Tak Hanya untuk Kayu, Ini Fungsi Lain Clear Coat dan Cara Aplikasinya

Lapisan coating (clear coat) pada furniture kayu penting untuk diciptakan, karena akan membuat kayu menjadi lebih tahan lama. Warna dari lapisan film ini adalah bening dan biasanya memiliki sheen level atau tingkat kilau yang berbeda. Anda bisa memilih tampilan tersebut sesuai kebutuhan.

Clear coat adalah lapisan pada furniture yang berwarna transparan dan bahan ini membutuhkan cara aplikasi tepat. Bagi pemula yang belum pernah mengaplikasikan clear coat penting untuk mempelajari langkah-langkah sebelum aplikasi. 

Mengenal Clear Coat Untuk Hasil Yang Lebih Profesional - pernis kayu clear coat

Sebelum aplikasi clear coat, ada beberapa lapisan yang diberikan, jadi jika salah dalam menggunakan clear coat Anda harus mengulang pengecatan dari awal. Otomatis waktu yang dibutuhkan untuk finishing semakin panjang. 

Seperti apakah aplikasi clear coat yang benar? Bisakah mendapatkan penampilan yang sama seperti profesional? Jika Anda ingin mendapatkan hasil sempurna, simak dalam artikel ini hingga akhir. 

Berbagai Macam Fungsi Clear Coat

Clear coat adalah solusi terbaik untuk membentuk lapisan coating dibandingkan bahan finishing lainnya. Bentuknya yang cair setelah dilarutkan akan mempermudah aplikasi baik dengan dikuas atau disemprot. 

Fungsi dari clear coat tidak hanya sebatas pada penggunaan furniture saja namun lebih luas. Bagi Anda yang membutuhkan lapisan coating pada proyek kayu bisa mengandalkan bahan finishing ini. Berikut beberapa jenis proyek kayu yang membutuhkan lapisan coating. 

  • Kerajinan kertas

Beberapa kerajinan kertas bergambar membutuhkan clear coat setelah ditempelkan pada kayu. Kerajinan yang sering dikenal sebagai decoupage ini membutuhkan perlindungan dari lapisan coating. Sehingga kertas yang tertempel tidak mudah mengelupas bahkan tergores. 

Proses aplikasinya bisa dengan dikuas atau disemprot sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan clear coat pada kerajinan kertas yang direkatkan pada serat alam lainnya. 

Mengenal Clear Coat Untuk Hasil Yang Lebih Profesional - decoupage

  • Foto

Saat ini tren foto yang direkatkan ke permukaan kayu sangat meningkat. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan decoupage dan sama-sama membutuhkan peranan clear coat. lapisan coating akan membuat foto bertahan lama dan tidak berubah warna. 

  • Proyek kesenian

Clear coat berperan penting untuk berbagai proyek kesenian yang dibuat dari serat alam seperti patung atau ukiran. Semua material tersebut memiliki pori yang dapat ditinggali oleh rayap serta jamur. 

Peranan dari clear coat lebih terhadap menahan hama tersebut agar tidak merusak kerajinan kayu. 

Persiapan Finishing untuk Hasil Tampak Profesional

Melakukan finishing adalah langkah yang menyenangkan dan mudah. Anda tidak perlu terburu-buru dalam mengecat sebuah furniture layaknya lomba. Bayangkan bagaimana hasil akhir finishing Anda pada ruangan. 

Mulailah dengan mempersiapkan area mengecat dan buatlah suasana yang tenang. Mencoba kreatif dalam membuat hasil menjadi lebih cantik. berhemat dalam membeli bahan finishing dan tetap nikmati prosesnya. 

Pada proses persiapan ini, ada dua hal yang perlu Anda lakukan yaitu memilih amplas dan bagaimana cara menggunakannya. Pengamplasan adalah kunci clear coat nantinya akan berpenampilan seperti hasil dari profesional. 

Persiapan Mengamplas

Anda tidak perlu pusing menghadapi seberapa kerasnya base coat dan cara mengamplas untuk mendapatkan hasil terbaik. Cobalah untuk memperhatikan bagaimana Anda memilih amplas dan persiapannya. Maka hasil akan datang ketika Anda mulai mengamplas. 

Semua permukaan harus bersih dari kotoran serta minyak. Persiapan akan selesai ketika Anda menemukan grit amplas yang tepat. Jangan pernah memulai pengamplasan dengan grit halus. Mulailah dengan grit medium kemudian grit yang lebih halus. 

Permukaan kayu yang kasar bisa dimulai dengan amplas grit 120-150 dan sebelum Anda mengaplikasikan coating pilih grit 220. Jenis kayu lunak seperti pinus atau alder bisa dimulai dengan amplas 120 dan selesaikan dengan amplas yang tidak lebih halus dari 220, misalnya 180. 

Tipe kayu keras seperti oak Anda bisa memulai dengan amplas 120 dan diakhiri dengan amplas 150 sebelum aplikasi cat solvent. Jika ingin mengaplikasikan cat water based maka Anda perlu menggunakan amplas 220.

Amplas kayu

Proses Pengamplasan

Hasil permukaan yang telah diamplas tidak lebih penting dari proses pengamplasan dengan pergantian amplas secara berurutan. Melewati satu grit amplas bisa menciptakan goresan yang dalam dan banyak permukaan kasar tidak terpotong dengan baik. 

Perhatikan baik-baik pada saat mengamplas dan jangan berlebihan. Terlalu sering mengamplas akan menghabiskan permukaan kayu dan menyumbat. End grain dimana bagian pinggir yang memiliki pori sangat terbuka akan menyerap cat paling banyak. 

Mulailah dengan mengamplas bagian end grain secara khusus untuk mengontrol peresapan cat nantinya. Setelah itu beralihlah mengamplas bagian lainnya yang lebih luas. Amplas juga bagian siku agar tidak terlalu tajam. Ikuti nomor kertas amplas seperti yang telah dipersiapkan. 

Bekerjalah dengan cepat, cobalah untuk menggunakan orbital power sander yang juga memiliki kantung debu. Setelah mengamplas sebagian besar debu akan disaring, setidaknya mengurangi debu yang muncul. 

Amplaslah hingga permukaan halus namun jangan terlalu ditekan. Jika grit pada amplas sudah habis segera ganti yang baru, jika tidak akan muncul efek terbakar pada kayu. Perhatikan kembali seluruh area yang sudah di amplas, jika ada bagian yang terlewatkan Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan manual. 

Bersihkan debu amplas secepat mungkin. Anda bisa menggunakan mesin vakum. Kemudian bersihkan permukaan menggunakan kain microfiber yang dibasahi. Tunggu permukaan kayu mengering baru dicat. 

Cara Aplikasi Clear Coat pada Furniture

Saatnya Anda mengaplikasikan clear coat agar hasil tampak lebih profesional. Produk yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish. Anda bisa memilih untuk hasil tampilan gloss atau matte sesuai dengan selera. 

Proses aplikasinya sangat mudah karena Biovarnish dirancang khusus untuk pemula yang menginginkan tampilan seperti profesional. Nah untuk itu hanya dibutuhkan air dan kuas selama proses aplikasi. 

Kayu sudah dipersiapkan, Anda bisa memulainya dengan aplikasi Biovarnish sanding sealer terlebih dahulu kemudian clear coat. Sanding sealer berfungsi untuk menutup pori kayu supaya merata. Sehingga clear coat nantinya akan menghasilkan tampilan halus. 

Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer

Campurkan air dengan sanding sealer, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air di wadah terpisah. Aduk hingga merata kemudian kuaskan tipis ke atas permukaan kayu. Ikuti arah serat untuk hasil sempurna. 

Tunggu lapisan ini mengering tanpa harus dijemur, setelah satu jam dan mengering Anda bisa mengamplasnya. Gunakan amplas alumunium oxide nomor 400 secara ambang untuk menghaluskan. Bersihkan debu amplas dengan kain kering. 

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Setelah Anda memilih antara matte dan gloss selanjutnya adalah mencampurkan cat. Siapkan wadah terpisah kemudian campurkan 2 bahan clear coat dengan 1 air. Aduk merata dan lanjutkan untuk proses penguasan.

Biovarnish Clear Coat

Aplikasikan dengan kuas searah dengan serat kayu. Kuaskan agar membentuk lapisan tipis, diamkan hingga mengering selama satu jam. Baru dilanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400, bersihkan debu amplas setelah selesai. 

Ulangi aplikasi clear coat dengan cara yang sama. Proses pengeringan terakhir adalah selama 24 jam atau Anda bisa meninggalkannya selama semalaman. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.