Apa Itu Cat Water Based Biovarnish, Varian dan Beragam Keunggulannya

Sudahkah anda mengenal cat kayu water based dari biovarnish? Mari simak artikel berikut ini untuk ulasan lebih lanjut mengenai produk biovarnish!

Cat terbagi menjadi dua jenis menurut bahan yang digunakan, yaitu solvent based yang berbahan dasar minyak dan water based yang berbahan dasar air. saat ini, jenis cat yang banyak digunakan adalah cat water based. Selain lebih hemat karena hanya perlu menggunakan air sebagai pelarutnya, cat ini juga lebih aman digunakan bagi kesehatan.

Tips Dan Teknik Mengecat Kayu Dengan Cat Solid Menggunakan Kuas - cara menguas kayu

Salah satu cat water based asli Indonesia yang berkualitas adalah cat water based biovarnish. Cat ini sangat direkomendasikan untuk digunakan karena lebih aman, mudah, dan hemat. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai cat water based dari biovarnish, simak lebih lanjut ulasannya disini!

Baca Juga : kamu harus tahu apa itu perbedaan base coat dan primer coat dalam cat kayu

Mengenal Cat Kayu Biovarnish

https://www.youtube.com/watch?v=N_JsDiFy9lw

Cat water based biovarnish adalah cat berbasis air yang dapat diaplikasikan dengan mudah, cepat, dan hemat. Selain karena dapat diaplikasikan dengan menggunakan air bersih sebagai bahan pelarutnya sehingga lebih mudah dan hemat, cat ini juga sangat cepat kering. Anda tidak perlu mengeringkannya dibawah sinar matahari langsung, cukup diangin anginkan saja cat ini akan cepat kering.

Baca Juga : yuk kenali apa itu finishing kayu glossy dan matte pada furnitur kayu

Biovarnish wood stain

Diformulasikan mengikuti standar regulasi kimia internasional dari ECHA dan US EPA membuat bahan ini terbukti aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Produk cat kayu Biovarnish berfungsi menggantikan pernis atau plitur sovelnt. Oleh karena itu, cat ini memiliki tingkat transparansi sangat bagus dan ditunjang oleh cara aplikasi yang mudah yaitu hanya dengan kuas saja.

Baca Juga : apa itu clear coat dan clear gloss dan apa perbedaan dari keduannya

Tersedia dalam varian produk yang lengkap, membuat produk ini dapat anda gunakan untuk seluruh tahapan finishing yang akan anda lakukan. Ditambah lagi dengan varian warna yang lengkap yang semakin memudahkan anda melakukan finishing dengan warna yang beragam. Transparansi yang tinggi dari biovarnish juga membuat hasil finishingnya lebih natural.

3 Varian Cat Kayu Biovarnish Warna Natural

Jika anda ingin mendapatkan finishing dengan warna natural, berikut ini 3 varian produk biovarnish yang dapat anda gunakan:

Baca Juga : tips memilih cat untuk lemari kayu jati dengan varian warna yang bagus

1. Biovarnish Wood Filler

Biovarnish wood filler

Berfungsi sebagai dempul kayu yang akan menutup cacat kayu serta mengisi pori-pori kayu. Biovarnish Wood Filler sangat mudah diaplikasikan, anda dapat mengaplikasikannya dengan pisau pallet. Tunggu hingga mengering lalu amplas dengan menggunakan kertas amplas no 240. Bersihkan debu sisa pengamplasan untuk melanjutkan ke tahap aplikasi selanjutnya.

2. Biovarnish Liquid Stain

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

Sebagai pewarna kayu water based, biovarnish liquid stain memiliki 20 warna yang bisa Anda pilih dan bisa langsung mengunjungi katalog warna dalam website ini. Cara aplikasi wood stain liquid ini sangat mudah yaitu dengan mencampurkan dengan air bersih perbandingan 2 bahan : 1 air . Aduk hingga homogen lalu aplikasikan dengan kuas searah serat kayu. Anda juga bisa mengaplikasikannya menggunakan spray gun. Jika sudah, tunggu mengering sekitar 30 menit lalu amplas ambang dengan amplas 400.

Baca Juga : apa itu finishing kayu natural rekomendasi ide warna yang dihasilkan

3. Biovarnish Clear Coat

Pernis Kayu Jati Belanda

Terakhir, anda membutuhkan biovarnish clear coat yang tersedia dalam dua tampilan yaitu gloss dan doff. Jika Anda ingin mendapatkan warna natural gunakan pernis doff sedangkan jika ingin tampilan agak mewah gunakan gloss. Cara aplikasinya juga sama dengan biovarnish liquid stain.

Baca Juga : apa itu cat kayu warna mahoni keunggulan dan fungsi utamanya

Anda dapat menggunakan ketiga varian produk ini untuk mendapatkan finishing dengan lapisan film yang kuat. Dengan lapisan film yang kuat produk ini dapat tahan dari segala gangguan seperti cuaca, rayap, jamur, goresan dan masih banyak lagi.

Keunggulan Produk Finishing Biovarnish

Berikut ini beberapa keunggulan cat water based Biovarnish :

a. Aplikasi mudah

Selain hanya membutuhkan air bersih sebagai pelarutnya, cat water based biovarnish juga mudah diaplikasikan. Anda dapat menggunakan kuas maupun spray gun. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

3 Macam Penggunaan Beberapa Jenis Cat Kayu agar Mengkilap

b. Pilihan warna lengkap dengan transparansi tinggi

Bila Anda mencari bahan finishing dengan pilihan warna lengkap Anda akan mendapatkannya dalam Biovarnish karena tersedia 20 macam pilihan warna. Tingkat transparansinya juga tinggi, selain itu cat ini tidak menimbulkan efek menguning seperti cat solvent karena tidak mengandung formaldehide.

c. Lebih hemat karena berpelarut air

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pelarut seperti thinner. Cukup menggunakan air bersih yang tersedia di rumah, anda sudah dapat melakukan pengenceran dan finishingpun akan mudah dilakukan.

d. Tahan cuaca

Biovarnish memiliki lapisan yang kuat sehingga tahan cuaca, baik terhadap pengaruh sinar matahari maupun pada hujan. Hal ini membuat cat water based biovarnish dapat digunakan untuk furniture outdoor maupun indoor.

e. Cepat kering

Selain hemat budget, Anda juga akan hemat waktu. Kecepatan kering Biovarnish adalah 60 menit dibandingkan dengan cat lain yang membutuhkan waktu kering 2 jam. Finishing menjadi lebih cepat menggunakan Biovarnish.

f. No brush marking

Apakah Anda sering menemukan brush mark ketika cat sudah kering? Anda tidak akan menemukannya pada Biovarnish. Tampilan tanpa brush marking akan meningkatkan nilai estetika pada furniture.

g. Aman dan Ramah lingkungan

Tidak semua jenis cat pernis biovarnish aman dan ramah lingkungan. Biovarnish telah memenuhi standar regulasi ECHA dan US EPA. Sehingga tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya seperti formalin, timbal dan merkuri. Anda tidak perlu takut lagi penggunaan cat di dalam ruangan anak.

Material Yang Perlu Dilapisi Biovarnish

Setelah Anda mengenal produk cat, produk yang direkomendasikan, cara menggunakan dan keunggulannya sebanarnya apakah material yang bsia diaplikasikan? Dan material apa sajakah yang bisa Anda lapisi dengan Biovarnish? Anda bisa menyimaknya berikut ini:

1.  Kayu Solid

https://www.youtube.com/watch?v=xoXt9wGHfFQ

Berbagai macam jenis kayu solid atau kayu utuh untuk konstruksi rumah, furniture, mainan anak membutuhkan finishing dengan Biovarnish. Seperti pendopo yang khas dengan usuk kayu membutuhkan pengecatan menggunakan Biovarnish agar tampak lebih indah dan terlindungi.

teknik finishing kayu

2. Kayu Buatan

Demi melestarikan kayu maka manusia menciptakan kayu buatan seperti plywood, particle board, MDF, HDF, barecore, dll. Material ini bisanya memiliki serat kayu yang bagus karena menggunakan veneer. Nah inilah  bagian yang harus Anda tampilkan dengan Biovarnish.

3. Bambu

Penggunaan bambu sebagai home decor saat ini sangat bervariasi. Tetapi bambu juga membutuhkan perlindungan dan tampilan dari pernis atau cat kayu. Biovarnish menjadi produk finishing yang tepat untuk melapisinya.

4. Rotan

Kerajinan rotan di Indonesia selalu meningkat terutama di pasaran luar negeri. Rotan juga membutuhkan lapisan finishing dari Biovarnish agar tampak mengkilap dan tahan lama.

Dimana Membeli Produk Biovarnish

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

 

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top