3 Keuntungan Menggunakan Cat Kayu yang Tidak Mengkilap pada Furniture

Cat kayu yang tidak mengkilap memang punya tampilan yang kalah menarik dibanding cat kayu dengan kilap tinggi. Tapi, menggunakan cat kayu tidak mengkilap juga memiliki berbagai kegunaan lho. Ingin tahu apa saja kegunaan mengaplikasikan cat kayu yang tidak mengkilap? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Pernah bingung menentukan tingkat kilap yang digunakan untuk finishing kayu? Baik itu untuk proyek finishing furniture kayu, kerajinan kayu bahkan lantai. Menentukan tingkat kilau sama seperti ketika Anda memilih warna yang tepat untuk digunakan.

Cat yang mengkilap paling banyak diminati untuk berbagai jenis finishing kayu. Tampilan furniture berkilau memang memukau, namun tidak selalu. Karena tampilan kilau sangat penting, maka cat kayu yang tidak memiliki tingkat kilau tinggi jarang dipilih.

Furniture yang mengkilap lebih menarik dibandingkan yang tidak. Jadi ketika Anda memilih pernis pasti tingkat kilap yang tinggi menjadi prioritas. Namun tahukah Anda bahwa cat kayu yang tidak mengkilap sebenarnya memiliki banyak fungsi.

Mungkin Anda masih belum mengetahui apa saja fungsi dari cat kayu dengan tingkat kilau rendah. Pada kesempatan kali ini Anda akan mengetahui apa saja kegunaannya. Sehingga pada proyek finishing selanjutnya anda tidak harus menggunakan cat kayu dengan tingkat kilap tinggi.

Keuntungan Menggunakan Cat Tidak Mengkilap

Ketika Anda akhirnya membuat pilihan untuk warna dan tingkat kilap, salah satu faktor yang sering diabaikan adalah cat yang tidak mengkilap dari hasil finishing Anda.

Apakah akan mengkilap atau semi-gloss? Satin, mungkin? Atau mungkin itu akan matte? Sementara gloss adalah pilihan paling bersinar, matte memantulkan jumlah cahaya paling sedikit. Matte dapat membantu menjaga kayu Anda terlihat lebih baik lebih lama.

Apa keuntungannya ketika Anda memilih cat dengan tingkat pantulan cahaya yang rendah? Tentu saja tidak hanya cat glossy yang memiliki banyak keuntungan, cat matte juga memiliki keunggulan tersendiri yang perlu dimanfaatkan.

3 keuntungan menggunakan cat kayu tidak mengkilap :

1. Tampilan menarik

Trend furniture kayu natural tidak perlu menggunakan tampilan mengkilap. Hasil cat tampilan natural memiliki kesan dekat dengan alam. Daya tarik alami, pedesaan akan hidup ketika Anda menerapkan finishing matte pada kayu.

Kesan natural juga perlu ditambahkan pada furniture atau lantai kayu gaya modern. Tampilan matte akan memperlihatkan kesan bersih. Misalnya saja lantai kayu yang kurang mengkilap akan terlihat alami dan nyata. Tidak adanya ikut campur tampilan mengkilap membuat kayu seolah-olah tidak dilapisi bahan finishing.

2. Daya tahan

Ketahanan adalah faktor utama ketika Anda memilih bahan finishing yang digunakan untuk bahan olahan kayu. Jenis kayu yang Anda pilih akan berdampak besar dengan seberapa tahan itu dapat digunakan.

Inilah keuntungannya, menggunakan lapisan cat kayu matte akan menyembunyikan tampilan tidak sempurna dan kerusakan akibat goresan. Seiring waktu penggunaan pasti lapisan cat akan mudah rusak karena goresan debu. Artinya furniture kayu atau lantai kayu akan bertahan lebih lama.

3. Perawatan lebih mudah

Menampilkan permukaan lantai kayu dan furniture yang tidak mengkilap memudahkah siapa saja untuk melakukan perawatan. Jika Anda memilih tampilan glossy, maka perawatan perlu diperhatikan.

Cara Membersihkan Lantai Kayu Solid

Perawatan lapisan cat matte cukup dengan dipoles dan dibersihkan dengan kain. Fungsinya hanya untuk mempertahankan kebersihan dan tampilan natural. Jika itu adalah lantai maka Anda hanya perlu menggunakan vakum setiap hari untuk menjaga bebas dari debu.

Inilah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari cat kayu dengan tingkat kilau rendah seperti matte dan satin. Tertarik menggunakannya? Pelajari dahulu apa saja yang cocok menggunakan cat ini.

Apa itu Cat Kayu yang Tidak Mengkilap?

Tingkat kilap sesuatu furniture kayu yang telah di finishing dipengaruhi oleh pantulan cahaya yang dipantulkan pada mata. Mari kita belajar dahulu apa itu kilap dan berbagai macamnya.

Kapan kita bisa merasakan suatu benda berkilau? Saat itu cahaya dipantulkan dari sebuah benda. Pantulan cahaya ini memiliki tingkatan yang kemudian diterapkan pada bahan finishing.

Sebuah benda dapat memantulkan cahaya tinggi rendahnya tergantung pada permukaannya. Apakah permukaan kayu tersebut rata atau tidak, jika tidak maka akan semakin rendah pantulan yang diberikan.

Inilah yang disebut dengan sheen level. Ketika Anda memilih top coat atau clear coat sangat penting untuk menanyakan berapa tingkatan sheen level yang diinginkan ketika hendak membeli.

Mengenal Tingkat Sheen Level

— Mirror —

Tingkatan ini dapat memantulkan cahaya 100%. Anda yang bisa dilihat pantulan cahaya ini dapat berkaca pada permukaan kayu. Tidak ada lapisan cat yang bisa memantulkan cahaya hingga menjadi kaca. Lapisan coating hanya dapat mencapai di bawah 100%.

— High Gloss —

Jarang Menggunakan Cat Kayu yang Tidak Mengkilap? Ternyata ini Kegunaannya

Berada di bawah tingkatan mirror, artinya sudah masuk ke lapisan cat. Tingkatan ini dimulai dari angka 80% hingga 99%. Anda akan melihat tingkat kilau yang sangat tinggi namun tidak dapat berkaca.

— Gloss —

Lapisan cat yang banyak digunakan. Berada di bawah high glossy, angka sheen level dari gloss adalah 60 hingga 79%. Angka ini sangat banyak digunakan pada furniture klasik karena bahan finishing yang digunakan memiliki tingkat kilap ini.

— Semi Gloss —

Anda bisa dilihat tingkat kilap yang mencapai 45-59%. Anda bisa mendapatkan semi glossy di berbagai merk cat kayu. Banyak pernis kayu yang menawarkan tingkat ini. Kebanyakan hasil finishing untuk furniture luar ruangan menggunakan semi gloss.

— Satin —

Jarang Menggunakan Cat Kayu yang Tidak Mengkilap? Ternyata ini Kegunaannya

Berada di tingkat angka 30-39%, hampir tidak memantulkan cahaya. Anda hanya dapat dilihat pantulan cahaya yang sangat tipis. Lapisan cat sating lebih mudah dibersihkan dan cukup dapat menyembunyikan goresan.

— Doff —

Cat doff tidak dapat memantulkan cahaya karena sheen level mencapai 20-29%. efek yang diberikan adalah kehangatan karena kesan natural yang sangat kental. Anda bisa menggunakannya pada ruangan yang sering digunakan.

— Matte —

Hasil finishing inilah yang disebut sebagai cat tidak mengkilap. Sheen level pada cat ini adalah 10-19%. Masih banyak yang kurang mengenal tampilan ini karena belum pernah menggunakanya. Menganggap bahwa tampilan ini justru tidak dapat menyembunyikan goresan.

— Death Matte —

Tampilan yang sangat tidak mengkilap. Sheen level pada lapisan ini adalah 0-9%. Sangat mudah menampilkan goresan pada furniture yang dilapisi. Jarang yang memilih lapisan ini karena perawatan yang sangat sulit.

Apa yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat sheen level. Tingkatan ini tidak dapat Anda lihat dengan mata telanjang. Anda perlu menggunakan gloss meter, alat ini secara akurat menampilkan tingkat glossy pada lapisan cat.

Berbagai Fungsi Cat dengan Sheen Level Rendah

Pernahkah Anda menggunakan cat dengan tampilan matte, death matte atau doff? Banyak orang yang justru menghindari tingkatan cat ini. Alasan utamanya karena sangat mudah memperlihatkan goresan.

Hal ini mungkin saja terjadi jika Anda menggunakan lapisan death matte. Namun jika Anda menggunakan cat matte, doff hingga satin justru akan terlihat flat. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah goresan atau cacat karena debu.

Banyak sekali penggunaan dari lapisan cat tersebut yang akan memukau Anda. Berikut ini apa saja yang bisa digunakan dengan cat kayu sheen level rendah.

√ Lantai Kayu

Kegunaan pertama yang banyak dimanfaatkan oleh para pengrajin adalah lantai kayu. Anda mungkin terbiasa menggunakan lantai kayu dengan lapisan cat gloss. Hasilnya lantai memang terlihat mengkilap namun sayangnya lantai justru lebih mudah rusak karena goresan.

Jarang Menggunakan Cat Kayu yang Tidak Mengkilap? Ternyata ini Kegunaannya

Debu sangat mudah untuk menggores permukaan lapisan cat gloss. Sedangkan matte yang tidak memiliki tingkat kilau tinggi akan menutupi tampilan goresan pada furniture. Segera ganti lantai kayu yang sudah mulai usang menggunakan cat kayu matte.

√ Kerajinan Kayu

Indonesia terkenal sebagai negara yang menghasilkan banyak kerajinan kayu. Khususnya untuk kerajinan ukiran. Contohnya saja ukiran kayu jati dari kota Jepara akan menarik ketika Anda menggunakan lapisan cat matte atau satin. Ukiran perlu tampilan kayu natural, jika Anda menggunakan lapisan gloss maka eksan natural kayu akan hilang. Ukiran akan semakin nampak jika Anda melapisinya dengan cat kayu matte.

√ Furniture Transparan

Anda ingin mendapatkan hasil finishing transparan pada furniture kayu jati, mahoni, merbau atau trembesi? Kayu tersebut memiliki tampilan serat kayu yang eksotis. Menggunakan tampilan transparan menjadi pilihan utama.

Jika Anda menggunakan lapisan cat gloss, lapisan kilau akan menutupi serat kayu. Anda tidak akan bisa melihat tampilan natural baik warna dan serat kayu dengan maksimal. Furniture seolah-olah tidak dilakukan proses finishing atau hanya dengan dipoles. Padahal lapisan film yang dibuat justru lebih kuat.

√ Dekorasi Ruangan

Anda memiliki dekorasi ruangan dari kayu? Kayu apakah yang digunakan? Misalnya saja Anda memiliki partisi atau dekorasi ruangan dari kayu. Tampilan matte atau satin lebih baik digunakan karena akan membuat dekorasi kayu dekat dengan kesan alaminya.

Sama seperti furniture natural, dekorasi kayu yang di finishing dengan tampilan matte akan menimbulkan kesan hangat. Nuansa kayu sangat kental akan dirasakan.

Berbagai macam keuntungan dan ternyata banyak sekali benda yang membutuhkan tampilan cat kayu tidak mengkilap. Apabila Anda ingin mendapatkan cat dengan tampilan gloss rendah sebaiknya gunakan cat water based.

Cat Kayu Biovarnish Clear Coat Matte

Produk water based mampu menghasilkan tampilan natural yang asli. Anda tidak perlu takut akan masalah efek cat menguning. Ketika lapisan transparan matte atau satin berubah menguning maka akan sulit memperbaikinya.

Jarang Menggunakan Cat Kayu yang Tidak Mengkilap? Ternyata ini Kegunaannya

Bahan dasar air dan pelarut air membuat cat water based terbaik di kelasnya. Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish clear coat matte. Clear coat water based yang diciptakan mampu menutup 8-10m2 setiap kilonya.

Apabila Anda memiliki proyek finishing yang besar maka tidak akan boros. Disisi lain, Biovarnish hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut. Anda tidak perlu membeli bahan pelarut berupa thinner dengan harga per liternya 30 ribu rupiah.

Produk Biovarnish adalah pernis kayu yang tidak mengkilap paling mudah digunakan. Selain bahan pelarut air Anda bisa mengaplikasikan secara keseluruhan menggunakan kuas nilon. Kuas dengan bulu nilon akan menampilkan sapuan kuas yang sangat halus.

Cat Biovarnish water based adalah produk cat kayu yang wajib digunakan untuk semua proyek finishing DIY atau pabrikan yang Anda miliki. Hasilnya lebih tahan lama dibandingkan cat produk lainnya.

Proses aplikasi cepat kering, halus merata dan bebas brush mark. Anda bisa leluasa menggunakannya walaupun bukan seorang profesional sekalipun.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.