Tidak Beracun dan Berbau 

Sebagai unsur keamanan, ciri yang biasanya diperhatikan adalah munculnya bau dan racun yang menyebar di udara. Bahkan bukan hanya saat masih di dalam kaleng cat tetapi juga usai furniture dilapisi oleh cat Orchid Enamel Paint. 

Setelah mengering Anda tidak akan menemukan polusi udara yang diakibatkan bau dari cat. Justru Anda tidak akan terganggu sama sekali setelah cat sudah mengering. Artinya cat mengering sempurna dan minim kandungan yang berbahaya. 

Furniture yang dikirimkan ke luar negeri pun akan lolos dari pengecekan soal keamanan penggunaan bahan kimia. 

3. Coating yang Fleksibel dengan Daya Rekat Tinggi 

Selain masalah keamanan, Orchid Enamel Paint juga menunjukan kualitas terbaik. Hal ini bisa Anda lihat dari segi fleksibilitasnya sebagai coating. Dirancang supaya memiliki daya rekat tinggi, Orchid Enamel Paint juga fleksibel mengikuti perubahan bentuk kayu. 

Karakter cat ini akan membuat lapisan coatingnya tidak mudah retak karena permukaan kayu yang berubah. Inilah rahasia mengapa cat pada furniture bisa bertahan lama, apalagi jika harus melewati proses pengiriman secara kargo. 

4. Mencegah Jamur, Karat dan Rayap

Disebut dengan cat enamel karena kemampuannya untuk diaplikasikan pada kayu serta besi. Kemampuan ini pun diimbangi dengan ketahanan terhadap jamur dan rayap yang kerap menyerang kayu. 

Sedangkan pada material besi, Orchid Enamel Paint akan mencegah timbulnya karat. Cat bisa menjaga substrat kayu dan besi aman dari masalah tersebut selama penggunaan bertahun-tahun. 

5. Tahan Terhadap Goresan 

Kualitas yang juga akan menjamin furniture laku di pasaran luar negeri adalah kemampuan coating dalam menahan masalah goresan. Orchid Enamel Paint memiliki lapisan yang kuat dari goresan yang muncul akibat penggunaan. 

Apalagi jika Anda menambahkan Bioduco Top Coat di atasnya akan menambah nilai perlindungan terbaik. Anda pun bisa mendapatkan hasil finishing bukan hanya semi gloss tetapi juga gloss serta matte. 

Anda yang ingin menggunakan Orchid Enamel Paint juga diberikan beragam pilihan warna mulai dari solid sampai dengan metalik. Tinggal sesuaikan saja mana warna yang sesuai. 

Aplikasi Cat Kayu Solid Water Based Dengan Orchid Enamel Paint

Orchid Enamel Paint merupakan cat kayu warna solid dengan baha pelarut air yang memiliki kandungan VOC yang sangat rendah. Cocok diaplikasikan pada furniture dengan media seperti kayu solid, bambu, mdf, triplek, rotan maupun enceng gondok.

Apakah bisa diaplikasikan dengan metode spray? Orchid adalah cat water based yang dapat diaplikasikan dengan metode brush (kuas) maupun spray (semprot), walaupun dengan salah satunya hasil kerekatannya pun sama-sama bagus, cepat kering serta fleksibel.

Berikut langkah-langkah aplikasi cat kayu solid water based  dengan Orchid Enamel Paint yang bisa Anda jadikan sebuah referensi:

  1. Sebelum diaplikasikan cat ke permukaan media, alangkah baiknya ampelas permukaan kayu agar bersih dari kotoran, debu maupun minyak yang masih tertempel di permukaan.
  2. Pilih warna Orchid Enamel yang sesuai dengan pilihan. Campur 20% air dari jumlah cat kemudian diaduk merata.
  3. Aplikasikan Orchid baik dengan kuas maupun spray ke seluruh permukaan kayu. Lakukan 4 kali aplikasi agar warna tampak lebih sempurna.
  4. Apabila tampilan kurang sesuai dengan yang diharapkan, Anda dapat aplikasikan topcoat agar tampilan lebih gloss.

Orchid enamel paint memang memiliki karakter yang tidak menutupi keseluruhan subtrate kayu. Sehingga ketika mengaplikasikan hanya single layer saja, subtrate kayu masih tetap kelihatan. Maka dari itu, disarankan diaplikasikan kurang lebih 4 kali agar warna lebih tajam dan dapat menutupi dengan sempurna.

Informasi dan Pemesanan 

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi via tel ke no. 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433. Atau Anda dapat mengunjungi  kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Demikian ulasan serta informasi singkat mengenai cat kayu solid water based, semoga dengan ulasan tersebut menjadi lebih terinspirasi memilih warna serta cat yang tepat agar furniture Anda dapat menembus pasar Internasional.