Perpaduan Seimbang Clear Coat Doff dan Gloss, Begini Caranya

Pasti Anda sering menemukan furniture dengan dua tampilan mengkilap yang berbeda. Bagaimanakah caranya? Atau bagaimanakah furniture bisa tampak alami? Permasalahan tersebut bisa Anda selesaikan dengan menggunakan Biovarnish Clear Coat.

Produk yang menggantikan fungsi pernis pada umumnya ini adalah lapisan top coat dengan ketebalan film yang sangat baik. Biovarnish Clear Coat adalah lapisan film terakhir yang diaplikasikan setelah penggunaan Biovarnish Wood Stain. Warna dari Wood Stain sendiri akan memiliki efek yang berbeda jika Anda menggunakan Biovarnish Clear Coat.

Tanpa penggunaan Biovarnish Clear Coat, permukaan warna dan kayu tidak akan terlindung dengan maksimal selain itu tampilan yang diberikan adalah semi gloss. Tampilan semi gloss terkesan menggantung atau tidak maksimal sebaiknya Anda memaksimalkannya dengan tampilan gloss.

subsidi ongkir

Lalu bagiamana solusinya jika Anda ingin menyatukan Dua tampilan berbeda dari Biovarnish Clear Coat? Sebelum masuk ke dalam tahapan tersebut mari perhatikan apa saja tampilan akhir yang disediakan oleh Biovarnish Clear Coat?

Tampilan Biovarnish Clear Coat Doff

meja rustic

Jenis Biovarnish pertama yang harus Anda ketahui adalah Biovarnish Clear Coat Doff yang merupakan cat kayu doff terbaik. Tampilan yang dihasilkan adalah natural alami. Jika Anda mengaplikasikan Clear Doff ini maka kayu akan tampak seolah-olah tidak dilapisi oleh bahan finishing. Biasanya tampilan ini sering digunakan pada bingkai kayu, console table, coffee table atau furniture yang jarang digunakan (heavy duty).

Jenis tampilan ini jarang digunakan pada furniture heavy duty karena sangat bagus untuk dinikmati keindahannya. Sehingga masih jarang yang menggunakannya. Akan tetapi Biovarnish Clear Coat Doff memiliki katahanan gores yang baik. Berbeda dengan tampilan doff pada merk cat lain yang sangat mudah tergores membuat tampilan furniture berkurang.

Untuk tingkat glossy dari cat kayu Biovarnish Clear Coat Doff adalah20% hingga 30%. Tingkat transparansinya sangat baik dibandingkan merk lain yang biasanya memiliki efek buram. Untuk cara aplikasinya bisa menggunakan kuas maupun spray dan tidak meninggalkan bekas brush mark.

Dua Tampilan Biovarnish Clear Coat Gloss

furniture kayu di lobi dengan cat Biovarnish

Berbeda dengan tampilan Biovarnish Clear Coat doff, Biovarnish Clear Coat Gloss ini memiliki tingkat glossy mencapai 85%. Memang tingkat glossy dari cat Biovarnish berbeda dengan tinglat glossy finishing melamine yang bisa mencampai 90%.

Bedanya jika melamin kebanyakan memberikan efek yellowing sehingga warna kayu dan seratnya kurang bisa terlihat dengan baik. Efek yellowing ini diakibatkan tingginya kandungan formalin yang terdapat dalam cat solvent dan juga thinner. Anda bisa menilai dari aroma yang dikelurkan sangat menyengat khas gas ammonia.

Didukung dengan tingkat transparansi yang bagus, Biovarnish Clear Coat Gloss sendiri sering digunakan untuk furniture heavy duty seperti furniture lobby hotel, furniture kantir atau furniture teras yang sering terkena perubahan cuaca. Ketahanan gores dan juga tahan cuacanya sangat baik sehingga mampu digunakan untuk semua jenis furniture dan semua jenis material serat alam.

Cara aplikasinya sangat mudah dengan memanfaatkan air dan juga dengan kuas saja. Tanpa meninggalkna brush marking, Biovarnish Clear Coat Gloss akan memberikan penampilan yang rata dan juga halus.

Tips Mendapatkan Finishing Halus Dengan Biovarnish

Jika melihat aplikasi cat, pernis, plitur atau bahan finishing lain yang diaplikasikan menggunakan kuas jarang sekali yang memberikan efek bebas brush mark. Biovarnish Clear Coat yang merupakan pelaisan terkahir ini tidak akan meninggalkan efek brush mark mulai dari wood stain hingga clear coat.

Jika Anda menggunakan Biovarnish maka Anda cukup mengikuti beberapa tips berikut ini untuk hasil akhir finishing bebas brush mark.

  1. Gunakan produk lengkap

Terdapat tiga jenis produk yang wajib Anda gunakan untuk hasil yang sempurna. Mulai dari dempul kayu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat Doff atau Gloss.

  1. Gunakan jenis kuas yang tepat

Dalam finishing cat water based Anda harus menggunakan jenis kuas nylon yang tidak mudah menggumpal. Anda juga bisa menggunakan jenis kuas terbaru yaitu kuas spon.

  1. Aplikasikan searah serat

Jangan lupa cara menguaskan cat juga harus benar gunakan. Aplikasikan kuas searah serat kayu dan jangan teralu sering berbolak balik hingga cat tebal. Ketika cat setengah kering dan masih diaplikasikan maka cat akan menggumpal dan efek brush mark akan terlihat.

  1. Berikan bahan pelarut yang tepat

Seringnya bahan pelarut yang digunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Ke dua nya akan memberikan tampilan efek brush mark yang kentara. Perhatikan dan ikuti petunjuk yang ada dalam kemasan cat agar mendapatkan perbandingan antara cat dan bahan pelarut yang tepat.

  1. Jangan dijemur pada panas matahari langsung

Salah satu kelebihan dari cat water based adalah proses pengeringannya tidak membutuhkan panas matahari. Jika dan sebelumnya menggunakan cat solvent dan terbiasa menunggu cat kering dengan dijemur langsung terkena sinar matahari maka perlakukan hal yang beda dengan cat waterbased. Gunakan suhu udara ruangan saja dan juga jangan dijemur pada panas matahari langsung karena penguapan air tidak akan sempurna bahkan proses keringnya lebih cepat dibandingkan dengan cat solvent.

Cara Mendapatkan Paduan Seimbang Doff dan Gloss

Memadukan antara gloss dan doff bukanlah hal yang salah karena hal terbuat adalah salah satu kreatifitas yang perlu diwujudkan. Ada banyak sekali cara untuk memadukan tampilan gloss dan doff salah satunya adalah mengaplikasikan pada recycle furniture.

Misalnya saja Anda menciptakan coffee table dari palet kayu jati belanda tetapi Anda ingin mendapatkan hasil akhir tampilan gloss dan doff. Caranya sangat mudah yaitu Anda bisa mengaplikasikan dempul Biovarnish Wood filler warna ramin ke seluruh permukaan kayu.

Jika dempul sudah selesai maka Anda bisa langsung mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diinginkan. Jika ingin mendapatkan warna kayu jati belanda Anda bisa mengaplikasikan warna Yellow ox. Setelah selesai siapkan Biovarnish Clear Coat Doff dan Gloss yang sudah dicampur dengan air dan diaduk dengan rata.

Siapkan pola pada bagian mana saja Anda akan memberikan Clear Doff dan juga Gloss. Anda bisa memanfaatkan isolasi kertas pada bagian yang akan diberikan Biovarnish Clear Coat Gloss.  Aplikasikan Biovarnish Clar Coat Doff terlebih dahulu dan tunggu hingga kering. Lalu lepaskan isolasi kertas dan kembali tempelkan isolasi kertas pada bagian Biovarnish Clear Coat Doff. Sebelum menempelkan isolasi pada permukaan yang sudah di cat pastikan permukaan cat sudah benar-benar kering.

Lalu aplikasikan seluruh permukaan dengan Biovarnish Clear Coat Gloss dan tunggu kering. Proses aplikasi Clear ini bisa Anda ulangi hingga 2-3 kali untuk mendapatkan hasil film yang tebal dan kuat. Jika sudah selesai maka lepasakan isolasi kertas dan coffee table yang dikombinasikan antara Clear Coat Doff dan Clear Coat Gloss sudah selesai.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.