Teknik Finishing Kayu Jati Belanda Mudah Dengan Cat kayu Water Based

Dalam melakukan finishing Anda tidak perlu fungsi, ada dua jenis teknik finishing kayu jati belanda yang akan Anda temukan dalam artikel ini.

Apakah jenis kayu yang saat ini sedang booming? Di Indonesia ada banyak sekali jenis kayu, untuk jenis kayu yang saat ini sedang booming dan banyak dicari adalah jenis kayu jati belanda. Mengapa jenis kayu jati belanda sedang ngetrend? Dua hal yang sangat berpengaruh membuat kayu jati belanda sangat dicari dan disukai.

Yang pertama adalah kayu jati belanda memiliki harga beli yang sangat murah, bahkan untuk 20 batang pallet kayu jati belanda Anda bisa membeli hanya dengan harga 12 ribu saja. Sedangkan alasan yang kedua adalah jenis kayu belanda sangat mudah untuk dibentuk.

Sehingga Anda bisa berkreasi dan membuat berbagi jenis kayu jati belanda untuk kerajinan atau furniture. Belum lagi stok kayu jati belanda sangat banyak, kayu jati belanda adalah jenis kayu pinus dari luar negeri dan bukan kayu jati yang digunakan untuk membuat peti kemas. Jumlah peti kemas yang masuk dan dijual di Indonesia sangat banyak dan kebanyakan Anda akan menemukan dalam bentuk pallet.

Apakah cara finishing yang tepat untuk kayu jati belanda? Ada banyak cara dan banyak hasil yang bisa Anda berikan dalam finishing kayu jati belanda ini. Warna kayu jati belanda yang putih cerah dan kekuningan ini memudahkan Anda untuk berkreasi memberikan warna.

Bisa memberikan warna natural seperti warna jati, warna mahoni, warna sonokeling bahkan Anda bisa memberikan warna asli kayu jati belanda. Selain warna natural Anda bisa memberikan warna solid apabila tidak ingin mendapatkan warna sli kayu karena digunakan untuk furniture anak misalnya.

Jenis teknik finishing kayu jati belanda yang bisa Anda gunakan dalam finishingnya juga tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan jika Anda seorang hobi kayu bisa lebih berkerasi dalam hal finishing. Untuk cara finishingnya silahkan simak pada bagian selanjutnya.

Dua Jenis Teknik Finishing Kayu Jati Belanda yang Bisa Anda Lakukan

Dalam artikel ini akan diulas dua jenis teknik finishing kayu jati belanda yang sangat mudah yaitu memanfaatkan spray system dan brush system. Kedua cara ini adalah cara paling umum yang digunakan dalam dindustri rumahan maupun industri besar. Berikut ini ulasannya:

Furniture-jati-belanda
  1. Teknik Finishing Brush System

Jenis teknik finishing ini adalah yang paling banyak digunakan untuk usaha rumahan atau kebutuhan pribadi. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan sebagai berikut: kuas ukuran 3 dan 5 inci, gelas plastik, cat kayu water based Biovrnish, air bersih dengan PH ±7, pisau pallet, kertas amplas alumunium oxide no. 240 dan 400, kain lap bersih dan kering.

Cara aplikasi :

  • Siapkan media kayu yang akan difinishing dan sudah kering dengan MC 12%, bersih dari kotoran atau debu amplas. Pastikan media sudah diamplas sehingga pori-pori kayu terbuka dan cat bisa melapisi dengan baik.
  • Gunakan Biovarnish Wood Filler sebagai dempul kayu dan aplikasikan menggunakan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu. Tunggu media hingga kering sekitar 20-30 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas no. 240 hingga serat kayu terlihat dan permukaan kayu rata atau halus. Jangan lupa bersihkan juga sisa debu amplas.
  • Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga homogen. Lalu kuaskan dengan kuas ukuran 5 inci secara horizontal searah serat kayu pada bidang yang luas. Untuk bidang yang sempit seperti siku gunakan kuas dengan ukuran 3 inci dan lakukan secara vertikal. Tunggu kering sekitar 60 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400 secara ambang saja hingga permukaan halus. Anda bisa mengulangi aplikasi kembali hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  • Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga rata dan aplikasikan dengan kuas seperti Anda mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain. Tunggu kering sekitar satu malam maka substrat kayu sudah bisa digunakan.
  1. Teknik Finishing Spray System

Teknik ini akan lebih advance dibandingkan dengan brush system sehingga hasilnya pun pasti lebih baik karena didukung dengan alat. Lalu apa saja alat yang harus Anda siapkan : spray gun, pisau pallet, kertas amplas alumunium oxide no. 240 dan 400, gelas palastik, cat kayu Biovarnish, air bersih dengan PH ±7, kain lap bersih dan kering.

Cara aplikasi:

  • Persiapkan media kayu yang sudah diamplas sehingga pori-pori kayu terbuka. Pastikan juga media kayu kering dengan level MC 12%-15%. Bersihkan dari sisa debu amplas atau kotoran yang menempel.
  • Aplikasikan dempul kayu Biovarnish Wood Filler dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan searah serat kayu. Tunggu kering sekitar 20-30 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240. Amplaslah hingga serat kayu terlihat dan permukaan media menjadi halus.
  • Selanjutnya campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga homogen dalam gelas plastik. Masukan ke dalam spray gun dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara horizontal kemudian vertikal. Lakukan lapisan pertama dengan tipis saja agar cat benar-benar masuk ke dalam substrat kayu. Tungggu cat kering sekitar 60 menit saja kemudian amplas ambang dengan kertas amplas no. 400. Jika warna belum sesuai Anda bisa mengaplikasikannya kembali.
  • Langkah terakhir adalah lapisan top coat. Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray gun dengan cara yang sama seperti Biovarnish Woos Stain. Tunggu kering sekitar satu malam dan media kayu baru siap untuk digunakan.

Pemilihan Jenis Cat akan Mempengaruhi Hasil yang Terbaik

Dari kedua jenis teknik finishing kayu jati belanda Anda bisa memilih manakah yang paling tepat dan juga paling mudah untuk dijalankan. Jika Anda ingin apliaksi yang paling mudah maka Anda bisa memilih brush system. Harga kuas sangat murah bahkan Anda bisa mendapatkannya di setiap toko besi terdekat.

Jika Anda menggunakan produk Biovarnish maka dengan teknik brush system tidak akan ada brush mark. Formula yang diciptakan oleh Biovarnish ini adalah formula yang bisa diaplikasikan menggunakan brush system dan juag spray system. Media kayu akan memiliki tampilan halus dan juga rata.

Mewujudkan finishing sesuai jenis teknik finishing kayu jati belanda yang tadi dijelaskan hal yang paling penting adalah memilih jenis cat. Bahan finishing akan menentukan hasil yang maksimal. Tidak semua jenis bahan finishing dapat menggunakan kedua cara aplikasi tersebut.

Hanya produk Biovarnish yang mampu mendukung Anda dalam proses finishing brush system dan juga spray system. Untuk pembelian produk Biovarnish Anda bisa langsung saja datang ke alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Anda juga bisa melakukan pemesanan via online di nomor 082219357640.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com