Cegah Jamur Pada Furniture Kayu Pinus Dengan Cat Anti Jamur

39

Memiliki furniture berbahan kayu pinus di rumah? Sudahkah Anda mempersiapkan untuk mengecat seluruh bagian kayu pinus? Ingat lapisan coating akan melindungi furniture kayu pinus dari kerusakan akibat kelembaban. Ruangan yang lembab atau pada saat musim hujan membuat udara mengandung air. Kelembaban ini akan diserap oleh pori kayu yang terbuka.

Lapisan coating dari cat berfungsi untuk menutup seluruh pori kayu pinus agar tidak bekerja lagi menyerap kelembaban tersebut. Nah apakah Anda sudah menentukan jenis cat manakah yang akan digunakan? Apakah Anda sudah menentukan produk anti jamur mana yang akan ditambahkan?

Dalam dunia finishing tidak hanya satu atau dua bahan saja yang digunakan dan bisa dicampur ke dalam bahan cat. Ada beberapa bahan kimia seperti anti jamur yang bisa dilarutkan bersama. Bahan-bahan ini akan bekerja melindungi sekaligus mencegah pertumbuhan jamur pada kayu pinus dari luar.

Pentingnya Kayu Pinus Dilapisi Cat Anti Jamur

Mengenal karakteristik kayu pinus menjadi alasan yang sangat penting bagi Anda yang akan melakukan finishing. Mengapa kayu pinus perlu dilapisi bahan cat yang ditambah dengan obat anti jamur? Ini adalah pertanyaan yang sering timbul bagi pengusaha furniture.

CS Biovarnish

Mereka akan lebih memikirikan masalah budget untuk finishing yang membengkak dengan tambahan bahan obat anti jamur. Namun menggunakan tambahan obat anti jamur pada cat akan memberikan lapisan yang lebih kuat dan menjadi furniture dari kayu pinus lebih tahan lama.

Apabila Anda mencermati, kayu pinus memiliki jenis pori kayu yang berbeda. Kayu pinus memiliki pori kayu yang lebih halus dibandingkan dengan kayu lainnya. Rongga pori berukuran lebih besar dan Anda perlu melapisinya dengan cat dasar agar dapat menutupnya dengan sempurna.

Sudahkah Mengecat Kayu Pinus agar Terhindar dari Jamur?
contoh jamur permukaan pada kayu solid

Apabila ingin mendapatkan hasil finishing warna natural maka lapisan cat dasar kayu berupa sanding sealer sangat dibutuhkan. Sanding sealer akan melindungi hasil finishing agar tidak bleeding atau hasil finishing yang belang. Apabila langsung diaplikasikan dengan pernis maka penyerapan lapisan cat tidak akan merata.

Hal ini dikarenakan ukuran pori kayu di setiap sisi berbeda. Inilah yang menimbulkan bleeding pada kayu pinus. Pori kayu yang berukuran besar akan lebih cepat dan lebih banyak menyerap kelembaban. Air dari udara yang diserap akan disimpan ke dalam substrat kayu. Sehingga jamur akan tumbuh dalam waktu beberapa hari.

Ketika jamur sudah tumbuh maka akan sulit dihilangkan, karena sudah tumbuh dari bagian dalam kayu. Apabila Anda menemukan jamur yang timbul berwarna putih kemudian sangat mudah dihilangkan dengan kain, beberapa hari kemudian jamur akan tumbuh kembali.

Anda bisa menghilangkan jamur tersebut dengan obat anti jamur. Namun perlu melakukannya juga dengan rutin. Inilah alasan penting mengapa kayu pinus perlu dilapisi dengan cat yang telah dicampur dengan bahan obat anti jamur permukaan.

Produk yang Dibutuhkan untuk Antisipasi Jamur

Kayu pinus perlu segera dilapisi cat dengan obat anti jamur. Namun produk cat apakah dan produk obat anti jamur manakah yang bisa digunakan? Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish. Sebagai produk cat yang aman dan ramah lingkungan cat ini terbuat dari bahan air.

Cukup dengan bahan pelarut air saja Anda sudah bisa menggunakan cat kayu Biovarnish. Apabila ingin mendapatkan hasil warna transparan kayu pinus, Biovarnish juga menyediakan sanding sealer agar hasil finishing lebih halus lagi. Kayu pinus yang difinishing dengan warna transparan akan lebih cantik.

Sebenarnya cat kayu Biovarnish sudah ditambah dengan bahan anti jamur dan juga anti rayap. Namun jika ditambah dengan obat anti jamur maka kekuatan perlindungan yang diberikan akan dua kali lipat lebih kuat. Obat anti jamur yang bisa digunakan adalah BioCide SFP. Produk ini juga merupakan obat anti jamur water based untuk kayu.

Seluruh proses aplikasi hanya perlu bahan pelarut air, jadi bisa dikatakan sangat hemat. Anda hanya perlu membeli bahan cat tanpa thinner. Bahkan untuk proses finishing menggunakan spray gun Anda tidak perlu takut akan bahaya solvent yang mengancam kesehatan di masa depan.

Menggunakan cat berbahan dasar air sangat aman, apalagi jika Anda menggunakannya di dalam ruangan. Hanya saja pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik agar proses pengeringan furniture kayu pinus tanpa penjemuran bisa berjalan lancar.

Ingat semua proses finishing menggunakan cat water based tidak membutuhkan panas matahari. Berbeda dengan finishing cat solvent yang semua proses pengeringan mengandalkan panas matahari.

Cara Aplikasi Cat dan Produk Anti Jamur pada Kayu Pinus

Proses aplikasi yang sangat mudah kedua produk Biovarnish dan BioCide SFP bisa dilakukan satu hari. Dalam semalam furniture akan kering dan keesokan harinya Anda bisa menggunakannya. Hasil finishing yang rata dan halus ditentukan dari tingkat kering furniture dan pengamplasan.

Sudahkah Mengecat Kayu Pinus agar Terhindar dari Jamur?
cara menyemprot cat kayu

Persiapan furniture kayu pinus akan menjadi tolak ukur keberhasilan finishing. Berikut ini langkah-langkah bagi Anda yang ingin mengaplikasikan Biovarnish dan BioCide.

  1. Siapkan kayu pinus yang sudah diamplas. Pengamplasan sebaiknya dilakukan satu jam sebelum proses finishing berlangsung. Pengamplasan harus dibuktikan dengan permukaan yang rata dan halus. Gunakan jari Anda untuk merasa dan rasakan tingkat kehalusan yang didapatkan. Sebelum finishing jangan lupa untuk membersihkan debu amplas.
  2. Aplikasi sanding sealer adalah yang pertama. Campurkan dahulu sanding sealer dengan air ke dalam wadah bersih. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata. Tuangkan larutan ke dalam tabung spray gun. Semprotkan merata ke seluruh permukaan furniture kayu pinus.
  3. Tunggu lapisan sanding sealer kering sekitar 60 menit, raba dan pastikan benar-benar kering. Lakukan pengamplasan dengan amplas 400 secara ambang. Jangan terlalu ditekan agar lapisan tidak mengelupas. Lanjutkan dengan membersihkan debu sisa pengamplasan.
  4. Lapisan akhir adalah clear coat. Pilih tampilan akhir yang ingin didapatkan yakni matte atau gloss. Campurkan clear coat dengan air dan juga BioCide SFP ke dalam wadah bersih. Aduk rata kemudian tuangkan ke dalam tabung spray gun. Lanjutkan dengan penyemprotan ke seluruh permukaan furniture kayu pinus.
  5. Tunggu lapisan benar-benar kering selama 24 jam. Anda bisa membiarkan furniture kayu pinus semalaman berada dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Keesokan harinya furniture akan kering dan sudah siap digunakan.

Apabila furniture akan dipacking dan dikirim ke luar negeri melalui peti kemas, sebaiknya tunggu lapisan benar-benar mengeras selama satu minggu. 7 hari adalah waktu yang dibutuhkan sebelum persiapan pengiriman dan pengemasan ke dalam kontainer.

Kini furniture kayu pinus sudah siap untuk digunakan. Jika Anda ingin mendapatkan furniture yang lebih tahan lama, pastikan kondisi ruangan tetap kering. Jika perlu berikan bahan serap lembab di dalam ruangan agar lebih aman. Jangan lupa untuk melakukan perawatan. Pembersihan furniture bisa dilakukan secara rutin.

CS Biovarnish