11 Penyakit Akibat Bekerja Di Pertukangan Yang Harus Diwaspadai

Adanya berbagai jenis penyakit akibat bekerja di pertukangan memang bukan menjadi hal yang mengagetkan. Selain karena termasuk sebagai salah satu jenis pekerjaan yang berat, penggunaan berbagai bahan finishing yang erat kaitannya dengan pertukangan juga menjadi faktor pengaruhnya.

Pekerjaan di bidang pertukangan memang tidak bisa dihindari atau Anda yang memiliki hobi dengan perkayuan. Hasil dari pekerjaan perkayuan memang indah tetapi tahukan Anda pekerjaan ini terlihat menyenangkan bagi Anda kaum Adam tetapi juga disertai oleh efek negatifnya yaitu penyakit.

Pekerjaan pertukangan tidak hanya menguras kekuatan fisik tetapi juga membutuhkan pemikiran seperti ukuran yang harus tepat agar produk kayu yang dihasilkan presisi. Kedua inilah yang menjadikan sumber penyakit apabila Anda tidak memperhatikan keselamatan saat bekerja.

11 Penyakit Akibat Bekerja di Pertukangan yang Perlu Diketahui

Apa saja 11 penyakit akibat bekerja di pertukangan yang harus Anda ketahui? Berikut ini ulasanya:

penyakit bekerja pertukangan

1. Penyakit mata

diakibatkan oleh asap, ammonia dari cat, debu logam, asam, radiasi dan juga ultraviolet. Gejala yang akan dirasakan adalah mata kemerahan, berair, buta pengelas.

2. Sakit kepala

yang diakibatkan oleh suhu tinggi dalam ruangan kebisingan, karbon moniksida, larutan gas. Gejala yang diraskan adalah pusing.

3. Gangguan sistem saraf pada otak

diakibatkan dari tingginya hidrogen sulfide, kebisingan, timah, air raksa, larutan benzene, mangaan, dan DDT. Gejala yang ditumbulkan biasanya akan dirasa tegang, gelisah,sulit tidur, gemetar bahkan gangguan berbicara.

4. Sakit telinga

akibat bunyi dan getaran dari mesin pemotong kayu. Gejala yang akan langsung dirasakan adalah berngiang, kepekaan sementara bahkan tuli.

5. Penyakit hidung dan tenggorokan.

Ditimbulkan akibat amonia, soda api, serbuk kayu, damar, emisis, debu. Anda akan merasakan bersin, batuk, radang kerongkongan dan yang berbahaya hingga kanker hidung.

6. Menyerang paru-paru

penyakit ini ditimbulkan akibat dari debu kapas, ensim letergen, hydrogen sulfide, oxone, talkum, asbestos, debu batubara, silica, magnesium, nicle, oxide logam, emisi dapur kokas, mengelas, dll. Gejala dari penyakit paru-paru adalah emphyma, bengek, sesak nafas, batuk kering, kanker, gejala flu.

7. Sakit otot dan punggung

dengan gejala perih dan kaku. Penyakit ini ditimbulkan akibat terlalu banyak mengangkat dengan cara yang salah, membungkuk dan posisi tubuh tidak enak.

8. Penyakit hati

dengan gejala kurangnya nafsu makan, hepatitis, sakit kuning, kanker cirrhosis. Diakibatkan oleh larutan, karbon tetrachloride, gas anastetis dan cinyl chloride.

9. Penyakit pada ginjal dan kantong kemih.

Gejala yang dirasakan adalah perih dengan gangguan buang air kecil. Ini disebebkan oleh timah, cadmium, larutan arsenik, alkohol pewarna benzidine.

10. Mengganggu sistem reproduksi

diakibatkan oleh pestisida, timah, radiasi gas anestetis, xylene, benzene, dan DES. Gejala yang akan dirasakan adalah mandul, impoten, keguguran, kelainan kongenital.

11. Penyakit kulit

gejala yang dirasakan kulit kemerahan disertai gatal, bisul dan bisa menyebabkan kanker kulit. Penyakit ini diakibatkan oleh larutan, epoksi minyak, fiberglass, soda api, nickel, minyak mineral, arsenic, aspal, rat, radial, emisi dapur kokas.

Bebargai macam penyakit lengkap dengan penyebab dan gejalanya tersebut maka harus membuat Anda yang berprofesi sebagai tukang kayu maupun penghobi harus lebih waspada. Untuk mengurangi efek tersebut mungkin akan sulit terlebih lagi jika lingkungan kerja tidak baik atau tidak memiliki fasilitas kesehatan yang memadai.

Penanganan Penyakit Akibat Pengaruh Kerja

Jika Anda tidak bisa menghindari penyakit tersebut maka ada penanganan-penanganan khusus yang harus dilakukan. Apa saja penanganan khusus dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan dari kerja pertukangan tersebut? Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan baik sebelum dan sesudah Anda terkena gejala penyakit:

  • Melakukan cek kesehatan sebelum memulai awal pengerjaan.

Pengecekan ini dapat dilakukan pada pertama kali Anda akan bekerja dimaksudkan untuk mengecek kondisi apakah layak untuk mengerjakan proses pembuatan furniture atau produk olahan kayu dengan sehat. Jika dalam konteks industri hal ini dibutuhkan ini menilai kesiapan para pekerja di awal perekrutan.

  • Periksa kesehatan rutin.

Periksa kesehatan rutin ini dimaksudkan untuk mendeteksi berbagai macam penyakit sedini mungkin. Bagi Anda penghobi mungkin bisa melakukan pemerikasaan sebulan sekali. Sedangkan untuk para pekerja industri dapat memeriksakan pada layanan kesehetan yang disediakan oleh perusahaan tempat bekerja.

  • Memeriksakan kesehatan secara khusus.

Pemeriksaan ini dilakukan ketika Anda merasakan gejala-gejala dari 11 penyakit akibat bekerja di pertukangan di atas. Bahkan Anda bisa menemui dokter spesialis dimana Anda meraskan gejalanya.

Pencegahan Yang Wajib Dilakukan Dan Diingat Saat Bekerja di Pertukangan

Jika Anda akan mulai bekerja di bidang pertukangan atau bagi Anda yang akan menekuni hobi kayu harus memperhatikan keselamatan kerja. Apa saja yang harus diperhatikan?

penyakit bekerja pertukangan

√ Pengetahuan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja

Pengetahuan ini sangat dibutuhkan oleh para pekerja di bidang industri. Maka dalam perusahaan dibutuhkan insutruktur yang ahli dalam bidang keselamatan kerja yang runtun.

√ Alat pelindung diri

Dalam melindungi saat bekerja maka setiap orang harus menggunakan topi pengaman, masker, respirator, kacamata, sarung tangan, pakian kerja, sepatu.

√ Ventilasi

Ruang bekerja juga harus dibuat sehat. Dapur produksi wajib diberikan ventilasi agar perputaran udara terjadi dengan baik.

√ Ventilasi penyedotan

Ventilasi saja tidak cukup butuh alat ventilasi penyedot karena suhu udara di dalam ruangan pasti sangat panas. Berikan exhauts fan pada tampat tertentu untuk menghisap gas berbahaya keluar dan digantikan dengan udara yang bersih.

√ Penerangan yang kuat

Berikan penerangan yang kuat dan bisa berasal dari cahaya lampu. Ruangan yang gelap sangat tinggi resiko kecelakaan.

√ Peredam bunyi

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa bunyi dan getaran adalah salah satu penyebab dari penyakit telinga dan juga saraf. Ruangan sebaiknya diberikan peredam getaran seperti akustik atau karet. Kekuatan bunyi tidak boleh meleibhi batas normal yaitu 85 db.

√ Penggunaan bahan kimia water based

Bahan kimia sangat khas pada kerja pertukangan khususnya dalam finishing. Semua penyakit di atas ditimbulkan kebanyakan dari gas ammonia, larutan benxena, asap, dll. Penyebab tersebt dikeluarkan oleh cat kayu solvent dan juga thinner. Sebaiknya bahan cat yang digunakan adalah cat water based.

