Cat Solid dan Wood Stain, Manakah yang Lebih Cocok untuk Lantai Kayu?

Berencana untuk mengecat lantai kayu di rumah menggunakan warna solid atau stain? Sudahkah Anda menemukan jenis cat yang tepat? Ada dua jenis cat yang bisa digunakan untuk lantai kayu, yaitu cat solid dan wood stain. Mengecat dengan kedua jenis cat ini akan menghasilkan tampilan yang sangat berbeda. Apa yang membuat cat solid dan wood stain berbeda? 

Ada banyak aspek yang bisa Anda lihat ketika membedakannya. Mulai dari aspek harga, proses pengaplikasiannya hingga hasilnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Setelah mengetahui perbedaannya nantinya akan lebih mudah bagi Anda mencari manakah jenis cat yang tepat. 

Langkah selanjutnya adalah memutuskan merk apakah yang akan digunakan. Setiap merek memiliki kelebihan yang juga berbeda. Namun Anda bisa memutuskan dari dua jenis cat solid dan wood stain untuk lantai kayu, yaitu yang terbuat dari solvent dan satu lagi terbuat dari water based. Cat berbasis solvent menggunakan thinner untuk pelarutnya. 

Perbandingan Mengecat Lantai Kayu Dengan Cat Solid Dan Stain - deck

Seperti yang telah diketahui bahwa thinner melepaskan logam berat ke udara yang membuat pencemaran. Sedangkan jika ingin jenis cat yang aman sebaiknya pilih cat berbasis air. Cat dengan pelarut air lebih aman dan tidak melepaskan gas apapun ke udara. Sebelum memutuskan produk apa yang digunakan, yuk cermati perbedaan cat solid dan wood stain berikut ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Cat Solid untuk Lantai Kayu

Cat solid mampu memberikan tampilan yang sangat berbeda pada lantai kayu. Melalui cat ini Anda tidak akan lagi melihat serat kayu melainkan warna yang benar-benar berbeda. Tidak banyak yang suka mengecat lantai kayu dengan cat solid karena tidak bisa menampilkan keindahan warna kayu yang asli. 

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari cat solid dalam beberapa aspek. Kelebihan dan kekurangan ini bisa Anda bandingkan dengan wood stain. 

1. Harga Lebih Mahal

Cat solid memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan wood stain. Alasannya adalah untuk menghasilkan warna yang kuat dibutuhkan lebih banyak pigmen. Tidak mudah membuat warna yang tepat dengan pigmen pada cat solid dan inilah yang membuat harganya lebih mahal. 

2. Banyak Pilihan Warna

Walaupun harga dari cat solid lebih mahal, namun pilihan warnanya lebih variatif. Inilah hasil yang akan Anda dapatkan pada lantai kayu walaupun budget yang dikeluarkan lebih tinggi. Beberapa pilihan warna kesukaan seperti biru, merah, kuning, hijau, bahkan emas bisa dipilih. Apapun warna yang diinginkan Anda bisa menggunakan cat solid. 

Perbandingan Mengecat Lantai Kayu Dengan Cat Solid Dan Stain - color swatch bioduco

3. Ketahanan Lebih Lama

Cat solid menutup warna kayu dan efeknya adalah memiliki ketahanan yang lebih baik daripada wood stain. Cat solid yang diaplikasikan setipis mungkin akan lebih tebal dibandingkan dengan wood stain. Anda cukup mengaplikasikan dua kali saja cat akan membentuk lapisan yang kuat. Lantai kayu akan bertambah ketahanannya jika setelah aplikasi cat solid Anda melapisinya dengan top coat. 

4. Lebih Mudah Perawatannya

Ketika Anda menggunakan cat solid, ketebalannya yang lebih tinggi akan memudahkan Anda melakukan perawatan. Bahkan jika Anda membersihkannya setiap hari akan membuat tampilan lantai tetap lebih menarik. Proses pembersihkan bisa dilakukan dengan alat vakum atau dengan dipoles untuk menjaga penampilan lantai tetap mengkilap. 

