Tips Memilih Sanding Selaer Terbaik untuk Meja Makan supaya Tahan Lama

Menggunakan Sanding Sealer untuk meja makan dapat melindungi meja makan agar lebih awet digunakan. Sanding Selaer juga membuat permukaan meja makan lebih halus. Potensi meja makan mudah rusak akibat terkena tumpahan air dan makanan bisa teratasi dengan baik jika Anda mengaplikasikan Sanding Sealer.

Perbedaan Cara Aplikasi Cat Kayu Coklat Transparan Dan Solid

Meja makan bisa dikatakan merupakan salah satu furniture yang wajib dimiliki di sebuah rumah. Apapun desan dan ukurannya meja makan kayu membutuhkan perlindungan dari sanding sealer. Ada banyak sekali alasan mengapa penggunaan sanding sealer sangat penting. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari betapa pentingnya penggunaan sanding sealer terbaik untuk meja makan serta bagaimana cara menggunakannya.

Memilih Sanding Sealer untuk Meja Makan

Memilih sanding sealer yang terbaik juga menjadi bagian yang harus direncanakan sebelum melakukan finishing. Sanding sealer yang terbaik untuk meja makan adalah sanding sealer water based. Mengapa water based? Karena cat ini tidak menimbulkan bau yang mengganggu pengguna meja makan, mudah diaplikasikan dan juga memiliki perlindungan yang terbaik.

Produk Cat Biovarnish

Sanding sealer yang kini sedang banyak digunakan di kalangan industri ekspor dan para pengguna DIY adalah Biovarnish. Biovarnish Sanding Sealer adalah salah satu produk water based yang ada di Indonesia. Produk ini adalah produk buatan lokal dengan kualitas terbaik.

Keamanan penggunaan sanding sealer ini terjamin karena kemanannya yakni mengandung bahan organik yang rendah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa cat terbuat dari bahan organik, namun kecanggihan teknologi telah menciptakan jenis cat dengan kandungan organik rendah sehingga tidak membahayakan lingkungan.

Di dalam Biovarnish Sanding Sealer kandungan organik di dalamnya tidak lebih dari 100 gram per liternya. Jumlah ini lebih rendah dari regulasi-regulasi uni Eropa yang membahas tentang bahan organik dalam cat. Jadi menggunakan Biovarnish Sanding Sealer pada meja makan adalah keputusan yang tepat.

Perlindungan yang Dibutuhkan Meja Makan

Sebelum masuk ke dalam tahapan aplikasi sanding sealer terbaik untuk meja makan ini, perhatikan dahulu apa alasan Anda harus menggunakan sanding sealer pada meja makan. Bagi orang awam mungkin menggunakan sanding sealer bukanlah suatu tahapan yang penting, namun tidak bagi material kayu pada meja makan.

Kayu adalah material berpori, mudah menyerap kelembaban dan menimbulkan jamur yang mengundang rayap. Sehingga sebagus dan semahal apapun meja makan yang telah Anda beli, rayap dan jamur akan tetap bisa muncul.

Nah kira-kira perlindungan apa lagi yang dibutuhkan meja makan kayu dari sanding sealer? Berikut ini penjelasannya:

√ Menutup pori kayu

Penyebab utama rayap dan jamur adalah pori kayu tidak tertutup dengan sanding sealer. Bagi Anda yang masih memiliki meja makan yang tidak dilapisi cat atau coating maka kelembaban akan masuk ke dalam pori kayu dengan mudah. Inilah perlindungan yang terlewatkan jika tidak menggunakan sanding sealer. Sanding sealer akan menutup pori kayu, mencegah kelembaban masuk dan merusak susbtrat kayu.

√ Menjaga dari makanan atau minuman

Piring atau mangkuk yang berisi makanan panas, gelas dingin yang berisi minuman dengan es akan dengan mudah merusak tampilan substrat kayu. Permukaan kayu akan muncul bekas bawah piring dan juga gelas. Bekas ini akan sulit dihilangkan bahkan setelah pengamplasan pun bekas lingkaran berwarna putih atau hitam akan tetap muncul. Jika menggunakan sanding sealer maka bekas tersebut tidak akan muncul dan menjaga meja makan tetap memiliki tampilan yang indah.

√ Menjaga dari tumpahan air

Sanding Sealer Terbaik untuk Meja Makan Tahan Lama

Meja makan yang sering digunakan pasti tidak terlepas dari air minum yang tumpah, sup yang tumpah atau benda cair lainnya yang tumpah di atas meja makan. Cairan ini sama halnya dengan kelembaban justru akan lebih cepat diserap ke dalam pori kayu. Kayu yang menyerap benda cair ini kemudian akan berbau.

Cairan di dalam pori kayu akan basi, merusak kayu dari dalam bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sanding sealer akan menjaga lapisan luar kayu tetap kuat dan pori tidak menyerap cairan apapun yang tumpah.

Perlindungan-perlindungan inilah yang akan diberikan jika meja makan menggunakan sanding sealer. Perlindungan yang diberikan demi menjaga ketahanan meja makan dan juga penampilan meja makan. Meja makan akan tetap memiliki penampilan menarik dan tahan lama.

Aplikasi Sanding Sealer terbaik untuk Meja Makan

Jika Biovarnish Sanding Sealer yang digunakan untuk meja makan adalah yang terbaik, maka Anda harus mencoba cara aplikasinya. Tanpa disangka nantinya Anda akan merasakan bagaimana mudahnya mengaplikasikan produk ini. Tidak perlu takut cuaca hujan cat akan segera mengering dengan sempurna. Pekerjaan finishing pun jadi cepat selesai.

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer

Mengaplikasikan bahan pelapis cat ini pada meja makan tidak terlepas dari alat-alat yang harus digunakan. Alat yang dibutuhkan untuk proses pengecatan adalah spray gun, kompresor, pengaduk, wadah untuk mencampurkan cat, amplas dan lap mikrofiber.

Apabila ini adalah proyek finishing pertama Anda, cobalah untuk memanggil teman yang sudah ahli dibidang finishing dengan spray gun. Anda perlu menguasai penggunaan spray gun sebelum mengaplikasikan Biovarnish.

1. Persiapan

Untuk persiapan, langkah pertama adalah mengamplas seluruh bagian meja makan. Pengamplasan berutujuan untuk membuka pori kayu, membuat goresan pada pori sehingga sanding sealer akan menempel dan mengeras dengan mudah.

5 Langkah Aplikasi Cat Kayu Natural Untuk Hasil Fantastis Kayu Oak

Jangan lupa untuk membersihkan debu bekas pengamplasan hingga benar-benar bersih. Jika perlu gunakan lap kain mikrofiber yang telah dibasahi. Tunggu permukaan meja makan kayu benar-benar bersih baru siap untuk dicat.

2. Siapkan Sanding Sealer

Langkah kedua adalah membuat campuran sanding sealer. Masukan dua bahan Biovarnish Sanding Sealer ke dalam wadah pencampur, tambahkan air setengah takaran dari cat. Aduk larutan hingga tercampur rata kemudian masukan ¾ cat ke dalam tabung spray.

3. Aplikasikan Sanding Sealer

Cobalah untuk menyemprotkan cat ke permukaan lain dan pastikan tekanan, besaran cat yang keluar serta jarak semprot sudah benar. Lanjutkan dengan menyemprot ke seluruh permukaan meja makan dengan rata. Gunakan teknik cross spray agar seluruh pori kayu benar-benar tertutup dengan baik.

Berani Gunakan Cat Kayu Hitam Doff? Ini Produk Andalannya

Tunggulah lapisan sanding sealer ini mengering selama 60 menit. Jangan jemur meja makan selama proses pengeringan. Diamkan meja makan di tempat Anda menyemprot. Lalu lakukan pengamplasan jika permukaan sanding sealer sudah kering. Bersihkan debu amplas dan sanding sealer sudah diaplikasikan dengan benar.

4. Gunakan Clear Coat

Apakah tahapan finishing akhir setelah sanding sealer? Ada dua pilihan yang bisa diambil yakni aplikasi Biovarnish Clear Coat atau Liquid Stain terlebih dahulu. Liquid Stain akan memberikan warna pada meja makan. Warna yang dihasilkan adalah warna natural kayu, dan Anda bisa memilih warna yang disediakan oleh Biovarnish Liquid Stain.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Biovarnish Clear Coat

Setelah Liquid Stain diaplikasikan, lapisan terakhir adalah Biovarnish Clear Coat. Ada dua jenis top coat yang bisa dibeli pertama adalah Clear Coat gloss dan kedua adalah Clear Coat  matte. Keduanya akan memberikan hasil yang maksimal dan Anda akan mendapatkan permukaan meja makan sesuai yang diinginkan.

Hasil finishing meja makan menggunakan top coat membutuhkan kering sempurna selama 24 jam. Lama kering ini adalah normal dan Anda perlu mendiamkan meja makan di dalam ruangan dengan ventilasi udara yang baik dan kering. Meja makan yang sudah kering dapat digunakan dan dipindahkan ke dalam ruang makan di dalam rumah.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com