Mengganti Cat Solvent Dengan Cat Water Based

Pada point tujuh di atas, penggunaan bahan kimia yang baik dalam kerja pertukangan adalah cat water based. Hingga saat ini kebanyakan industri furniture masih banyak menggunakan cat solvent. Sedangkan pada kalangan penghobi kayu sudah banyak yang beralih pada cat water based. Perbedaan penggunaan bahan cat ini disebabkan oleh belum adanya kesadaran yang sama.

Cat Kayu Biovarnish

Para penghobi kayu yang mengutamakan keselamatan kerja dan juga menghindari berbagai macam penyakit bahkan polusi udara di lingkungan lebih memilih menggunakan cat water based. Sedangkan di pihak industri masih bertahan dengan cat sovlent karena menganggap bahwa cat solvent lebih murah.

Padahal jika melihat dari bahan pelarutnya, cat solvent lebih boros karena menggunakan thinner yang berbahaya, memiliki harga tidak murah serta mudah menguap sehingga penggunannya akan boros. Belum lagi untuk furniture yang akan memasuki tingkatan ekspor ke Eropa dan Amerika bahkan Jepang memiliki standar cat water based.

Cat water based dianggap aman di seluruh dunia karena tidak mengandung berbagai bahan kimia berbahaya seperti ammonia, timbal, merkuri, formalin, dan lain lain. Lalu apakah Anda pelaku industri furniture atau olahan kayu masih tetap bertahan dengan cat solvent? Mulailah beralih menggunakan cat water based yang memudahkan segi operasional, aman dan ramah lingkungan.

Selain memilih beralih menggunakan cat water based, pastikan cat water based yang Anda gunakan sudah sesuai dengan standar keamanan bahan kimia internasional. Sehingga benar-benar aman untuk digunakan dan tidak memebrikan pengaruh seperti berbagai penyakit meski Anda bekerja di pertukangan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih untuk menggunakan cat water based dari Bio Industries.

Mengenal Produk Cat Water Based Dari Bio Industries

Sebagai salah satu pioner produsen cat water based di Indonesia, Bio Industries mempunyai beberapa varian cat yang bisa digunkan untuk membantu pekerjaan Anda saat melakukan finishing kayu. Anda bisa melakukan finishing untuk hasil natural transparan, tampilan solid, maupun duco. Secara umum, ada tiga jenis cat yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk membantu Anda bekerja di pertukangan dengan lebih maksimal. Diantaranya adalah:

1. Biovarnish Series

Untuk membantu Anda mendapatkan hasil finishing kayu ataupun furniture dengan hasil natural, seri produk Biovarnish bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena seluruh produk Bio Industries merupakan water based, Anda hanya perlu menggunakan air bersih sebagai bahan pengencer cat ini.

Terdapat beberapa jenis cat yang perlu digunakan untuk melakukan finishing natural transparan. Dengan menggunakan Biovarnish, Anda tidak perlu repot karena bisa menggunakan seluruh varian produknya seperti Wood Filler, Wood Stain atau Liquid Stain, Sanding Sealer, Glaze, hingga Clear Coat.

2. Bioduco Series

Sementara untuk Anda yang menginginkan hasil finishing duco, Anda juga bisa menggunakan produk Bioduco. Anda bisa mendapatkan hasil finishing dengan tampilan duco yang merupakan cat solid dengan warna warna pastel yang menarik.

Gaya finishing Shabby Chick hingga rustic juga bisa Anda peroleh dengan menggunakan produk cat duco dari Bioduco. Ada varian produk yang lengkap juga untuk Anda yang ingin melakukan finishing menggunakan seluruh rangkaian produk cat duco.

3. Orchid Enamel Paint Series

Terakhir ada cat yang sangat fleksibel dan bisa Anda aplikasikan pada media kayu maupun besi. Yaitu cat kayu besi Orchid Enamel Paint. Terdapat berbagai warna dengan hasil finishing solid yang maksimal dengan menggunakan produk ini.

Produk Cat Orchid

Cara aplikasinya sama mudahnya dengan seri Biovarnish maupun Bioduco. Encerkan dengan air bersih lalu bisa diaplikasikan dengan kuas, spray, maupun roll.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan
Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04,

Desa Tegalwangi, Weru,

Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.