Bikin Betul Permukaan Kayu Berlubang dengan Teknik Finishing Dowel

Kayu adalah material serat alam yang memiliki banyak cacat. Namun cacat tersebut bukanlah kelemahan justru bagi sebagian orang cacat pada kayu dianggap artistik dan lebih ditonjolkan. Beberapa orang sisanya menganggap cacat kayu tersebut justru memberikan dampak buruk yang akan mengganggu penampilan dari kayu yang akan diolah menjadi furniture.

Bikin Betul Permukaan Kayu Berlubang Dengan Cara Dowel

Namun dengan adanya cacat kayu banyak pengrajin yang akhirnya harus mencari akal untuk menutup cacat pada kayu tersebut. Hingga kini ada banyak sekali cara-cara yang akan didapatkan untuk digunakan. Namun cara-cara yang didapatkan memiliki hasil yang berbeda-beda.

Dalam artikel ini Anda bisa belajar bagaimana cara untuk mendapatkan hasil sempurna dengan teknik memperbaiki cacat kayu menggunakan dowel. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna maka Anda bisa menggunakan cara dowel.

Selain menggunakan dowel Anda juga harus menggunakan bahan finishing dasar yang sering disebut dengan wood filler atau dempul kayu. Dempul atau wood filler ini ada berbagai macam Anda harus bisa memilih manakah dempul kayu yang berkualitas dan mana yang tidak untuk mendapatkan hasil furniture yang halus dan juga rata.

Pelajaran Dowel Untuk Memperbaiki Lubang Pada Kayu

Pada beberapa artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai berbagai macam jenis cacat yang ada pada kayu. Memang benar ada beberapa macam jenis cacat kayu yang harus diketahui dan dipelajari agar Anda bisa mendapatkan cara yang tepat untuk mendapatkan permukaan kayu yang rata.

Di sini Anda akan mempelajari bagaimana memperbaiki lubang kayu yang berukuran dalam bisa lebih dari 10mm. Lubang atau cacat kayu yang dalam bisa muncul karena banyak sebab seperti karena kayu yang banyak dimakan oleh serangga seperti lebah pengebor, karena adanya bekas paku atau sekrup, karena retakan yang muncul karena salah dalam proses pengeringan.

Lubang atau cacat yang dapat diperbaiki dengan dowel adalah lubang kayu yang dalam. Sistem dowel adalah sistem perbaikan lubang kayu dengan manambal menggunakan potongan kayu yang telah dibentuk seukuran dengan lubang pada kayu.

Bikin Betul Permukaan Kayu Berlubang Dengan Cara Dowel

Membuat dowel sendiri membutuhkan ketelitian karena jika lubang cukup dalam namun memiliki diameter yang kecil maka Anda harus membuat ukuran dowel yang cukup sulit. Namun akan sangat mudah jika lubang berukuran dalam dengan diameter yang cukup luas.

Untuk membuat dowel ini Anda bisa menggunakan sisa potongan kayu dengan warna yang sama. Jika Anda menggunakan jenis kayu untuk dowel dengan warna yang berbeda maka hasilnya akan berbeda juga. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Pembentukan dowel bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, Anda bisa memotong kemudian kayu kemudian mengamplasnya hingga mendapatkan ukuran yang sesuai dengan lubang yang ada pada kayu.

Dowel adalah teknik untuk menambal kayu yang telah digunakan oleh pengrajin sejak zaman dahulu. Teknik ini banyak digunakan karena sangat efektif dan bisa memunculkan penampilan kayu yang halus tanpa merusak serat kayu.

Anda bisa menggunakan teknik ini pada berbagai macam kayu khususnya kayu yang sering mendapatkan cacat seperti jenis kayu lunak yaitu pinus, jati belanda, meranti dan lain sebagainya. Walaupun berlubang kini Anda akan mendapatkan furniture yang tampak halus dan juga rata menggunakan teknik dowel.

Penghalusan Permukaan Dengan Wood Filler Setelah Penggunaan Dowel

Penggunaan teknik dowel yang sudah terkenal ini adalah teknik yang akan menutup lubang cacat pada kayu. Namun untuk hasilnya pasti masih akan terdapat sisa lubang kecil yang membuat permukaan masih belum menjadi rata.

Bagaimana tidak Anda membuat dowel sendiri membutuhkan ketelitian karena ukurannya yang cukup kecil. Sehingga pembentukannya pasti akan ada bagian yang tidak rata dan ketika dimasukan ke dalam lubang cacat pada kayu akan membuat permukaan tidak rata.

Permukaan yang masih berlubang ini bisa Anda isi atau perbaiki lagi menggunakan wood filler sekaligus untuk memberikan hasil warna natural transparan. Anda akan mendapatkan warna natural transparan yang akan memperlihatkan serat kayu tanpa memperlihatkan cacat pada kayu yang telah diperbaiki dengan dowel.

Jadi wood filler di sini memiliki dua fungsi yaitu untuk proses penutupan pori kayu sehingga kelembaban yang diserap akan berkurang kemudian juga untuk memberikan permukaan pada kayu yang lebih rata dan juga halus lagi. Warna kayu akan tetap terlihat natural tanpa menutup serat kayu yang indah apalagi jika Anda akan memperbaiki warna dari kayu jati.

Bikin Betul Permukaan Kayu Berlubang Dengan Cara Dowel

Aplikasi wood filler pada lubang kayu yang telah diberikan dowel juga tidak sulit. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan pisau scrape atau yang juga dikenal dengan cape. Jika lubang kayu sisa dowel cukup besar maka Anda bisa mengisi cacat dengan wood filler menggunakan cape.

Cukup menekan menggunakan cape dan tunggu wood filler hingga megering. Tidak perlu ragu jika Anda memberikan dan permukaan menjadi tidak rata karena Anda akan melakukan proses pengamplasan ketika wood filler telah kering untuk mendapatkan hasil yang lebih halus dan rata.

Jika permukaan kayu yang sudah diperbaiki dengan dowel dan selesai dlapisi dengan wood filler maka persiapan kayu untuk masuk ke dalam proses finishing selanjutnya telah siap. Anda bisa langsung mengaplikasikan menggunakan cat.

Tips Menggunakan Teknik Dowel dalam Menutup Lubang

Bagi para pemula, teknik dowel dalam menutup lubang bisa termasuk kategori yang cukup sulit. Anda harus membuat potongan kayu yang ukurannya lebih kecil sedikit dibandingkan dengan lubang kayu. Selain itu juga harus mempersiapkan dowel yang warnanya mirip dengan kayu aslinya. 

Selain itu untuk menutup lubang dengan dowel agar sempurna dibutuhkan wood filler yang berkualitas dan mampu menutup pori kayu hingga rapat. Supaya teknik dowel yang dilakukan sempurna, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

  • Menambahkan serbuk kayu

Setelah dowel dimasukan ke dalam lubang kayu hingga rapat, biasanya perlu tambahan serbuk kayu sehingga permukaan kayu bisa lebih rata. Serbuk kayu ini juga harus digunakan untuk meratakan dan dicampur dengan wood filler. 

Caranya adalah siapkan serbuk kayu yang sudah halus dan pastikan warnanya sesuai dengan permukaan kayu lainnya. Kemudian campurkan sedikit serbuk dengan wood filler hingga berbentuk pasta yang lebih lembek, baru masukan ke dalam lubang sisa setelah dowel dimasukkan. 

  • Memilih warna wood filler

Jangan lupa untuk memilih warna dari Biovarnish wood filler. Anda tidak boleh memilih sembarangan karena akan mempengaruhi hasil finishing nantinya. Untuk Biovarnish wood filler, ada empat pilihan warna yang bisa digunakan yaitu jati, mahoni, ramin dan sungkai. 

Walaupun tidak semua kayu memiliki warna dari keempat wood filler yang tersedia, Anda bisa memilih warna yang sejenis. Karena nantinya wood filler akan dilapisi dengan warna wood stain. Jadi pemilihan warna ini tergantung warna kayu atau wood stain sesuai hasil akhir yang diinginkan. 

  • Mengamplas hingga halus

Permukaan kayu yang berlubang dan ditambal dengan dowel harus dipastikan hasil akhirnya benar-benar halus. Caranya adalah dengan menambahkan wood filler yang sudah dicampur serbuk kayu. Setelah itu, Anda bisa menunggu kering baru di amplas. Proses pengamplasan menjadi kunci untuk menghaluskan permukaan. 

Pertama adalah tunggu hingga wood filler benar-benar kering sekitar 20 menit. Baru setelah itu gunakan amplas alumunium oxide nomor 240 dan balutkan pada balok kayu. Tujuannya menambah tekanan dan membuat permukaan lebih merata.

  • Tambahkan wood filler saja di bagian akhir

Apabila permukaan lubang sudah tertutup maka Anda harus meratakan wood filler secara merata tanpa campuran serbuk kayu. Tujuannya supaya warna kayu dan bagian yang berlubang sama sehingga tidak menimbulkan perbedaan warna. Apalagi jika Anda berencana untuk menciptakan warna yang lain dari kayu aslinya. 

Cara mengaplikasikannya adalah dengan meratakan wood filler ke permukaan dengan scrape. Supaya mudah diaplikasikan, dibutuhkan pengecer air sedikit supaya wood filler cepat dan mudah meresap ke pori kayu. 

  • Menunggu kering sebelum mengamplas

Permukaan kayu yang sudah dilapisi dengan wood filler harus dipastikan kering sebelum akhirnya di amplas. Karena mengamplas wood filler yang masih basah hanya akan mengakibatkan lapisan filler rontok. Namun jika sudah kering coating akan mengeras dan mudah di amplas. 

Selain itu jika menggunakan Biovarnish wood filler, proses pengamplasan lebih mudah karena sangat empuk. Anda tidak membutuhkan tenaga berlebih untuk mengamplas secara manual. Filler mudah halus ketika Anda mengamplasnya dengan kertas amplas nomor 240. 

Inilah tips yang bisa Anda ikuti untuk memperbaiki lubang kayu besar dengan teknik dowel. Memang tidak mudah untuk menerapkan teknik ini dan perlu kesabaran karena ukuran kayu yang digunakan untuk mengisi lubang harus sesuai. 

Pilihan Wood Filler Yang Bagus Untuk Teknik Dowel

Mendukung hasil dari finsihing dowel maka Anda juga membutuhkan wood filler yang berkualitas. Kini di pasaran ada banyak sekali wood filler yang bisa Anda pilih dan gunakan. Namun belum tentu semua wood filler tersebut akan memberikan hasil yang halus dan juga rata.

Salah satu produk yang disarankan untuk digunakan kini adalah Biovarnish Wood Filler. Produk ini adalah wood filler water based yang bisa Anda gunakan kapan saja dan juga dimana saja tanpa tergantung dengan panas matahari untuk tingkat kekeringannya.

Membantu peranan dowel untuk memperbaiki cacat kayu, Biovarnish wood filler memberikan hasil yang sangat maksimal karena akan mengendap dan juga mengeras ke dalam pori-pori kayu. Anda tidak perlu khawatir dengan wood filler yang mudah mengelupas ketika diamplas sehingga terangkat dari pori-pori.

Di sini Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan juga menarik untuk digunakan karena wood filler Biovarnish memiliki berbagai pilihan warna yang bisa Anda gunakan sesuai dengan warna kayu yang Anda inginkan.

Biovarnish wood filler sangat mudah diaplikasikan dengan hasil warna transparan yang akan mempertajam serat kayu apapun. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain yang akan menjadi lapisan di atasnya dan lapisan terakhir yang akan memperkuat film yaitu Biovarnish Clear Coat.

Ketiga seri produk ini bisa Anda dapatkan melalui agen Biovarnish terdekat di kota Anda. Cara lain adalah dengan membelinya melalui website ini.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.