Cara Dempul Kayu yang Baik dengan Serbuk supaya Hasil Rata dan Halus

Cacat kayu berupa lubang bisa diisi dengan serbuk kayu sebagai dempul. Penggunaan dempul kayu dari serbuk dapat mengisi lubang atau cacat pada furniture. Meski demikian, Anda juga bisa mengkombinasikan penggunaan dempul kayu dengan serbuk kayu agar hasilnya lebih maksimal.

Dempul kayu adalah bahan yang digunakan untuk mengisi cacat kayu atau lubang kayu. Cacat yang terjadi baik secara alami atau tidak dapat diperbaiki dengan dempul. Ketika dempul diaplikasikan maka hasilnya cacat kayu akan tertutup dengan sempurna.

Baca Juga : langkah langkah mendempul kayu yang benar agar halus

cara aplikasi dempul kayu

Hasil maksimal tentu tergantung dengan jenis dempul yang digunakan serta bagaimana Anda menggunakannya. Apakah Anda menggunakan dempul kayu dengan harga mahal? Apakah warna dari dempul kayu yang dipilih sudah sesuai dengan proyek yang akan diperbaiki?

Tentu saja Anda harus memilih warna dan mengetahui cara aplikasi yang tepat. Semakin Anda mahir mengaplikasikan dempul maka hasil finishing yang didapatkan akan menjadi lebih sempurna.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara aplikasi dempul kayu yang tepat dan apakah jenis dempul yang sebaiknya digunakan.

Baca Juga : cara menggunakan dempul kayu yang benar

Dempul Terbaik yang Harus Digunakan

Kecelakan pada saat mengolah kayu menjadi furniture seringkali hambatan untuk proses finishing. Apapun kerusakan yang telah dilakukan membuat kayu berpenampilan cacat dan harus diperbaiki.

Wood Filler Cepat Kering Dan Tidak Peeling

Memperbaikinya menggunakan dempul adalah langkah yang tepat jika Anda salah memilih dampul maka akan sulit untuk memperbaikinya kembali. Apalagi setelah kayu dilapisi dengan wood stain, bisa saja hasil finishingnya menimbulkan warna belang.

Tidak ingin kerusakan finishing terjadi maka pilihlah dempul kayu yang tepat. Apa saja ciri dempul kayu terbaik yang harus digunakan? Anda bisa mengikuti cirinya berikut ini:

Baca Juga : pakai dempul triplek kayu yang bagus untuk dapatkan hasil finishing rata

1. Tahan Air dan Panas

Dempul kayu yang sudah diaplikasikan harus dipastikan tahan lama. Ketahanan dari dempul kayu dapat dilihat dari kekuatannya dari cuaca panas dan hujan, Pastikan Anda memilih dempul kayu yang tahan panas dan air. Ketahanan ini dibutuhkan untuk dempul tidak mudah rusak apapun furniture yang diperbaiki.

2. Tidak Peeling

Apakah dempul kayu yang digunakan saat di amplas menimbulkan peeling? Peeling adalah suatu keadaan dimana saat di amplas dempul mulai mengelupas. Apakah dempul kayu yang selama ini Anda gunakan menimbulkan peeling? Jika iya segera ganti dengan dempul kayu yang lainnya.

Baca Juga : cara dempul pintu kayu untuk finishing pintu kayu hasil rata dan halus

3. Memiliki Adhesi yang Kuat

Apa yang membuat ketahanan dempul menjadi meningkat? Selain tahan panas dan air, dempul harus memiliki adhesi yang kuat. Ikatan antara dempul dan pori kayu harus terbentuk, Pilihlah dempul kayu yang memiliki adhesi kuat sehingga tidak mudah peeling bahkan retak setelah mengering.

Baca Juga : jual produk cat transparan untuk kayu dengan hasil transparansi yang baik

4. Terbuat dari Bahan Air

Terdapat dua jenis bahan dempul kayu yaitu dempul dari solvent dan dempul dari air. Dempul dari air lebih baik digunakan dibandingkan dempul kayu yang terbuat dari solvent. Hal ini berhubungan dengan kesehatan lingkungan. Apakah dempul yang digunakan cukup aman untuk lingkungan rumah?

cat water based vs solvent based

Dempul solvent tentu saja mengandung bahan organik yang berbahaya bagi lingkungan. Belum lagi jika proses aplikasinya ditambah dengan thinner. Dempul berbahan dasar air lebih mudah digunakan dan rendah kandungan organik.

Baca Juga : cara aplikasi finishing kayu dengan dempul kayu tahan air yang baik

Anda tidak perlu takut masalah lingkungan dan bisa lebih mudah mendapatkan hasil finishing yang tahan lama. Jadi pilihlah dempul yang terbuat dari bahan dasar air.

5. Memiliki Banyak Pilihan Warna

Dempul kayu yang baik biasanya memiliki beberapa pilihan warna. Warna ini akan mewakili berbagai macam warna dari kayu dan jika Anda tidak menemukan warna yang sama, Anda bisa memilih warna yang mirip.

Dilihat ciri dempul kayu yang terbaik, Anda bisa menggunakan dempul kayu Biovarnish. Produk Biovarnish adalah dempul kayu water based yang memiliki pilihan warna mendekati warna kayu.

Baca Juga : kriteria dempul kayu tahan air yang baik untuk finishing kayu

Ada empat warna dempul yang bisa Anda pilih yaitu warna jati, mahoni, sungkai dan ramin. Keempat warna tersebut sudah mewakili tingkatan warna dari berbagai jenis kayu. Dempul kayu Biovarnish lebih cepat kering dibandingkan dengan berbagai jenis dempul water based lainnya.

Cara Dempul Kayu yang Baik dengan Serbuk Kayu

Keunggulan utama dari dempul Biovarnish adalah high bonding antara dempul dengan pori kayu. Ikatan yang dibentuk akan menguatkan dempul sebagai cat dasar kayu. Ketika Anda akan menggunakannya pada furniture outdoor tidak perlu khawatir karena dempul bisa bertahan lebih lama. ‘

Dempul juga akan melekatkan lapisan cat di atasnya dengan baik. Anda bisa mengaplikasikan Sanding Sealer atau menggunakan Stain. Hasil finishing juga tidak akan belang selama Anda mengaplikasikannya dengan cara yang benar.

Cara Aplikasi Biovarnish Wood Filler :

dempul

  1. Dicampur dengan air, dempul dapat dicampur dengan air sehingga Anda bisa mengisi pori kayu dengan maksimal. Apapun jenis kayunya, dempul akan mengisi pori kayu sehingga tidak akan menimbulkan minyak kayu (khususnya pada kayu pinus)
  2. Langsung diaplikasikan, Anda bisa juga mengisi lubang kecil pada kayu dengan dempul secara langsung. Alat yang digunakan adalah pisau palet dan Anda bisa mengisi setelah permukaan media di amplas.
  3. Dicampur dengan serbuk kayu, Pada lubang dan cacat kayu yang cukup dalam maka Anda perlu menambahkan serbuk kayu yang halus. Fungsinya adalah membuat dempul menjadi lebih padat dan warna kayu akan sama.

Aplikasi Dempul Biovarnish dengan Serbuk Kayu

https://www.youtube.com/watch?v=7VDy-4Z6uD8

Proses aplikasi dempul kayu Biovarnish dengan serbuk kayu perlu dilakukan dengan hati-hati. Pemilihan serbuk kayu dan bagaimana cara aplikasinya akan menentukan apakah lubang terisi dengan penuh.

Cara Dempul Kayu yang Baik dengan Serbuk Kayu

Lebih mudah aplikasinya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Amplas seluruh permukaan kayu. Pastikan bagian cacat kayu tidak tertutup dengan kotoran dan minyak kayu.
  • Siapkan serbuk kayu yang benar-benar halus, Anda bisa mendapatkannya dari serbuk pengamplasan kayu yang sama kemudian disaring.
  • Buat campuran dempul kayu Biovarnish dengan serbuk kayu yang telah disaring. Buat campuran pada wadah lain hingga mendapatkan adonan yang cukup liat untuk mengisi cacat kayu.
  • Isilah cacar kayu dengan campuran dempul dan serbuk kayu. Tekan hingga benar-benar masuk ke dalam dasar lubang. Isi sampai berlebih kemudian hilangkan kelebihannya pada permukaan menggunakan pisau palet.
  • Tunggu dempul mengering, biasanya hanya membutuhkan waktu 20 menit.
  • Jika sudah kering, amplas permukaan kayu dengan amplas 240 hingga lubang tidak terlihat kembali. Jika muncul cekungan maka lapisi kembali dengan wood filler tanpa campuran serbuk kayu. Tunggu kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan.

Memilih Wood Filler Yang Sesuai Dengan Proyek Pekerja Kayu

Pada pengamplasan akhir aplikasi dempul Anda perlu menggunakan amplas alumunium oxide 240 grit. Pastikan Anda menggunakan jenis amplas dengan ukuran tepat karena akan sangat berpengaruh dengan hasil finishing.

Tips yang bisa Anda dilakukan pada saat aplikasi adalah jagalah kebersihan. Walaupun mengamplas dempul akan penuh dengan debu maka pastikan debu bersih sebelum aplikasi cat.

Ruangan harus bebas dari kotoran lainnya, Anda bisa menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi dan diperas untuk mengangkat debu halus yang masih menempel. Pastikan Anda juga memilih warna dari dempul kayu Biovarnish yang mirip dengan kayu untuk hasil yang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top