Mengenal Tingkatan pada Cat Kayu Mengkilap, Manakah yang Sesuai?

Sebelum memilih cat kayu mengkilap maka pelajari dahulu apa itu tingkat glossy dan macamnya  serta alat yang digunakan untuk mengukur tingkat glossy.

Jika Anda melihat suatu benda seperti furniture mengkilap sebenarnya dari mana Anda bisa mengukur tingkat kilap? Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan benda tersebut terlihat berkilau? Kilau atau kilap adalah  hasil dari pantulan cahaya baik itu dari sinar matahari atau lampu.

Proporsi cahaya yang ditangkap oleh mata kita memiliki refleksi specular dari suatu bidang yang disebut dengan ASTM (Selektivitas sudut pantulan, yang melibatkan cahaya permukaan dan dipantulkan, yang bertanggung jawab untuk tingkat yang tercermin highlights atau gambar obyek dapat dilihat sebagai ditumpangkan pada permukaan). Salah satu obyek yang memberikan tingkat glossy paling tinggi adalah logam.

Jadi sudut ketika Anda melihat suatu objek berkilau akan menentukan tingkat glossy yang ditangkap serta apakah bidang tersebut datar atau bergelombang. Semakin datar permukaan bidang material maka semakin tinggi juga tingkat glossynya.

furniture-kayu-dengan-tingkat-glossy

Untuk mengukur tingkat glossy suatu bidang maka membutuhkan alat yang disebut dengan gloss meter. Gloss meter adalah alat yang dapat mengukur tingkat glossy seperti cat, plastik, kertas, dll.

Jika benda logam memiliki tingkat glossy yang paling tinggi bukan berarti benda non logam tidak bisa mendapatkan tingkat glossy yang tinggi juga. Maka untuk benda seperti mebel dibutuhkan cat kayu mengkilap untuk memberikan efek glossy yang memperindah penampilan dan menonjolkan nilai estetika.

Tingkat Glossy pada Cat Kayu Mengkilap

Sebelum memilih jenis cat kayu clear yang Anda inginkan, untuk lebih mudahnya mari pelajari tingkat kilap apa saja yang terdapat pada cat. Berikut ini sheen level beserta furniture yang biasanya menggunakan tingkat glossy tersebut.

Mirror

Tingkat gloss ini memiliki tingat 100% sehingga tidak digunakan dalam finishing. Maksudnya adalah cat tidak bisa memantulkan cahaya 100% karena akan menimbulkan pantulan yang silau.

High Gloss

Setelah mirror, satu tingkat di bawahnya adalah high gloss dengan sheen level 80-99%. Tingkat glossy ini banyak digemari karena akan memberikan pantulan cahaya yang sangat tinggi tetapi tidak membuat mata silau bahkan lebih memperlihatkan pada furniture yang mewah.

Gloss

Tingkat gloss ini memiliki tingkat gloss 60-79%. Tingkat kilap yang memiliki keuntungan paling mudah dibersihkan karena keras, sangat mengkilap dan bisa memberikan efek pantulan cahaya yang menawan. Cat kayu clear gloss sangat cocok jika digunakan untuk furniture yang sering disentuh seperti pintu, cabinet, jendela tetapi tidak cocok sebagai home decor di dinding.

Semi Gloss

Tingkat glossy semi gloss ini mencapai 40-59%. Satu tingkat di bawah gloss, di tingkat ini Anda tidak bisa mendapatkan efek pantulan cahaya yang bagus karena terlihat agak buram. Sangat cocok untuk ruangan yang ingin menampilkan kesan lembab seperti dapur atau kamar mandi.

Satin/ Silk

Tingkat glossy satin meliputi 30-39%. Satin adalah tingkat glossy yang paling sering digunakan karena sangat cocok untuk furniture dalam ruangan keluarga, ruangan anak atau ruangan untuk berkumpul. Untuk aplikasi tampilan satin agak sulit karena cenderung dapat memperlihatkan brush mark.

Doft

Tingkat glossy ini adalah 20-29%. Doft tidak dapat memantulkan cahaya dengan sempurna karena sheen levelnya yang rendah. Furniture dengan tampilan ini cocok untuk furniture dining room, furniture ruang keluarga yang akan memperlihatkan kehangatan.

Matt

Tingkat glossy matt adalah yang paling rendah yaitu 10-19%. Hasilnya berlawanan dengan high gloss/ gloss yang dapat memantulkan cahaya. Di sini Anda tidak akan mendapatkan efek dari pantulan cahaya. Sangat sulit untuk dibersihkan dan cocok digunakan untuk furniture di dalam ruangan orang dewasa. Karena jika di ruangan anak-anak akan mudah tergores.

