Fungsi Dempul dan Wood Filler pada Rotan dan Kayu sampai Cara Aplikasi

Apakah Anda pernah mendengar istilah dempul? Bagi Anda yang bekerja di pertukangan pasti sudah tidak asing lagi. Ada banyak sekali jenis dempul yang bisa digunakan berdasarkan dengan materialnya. Yaitu dempul kayu, dempul dinding atau langit-langit, dempul besi, dan berbagai macam dempul lainnya.

Tentu saja dengan banyaknya jenis dempul ini maka terdapat banyak sekali merk dari dempul yang beredar di pasaran. Lalu apa fungsi dempul itu sendiri?

Material kayu dan rotan di Indonesia adalah salah satu prouduk yang membutuhkan banyak dempul. Ini dikarenakan cacat tekstur dan juga cacat warna yang biasanya dimiliki oleh seluruh jenis bahan serat alam ini. Produk ini sangat banyak dimanfaatkan sebagai furnitur, home decor bahkan untuk konstruksi rumah. I

ni harus Anda manfaatkan sebaik mungkin karena potensi untuk produk serat alam Indonesia masuk dalam raanah ekspor sangat tinggi. Oleh karena itu Anda harus mengenali fungsi dempul pada serat alam untuk hasil finishing yang sempurna.

Ketika Anda akan melakukan finishing material kayu dan juga rotan Anda akan mendengar istilah wood filler. Ada yang mengartikan bahwa dempul kayu adalah wood filler dan ada pula yang tidak setuju.

Lalu apakah sebenarnya pengertian keduanya? Apakah sama atau tidak dan juga bagaimana dengan cara aplikasi keduanya? Nah ini yang perlu Anda pahami sebelum Anda melakukan finishing agar tidak salah produk untuk hasil yang diinginkan.

Mengenal Dempul Dan Wood Filler

Dalam dunia pertukangan dikenal dempul kayu dan juga wood filler. Dilihat dari fungsi keduanya sebenarnya tidak terlalu berbeda yaitu fungsi utamanya adalah untuk menutup cacta teksur pada obyek finishing baik itu kayu, rotan, bambu dan juga berbagai macam jenis material serat alam lainnya.

Jenis cacat yang biasanya didapati pada material kayu adalah lubang kayu yang diakibatkan pengikisan pohon yang terjadi karena serangga atau perubahan cuaca, kayu yang pecah apda saat penebangan atau pada saat pengolahan menjadi furntiur dan juga pori-pori kayu yang terlalu besar. Pori pada kayu ini wajib ditutup apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing close pore.

Jika pada kayu, cacat tekstur yang didapati biasanya terdapat pada retakan atau pori kayu beda halnya dengan rotan. Cacat tekstur yang terdapat pada rotan biasanya adalah pori yang terdapat pada serat ujung rotan atau pangkal rotan dan juga celah atau gap laminasi rotan, cacat goresan pada kulit rotan yang timbul akibat penebangan, penarikan dan pembersihan batang.

Ada juga cacat lubang gerek kecil yang diakibatkan dari serangga Ambrosia Beetle dan juga cacat mata pecah yang diakibatkan dari cacing rotan.

Setelah mengetahui asal mula dari cacat kayu dan rotan maka Anda bisa segera langsung memberikan tindakan apakah akan menggunakan dempul kayu atau wood filler. Sebelumnya apakah perbedaan dempul dan wood filler ini jika fungsinya sama-sama memperbaiki cacta tekstur yang berda pada kayu dan juga rotan?

Dempul memang berfungsi untuk mengisi cacat kayu dan rotan hanya saja jenis cacat rotan yang bisa diatasi adalah yang berukuran besar. Oleh karena itu bentuk dari dempuls endiri lebih kental.

Sedangkan untuk cacat yang ditutup oleh wood filler adalah jenis cacat lubang yang lebih kecil serta tidak terlalu dalam. Bisa juga digunakan untuk partikel yang lebih lembut. Tak heran permukaan kayu yang rata pun masih diaplikasikan oleh wood filler, karena memang hasilnya adalah menutup pori kayu yang halus. Melihat dari perbedaan di atas pasti sudah sangat jelas untuk Anda ingin memilih menggunakan produk yang mana.

