Cat Kayu Interior Biovarnish Menampilkan Beragam Jenis Serat Kayu

Kegiatan finishing pada seluruh material baik itu kayu maupun besi sangatlah penting. Kegiatan finishing tidak boleh dilewatkan karena akan memberikan perlindungan dan juga tampilan pada material yang telah dibentuk baik itu furniture maupun dibentuk sebagai rangka rumah.

Jika Anda ingin melakukan finishing untuk furniture di dalam ruangan seperti tempat tidur, meja makan, atau furniture indoor lainnya maka harus menggunakan cat kayu interior. Material kayu sendiri banyak dipilih dan digunakan karena mengandung banyak unsur yang dibutuhkan oleh manusia.

subsidi ongkir

Kayu adalah material yang mampu menyerap karbon dalam udara dimana karbon tersebut tidak dibutuhkan dalam tubuh manusia. Jika setiap ruangan terdapat furniture kayu maka  karbon di dalam udara atau ruangan juga akan berkuran dan udara menjadi lebih bersih.

Selain masalah kesehatan kayu juga akan memberikan tampilan yang menarik dan juga hangat. Material kayu juga lebih aman digunakan dibandingkan dengan besi maupun kaca.

Untuk proses pembuatan, kayu lebih mudah baik dipotong maupun diolah menjadi furniture. Material kayu lebih banyak ditemukan, memiliki harga yang bervariasi dan proses finishingnya cenderung mudah. Anda bisa mendapatkan hasil warna yang menutup kayu maupun memperlihatkan serat kayu.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna yang berbeda maka Anda bisa melapisinya dengan cat duco kayu yaitu cat BioColours. Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan warna kayu natural maka Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish.

 Mengenal Berbagai Macam Jenis Serat Kayu

Sebelum Anda masuk ke tahapan pengecatan Anda harus memutuskan terlebih dahulu hasil finishing manakah yang Anda inginkan. Ada alasan tertentu biasanya yang menjadi pertimbangan manakah hasil finishing yang Anda pilih. Pertama adalah karena jenis kayu yang digunakan.

Apabila kayu yang digunakan tidak memiliki serat menarik maka biasanya dipilih hasil finishing dengan cat duco. Sebaliknya jika kayu yang digunakan adalah kayu yang mahal dan juga memiliki serat kayu yang menarik maka tentu saja Anda akan lebih memilih hasil finishing warna natural.

Jenis-jenis-serat-kayu

Seperti apakah serat yang menarik ini? Maka perlu dipelajari berbagai macam jenis serat kayu. berikut ini serat kayu menarik yang membuat Anda harus melakukan finishing warna natural.

  1. Staright grain

Serat kayu lurus pada bagian kayu ini sangat sering ditemukan. Bentuknya tentu saja lurus mengikuti bentuk dari kayu yaitu lurus dan panjang.

  1. Irregular grain

Serat kayu seperti bergelombang tetapi memiliki mata kayu kecil di sela-selanya.

  1. Diagonal grain

Berlawanan dengan straight grain, serat kau yang diagonal dengan kesan cenderung melengkung.

  1. Spiral grain

Beberapa pohon bisa saja tumbuh dengan bengkok. Pertumbuhan pohon yang benkok ini juga akan diikuti oleh seratnya. Serat kayu bengkok akan  menuju pada arah yang berlawan ketika dipotong.

  1. Interlocked grain

Serat ini sangat jarang ditemui karena biasanya muncul pada pohon yang pertumbuhannya sering tidak searah. Maka serat yang ditimbulkan pun tidak beraturan.

  1. Wavy grain

Serat kayu ini bergelombang karena perubahan pertumbuhan kayu yang cepat berubah.

Untuk mengetahui perbedaan serat kayu Anda tidak perlu menjadi seorang profesional di bidang kayu. Yang Anda perlukan hanya mengamati perbedaan serat kayu saja. Seacra harafiah, serat kayu adalah sel kayu dan sangat berbeda dengan yang Anda lihat bentuknya secara langsung pada permukaan kayu.

Jadi serat kayu adalah kumpulan dari banyaknya sel kayu sehingga membentuk suatu serat. Nah ada dua kemungkinan yang bisa Anda simpulkan dari serat kayu. Serat bisa menjadi keberuntungan atau sebaliknya yaitu bencana. Serat kayu yang lurus jika digunakan pad konstruksi rumah tidak memiliki kekuatan yang baik.

Sedangkan untuk papan kayu yang tidak memiliki serat lurus dibutuhkan perawatan yang ekstra.

Menggunakan Cat Kayu Biovarnish untuk Finishing Natural

Anda mungkin sudah mengenal jenis-jenis serat kayu, lalu apakah Anda akan meakukan finishing dengan warna natural? Serat kayu seperti kayu jati termasuk salah satu jenis serat irregular grain. Bentuknya yang begelombang ini akan sangat menarik apabila Anda menggunakan jenis finishing natural.

Furniture interior membutuhkan perlindungan yang tidak jauh berbeda dengan furniture outdoor. Furniture indoor juga membutuhkan perlindungan dari bahan anti jamur dan anti rayap. Walaupun tidak bersinggungan langsung dengan panas matahari maupun hujan, furniture akan cepat ditumbuhi jamur ketika ruangan berubah menjadi lebih lembab dan juga didekati oleh banyak rayap.

Di sini Anda harus menggunakan cat kayu Biovarnish yang dikenal sebagai merk cat kayu anti rayap dan jamur. Cara menggunakannya pun sangat mudah sekali Anda cukup menyediakan air, amplas dan juga kuas. Hasil finishing ini akan memperlihatkan serat kayu secara natural dan transparansi yang sangat tinggi. Tidak ada efek yellowing karena tidak ada kandungan formalin di dalamnya.

Untuk mendapatkan hasil finishing close pore (pori tertutup) maka Anda wajib menggunakan  dempul kayu. Di sini Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler dengan pilihan warna sesuai dengan jenis kayu. Jika Anda menggunakan kayu berwarna kemerahan Anda bisa menggunakan warna mahoni, sedangkan untuk warna coklat Anda bisa menggunakan warna jati, warna ramin untuk hasil wara kayu putih dan warna kekuningan dengan warna sungkai.

Jika aplikasi dempul sudah selesai Anda bisa mulai mengecat dengan Biovarnish Wood Stain. Terdapat pilihan 20 warna wood stain yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Pemilihan warna juga biasanya disesuaikan dengan warna kayu aslinya, misalnya Anda memilih menggunakan kayu jati maka Anda bisa mengaplikasikan warna seperti gardena teak, dark teak, red teak.

Lapisan terakhir yang dibutuhkan adalah Biovarnish Clear Coat. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Biovarnish Wood Stain. Proses kering sempurna dibutuhkan waktu semalaman. Ada dua jenis tampilan yang bisa Anda dapatkan yaitu gloss dan doft. Hasil finishing menggunakan ketika produk akan menciptakan lapisan film yang kuat dan keras, bahkan sifat lentur juga didapatkan. Material kayu sangat mudah beradaptasi pada cuaca sehingga terjadi pula perubahan bentuk.

Terjadinya perubahan bentuk ini tentu saja harus diikuti juga dengan lapisan coating yang lentur. Lapisan coating Biovarnish akan mengikuti perubahan bentuk dari kayu sehingga tidak akan terjadi perubahan bentuk baik itu memuai maupun mengecil.

Produk cat kayu Biovarnish bisa Anda dapatkan melalui agen kami di Jepara dengan alamat Jalan Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan Jepara Jawa Tengah. Anda juga bisa langsung menghubungi agen di nomor 0291-598992 atau email langsunga ke [email protected].

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.