Death Matt

Sheen level yang dimiliki oleh death matt adalah 0-9% saja masih dibawah matt. Jika Anda tidak menyukai tampilan yang mewah dan juga mengkilap maka Anda bisa menggunakan tampilan death matt.

Setelah mendalami atau mengetahui tentang tingkat glossy ini, sekarang tentu Anda sudah bisa membayakangan akan memilih cat kayu mengkilap dengan tingkat glossy seperti apa yang dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan produk untuk finishing dengan baik.

Cat Glossy dan Matte Terbaik di Indonesia

Jika Anda sudah memahami apa saja tampilan yang akan dipilih, kini saatnya mendapatkan produk manakah yang akan digunakan. Apakah Anda tertarik dengan tampilan glossy dan tidak. Banyaknya merk cat yang tersedia di pasaran seringkali membuat siapa saja bingung dan akhirnya tidak pasti membeli produk cat yang terbaik.

Jangan samakan cat high glossy and gloss karena tampilannya sangat berbeda. High glossy memungkinkan Anda untuk hampir dilihat bayangan Anda sendiri di atas furniture. Biasanya cat ini akan ditemukan dalam jenis cat melamin.

Sayangnya cat melamine ini berbahaya dan tidak dapat digunakan untuk furniture luar ruangan. Ketidaktahanan cat melamin terhadap panas membuatnya semakin mudah untuk rusak dan juga hujan akan membuatnya rusak.

Melamin juga merupakan cat kayu yang akan memberikan banyak toxic keluar ruangan dan lingkungan. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah pencemaran lingkungan maka jangan gunakan melamin.

Di sisi lain, Anda justru bisa menggunakan cat water based yang akan memberikan furniture tampilan glossy. Tampilan ini bisa Anda terapkan pada furniture dalam ruangan atau luar ruangan sesuai kebutuhan. Perlindungan yang diberikan berbeda dengan cat melamin.

Walaupun tingkat kilap yang diberikan tidak setinggi melamin, dan cat water based bisa lebih tahan terhadap panas dan juga hujan bahkan perubahannya. Bagi Anda yang ingin menggunakan cat ini bisa menerapkannya dengan alat semprot untuk hasil yang sempurna.

Produk Biovarnish Clear Coat

Di sini kami akan memperkenalkan produk cat kayu Biovarnish yang akan memberikan furniture tampilan jernih dan mengkilap. Cat kayu Biovarnish adalah cat kayu water based yang proses aplikasinya sangat mudah bahkan bisa Anda dilakukan tidak harus saat cuaca panas.

Cat kayu Biovarnish adalah cat yang bisa mengering hanya dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik Jadi tanpa pikir panjang Anda harus mencoba aplikasinya. Hasil akhir mengkilap setara dengan 85%. Tingkat yang cukup baik untuk mendapatkan tampilan gloss.

Proses aplikasi Biovarnish sendiri sangat mudah, pastikan sbelumnya furniture telah diaplikasikan dengan sanding sealer atau wood stain. Keadaan ini wajib karena pori kayu harus ditutup terlebh dahulu agar tidak terjadi peresapan oleh pori kayu yang tidak merata.

Anda bisa menggunakan Sanding Sealer atau wood stain Biovarnish yang juga terbuat dari bahan water based. Ingat jika Anda ingin mengaplikasikan top cat water based maka lapisan di bawahnya juga harus terbuat dari cat water based. Jika menggunakan cat solvent maka top coat tidak akan melekat dengan sempurna.

Lanjutkan dengan pengamplasan lapisan terakhir. Gunakan amplas 400 and amplaslah secara ambang, pastikan warna kayu yang diinginkan sudah sesuai karena Anda akan menguncinya dengan lapisan terakhir. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dan matte dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air.

Aduk merata campurkan clear coat dengan air kemudian masukan cairan ke dalam tabung spray. Aplikasikan cat ke seluruh permukaan kayu. Pastikan jarak antara spray dengan permukaan kayu 15cm and semprotkan tanpa putus dari ujung furniture ke ujung lainnya. Pastikan penyemprotan berjalan mulus.

Lanjutkan dengan proses pengeringan. Proses ini membutuhkan waktu 24 jam dan dilakukan dalam ruangan kering. Maka sebaiknya Anda menyimpannya di ruang kerja Anda selama semalaman dan jauhkan dari anak-anak.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.