5. Proses Refinishing

Jika dilihat dari proses refinishing dengan ketahanannya yang tinggi, cat solid bisa dicat ulang setiap lima tahun sekali. Artinya Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menggunakan cat. Sedangkan proses refinishing harus dilakukan dengan menghilangkan lapisan cat solid yang lama. Anda perlu berusaha keras untuk menghilangkan lapisan cat lama sebelum mengecat ulang. 

Kelebihan dan Kekurangan Wood Stain untuk Lantai Kayu

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan dari wood stain untuk lantai? Berbeda dengan cat solid, wood stain akan memberikan hasil warna natural dimana mirip dengan kayu. Bagi Anda yang suka dengan penampilan natural maka wood stain adalah jenis cat yang cocok untuk digunakan. Warna kayu asli bisa dipilih sesuai dengan ketersediaan warna dari wood stain. 

Banyak kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui dari wood stain. Apapun jenis wood stain yang digunakan rata-rata memiliki karakteristik berikut ini. 

1. Harga Lebih Murah

Kandungan pigmen yang rendah membuat wood stain memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan cat solid. Anda yang menggunakan wood stain bisa menghemat budget apalagi jika menggunakan stain water based. Bahan pelarutnya yang berupa air akan membuat Anda tidak perlu lagi membeli thinner. 

2. Pilihan Warna Tersedia

Seperti namanya yaitu wood stain, maka pilihan warna tidak sebanyak dengan cat solid. Apapun merk stain yang digunakan pasti jumlah pilihan warna akan terbatas. Hal ini karena jenis warna ini hanya pengembangan dari beberapa warna asli kayu yang sering digunakan. Misalnya warna kayu jati, mahoni, oak, dll. 

Perbandingan Mengecat Lantai Kayu Dengan Cat Solid Dan Stain - color swatch stain

3. Sistem Ketahanan

Wood stain cukup bertahan dengan lama asalkan diberikan lapisan top coat di atasnya. Tanpa top coat yang kuat untuk lantai misalnya seperti polyurethane, wood stain akan lebih mudah pudar. Hal ini disebabkan stain tidak bisa menahan sinar UV. Ditambah lagi harus diaplikasikan dengan beberapa bahan finishing lain seperti sanding sealer dan wood filler. 

4. Perawatan Lantai 

Wood stain membutuhkan perawatan yang berbeda dari cat solid. Anda harus rajin membersihkannya karena goresan akan lebih mudah terlihat. Proses perawatan ini cukup memakan budget karena harus rajin menggunakan bahan poles. Anda harus memoles lantai kayu setidaknya beberapa bulan sekali untuk menjaga tampilan tetap mengkilap. 

5. Proses Refinishing

Menggunakan wood stain untuk lantai artinya lapisan yang digunakan tidak terlalu tebal. Anda hanya perlu mengaplikasikan beberapa kali dengan tipis untuk mempertajam warna kayu. Sehingga pada saat proses refinishing akan lebih mudah. Anda bisa mengganti warna lantai dengan wood stain kembali atau dengan cat solid. 

Produk Cat Solid dan Wood Stain Terbaik untuk Digunakan

Jika Anda masih mencari produk manakah yang tepat untuk digunakan, maka Anda bisa menggunakan dua produk berbahan dasar air ini. Pertama adalah BioColours Solid Color, yang merupakan cat solid dengan banyak pilihan warna. Anda bisa mengaplikasikannya dengan roller, alat spray atau kuas. 

Menggunakan BioColours akan memberikan kesempatan warna sangat berbeda pada lantai kayu. Bahkan perawatan yang mudah dan tidak ada bahaya yang dikeluarkan dari cat ini. Para pengguna tidak akan terganggu dengan masalah toxic di udara. 

Bioduco

Kedua adalah wood stain dari Biovarnish. Produk ini juga merupakan stain water based yang aman digunakan oleh siapa saja. Hasil warnanya mirip sekali dengan kayu dimana stain akan memperlihatkan serat kayu aslinya. Kesan kayu akan lebih tajam jika Anda menggunakan Biovarnish. 

Tersedia dalam 20 pilihan warna natural yang akan bertahan lama jika Anda menggunakan rangkaian produk dari Biovarnish wood filler, sanding sealer dan juga clear coat. Khusus untuk Biovarnish Anda bisa mengganti clear coat dengan Biothane yang merupakan polyurethane water based. 

Biovarnish

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.