You are currently viewing Tips Trik Menyamakan Warna Dempul Kayu dengan Stain

Tips Trik Menyamakan Warna Dempul Kayu dengan Stain

Menemukan lubang pada lantai kayu atau kursi kayu di rumah? Solusi untuk menutup lubang tersebut adalah dengan dempul kayu. Namun, penambahan dempul ini harus diikuti dengan menyamakan warna pada bagian kayu di sekitarnya. 

Apabila kayu sebelumnya sudah dilapisi dengan stain, lalu bagaimana cara untuk menyamakan warnanya? Tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam menyamakan warna. 

Setelah mencoba langsung melapisi kayu dengan stain, hasil warnanya mungkin justru akan semakin belang. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan dempul dan bingung cara menyamakan warnanya, bisa ikuti tips trik berikut ini. 

Masalah yang Muncul Saat Menyamakan Warna Dempul Kayu

Kesalahan dalam menyamakan warna ternyata bisa berujung fatal, karena ada beberapa jenis dempul yang tidak bisa menyerap lapisan stain atau coating langsung. 

Hasil yang terlihat adalah munculnya bintik-bintik seperti air yang mengering. Warna juga bisa saja terlalu terang atau justru sangat gelap dibandingkan bagian kayu lain di sekitarnya. 

Timbulnya warna belang menjadi hal yang paling dihindari ketika melakukan finishing. Masalah ini tentunya membuat Anda harus melakukan refinishing secara keseluruhan. 

Ketika dempul kayu diaplikasikan, mengering dan di amplas maka warnanya akan lebih terang dibandingkan sekelilingnya. Hal ini disebabkan dempul meresap pada pori kayu sehingga membentuk warna yang belang. 

Untungnya, dengan memanfaatkan teknik dan produk dempul kayu terbaik masalah ini bisa diatasi. Anda yang belum berpengalaman pun bisa langsung mengikuti tips dan triknya. 

Trik agar Warna Dempul Kayu Sama dengan Stain 

Banyak yang berpikiran bahwa sekali mengaplikasikan dempul, Anda harus mengganti warna stain secara keseluruhan. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan selama Anda tahu caranya. 

Jika hanya memperbaiki bagian yang  belang saja, Anda bisa menghemat bahan finishing sekaligus waktu Anda. Hasilnya pun akan tetap memuaskan dengan permukaan kayu lebih halus bebas lubang. 

Ada beberapa trik dan tips yang bisa Anda ikuti ketika menyamakan warna dempul kayu berikut ini. 

1. Mencampurkan Dempul dengan Serbuk Kayu

Cara dempul kayu yang benar tidak hanya langsung diaplikasikan. Anda juga bisa menggunakan tambahan serbuk kayu untuk menyamakan warna. Biasanya langkah ini bisa dilakukan pada jenis lubang yang cukup besar seperti lubang dengan kedalaman 3 hingga 5 inci. 

Pilih serbuk kayu yang sama dengan warna kayu atau wood stain. Pastikan serbuk kayu telah diayak terlebih dahulu sehingga tersisa bagian halus saja. Tujuannya agar finishing lebih rapi dan halus. 

Cara mengaplikasikannya tidak jauh berbeda, cukup isi lubang dengan dempul yang dicampur serbuk kayu. Ratakan, tunggu kering baru diampelas. Anda bisa melihat warna yang hampir menyerupai stain. 

Setelah itu aplikasikan stain sampai warnanya sama dan bekas tambalan tidak terlihat kembali. 

2. Mencampurkan Dempul dengan Wood Stain

Tidak berhasil dengan cara mencampurkan serbuk kayu? Anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan mencampurkan wood stain. Beberapa jenis dempul kayu tahan air seperti Biovarnish Wood Filler dapat dicampur dengan stain. 

Mengaplikasikan dempul kayu dengan scrape.

Ggunakan jenis filler yang berpelarut sama. Jika menggunakan Biovarnish Wood Filler, gunakan juga Biovarnish Wood Stain. Anda hanya perlu mencari jenis warna yang sama. 

Caranya adalah mencampurkan dempul terlebih dahulu dengan air, kemudian tambahkan stain sedikit demi sedikit. Campur merata dan isikan pada lubang kayu. Tunggu kering dan ampelas untuk melihat warnanya sudah sama. Anda bisa mengaplikasikan filler beberapa kali sampai lubang menghilang. 

3. Mengaplikasikan Sanding Sealer 

Fungsi dempul kayu adalah untuk menutup cacat sekaligus pori kayu. Oleh karena itu perlu tambahan ekstra coating jika ingin menyesuaikan warnanya dengan stain pada kayu. 

Trik yang memudahkan lainnya adalah dengan mengaplikasikan sanding sealer di atas dempul. Usai mengaplikasikan dempul sampai merata dan selesai diampelas, Anda bisa menguaskan sanding sealer. 

Pilih sanding sealer yang sama dengan dempul, seperti Biovarnish Sanding Sealer. Fungsi dari coating ini adalah untuk memperkuat lapisan stain di atasnya. Selain itu mempermudah warna stain cepat sama. 

Cukup kuas sanding sealer ke permukaan kayu dan tunggu kering lalu ampelas halus. Buat campuran stain dengan warna sesuai dan kuas di permukaannya. Warnanya dijamin akan langsung sama. 

4. Mengaplikasikan Beberapa Lapis Wood Stain 

Tidak ingin menggunakan sanding sealer karena sulit mendapatkannya? Trik terakhir adalah dengan mengaplikasikan wood stain beberapa kali. Tujuannya adalah warna yang dihasilkan sama dan lebih kuat. 

Hanya saja Anda tidak boleh langsung mengaplikasikan wood stain langsung tebal. Buat lapisan pertama tipis saja sehingga cepat kering. Begitu juga pada lapisan kedua sampai ketiga agar hasil warna sama. 

Sama seperti menggunakan sanding sealer, Anda wajib menyesuaikan jenis produknya. Jika menggunakan dempul kayu water based pastikan stain yang digunakan juga sama. 

Tips agar Lebih Mudah Menyamakan Warna Dempul dan Stain 

Meratakan dempul kayu pada sela-sela lantai kayu.

Mengikuti ketiga trik di atas, Anda mungkin saja mengalami kesulitan saat melakukannya. Namun tidak ada masalah yang tak bisa diatasi. Anda bisa mengikuti tips berikut agar aplikasi semakin mudah. 

1. Memilih Ukuran Kuas yang Tepat

Sama seperti ketika ingin finishing secara keseluruhan, menyamakan warna stain ini membutuhkan ukuran kuas yang sesuai. Pastikan Anda membeli kuas yang tidak terlalu besar untuk menjangkau bagian yang diperbaiki. 

Kuas yang terlalu lebar justru akan memperluas aplikasi pada bagian stain lain yang tidak bermasalah. Selama kuas tersebut pas di area permukaan dempul maka tidak masalah. 

2. Bisa Juga Menggunakan Roller 

Selain kuas, Anda juga bisa menggunakan roll, karena hasilnya yang bebas brush mark dan jadi lebih halus. Pilihlah roller yang ukurannya kecil supaya bisa meratakan dengan lebih mudah. 

Kekurangan alat ini adalah lebih boros coating. Anda harus membuat larutan campuran sanding sealer atau stain yang lebih banyak. 

3. Pastikan Permukaan Lubang Kayu sudah Rata

Sebelum menyamakan warna kayu, Anda harus mengecek apakah permukaan yang ditambal sudah rata usai diampelas. Jika ternyata masih sedikit cekung, tambahkan dempul kayu sekali lagi. 

Tidak masalah jika Anda memberikan beberapa lapisan dempul selama permukaannya merata. Karena jika tidak hasil warna sudah pasti tidak akan sama karena permukaan tampak bergelombang. 

4. Gunakan Produk Biovarnish

Produk dempul kayu Biovarnish wood filler.

Salah satu kunci sukses menyamakan warna adalah menggunakan dempul yang bisa menyerap dengan baik coating di atasnya. Dalam hal ini Anda bisa mengandalkan rangkaian produk dari Biovarnish. 

Baik dari wood filler, sanding sealer dan wood stain, Biovarnish adalah pilihan terbaiknya. Selain warna yang beragam produk ini hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya. 

Kesalahan pemilihan produk dempul bisa berakibat fatal, karena beberapa jenisnya ada yang tidak mampu menyerap coating dengan baik. Hasilnya, tentu saja warna akan semakin belang walaupun Anda sudah menggunakan trik di atas. 

Oleh karena itu ikuti semua trik dan tips untuk menyamakan warna dempul kayu dengan stain ini. Tak lupa juga selalu gunakan produk Biovarnish.