Cat Pernis Kayu Anti Gagal untuk Finishing Rak Buku Warna Natural

Jika Anda ingin melakukan finishing pada rak buku maka Anda bisa menggunakan produk cat pernis kayu yang benar. Menggunakan produk cat pernis yang salah akan memberikan resiko yang sangat buruk pada rak buku dan juga buku yang disimpan pada rak tersebut. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memilih produk cat yang berkualitas baik dari segi perlindungan, tampilan dan bagaimana reaksinya jika digunakan untuk penyimpanan buku. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan cat pernis dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun kualitas yang diberikan tersebut sangat tinggi.  Kini mengecat menggunakan cat pernis kayu bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan kuas namun hasilnya akan maksimal tentu saja apabila Anda menggunakan jenis poduk cat yang bermerk.

Jika berbicara mengenai rak buku maka lapisan cat yang melapisi rak buku harus berkualitas dan juga harus kuat. Lapisan film yang dibentuk harus kuat karena rak buku adalah jenis rak yang kuat dan juga harus mampu untuk tahan gores. Terutama jika Anda menggunakannya pada rak buku untuk perpusatakaan. Buku yang sering untuk diambil dan dikembalikan pasti akan mudah membuat goresan pada rak buku.  Apabila Anda menggunakan jenis cat yang tidak memiliki lapisan film yang kuat maka goresan dari buku yang keluar masuk akan sangat mudah terjadi. Tak hanya itu banyak juga alasan lain mengapa Anda harus menggunakan produk pernis yang berkualitas dan juga pernis yang akan memberikan penampilan yang maksimal.

Masalah Yang Biasanya Muncul Ketika Cat Pernis Kayu Tidak Benar

cat-dengan-daya-tutup-kurang

Ketika Anda tidak menggunakan bahan yang maksimal atau berkualitas maka ada beberapa tampilan kurang sempurna. Apa saja penampilan kurang sempurna yang akan didapatkan ketika Anda tidak menggunakan bahan pernis yang berkualitas? Berikut ini akar permasalahan yang sering muncul jika Anda tidak menggunakan pernis kayu yang bagus.

1. Bubble

Tampilan menarik dari bubble adalah tampilan yang memiliki permukaan tidak rata. Bubble muncul karena pengadukan pernis kayu yang kurang baik sehingga menimbulkan gelembung. Tak hanya itu saja, namun juga akan menimbulkan permukaan furniture yang memiliki bekas bubble sehingga permukaan tidak rata dan juga halus.

Efek adanya bubble juga diakibatkan ketika pernis kayu yang digunakan tidak memiliki kualitas bagus artinya adalah tidak memiliki kualitas bagus ketika dicampurkan dengan bahan pelarut. Karena tidak mampu menyatu dengan baik maka akan muncul bubble.

2. Brush mark (jejak kuas)

Ketika brush mark muncul banyak sekali faktor yang menjadi penyebabnya seperti campuran bahan pealrut yang tidak pas bisa kebanyakan atau terlalu sedikit, formula bahan pernis yang kurang bagus hingga jenis kuas yang tidak berkualitas akan sangat mempengaruhi hasil sapuan kuas terlihat atau tidak. Ketika Anda akan mencampur bahan cat kayu, selalu lakukan dengan benar sesuai dengan anjuran yang terdapat pada kemasan pernis. Tak hany itu Anda juga harus melakukan proses finishing sesuai dengan cara yang diejlaskan. Misalnya saja Anda harus mengaplikasikan searah serat kayu dan jangan aplikasikan pernis  ketika permukaan kayu belum kering karena brush mark sangat rentan terjadi.

3. Warna tidak merata

Anda mungkin sering melihat pernis yang memiliki warna berbeda setelah diaplikasikan. Biasanya warna yang muncul adalah memiliki bagian yang tajam atau gelap warnanya namun bagian permukaan yang lain memiliki permukaan yang tidak tajam atau hanya samar samar saja. Nah ini akan sangat mempenagruhi munculnya perbedaan warna atua warna yang merata. Sama seperti permasalahan yang timbul dari adanya bubble. Tampilan ini akan muncul apabila pencampuran bahan ini tidak sempuran dan bahan pernis yang tidak berkualitas.

4. Daya tutup kurang

Daya tutup kurang sama seperi daya sebar pernis yang tidak merata. Ketuka daya tutup kurang maka penggunaan pernis akan sangat boros. Tentu Anda tidak ingin budget finishing Anda membengkak karena tidak adanya daya tutup cat yang baik. Biasanya yang muncul pada permukaan adalah warna yang berbeda, hampir sama seperti warna tidak merata. Pada bagian ini cat tidak menutup permukaan kayu dengan sempurna sehingga walaupun Anda mengaplikasikan sekali lagi atau hingga beberapa lapisan maka permukaan akan tetap tidak rata.

5. Kilap rendah

Daya kilap yang rendah walaupun Anda telah membeli produk cat yang memiliki sheen level tinggi atau gloss. Jadi ketika Anda telah mengaplikasikan pernis, tingkat glossy yang diberikan tidak akan maksimal. Anda tidak bisa melihat pantulan cahaya sempurna dari lapisan pernis yang telah digunakan. Kilap rendah juga akan memberikan penampilan yang tidak menarik. Hasil kilap yang tidak sempurna ini kebanyakan disebabkan oleh formula dari pernis yang kurang baik.

6. Yellowing

Efek yellowing atau pernis yang menguning setelah mengalami beberapa waktu setelah diaplikasikan. Efek menguning ini timbul karena kandungan formalin yang tinggi. Jadi ketika Anda menggunakan pernis dengan banyak kandungan formalin maka efek yellowing tidak diragukan lagi pasti akan muncul. Efek menguning yang ada pada pernis ini akan memberikan tampilan kurang menarik karena furnitur akan terlihat kusam.

7. Sagging

Efek sagging ini adalah efek cat yang meleleh ketika diaplikasikan adalah salah satu efek dari pencampuran pernis dengan bahan pelarutnya. Biasanya ketika banyak bahan pelarut yang digunakan maka pernis akan mudah meleleh ketika diaplikasikan terutama pada bidang vertikal. Tampilan dari cat yang meleleh akan sangat mempengaruhi penampilan furnitur menjadi tidak merata.

Tips Menggunakan Pernis Untuk Rak Buku Yang Tepat

Setelah mengerti permasalahan yang muncul di atas maka Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk proses aplikasi. Berikut ini tips yang bisa Anda gunakan ketika akan mengaplikasikan pernis pada rak kayu atua jenis olahan kayu yang lainnya.

  1. Memilih produk

Ketika Anda akan menggunakan produk maka pernis yang harus digunakan adalah berkualitas baik dari segi  formula, hasil dan juga proses aplikasi yang mudah. Jenis cat yang memiliki formula terbaik  adalah produk Biovarnish dimana produk Biovarnish ini adalah produk cat water based yang mudah diaplikasikan tanpa efek brush marking serta aman dan ramah lingkungan.

  1. Memilih alat aplikasi

Jika Anda ingin mengaplikasikan produk menggunakan kuas maka pastikan kuas yang digunakan baru sehingga terhindar dari bekas cat lama yang masih menempel pada kuas. Tak hanya itu pemilihan kuas juga harus tepat untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan rata. Gunakan kuas bulu babi untuk jenis cat solvent dan kuas nylon untuk cat water based. pemilihan kuas ini akan mempengaruhi kompatible antara cat dan juga bahan yang digunakan.

  1. Pastikan proses sesuai anjuran

Sebelum Anda mengaplikasikan selalu pastikan jika Anda mengaplikasikan seusai dengan anjuran pakai yang terdapat pada kemasan pernis. Misalnya saja mulai dari banyaknya bahan pelarut yang digunakan. Jika Anda menggunakan produk Biovarnish Anda akan mendapatkan produk yang proses aplikasinya mudah dan tidak perlu dijemur pada panas matahari.

Apabila Anda ingin menggunakan produk Biovarnish, segera hubungi agen cat kayu Biovarnish terdekat di kota Anda.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.