Jika Anda ingin mengaplikasikan dempul kayu maupun wood filler maka Anda bisa mencermari cata aplikasi berikut ini:

  1. Aplikasi Dempul Pada Rotan Dan Kayu

Jenis cacat pada kayu yang membutuhkan dempul kayu ini berukuran besar sehingga Anda membutuhkan alat yang lebih kuat dan mampu mengisi cacat tekstur apda kayu dengan baik. Anda bisa menggunakan dempul kayu dengan pisau palet atau scrape yang lebih kuat dan juga mudah untuk diaplikasikan untuk menekan dempul untuk masuk. Tak hanya menggunakan pisau scrape, Anda juga bisa menggunakan scrape lebar untuk bidang kayu yang luas. Jika Anda ingin mengaplikasikan pada pangkal rotan gunakan pisau palet yang berukuran lebih kecil.

  1. Aplikasi Wood Filler Pada Rotan Dan Kayu

Aplikasi wood filler lebih mudah dan juga lebih fleksibel karena bentuknya yang lebih encer. Misalnya saja Anda menggunakan Biovarnish wood filler, ada banyak cara yang bisa digunakan. Jika Anda ingin mengaplikasikan pada bidang yang datara Anda bisa langsung mengaplikasikannya dengan pisau palet. Jika bidang yang melengkung atau bulat maka Anda bisa menggunakan kuas atau kain ball.

Caranya campurkan dengan sedikit air dan aduk hingga rata kemudian gunakan kuas dan kain ball untuk meratakannya. Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan spray untuk bidang berukir seperti ukiran kayu. Caranya juga sama campurkan dengan air sedikit kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata.

Tips:

  • Jika Anda menggunakan spray system pada bidang yang lebar dan datar seperti top table maka setelah penyemprotan lebih baik jika dibal dengan kain dengan cara diputar.
  • Jika Anda menggunakan kuas pada bidang yang sama yaitu lebar maka Anda lanjutkan juga dengan kain bal.
  • Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang paling bagus maka setelah penyemprotan wood filler bisa di scrape dengan pisau scrape yang lebar melawan arah serat.
  • Jika Anda ingin mengecek apakah wood filler telah menutup pori kayu dengan baik maka peraslah kain basah lalu oleskan pada permukaan filler yang telah diamplas. Jejak basah yang timbul akan memperlihatkan apabila filler sudah mengisi kayu. Hal yang sama bisa Anda lakukan pada aplikasi dempul.

Ciri Wood Filler dengan Kualitas yang Bagus

Fungsi Wood Filler

Mengetahui jenis dempul kayu atau wood filler yang berkualitas sangatlah penting sehingga Anda bisa mengetahui dan mebedakan manakah wood filler yang berkualitas dan manakah yang tidak. Ciri wood filler yang bagus dan berkualitas adalah sebagai berikut:

  • Efektif menutup pori-pori baik kayu maupun rotan.

Pada saat aplikasi, wood filler yang efektif dalam menutup pori kayu tidak akan ambles sehingga mampu mengisi pori kayu dan cacat kayu halus dengan baik.

  • Mudah diamplas

Ketika proses pengamplasan, wood filler akan memperlihatkan apakah wood filler boros atau tidak. Selain itu pengamplasan yang mudah juga akan menghemat waktu Anda.

  • Serbuk amplas halus

Pada saat proses aplikasi maka Anda bisa melihat apakah serbuk amplas yang dihasilkan halus atau tidak. Debu amplas halus akan Anda dihasilkan ketika Anda menggunakan Biovarnish Wood Filler. Ini akan memperlihatkan bahwa tidak ada filler yang tidak menempel dan Anda tidak akan boros dalam hal budget.

Ingin segera mendapatkan produk Biovarnish Wood Filler beserat pernis kayu? Anda bisa menghubungi ke Bio Service Poin Yogyakarta di alamat jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Anda juga bisa menghubungi ke nomor kantor 0274-388301 atau email ke [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU