Cara Tepat untuk Mengeluarkan Tampilan Serat Kayu Jati Belanda

Serat kayu jati belanda merupakan bagian yang harus dikeluarkan, agar mendapatkan hasil finishing yang maksimal. Simak cara tepat mengeluarkan serat kayu jati belanda disini.

Mengecat adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan sehingga banyak sekali orang yang menggunakan kegiatan ini sebagai hobi. Sebagai salah satu hobi yang masuk dalam katagori woodworking, para DIY berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil karya terbaik dan memuaskan.

Salah satu jenis kayu yang paling banyak digunakan dalam hobi ini adalah kayu jati belanda. Kayu yang sangat mudah ditemukan ini berharga murah sehingga tidak heran jika kayu ini banyak digunakan.

Dari segi kualitas kayu jati belanda sangat memuaskan bahkan dapat memberikan penampilan yang menarik. Namun bagaimana Anda bisa memunculkan serat kayu yang menarik dari kayu ini? Ada cara tertentu yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan menggunakan cat yang tepat.

Sama seperti finishing bakar, Anda bisa mendapatkan serat kayu jati belanda tampak menyala dengan warna kayu asli yang putih. Bagaimana caranya? Dalam artikel ini Anda bisa mendapatkan cara mudahnya.

Selain kayu jati belanda, material besi seringkali dijadikan salah satu kolaborasi yang menarik yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda merasa sulit untuk mengolah besi maka Anda bisa memesannya pada profesional khusus kemudian menggabungkannya pada kayu jati belanda yang telah Anda olah.

Tentu saja hasil akhir dari besi bisa Anda tentukan dengan mudah menggunakan cat. Jadi Anda dapat mengecat kayu jati belanda sekaligus mengecat bagian besi. Misalnya saja Anda akan menciptakan coffee table.

Pada bagian top table Anda bisa menggunakan kayu jati belanda sedangkan pada bagian kaki coffee table Anda bisa menggunakan besi. Cat enamel akan bekerja dengan baik pada furnitur yang Anda ciptakan.

Persiapan Pengecatan Kayu Dan Besi

Jika Anda akan mengecat kayu jati belanda dan juga besi maka Anda perlu melakukan persiapan. Apa saja persiapan yang perlu Anda lakukan dan dapatkan? Anda perlu menyiapkan material agar siap untuk difinishing.

Bagi Anda yang meremahkan persiapan dari proses finishing tentu saja akan menjadi sangat sulit. Karena persiapan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil finishing pada furnitur yang halus dan juga rata.

Ini Dia Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda

Persiapan pertama yang perlu dicermati adalah tingkat kering dari kayu dan juga besi. Kayu harus memiliki MC standar sedangkan untuk besi Anda harus memastikan kering dan tidak ada karat. Jika basah maka gunakan lap untuk menghilangkan.

Jika terdapat karat amplas hingga karat menghilang. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan pada kayu jati belanda. Gunakan amplas yang tepat untuk menghilangkan debu dan kotoran pada permukaan kayu.

Kayu juga akan memiliki permukaan yang halus sehingga cat dapat merekat dengan mudah ke dalam pori kayu. Pengamplasan pada kayu jati belanda bisa Anda mulai dari angka grit 180 hingga 220 dengan amplas aluminium oxide.

Bsama halnya dengan besi, Anda bisa menggunakan angka grit yang sama namun perhatikan jenis amplas yang digunakan. Anda bisa menggunakan amplas khusus besi.

Jika permukaan kayu dan besi sudah diamplas dan halus hilangkan debu sisa amplas.

Kini material yang akan Anda finishing sudah siap dan Anda bisa memulai mengecat dengan cat yang tepat.

Pengecatan Kayu Jati Belanda dan Besi

Kini Anda sudah siap dan untuk pengecatan kayu jati belanda Anda membutuhkan bantuan dari cat kayu Biovarnish. Produk ini akan memberikan ketajaman dan memunculkan serat dari kayu. Gunakan Biovarnish wood filler ramin untuk mengisi pori kayu jati belanda.

Sedangkan untuk warna dan memunculkan serat kayu gunakan Biovarnish wood stain walnut brown. Terakhir sebagai lapisan pelindung Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat. Untuk pemilihan clear coat Anda bisa memilih menggunakan gloss atau matte sesuai dengan kebutuhan.

Bahan cat besi yang Anda butuhkan adalah cat enamel Orchid. Cat enamel water based yang bisa Anda aplikasikan dalam ruangan dan mengering dalam waktu yang cepat. Pilih warna yang Anda butuhkan.

Jika Anda membutuhkan sebagai kaki meja maka warna hitam akan menjadi pilihan yang mudah. Warna hitam akan membuat meja menjadi tampil lebih elegan.

Ini Dia Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda

Alat yang bisa Anda gunakan adalah kuas sponge, amplas 400 dan 240, terakhir adalah gelas plastik dan bahan pelarut air.

Berikut ini langkah-langkah finishing kayu jati belanda dengan Biovarnish :

  1. Aplikasikan Biovarnish wood filler ramin yang telah dicampur sedikit air kemudian aduk. Tekankan wood filler menggunakan kain katun bersih dan kering. Putar searah jarum jam agar wood filler benar-benar masuk. Gunakan waktu Anda untuk mengunggu cat mengering hingga benar lalu amplas dengan amplas 240. Seusai pengamplasan pastikan Anda mendapatkan tampilan dari serat kayu.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood stain walnut brown yang telah dicampur dengan air. Gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air dan kuaskan secara menyeluruh ke permukaan kayu. Selalu aplikasikan searah serat kayu. Tunggu cat mengering dan amplas ambang dengan amplas 400.
  3. Terkahir aplikasikan Biovarnish clear coat yang juga telah dicampur dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata dan aplikasikan dengan cara yang sama. Tunggu cat mengering 24 jam. Anda bisa melapisi kembali hingga dua lapis sesuai kebutuha clear coat.

Kini Anda sudah mendapatkan kayu jati belanda yang memiliki tampilan serat tajam. Tentu saja hasil finishing maskimal juga perlu Anda perhatikan ketika mendiamkan furnitur selama semalaman. Pastikan ruangan bersih dan berventilasi baik.

Setelah selesai mengaplikasikan cat pada kayu jati belanda, sambil menunggu kering Anda bisa beralih mengecat bagian besi.

Gunakan cat kayu besi Orchid dengan warna pilihan Anda dengan langkah berikut :

  1. Enceran terlabih dahulu cat enamel Orchid dengan air. Gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air. Kandungan air lebih sedikit sehingga warna akan lebih tajam dan menutup area besi.
  2. Aplikasikan dengan menggunakan kuas dalam satu arah. Pastikan Anda menggunakan arah yang sama setiap satu sapuan. Pastikan tidak membolak-balik sapuan kuas.
  3. Tunggu cat mengering hingga sekitar 60 menit kemudian mulai amplas dengan kertas amplas 400. Kali ini Anda bisa mengamplas dengan kertas aluminium oxide karena hanya akan memperhalus lapisan cat.
  4. Setelah bersih dan halus Anda bisa mengaplikasikan cat enamel. Lakukan langkah yang sama dan tunggu kering. Lakukan aplikasi hingga 3 kali lapisan. Cat enamel yang berlapis akan memberikan warna tajam dan perlindungan anti karat pada besi.
  5. Setelah selesai dengan aplikasi Anda bisa mendiamkan furnitur selama 24 jam baru dapat digunakan.

Kunci keberhasilan Anda dalam finishing menggunakan cat water based adalah tidak menjemur pada panas matahari langsung. Lakukan pendiaman dalam ruangan yang memiliki ventilasi baik. Cat water based tidak akan berhasil karena panas matahari hanya akan mempercepat penguapan yang tidak berakibat baik pada cat.

Pastikan Anda melakukan tips tersebut agar mendapatkan hasil kering sempurna dan tahan lama.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.