Tips Memilih Top Coat Kayu Matte atau Glossy

Semua tahapan finishing yang menggunakan lapisan coating harus melewati proses aplikasi top coat. Lapisan terakhir ini digunakan pada finishing natural dan juga warna solid. 

Berbeda dengan stain atau sanding sealer, lapisan teratas ini memiliki sheen level atau tingkat glossy berbeda-beda. Namun ada dua jenis tingkat kilap yang sering diperdebatkan untuk dipilih yaitu gloss dan matte. 

Anda mungkin akan bingung dengan dua tampilan ini saat hendak finishing lantai atau furnitur. Supaya tidak salah dalam pemilihannya Anda harus tahu apa itu top coat dan sheen level yang dalam finishing. 

Tujuannya agar nantinya ketika diaplikasikan Anda akan puas dengan hasilnya, karena proses ini jga mempengaruhi ketahanan dari kayu. 

Apa itu Top Coat dan Sheen Level

Secara umum pengertian top coat adalah lapisan akhir dari pengecatan atau pernis pada sebuah permukaan. Bentuk dari top coat sendiri adalah varnish kayu, atau bisa juga cat tergantung dengan finishing yang digunakan. 

Setiap top coat memiliki sheen level atau tingkat kilapnya masing-masing. Sebuah produk bisa saja mengeluarkan satu tingkatan kilap atau bisa lebih. Untuk produk plitur seperti shellac yang hanya punya tingkat kilap tinggi atau gloss. 

Ada juga produk yang memiliki tingkat menengah ke bawah seperti satin, eggshell, gloss, death matte, doff dan juga matte. Namun di antara semua itu ada dua jenis sheen level yang saling bertolak belakang yaitu matte dan juga gloss.

Keduanya adalah yang paling sering ditemukan dalam produk top coating. Secara presentasi baik gloss dan matte atau flat sendiri memiliki sheen level berbeda. 

Untuk gloss, tingkat refleksi yang didapatkan adalah 70 sampai 90 persen, sedangkan untuk finishing matte tingkat refleksinya adalah kurang dari 10 persen. Dengan begitu Anda kini tak akan bingung lagi manakah yang disebut coating gloss dan juga matte. 

Tips untuk Memilih Gloss dan Matte Top Coat

Pada saat Anda harus memilih manakah coating yang tepat untuk digunakan berdasarkan tingkat kilap ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Banyak faktor yang mempengaruhinya. 

Supaya Anda tidak kebingungan lagi dalam memilih, beberapa tips berikut ini bisa jadi panduan mudahnya. 

Apakah Kayu akan Sering Digunakan

Anda perlu menggunakan cat clear untuk kayu yang gloss dalam ruangan yang sering digunakan. Misalnya saja untuk lantai yang membutuhkn perawatan rutin karena dibersihkan atau mebel yang sering digunakan dan digeser, disarankan untuk memilih finishing gloss.   

Finishing gloss akan menciptakan permukaan yang lebih kuat dan paling tahan terhadap goresan.

Apakah kayu membutuhkan tampilan yang mendalam

Maksud dari tampilan mendalam adalah efek 3D muncul setelah proses aplikasi. Anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan cat coating kayu gloss. Karena dengan finishing ini bisa mendapat tampilan cukup dalam dengan kesan 3D dan arsitektural pada kayu. 

Apakah kayu diekspos cahaya alami

Anda juga perlu memperhatikan apakah kayu sering terkena cahaya alami baik di dalam dan luar ruangan. Ketika Anda memberikan kayu lapisan gloss justru akan memperburuk tampilannya karena kesan mirror like yang terlalu tinggi. 

Berbeda jika Anda justru memberikan lapisan cat matte pada kayu yang akan memberikan kesan alaminya. Misalnya saja Anda akan mengecat kursi taman di rumah maka berikan coating kayu outdoor dengan tampilan matte. 

Apakah terlalu banyak cacat pada kayu

Pada saat Anda berencana untuk mengecat dengan teknik open pore, maka ada banyak ketidaksempurnaan dari kayu yang terlihat. Daripada menggunakan top coat gloss, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan coating mate. 

Cat dengan tingkat kilap yang rendah justru bagus untuk mengurangi kesan kurang sempurna pada permukaan kayu. Contohnya, pada kursi kayu akar jati, ada begitu banyak lubang kayu dan cacat lainnya. Dengan finishing matte tampilannya akan menjadi lebih indah. 

Produk Kayu yang Perlu Menggunakan Top Coat Matte

Cat top coat adalah lapisan terakhir yang wajib diaplikasikan. Jika Anda hanya menggunakan stain atau sanding sealer tidak cukup untuk melindungi mebel Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan manakah coating yang tepat selain tips di atas, Anda bisa menerapkanya pada beberapa produk kayu berikut ini. 

Produk kayu pada ruang tidur

Finishing matte bisa memberikan pengurangan dari refleksi pada cahaya. Dengan coating matte pada kamar tidur akan memberikan ketenangan yang cukup sehingga istirahat jadi lebih nyaman.  

Selain kelebihan pada pengurangan efek refleksi cahaya, finishing dengan pilihan coating matte juga membuat ruang tidur jadi lebih elegan dan mewah. 

Produk kayu pada ruang keluarga

Lapisan coating pada ruang keluarga dengan tampilan matte memberikan suatu hal yang berbeda dan berkesan klasik. Matte memang sedikit sulit untuk proses perawatannya tetapi cukup memuaskan dengan efek gloss yang rendah. 

Ruang keluarga yang menggunakan coating matte bisa didesain untuk berbagai gaya, seperti industrial, klasik, modern hingga minimalis. Semua bisa menggunakan coating matte. 

Olahan Kayu yang Cocok dengan Finishing Top Coat Gloss

Jika matte cocok untuk ruangan tersebut lalu bagaimana dengan gloss? Manfaat dari coating gloss lebih luas dibandingkan matte sehingga lebih banyak furnitur dalam ruangan yang membutuhkannya. 

Beberapa olahan dari kayu di beberapa ruangan berikut ini membutuhkan top coat gloss.

Produk kayu pada ruangan dapur

Dapur adalah ruangan yang cukup sering digunakan sehingga finishing gloss wajib diberikan. Dengan adanya lapisan gloss, kerusakan pada coating furnitur jadi lebih berkurang. Apalagi dapur memiliki kelembaban yang cukup tinggi. 

Produk kayu pada ruangan kamar anak

Ruangan anak sama halnya dengan dapur yang cukup sering digunakan. Anda tentu tak ingin kesulitan untuk membersihkan furnitur kursi atau tempat tidur anak. Dengan finishing gloss semua furnitur dalam ruangan anak jadi lebih mudah untuk dibersihkan. 

Produk kayu pada ruangan makan

Terakhir adalah furnitur yang terdapat pada ruang makan, khususnya meja makan. Anda perlu menggunakan bahan top coat gloss yang aman dan terbuat dari water based. Dengan begitu tampilan furnitur bisa transparan, aman serta mudah dibersihkan. 

Produk Top Coat Kayu Terbaik untuk Finishing Warna Natural

Produk coating apakah yang sebaiknya digunakan untuk tampilan gloss dan matte? Anda mungkin akan bertanya hal ini setelah memutuskan memilih salah satu di antara kedua coating tersebut. Soal coating Anda bisa mencoba menggunakan Biovarnish Clear Coat

Harga top coat kayu ini di pasaran sesuai dengan kualitasnya karena hasilnya transparan dan memiliki sheen level yang sesuai, baik itu matte juga gloss. Selain itu, karena Biovarnish Clear Coat adalah cat water based maka aman digunakan untuk seluruh furnitur bahkan lantai kayu. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.