Warna Meja Makan Menjadi Lebih Tua? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Anda mungkin sudah berusaha keras dalam memotong dan merakit meja makan dari kayu menjadi desain yang diinginkan. Bentuk dan kekuatannya sudah sempurna, tapi warna yang dimiliki kurang cocok. Kebanyakan masalah yang sering muncul adalah warna kayu yang terlalu tua, padahal Anda membutuhkan warna kayu yang lebih mudah. 

Warna yang terlalu tua pada meja makan minimalis tergolong kurang cocok. Warna terang dan cerah justru paling banyak dicari. Sedangkan kebanyakan warna kayu yang berkualitas baik pasti memiliki warna lebih tua. Misalnya saja kayu jati dengan warna coklat tua atau kayu sonokeling yang kehitaman. 

Bagaimana cara terbaik untuk membuat meja makan kayu minimalis di rumah memiliki warna natural yang lebih mudah? Jika Anda ingin mengubahnya, maka penggunaan bleaching kayu dan wood stain adalah solusi yang sangat tepat. Diantara semua produk bleaching dan stain Anda juga harus memilih yang tepat. 

Jangan lupakan juga teknik mengaplikasikan stain dan bleaching harus tepat. Sekali salah mengaplikasikan, justru warna yang dihasilkan tidak sempurna. Warna bisa saja belang dan Anda akhirnya harus mengulangi proses finishing dari awal. Menghindari hal tersebut, Anda bisa mempelajari finishingnya di sini. 

4 Alasan Mengapa Meja Makan Kayu Memiliki Warna Tua

Ada beberapa alasan mengapa kayu memiliki warna lebih tua. Penyebab ini harus Anda ketahui, bahkan sebelum merakit meja makan kayu. Fungsinya adalah agar proses finishingnya menjadi lebih lancar. Produk bleaching dan stain yang digunakan nantinya harus berfungsi secara maksimal. 

Penyebab dari berubahnya warna meja makan ini bisa berasal dari internal atau eksternal. Apa saja penyebabnya? Berikut ini penjelasannya. 

  • Jenis kayu

Warna kayu yang lebih gelap sebenarnya menandakan bahwa kualitas kayu tersebut lebih baik. Artinya struktur lebih kuat karena bentuk pori yang lebih rapat. Tipe kayu keras sendiri di Indonesia memiliki harga yang cukup mahal. Harga kayu untuk sebuah meja makan bisa bernilai jutaan rupiah. Jenis kayu menjadi penyebab warnanya menjadi lebih tua. 

  • Dijemur terlalu lama

Kayu juga bisa berubah warnanya karena faktor eksternal yaitu terlalu lama dijemur. Kayu yang warna aslinya sebenarnya terang akan berubah menjadi gelap ketika sering terpapar sinar matahari. Biasanya warna gelap lebih condong pada serat kayu sehingga lebih tajam. Padahal jenis kayu tersebut adalah kayu lunak yang warnanya sangat terang. 

  • Lapisan stain sebelumnya

Faktor eksternal lainnya juga bisa berasal dari lapisan wood stain yang lama. Lapisan ini akan membuat kayu berubah menjadi gelap. Jika Anda menggunakan kayu-kayu bekas maka hal ini akan sering terjadi. Bukan masalah untuk mengubahnya memiliki warna yang lebih terang. Cukup menghilangkan lapisan coating yang lama dan melapisinya dengan yang baru. 

  • Karena jamur black stain

Masalah jamur seringkali merubah warna kayu menjadi lebih tua atau gelap. Sayangnya penyebab ini membuat warna tidak merata. Hanya permukaan kayu yang terkena jamur saja yang berubah warna. Jika masalahnya adalah jamur maka Anda harus mengaplikasikan obat anti jamur sebelum mengaplikasikan dengan lapisan coating baru. 

Cara Membuat Warna Meja Makan Terlihat Lebih Mudah

Warna gelap bisa menyerang jenis kayu apapun, bahkan meja makan jati yang harganya ratusan juta rupiah. Jika Anda ingin menghindari warna meja makan minimalis tua maka langkah pertama adalah mengubah warnanya menjadi terang. Turunkan tone warna dari meja makan dengan produk bleaching. 

Tak semua bleaching kayu dapat bekerja dengan maksimal. Artinya hanya bleaching tertentu saja yang akan menurunkan tone warna kayu secara alami. Salah satu produk ini adalah White Agent 250. Pemutih kayu ini berbahan dasar air, jadi kayu apapun yang diputihkan warnanya akan menurun secara alami. 

Tidak akan merusak serat kayu, proses aplikasinya pun sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini jika Anda ingin mencerahkan warna meja makan kayu. 

  1. Amplas permukaan meja makan untuk menghilangkan kotoran dan debu. Bersihkan kemudian semua debu tersebut. 
  2. Campurkan White Agent 250 dengan air. Perbandingannya bisa 1: 1 dan 1:2 tergantung tingkat gelap dari warna meja. Semakin banyak obat maka warna semakin cerah.
  3. Kuaskan larutan WA 250 dengan kuas ke seluruh permukaan meja. Dilakukan searah serat kayu agar bahan meresap ke dalam pori kayu. 
  4. Diamkan meja makan selama 4 jam lebih hingga warna kayu berubah menjadi lebih terang. Jika kurang terang aplikasikan dan keringkan sekali lagi.  
  5. Bilas meja makan dengan air mengalir kemudian jemur kembali setelah warna diyakini telah berubah terang. 
  6. Diamkan kembali jamur tanpa harus dijemur sebelum meja siap untuk di finishing. 

Pilihan Warna Muda dari Biovarnish Wood Stain

Masih bingung memilih warna wood stain yang terang untuk meja maka? Biovarnish wood stain punya solusinya. Ada beberapa pilihan warna kayu yang terang sebagai berikut ini untuk dipilih. 

  • Yellow ox

Warna ini menduplikasi kayu white oak namun lebih cenderung ke arah warna kekuningan. Cocok sekali untuk meja kayu minimalis agar terlihat lebih terang. 

  • Candy brown

Walaupun disebut dengan warna coklat, namun di antara yang lain candy brown paling terang. Hampir mirip dengan perpaduan antara warna kayu oak dan jati. 

  • Red teak

Disebut sebagai jati merah, namun hasilnya sangat berbeda. Warna coklatnya paling terang di antara warna jati yang lainnya. Membuat warna ini yang paling tepat untuk menduplikasi kayu jati. 

  • Gardena teak

Sebenarnya warna ini yang paling sering digunakan tetapi untuk furnitur luar ruangan. Jika Anda ingin membuat ruang makan outdoor, maka untuk meja makan kayu cocok menggunakan warna ini. 

Cara Mengaplikasikan Cat Biovarnish pada Meja Makan

Masuk pada tahapan pengecatan meja makan kayu jati atau jenis kayu lainnya. Anda tentunya sudah memutuskan warna wood stain yang hendak digunakan. Jika sudah selesai maka saatnya merencanakan proses pengecatan. Prosesnya harus dilakukan saat cuaca sedang terang agar finishing lebih berjalan dengan cepat. 

Proses pengaplikasikannya didukung dengan beberapa bahan finishing seperti Biovarnish wood filler, wood stain dan clear coat gloss. Berikut langkah-langkah aplikasinya. 

  1. Amplas permukaan meja makan dengan amplas nomor 180 dan 220 secara bergantian. Jika ingin cepat manfaatkan balok kayu dan alat amplas. 
  2. Isikan bagian cacat pada kayu dengan Biovarnish wood filler. Anda bisa mengisinya dengan scrape dan diamkan selama 20 menit. Setelah kering amplas bagian tersebut. 
  3. Larutkan Biovarnish wood stain pada warna yang sudah Anda pilih dengan air. Kemudian lanjutkan dengan proses penguasan searah dengan serat kayu pada meja. Diamkan meja hingga kering baru amplas secara ambang saja. 
  4. Encerkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Kuas larutan pernis ini ke seluruh permukaan searah dengan serat kayu. Pengeringan dapat dilakukan selama 24 jam. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.