Cat Pernis Kayu yang Tepat untuk Menyamakan Warna Kayu Pinus

Memilih cat pernis terbaik kayu pinus sangat penting dilakukan agar hasil finishing kayu pinus lebih sempurna, simak artikel ini untuk mengetahui cat pernis kayu pinus terbaik.

Anda sering mendapatkan furniture kayu pinus dengan warna yang tidak rata dan halus? Permasalahan yang Anda dapatkan rata-rata juga sering ditemukan oleh para pengrajin di bidang furniture. Munculnya permasalahan warna kayu yang tidak rata biasanya penggunaan bahan finishing seperti cat pernis yang tidak tepat.

Cat Pernis Kayu Pinus Hasil Warna Rata Dan Halus

Masalah juga bisa muncul karena proses finishing tidak sesuai dengan cara yang disarankan. Bahkan masalah juga dapat muncul karena proses pengeringan kayu yang salah. Seperti minyak kayu jati yang naik karena proses pengeringan yang salah atau belum selesai. Sehingga setelah selesai di finishing minyak kayu naik kemudian akan merusak nilai estetika dari furniture atau mebel.

Maka sebelum Anda melakukan finishing ada banyak hal yang tentunya harus diperhatikan mulai dari proses pengeringan, memilih bahan finishing dan cara aplikasi cat pernis atau cat duco yang tepat. Jika ketiga hal tersebut sudah Anda perhatikan dengan benar maka hasil finishing yang sempurna akan didapatkan.

Karakter Alami Berbagai Jenis Kayu Pinus

Sebelum melakukan proses finishing, sangat penting untuk mengetahui jenis kayu yang akan digunakan. Ada begitu banyak jenis kayu pinus yang daapt digunakan. Sebagian besar negara memiliki pohon pinus (ada 125 jenis pinus)  dengan perbedaan yang cukup mencolok. Secara umum, pohon pinus terbagi dalam 3 kategori besar: pinus merah, pinus putih, dan pinus kuning. Jenis pohon pinus yang populer digunakan di Eropa adalah Scandinavian Red Pine, Russian White Pine, dan Quebec Yellow Pine.

A. Scandinavian Red Pine

Cat Pernis Kayu Pinus Hasil Warna Rata Dan Halus

Jenis pinus ini tumbuh secara cepat sehingga merupakan pilihan populer yang digunakan di seluruh dunia. Terdapat ciri khas berupa garis-garis merah muda pada serat alaminya.

B. Russian White Pine

Banyak tumbuh di ujung utara Rusia, di daerah yang disebut Angel. Karena suhu udaranya dingin, pertumbuhan pohon pinus di daerah ini cukup lambat. Jenis pinus ini memiliki mata kayu kecil dengan warna kayu cenderung pucat.

C. Quebec Yellow Pine

Cat Pernis Kayu Pinus Hasil Warna Rata Dan Halus

Berasal dari Quebec, bagian lain dari Kanada pinus ini memiliki ciri khas tersendiri. Memiliki mata kayu yang khas dengan bau yang khas yang cukup harum. Kayu ini memiliki rona kekuningan sebagai warna alaminya. Meski tidak sekuat 2 jenis sebelumnya, pinus ini banyak digunakan dalam pembuatan furnitur meskipun industri mebel Eropa.  Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya impor kayu pinus dari Indonesia.

Berbagai jenis kayu pinus ini dapat digunakan untuk berbagai furniture. Proses finishingnya perlu dilakukan dengan benar, terutama untuk menghilangkan mata kayu pada kayu pinus.

Cara Menyamakan Warna Kayu Pinus Yang Benar

Penting bagi anda untuk mengetahui karakter kayu pinus yang akan difinishing. Hal ini akan mempengaruhi perlakuan apa yang harus dilakukan sebelum memulai proses pengecatan agar warna kayu menjadi seragam. Anda dapat melakukan finishing dengan menggunakan cat transparan maupun cat duco.

Menyamakan warna kayu untuk hasil finishing transparan dapat dilakukan dengan cara aplikasi berikut ini:

  • Pastikan furniture kayu pinus sudah kering dengan MC kayu 12%. Amplas permukaan kayu pinus dengan amplas kasar 240 hingga permukaannya halus merata.
  • Aplikasikan WA-250 untuk menyamakan warna kayu. Gunakan perbandingan 1:1, kuaskan merata ke seluruh permukaan kayu pinus. Tunggu mengering untuk melanjutkan ke tahap apliaksi berikutnya.
  • Gunakan plitur kayu biovarnish liquid stain. Encerkan dengan air pada perbandingan 2:1. Gunakan spray atau kuas untuk aplikasinya. Tunggu hingga kering lalu lanjutkan ke tahap aplikasi selanjutnya.  Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah
  • Lanjutkan dengan aplikasi biovarnish clear coat. Cara aplikasinya sama dengan biovarnish liquid stain. Anda dapat mengeringkan furniture pinus dengan diangin-anginkan tanpa menggunakan sinar matahari langsung.

Penggunaan Cat Pernis Kayu Pinus Yang Tepat

Pada proses finishing kayu pinus, Anda bisa memilih jenis produk yang berkualitas seperti cat kayu water based Biovarnish yang akan menghasilkan warna kayu natural. Cat water based menjadi produk yang direkomendasikan karena aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Warna yang bisa Anda gunakan juga sangat bervariasi karena Biovarnish memiliki 20 pilihan warna natural yang bisa dipilih.

Cat

Selain alasan keamanan, penggunaan pernis kayu water based dari biovarnish juga akan mempermudah anda melakukan finihsing. Pernis water based dari biovarnish cepat kering saat diaplikasikan, cara aplikasinya juga sangat mudah. Proses aplikasi cat water based biovarnish dapat dilakukan dengan fleksibel, anda dapat menggunakan kuas ataupun spray.

Dari segi biaya, penggunaan cat water based juga akan membantu anda untuk menghemat biaya finishing. Penggunaan air bersih sebagai bahan pengencer menjadi penyebabnya. Anda tidak perlu membeli thinner maupun bahan kimia lainnya sebagai bahan pengencernya. Selain lebih hamt, penggunaan air juga lebih aman.

Pemilihan tingkat glossy pada pernis kayu biovarnish dapat disesuaikan dengan tingkat glossy yang anda butuhkan. Dilengkapi dengan bahan anti jamur dan anti serangga, top coat dari biovarnish ini adalah pilihan yang tepat untuk finishing kayu pinus.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU