7 Alasan Meja Makan Kayu Jati Banyak Dipilih selain Tahan Lama

Kualitas meja makan jati yang tahan lama sudah diakui oleh banyak pihak. Selain karena kualitas kayu jati itu sendiri, penggunaan bahan finishing berkualitas menjadikan meja makan jati lebih awet. Meja makan jati akan terjaga kualitas nya lebih maksimal jika anda menggunakan bahan finishing terbaik.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa furnitur kayu solid merupakan produk furnitur unggulan. Furnitur dari veneer dapat mewakili pilihan yang baik jika Anda berencana untuk menggunakannya untuk waktu yang singkat. Tapi kayu solid adalah pilihan yang tepat jika anda ingin menggunakan furnitur dalam jangka waktu lebih lama, bahkan hingga bertahun tahun.

Khususnya saat anda memilih kayu jati sebagai material meja makan. Apakah Anda akan menggunakan meja makan sebagai furnitur di rumah Anda? Maka, pilihan menggunakan material kayu jati bukanlah langkah yang salah. Meski demikian, sebelumnya Anda perlu menyiapkan biaya yang cukup banyak. Karena seperti yang Anda ketahui, memilih kayu jati asli sebagai material furnitur bukanlah sesuatu yang bisa anda dapatkan dengan murah.

7 Alasan Harus Menggunakan Kayu Jati Sebagai Material Meja Makan

Saat anda memilih kayu jati sebagai material meja makan, pasti ada beberapa alasan pendukungnya. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini adalah tujuh alasan mengapa Anda harus memilih kayu jati sebagai material meja maka di rumah:

 –> Kayu Jati Lebih Tahan Lama

Kayu jati memiliki ketahanan yang lebih lama dan lebih awet digunakan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Meski sifat alami kayu jati memang kokoh, Anda tetap harus merawat kayu jati Anda. Jika Anda melakukan perawatan furniture jati dengan baik, Anda akan mendapat kualitas furnitur yang terbaik bahkan awet digunakan gingga puluhan tahun.

Mewariskan furnitur jati yang sudah berusia puluhan tahun dengan kondisi prima bukanlah sesutu yang buruk. Semakin kuno dan tua usia furnitur, pasti akan semakin meningkatkan daya tariknya. Inilah alasan pertama yang perlu anda pertimbangkan saat memilih kayu jati dibandingkan dengan kayu solid lainnya.

Kebanyakan produsen kayu solid, tahu bahwa produk mereka harus dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Bukan hanya sekedar gaya atau bentuk finishing yang menarik. Inilah sebabnya sebagian besar kreasi kayu solid seperti jati cenderung memiliki gaya minimalis yang cenderung sama dari waktu ke waktu. Walaupun terkesan monoton, tapi furnitur jati tetap memiliki banyak penggemar.

Alasan ketahanan kayu solid adalah toleransinya dan ketahannya bahkan untuk refinishing. Kayu adalah media yang kuat untuk digunakan meski telah digunakan dalam waktu yang lama. Terlebih jika anda melakukan perawatan furnitur dengan baik. Selain itu, perabotan dari kayu juga dapat menambah kesan hangat pada hunain anda.

–> Kayu Jati Memiliki Lebih Banyak Karakter

Seiring waktu, meja makan kayu jati Anda akan tampak seperti anggota keluarga lama di rumah Anda. Furnitur tersebut akan menua, tapi justru akan tampak semakin menarik. Meja makan akan tetap menjadi bagian yang solid dan kokoh di rumah Anda.

Mengenal Kualitas Meja Makan Jati Yang Tahan Lama

Bahkan ketika kayu solid mendapat kerusakan atau goresan, kayu jati bahkan mampu membuatnya tampak seperti karakter tambahan. Kerusakan atau goresan tersebut tidak merusak pemandangan yang tampilan dari kayu jati.

Anda bahkan masih bisa melakukan finishing ulang berulang kali jika ingin memperbarui tampilan meja makan jati. Karena kayu jati dapat disesuaikan dengan berbagai karakter finsihing, tidak ada salahnya jika anda memilih material ini sebagai meja makan.

–> Kayu Jati Mudah Dibersihkan

Agar menjadi furnitur yang awet untuk digunakan, anda tentu harus rajin merawat furnitur. Saat menggunakan kayu jati sebagai material meja makan, anda bisa merawatnya dengan mudah.

Cukup dengan menggunakan produk perawatan seperti wax kayu, meja makan jati sudah bisa lebih awet digunakan. Jika ada noda pada permukaan meja makan kayu jati, anda juga dapat membersihkannya dengan mudah. Hanya dengan menggunakan kain lap bersih yang anda basahi dengan air lalu anda lap kembali dengan kain kering.

Pastikan furnitur selalu dalam keadaan kering dan bersih agar tidak mudah ditumbuhi jamur atau serangga pengganggu seperti rayap.

–> Kayu Jati Mengubah Suasana Ruangan

Kayu solid memang selalu tampak menonjol dan mudah menjadi pusat perhatian. Termasuk saat anda menggunakannya sebagai furnitur meja makan di rumah.

Penggunaan kayu jati akan menambah karakter pada suasana ruangan. Furnitur dari kayu solid satu ini juga akan dengan mudah berbaur dengan gaya dekorasi dan furnitur lain pada ruangan tersebut.

–> Meja Makan Kayu Jati Sangat Unik

Menggunakan kayu jati sebagai material meja makan bukan hanya agar lebih awet untuk digunakan. Tetapi juga karena hal ini akan sangat unik.

Terutama jika anda melakukan finishing natural, maka akan terlihat serat khas kayu jati yang selalu memikat minat para pecinta furnitur.

–> Kayu Jati Bisa Menjadi Baru Lagi

Salah satu hal yang sangat menarik tentang kayu jati adalah daya tahannya memungkinkan perubahan seiring waktu. Anda bisa mengamplas, mengecat atau menggunakan pernis lagi jika suatu hari ingin merubah tampilannya.

Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi sisi dan sudutnya. Anda benar-benar dapat mengubah sepotong kayu jati solid menjadi perabot baru. Kayu jati juga merupakan jenis kayu yang dapat didaur ulang. Material kayu jati bisa menjadi produk baru sekaligus menjadi bagian dari struktur lain.

–> Kayu Jati Bisa Digunakan Dalam Jangka Waktu Cukup Panjang

Semua manfaat kayu jati mengarah ke titik harga awal yang lebih tinggi. Anda memang harus membayar furnitur jati dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan furnitur lainnya. Hal ini tentu berbanding lurus dengan manfaat yang akan anda terima. Karena anda bisa menggunakan furnitur jati dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan lebih lama dan lebih awet dibandingkan dengan jenis furnitur lainnya.

Mengenal Kualitas Meja Makan Jati Yang Tahan Lama

Jika dibandingkan dengan Veneers, furnitur dari jati jelas akan mampu bertahan dan bisa digunakan lebih lama. Begitu pula jika anda membandingkan jenis furnitur ini dengan material kayu lainnya.

Finishing untuk Meja Jati Tahan Lama

Salah satu keunggulan kayu jati adalah seratnya, sehingga sangat mudah untuk memberikan hasil finishing berkualitas. Untuk memperlihatkan serat kayu jati, maka cat kayu warna transparan adalah pilihan bahan finishing yang tepat. Jika serat kayu jati ditutup dengan warna cat solid maka Anda hanya akan menyesal melihat hasil finishingnya yang tidak memperlihatkan keindahan dari kayu tersebut.

Bagaimana membuat tampilan transparan dari kayu jati tahan lama? Caranya sangat mudah, Anda hanya memperlukan cat dasar kayu dan juga pelapis akhir yakni top coat. Bahan yang disarankan untuk meja makan adalah cat kayu water based yang aman jika bersentuhan langsung dengan makanan. Bahkan tidak mengeluarkan bau menyengat yang mengganggu hidung dan dapat mengurangi nafsu makan Anda.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Cat kayu water based yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish. Produk Biovarnish ini terdiri dari base coat yaitu sanding sealer dan juga clear coat. Karena meja makan akan sering digunakan, sebaiknya Anda menggunakan clear coat gloss yang bisa Anda gunakan dengan alat semprot. Biovarnish Clear Coat gloss sendiri akan memberikan tampilan mengkilap.

Hasil warna yang diberikan adalah bening atau transparan. Sanding Sealer berfungsi untuk menutup pori kayu jati dan menyegelnya sehingga tidak mudah menyerap kelembaban udara. Selain itu, Sanding Sealer juga dapat membuat kayu tidak mudah berjamur atau ditumbuhi rayap. Sanding sealer proses aplikasinya juga menggunakan alat semprot.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Bagi Anda yang menyukai proyek DIY sangat disarankan untuk melapisi cat Biovarnish pada meja makan di rumah. Karena cara aplikasinya sangat mudah dan cepat. Cukup diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2 bahan : 1 air, aduk merata lalu aplikasikan dengan kuas atau alat semprot.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Info News"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU