Mau Mengecat Ulang Furniture Menjelang Era New Normal? Ini Caranya

Mengecat ulang furniture bisa anda lakukan kapan saja, salah satu waktu untuk mengecat furnitur yang tepat adalah saat menjelang masa New Normal ini. Anda perlu mengecat ulang furniture saat new normal untuk mendapatkan suasana baru yang lebih segar saat aktivitas kembali padat.

Pelajari cara memperbaiki furniture saat menjelang new normal seperti saat ini lebih cepat dan lebih mudah dengan menghindari pengupasan. Meski anda seorang pemula dalam urusan finishing kayu, pastikan furniture di rumah yang akan anda finishing ulang dapat anda lakukan dengan baik.

mengecat furniture new normal

Pengupasan lapisan cat furniture sebelumnya adalah proses yang memakan waktu dan cukup sulit dilakukan. Dan terkadang hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Untungnya, Anda tidak selalu harus melakukan pengupasanlapisan cat sebelumnya untuk membuat perabotan Anda tampak seperti baru.

Persiapan New Normal dengan Mengecat Furniture

Melakukan pembersihan secara menyeluruh adalah langkah pertama yang penting dalam setiap proyek refinishing furniture. Menghilangkan segala jenis kotoran yang selama ini menempel pada furniture adalah hal pertama yang bisa anda lakukan.

Cat Pernis Kayu Pinus Hasil Warna Rata Dan Halus

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan kotoran kotoran tersebut. Sikat dengan spons seluruh permukaan furniture yang kotor. Anda juga bisa menggunakan kuas cat utuk membersihkan agian ukiran atau cetakan. Atau gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran pada bagian furniture yang kotor namun sulit dijangkau, seperti pada bagian sekat.

Setelah anda membersihkannya, bilas seluruh permukaan furniture dengan air bersih, lalu keringkan. Namun tidak semua noda bisa dihilangkan dengan cara ini. Ada beberapa noda yang disebabkan oleh berbagai hal yang membuat warna kayu tidak seragam lagi. Untuk mengatasinya, anda tentu membutuhkan produk bleaching untuk menyamakan warna kayu.

White Agent

Anda dapat menggunakan produk White Agent 250 untuk menyamarkan noda yang ada pada kayu. Berbagai jenis noda pada kayu dapat anda atasi dengan menggunakan bleaching kayu WA-250. Selain itu, produk ini juga dapat membuat kondisi kayu menjadi lebih natural. Noda pada kayu akan hilang, tapi serat alami kayu tetap terjaga dengan baik. Sehingga anda tetap dapat melakukan finishing natural pada furniture.

Mengisi Lubang Kecil atau Cacat Kayu

Seringkali terdapat retakan atau lubang kecil pada permukaan kayu yang tidak anda perhatikan sebelumnya saat melakukan finishing. Hal ini juga termasuk cacat kayu seperti noda yang berada di permukaan kayu sebelumnya. Namun, masalah ini bisa anda atasi dengan menggunakan cara dan produk yang berbeda.

Secara alami, anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan serbuk kayu sisa pengamplasan. Masukkan serbuk kayu sisa pengamplasan kedalam lubang kecil tersebut lalu aplikasikan cat. Tetapi, cara ini belum tentu efektif. Bisa saja lapisan yang telah diisi serbuk kayu tersebut terbuka kembali karena cat yang anda gunakan tidak cukup kuat mengikat serbuk kayu tersebut.

Agar hasil finishing anda lebih halus merata dan awet hingga jangka waktu yang cukup lama sebaiknya anda gunakan wood filler. Anda bisa menggunakan produk Wood Filler Biovarnish yang lebih aman dan mudah untuk anda gunakan. Gunakan Biovarnish Wood Filler dengan pilihan warna sesuai dengan kayu yang Anda gunakan setelah itu Anda bisa langsung aplikasikan dengan pisau pallet.

Warna Dempul Kayu

Pastikan lubang seluruhnya terisi dengan Wood Filler Biovarnish kemudian tunggu kering sekitar 20 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan. Amplaslah sesuai bagian yang telah diisi kemudian dapatkan permukaan kayu  yang lebih rata.

Mengecat Ulang Furniture dengan Liquid Stain

Langkah selanjutnya dalam proyek restorasi Anda adalah memberikan lapisan cat. Dalam hal ini karena Anda tidak akan menghilangkan lapisan cat yang lama maka hanya pada bagian tertentu saja yang Anda perbaiki.

Mengecat Furniture New Normal

Pilih cat yang Ada gunakan sesuai dengan warna kayu atau warna cat. Jika perlu ingat-ingat jenis cat atau merk cat apakah yang Anda gunakan dahulu. Jika Anda membeli furniture di toko Anda bisa menggunakan cat apapun namun pastikan jika katalog warna dari toko dimana Anda membeli cat sudah sama.

Produk yang direkomendasikan dan bisa menyamakan warna pada jenis cat apapun adalah Biovarnish Liquid Stain. Cara aplikasi cat ini juga sangat mudah, anda cukup mencampurkannya dengan air bersih saja. Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan berbagai metode, bisa disesuaikan dengan alat yang anda miliki. Bisa menggunakan kuas, alat spray, bahkan roll.

Produk Liquid Stain

Untuk memulai proses finishing, Anda bisa mengetes terlebih dahulu apakah cat yang akan digunakan sudah memiliki warna yang sama dengan jenis kayu pada furniture yang anda gunakan. Jika warnanya masih terlalu pekat, anda bisa menambahkan air sedikit demi sedikit untuk menyamakan warnanya.

Ketika Anda sudah mendapatkan warna yang sesuai, Anda dapat mengaplikasikannya langsung pada beberapa bagian cat yang ingin Anda perbaiki tadi dan sudah selesai di isi dengan wood filler. Untuk memudahkan proses pengecatan, Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas berbulu nylon yang sesuai untuk aplikasi cat water based.

Pastikan Anda mengecat searah serat kayu agar sama dengan lapisan cat yang lama dan tidak merusak tampilan furniture yang baru. Tunggu lapisan cat mengering sekitar 60 menit tanpa perlu dijemur dibawah sinar matahari. Anda cukup mengeringkannya dengan mendiamkannya di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Setelah lapisan cat sudah mengering, lakukan pengamplasan ambang dengan kertas amplas aluminium oxide no. 320 atau 400. Jika hasil pengecatan belum menghasilkan warna yang sesuai dengan harapan, anda bisa mengulang proses ini satu kali lagi.

Lapisan Terakhir Pada Proyek Restorasi

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memberikan perlindungan pada furniture di rumah Anda agar lebih awet untuk digunakan. Hasil pengecatan dan lapisan wood filler sebelumnya anda aplikasikan juga perlu anda perhatikan agar tetap awet melindungi material kayu.

Mengecat Ulang Furniture Menjelang Hari Raya

Untuk itu, anda perlu menggunakan Clear Coat sebagai lapisan top coat pada finishing yang anda lakukan. Diharapkan, aplikasi Clear Coat dapat mampu menjaga kondisi furniture menjadi awet digunakan hingga waktu yang lebih lama.

Sebagai rekomendasi, anda bisa menggunakan produk Biovarnish Clear Coat yang akan melindungi furniture anda. Aplikasi clear coat water based ini juga lebih mudah dan aman untuk anda aplikasikan. Cara aplikasinya mirip dengan cara aplikasi Liquid Stain. Gunakan clear coat Biovarnish dengan tampilan glossy seperti lapisan cat bagian lainnya.

Clear Coat

Proses kering clear coat biasanya membutuhkan waktu selama semalaman sebelum Anda benar-benar bisa menggunakan furniture kembali. Finishing ulang furniture lama Anda menjelang new normal saat ini tidaklah sulit dengan menggunakan cat water based Biovarnish. Proses yang dilakukan dapat langsung selesai karena kecepatan kering yang baik.

Keunggulan Biovarnish Furniture Saat New Normal

Kami merekomendasikan Biovarnish karena produk ini merupakan produk yang berkualitas. Berbagai keuntungan akan anda peroleh saat melakukan finishing dengan produk ini. Diantaranya adalah:

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Untuk Rotan
  • Aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan
  • Telah bersertifikat sesuai standar US EPA dan ECHA
  • Rendah VOC
  • Tidak berbau dan tidak beracun
  • Varian produk lengkap
  • Mudah diaplikasikan
  • Cepat kering

Oleh karena itu, melakukan finishing furniture terutama untuk gaya natural dapat anda lakukan dengan mudah menggunakan Biovarnish. Cat water based terbaik ini akan memberikan tampilan natural transparan pada furniture di rumah anda. Mau finishing kayu? Yuk, kuasin aja pakai air dengan Biovarnish!

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU