Kayu Berlubang Karena Rayap? Temukan Cara Mengatasinya Di Sini

Berbagai olahan kayu seperti furniture, kabinet bahkan pintu dan kusen sangat mudah berlubang terserang oleh rayap. Apalagi jika Anda tidak menggunakan jenis kayu yang keras. Hal ini memang lumrah, karena harga kayu dengan kekerasan yang tinggi harganya sangat mahal. Sehingga lebih banyak orang memilih kayu murah seperti mahoni, jati belanda bahkan kayu buatan seperti plywood. 

Sebenarnya tidak masalah asalkan perawatan yang dilakukan sudah benar. Perawatan yang dibutuhkan untuk berbagai macam jenis kayu tersebut dimulai dari pengecatan. Ada banyak lapisan yang dibutuhkan sebuah furniture kayu agar tidak berlubang dan terhindar dari rayap. Cat saja tidak cukup, seringkali pabrikan cat akan mengusulkan untuk menggunakan obat anti rayap juga. 

Pintu Berlubang Karena Rayap Segera Atasi Dengan Dempul Kayu Biovarnish 1

Apapun perlindungan yang diberikan, lapisan cat lama kelamaan akan habis juga termakan oleh waktu. Penggunaan pintu yang cukup sering membuat lapisannya mudah tergores bahkan mengelupas. Belum lagi pintu akan terkena panas, kelembaban dan cipratan air hujan. Permasalahan tersebut akan menciptakan kerusakan permanen dan mengundang rayap. 

Hasilnya adalah pintu mudah berlubang dan memiliki penampilan yang buruk. Kerusakan furniture kayu berlubang yang disebabkan oleh rayap tersebut dapat diperbaiki. Anda bisa menggunakan dempul kayu dan mengecatnya ulang. Itulah perawatan untuk pintu yang sudah terkena serangan rayap. Dempul yang disarankan untuk digunakan tidak lain adalah wood filler Biovarnish. 

Mengapa Menggunakan Biovarnish Wood Filler

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar dempul kayu, karena berbagai macam material membutuhkan peranan dempul sebelum pengecatan. Dempul untuk kayu sendiri sebenarnya ada dua macam. Pertama adalah dempul dengan warna putih atau abu-abu untuk finishing warna solid. kedua adalah dempul untuk hasil warna natural yang disebut sebagai wood filler

Pintu Berlubang Karena Rayap Segera Atasi Dengan Dempul Kayu Biovarnish 2a

Biovarnish wood filler, merupakan salah satu merk produk dempul yang sangat disarankan untuk perbaikan pintu yang telah dirayapi. Apa alasannya? Ada sederet alasan yang membuat Biovarnish patut untuk digunakan. 

Menutup Lubang Cacat Rayap dengan Sempurna

Alasan pertama Anda akan membutuhkan Biovarnish adalah kesempurnaannya dalam menutup lubang bekas rayap. Setelah diaplikasikan wood filler ini akan melekat dengan sangat kuat, mengisi pori kayu dan memperbaiki cacat. Keefektifannya terlihat dari penyusutannya yang tidak terlalu banyak setelah kering. 

Pintu Berlubang Karena Rayap Segera Atasi Dengan Dempul Kayu Biovarnish 3

Selain itu ketika di amplas dempul tidak peeling, yang artinya telah memadat dan melekat dengan sempurna. Ketahanan ini tidak hanya berlangsung satu atau dua bulan saja tetapi hingga beberapa tahun. Anda akan tetap memiliki tampilan pintu yang sempurna bebas cacat rayap. Biovarnish bisa bekerja sebagai dempul kayu tahan air, tahan panas, hingga tahan perubahan cuaca. 

Sifatnya yang Ramah Lingkungan karena Water Based

Wood filler water based kini semakin naik daun karena sudah banyak masyarakat yang sadar penggunaan bahan finishing yang aman. Nah Biovarnish wood filler merupakan salah satu jenis dempul berbahan dasar air, jadi Anda tidak perlu takut permasalahan akan lingkungan yang akan muncul setelah menggunakannya. 

Keamanan ini terbukti dengan dempul yang tidak mengeluarkan bau keras ketika digunakan. Anda juga tidak perlu takut akan bahan finishing yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Dempul tidak berpengaruh buruk bahkan aman digunakan juga pada furniture anak. 

Proses Aplikasi yang Sangat Mudah

Pengamplasan yang tidak peeling baru salah satu kemudahan proses aplikasinya. Kemudahan yang lainnya ditemukan dari cara mengaplikasikan dan berapa lama waktu keringnya. Untuk proses aplikasi mengisi lubang cacat pada pintu karena rayap, Anda bisa menggunakan scrape. Jika lubang berukuran cukup besar Anda tinggal mencampurkannya dengan serbuk kayu halus. 

Pintu Berlubang Karena Rayap Segera Atasi Dengan Dempul Kayu Biovarnish 4

Proses kering wood filler ini relatif sangat cepat. Setelah diaplikasikan Anda cukup menunggu kering selama 20 menit saja. Setelah itu bagian yang di dempul bisa di amplas hingga halus dan juga rata.

Beragam Warna Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Biovarnish wood filler menyediakan empat warna yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis kayu. Keempat warna ini adalah jati, mahoni, sungkai, dan ramin. Untungnya demi menyamakan warna dengan pintu ada dua cara yang bisa Anda tempuh agar hasil finishingnya tidak belang. 

Cara pertama adalah sebagai dempul kayu jati, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada pintu jati. Namun jika Anda memiliki pintu dengan warna lebih tua maka cukup campurkan dengan stain terlebih dahulu. Pastikan stain yang digunakan sama seperti yang akan diaplikasikan di atasnya. Cara kedua adalah mencampurkannya dengan serbuk kayu yang halus dengan warna pintu yang sama. 

Proses Aplikasi Mudah Biovarnish Wood Filler

Manfaat yang didapatkan dari Biovarnish wood filler akan Anda rasakan setelah menggunakannya. Kemudahan aplikasi yang dipilih salah satunya adalah langsung mengaplikasikan pada pintu yang berlubang. Namun ada cara tertentu agar dempul benar-benar melekat hingga bagian dasar lubang rayap. Pertama sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah pintu bahkan kusen Anda terserang oleh rayap. 

Pada kasus yang sudah parah, pintu akan terlihat tampilan keropos. Anda bahkan bisa melihat koloni rayap di dalamnya. Bersihkan semua keropos pada pintu terlebih dahulu. Namun apabila kerusakannya terlalu para misalnya ⅓ bagian pintu sudah keropos disarankan untuk mengganti yang baru. 

Pintu Berlubang Karena Rayap Segera Atasi Dengan Dempul Kayu Biovarnish 5

Kerusakan yang masih bisa ditangani oleh dempul seperti lubang dengan ukuran lebih dari 10 cm. Semua bagian yang terkena rayap harus benar-benar dibersihkan dari serbuk kayu dan rayap. Jika perlu oleskan obat anti rayap seperti BioCide Insecticide agar rayap tidak kembali lagi. 

Pintu yang sudah dipersiapkan bisa dilanjutkan dengan langkah-langkah mengaplikasikan dempul kayu Biovarnish berikut ini. 

Mencampurkan Dempul dengan Serbuk Kayu

Pertama adalah campurkan dempul dengan serbuk kayu yang warnanya mirip dengan pintu. Hal ini guna menghindari efek belang yang biasanya muncul. Proses pencampuran dilakukan hingga adonan berbentuk pasta yang tidak terlalu padat namun bisa diisikan ke dalam lubang pintu. 

Jenis serbuk sebaiknya yang sangat halus. Anda bisa menyaring terlebih dahulu serbuk sebelum menggunakannya. Jika sudah selesai sisihkan untuk siap diaplikasikan. 

Mengaplikasikan Adonan Dempul

Pasta wood filler yang sudah dicampur kini siap diaplikasikan. Anda perlu sekali lagi membersihkan pintu dari debu. Jika perlu amplas terlebih dahulu. Setelah itu gunakan pisau palet untuk mengaplikasikan dempul ke dalam lubang. Tekan kemudian ratakan. Ulangi langkah ini hingga lubang tertutup dan dempul menjadi padat. 

Ratakan permukaan kayu yang sudah ditambal dengan dempul kayu yang bagus ini. Barulah masuk ke dalam proses pengeringan. 

Pengeringan dan Pengamplasan

Langkah yang terakhir ini tidaklah sulit karena Anda cukup menunggu selama 20 menit kemudian mengamplasnya. Dempul yang sudah kering akan lebih mudah di amplas dan tidak mengelupas. Gunakan amplas aluminium oxide nomor 240 dan gunakan balok kayu sebagai bantalan. 

Arahkan amplas sesuai serat kayu dan bersihkan debu amplas sebelum masuk ke tahapan selanjutnya yaitu pengecatan. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.