Pagar Lama Menjadi Baru, Ikuti Panduan Mengecat yang Mudah Ini

Jika Anda memiliki pagar kayu yang membutuhkan tampilan baru, maka segera ambil kuas dan luangkan waktu beberapa hari untuk mengecat. Anda bisa melakukannya pada pagi, siang atau sore hari. Namun jika Anda ingin mengecat lebih cepat sebaiknya gunakan spray gun. 

Spray gun mampu menjangkau area yang luas pada pagar lebih cepat. Selain itu hasil finishingnya juga lebih halus dibandingkan kuas atau roll. Tidak perlu bersusah payah juga untuk mengecat pagar di area yang sempit. 

Tekanan angin akan membuat cat mampu menjangkau area yang sulit tersebut. Spray gun juga bukan alat yang sulit untuk digunakan. Cukup dengan latihan beberapa kali, Anda akan dengan mudah menggunakannya.

Pagar Lama Menjadi Baru Panduan Mengecat Yang Mudah - spray gun

Memilih Jenis Cat untuk Pagar Lebih Tahan Lama

Setelah pagar dicat ulang Anda pasti mendambakan lapisan coating yang lebih lama dibandingkan sebelumnya. Dalam hal ini penting untuk memperhatikan manakah jenis cat kayu yang tepat untuk digunakan. 

Cat harus memiliki perlindungan terbaik dari sinar UV, air hujan dan goresan. Perubahan iklim adalah masalah terbesar yang paling cepat merusak kayu. Disisi lain, cat yang digunakan harus aman dan ramah lingkungan. 

Artinya Anda harus menggunakan cat kayu water based seperti produk Bioduco. Cat ini digunakan untuk melapisi pagar kayu yang membutuhkan lapisan coating kuat. Cat akan membuat pagar Anda lebih berwarna namun tetap tahan lama. 

Produk ini mudah diaplikasikan dengan spray gun serta mampu bertahan lebih lama dibandingkan cat kayu lainnya. Anda hanya membutuhkan tiga lapisan cat dari Bioduco primer coat, solid color dan juga top coat

Pagar Lama Menjadi Baru Panduan Mengecat Yang Mudah - bioduco solid color

Persiapan Pagar yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sebelum memulai untuk mengecat, penting untuk mempersiapkan pagar kayu sebelumnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dan menghilangkan lapisan coating. Membersihkan lapisan coating ini bisa dilakukan dengan cara mengamplas serat menggunakanpaint striper. 

Belilah paint striper di toko bahan bangunan, dan pastikan Anda menggunakan peralatan pelindung tubuh seperti masker dan sarung tangan karet. Tuangkan paint stripper ke permukaan pagar kayu kemudian  tunggu selama 15 menit. 

Setelah lapisan coating mulai mengelupas, gunakan pisau scrape kemudian bersihkan lapisan coating yang sudah terkelupas. Pastikan semua lapisan coating bersih dihilangkan. Bersihkan cat yang rontok dari area pagar. Kemudian tutupi seluruh bagian yang tidak ingin terkena cat seperti jendela dan dinding. Setelah proses ini selesai maka lanjutkan pada persiapan selanjutnya. 

Pagar Lama Menjadi Baru Panduan Mengecat Yang Mudah - paint stripping

Pengamplasan Permukaan Pagar Kayu

Lapisan coating lama sudah Anda hilangkan, namun bukan berarti persiapan berhenti pada tahapan tersebut. Anda harus mulai mengamplas untuk menghaluskan permukaan yang sudah mulai kasar dan berminyak. 

Manfaatkan orbital sander dengan amplas nomor 180 atau amplas kasar menyesuaikan permukaan kayu. Anda harus mendapatkan permukaan pagar kayu yang halus sehingga ubah amplas dari nomor kecil dengan grit yang lebih halus. 

Amplas searah dengan serat kayu, jika grit amplas sudah habis dan permukaan kayu belum halus langsung ganti dengan kertas amplas yang baru. Manfaatkan kertas amplas yang selalu baru untuk menghindari cacat pengamplasan yaitu seperti terbakar. 

Jika pengamplasan selesai dan permukaan pagar kayu sudah halus bersihkan semua debu amplas. Kumpulkan debu agar tidak mengganggu proses pengecatan. 

Pagar Lama Menjadi Baru Panduan Mengecat Yang Mudah - orbital sander

Perbaikan Pagar Kayu dengan Dempul

Anda harus memperbaiki pagar kayu yang rusak seperti patah, retak dan berlubang. Selama penggunaan, kerusakan pada pagar tidak dapat dihindari, namun Anda bisa memperbaikinya. Caranya adalah menggunakan dempul kayu untuk kerusakan yang masih bisa diperbaiki. 

Kerusakan akibat retakan, lubang paku atau lubang serangga dapat ditutup dengan dempul kayu. Anda dapat memanfaatkan Bioduco wood putty untuk memperbaikinya. Aplikasikan dempul ke seluruh cacat kayu kemudian tunggu kering baru di amplas dengan kertas amplas nomor 240. 

Pada jenis kerusakan yang parah misalnya saja seperti kayu patah atau terkena rayap hingga kayu lapuk, maka mengganti bagian tersebut adalah langkah yang tepat. Anda tidak bisa memperbaiki dengan dempul namun harus menggantinya dengan kayu baru. 

Bioduco wood putty adalah dempul kayu yang terbuat dari bahan dasar air jadi sangat kompatibel jika Anda memadukannya dengan cat Bioduco. Dempul akan mempertahankan tampilan kayu tetap baik walaupun sebelumnya pernah rusak. 

Pagar Lama Menjadi Baru Panduan Mengecat Yang Mudah - bioduco wood putty

Proses Pengecatan pagar dengan Bioduco

Saatnya untuk mengecat pagar kayu yang sudah dipersiapkan dengan baik. Seperti urutannya yang tepat, cat harus diaplikasikan mulai dari primer, solid color kemudian top coat. Primer berfungsi untuk menutup warna dan cacat pada pagar kayu dan mempertajam solid color. 

Proses aplikasi secara umum yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut ini:

  1. Campurkan Bioduco primer coat dengan air hingga mendapat viskositas 11-12 detik NK2. Lanjutkan dengan proses pengecatan hingga permukaan kayu merata dan tunggu kering. Proses pengamplasan dilakukan dengan amplas halus nomor 400. Anda bisa mengulangi aplikasi primer jika warna kayu masih sangat terlihat. 
  2. Campurkan Bioduco solid color dengan air hingga mencapai viskositas sama. Semprotkan ke seluruh permukaan dan diamkan hingga kering. Baru amplas permukaan kayu dengan kertas amplas nomor 400, jangan lupa bersihkan debu amplas. 
  3. Campurkan Bioduco top coat gloss dengan air. Semprotkan merata ke seluruh permukaan kayu baru tunggu kering selama semalaman atau 24 jam. 

Proses aplikasi akan sangat mudah jika Anda memperhatikan masalah cuaca sejak awal. Hindari mengecat pada saat cuaca berangin karena cat yang disemprotkan tidak akan mengarah pada pagar. 

Pastikan juga Anda mengukur pagar sehingga jumlah cat yang dibeli tidak berbeda jauh dengan ekspektasi kebutuhan. Jangan sampai Anda kekurangan atau terlalu banyak membeli cat. 

Bioduco solid color

Teknik Mengecat Pagar dengan Spray Gun

Ketika menggunakan spray gun sangat dianjurkan untuk berlatih sebelumnya. Tanpa latihan Anda bisa saja mendapatkan hasil finishing sagging atau tidak rata. Menghindari hal tersebut Anda bisa mempraktekkan beberapa teknik yang mudah. 

Berikut ini beberapa teknik yang bisa Anda lakukan pada saat mengecat dengan spray gun. 

  • Manfaatkan jarak yang benar, biasanya para profesional akan menggunakan jarak 15 hingga 20 cm. Jarak tersebut sangat ideal untuk mendapatkan cat merta.
  • Pada saat menyemprot letakan ujung alat semprot berhadapan langsung tegak ke permukaan pagar. Perlahan semprotkan dan arahkan naik turun sambil terus berjalan ke arah lainnya. 
  • Pastikan Anda tidak berhenti di satu titik terlalu lama karena ini akan mengakibatkan lapisan terlalu tebal dan sagging muncul. 
  • Anda harus melarutkan cat sesuai dengan instruksi pada kemasan. Jangan terlalu pekat atau cair agar cat yang keluar dapat langsung menempel pada permukaan pagar kayu. 

Teknik spray

Teknik mengecat dengan spray gun sangat penting sehingga latihan sangat dibutuhkan. Bahkan masih banyak profesional yang melakukan percobaan sebelum mengecat media aslinya. 

Praktek dan percobaan akan membuat Anda semakin mengenali dengan tekanan angin dan jarak. Berapakah jumlah lapisan coating yang dibutuhkan akan membuat siapa saja menjadi peka dalam proses pengecatan. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.