Clear Coat Terbaik untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama

Memiliki furniture rotan dapat finishing menggunakan clear coat terbaik agar tahan lama, aplikasi clear coat sangat penting untuk merawat furniture rotan. Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat untuk finishing furniture rotan yang awet dan tahan lama.

Rotan adalah salah satu material ekspor yang banyak di Indonesia. Pendapatan ekspor ini cukup tinggi hingga bersaing dengan Cina dan negara Asia Tenggara lainnya. Dilihat potensi rotan yang sangat tinggi, masyarakat Indonesia tidak hanya menjualnya dalam bentuk mentah. Banyak olahan rotan yang juga diekspor, artinya pengolahannya perlu diperhatikan. 

Apa saja bahan olahan rotan? Banyak sekali seperti furniture, kerajinan hingga beberapa juga digunakan sebagai desain interior. Rotan sudah seperti serta alam pengganti kayu yang sangat diperhatikan kualitasnya. Rotan sama seperti serat alam lainnya yang memiliki pori dan harus ditutup dengan bahan finishing. 

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - rotan

Pentingnya bahan finishing dalam menutup pori kayu membuat lapisan film yang terbentuk harus sangatlah kuat. Pori rotan cukup besar walaupun hanya terletak pada bagian ujung batang saja. Sekali pori tersebut menyerap air, maka jamur dan rayap akan muncul. Disinilah clear coating akan bekerja mencegah kerusakan sejak awal.

Ada banyak sekali jenis clear coat yang bisa digunakan dan dibeli. Namun tidak semuanya memiliki kualitas yang terbaik. Ada clear coat yang mengakibatkan warna rotan berubah menjadi kuning dan ada juga clear coat yang akan menimbulkan masalah pada kesehatan dan keamanan lingkungan. Jadi manakah clear coat yang sebaiknya digunakan?

Produk Clear Coat Terbaik untuk Rotan

Clear coat adalah salah satu jenis bahan finishing. Bisa juga disebut pernis seperti yang diaplikasikan pada kayu. Fungsi utama dari clear coat adalah memberikan lapisan film yang kuat. Sehingga ketika panas, hujan atau kelembaban di udara muncul tidak akan langsung merusak substrat rotan. 

Pentingnya fungsi perlindungan dari clear coat juga sama pentingnya dengan penampilan yang diberikan. Clear coat sebaiknya dipilih yang memiliki tampilan transparan. Warna transparan ini harus lebih tahan lama sekaligus menyembunyikan noda goresan jika furniture rotan sering digunakan. 

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - rotan 2

Nah untuk itu, Anda bisa menggunakan Biovarnish water based series yang merupakan rangkaian beberapa produk termasuk di dalamnya clear coat. Biovarnish clear coat menyediakan perlindungan sekaligus tampilan transparan yang tahan lama. Anda tidak perlu bingung menggunakannya karena bisa dikuas dan juga disemprot. 

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan Biovarnish clear coat ini. Berikut ini beberapa kemudahan serta bagaimana Biovarnish menjadi clear coat terbaik untuk rotan. 

  1. Tidak menimbulkan sagging sehingga memaksimalkan penampilan akhir. 
  2. Warna transparan yang tahan lama tanpa efek menguning di masa depan. 
  3. Tidak menimbulkan bau yang artinya kandungan logam berat dibatasi.
  4. Proses aplikasi yang cepat karena proses kering yang cepat tanpa dijemur. 
  5. Daya tutup dan sebar yang tinggi sehingga Anda bisa lebih berhemat. 

Persiapan Finishing Clear Coat untuk Furniture dari Rotan

Apapun keuntungan yang diberikan Biovarnish untuk material rotan, Anda tetap harus memperhatikan proses persiapan sebelum mengecat. Rotan adalah material yang berbeda dengan kayu karena ia lebih lentur. Khususnya untuk furniture rotan yang biasanya dirajut sehingga persiapan perlu teknik khusus. 

Persiapan sangat penting sebelum Anda mengaplikasikan clear coat terbaik Biovarnish. Tanpa persiapan permukaan cat nantinya tidak akan melekat. Mengingat rotan memiliki lapisan lilin khusus yang harus dihilangkan dengan di amplas. 

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish untuk rotan

Saat mempersiapkan furniture rotan ada beberapa alat yang dipersiapkan. Amplas aluminium oxide nomor 180 dan 220, kain katun bersih dan juga bisa seukuran balok yang mudah digenggam. Apabila sudah dipersiapkan ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Potong amplas seukuran dengan busa, balutkan pada busa. Pilih amplas nomor 180 terlebih dahulu. 
  2. Amplas furniture rotan dengan amplas yang sudah dipersiapkan. Lakukan pengamplasan dengan teliti mulai dari kerangkan rotan baru menuju pada anyaman rotan. 
  3. Apabila kertas amplas sudah aus dan permukaan furniture dirasa belum terdapat perubahan sebaiknya ganti amplas. Bersihkan debu amplas jika sudah menjadi sedikit lebih halus. 
  4. Ganti balutkan kertas amplas nomor 220 dengan busa. Dilakukan proses pengamplasan yang sama. Jangan lupa ganti kertas amplas jika sudah mulai kebas digunakan. 
  5. Bersihkan kembali dengan kain, jika Anda memiliki mesin vakum sebaiknya gunakan untuk membersihkan debu di bagian sela-sela anyaman rotan. 

Cara Menggunakan Clear Coat Biovarnish untuk Rotan

Persiapan furniture rotan bisa memakan waktu beberapa jam tergantung dengan besar kecilnya furniture. Jika proses pengamplasan sudah selesai, Anda bisa memulai untuk mengecat. Proses pengecatan tidak hanya membutuhkan Biovarnish clear coat saja tetapi juga wood stain sebagai pewarna rotan dan wood filler untuk menutup pori rotan. 

Ketiga produk tersebut nantinya harus diaplikasikan secara berurutan sehingga hasilnya menjadi maksimal. Hingga pada akhirnya permukaan rotan membentuk lapisan film yang kuat dan juga melindungi dengan maksimal. Ikuti beberapa langkah aplikasinya berikut ini:

Proses Aplikasi Biovarnish Wood Filler untuk Rotan

Rotan berbeda dengan kayu yang memiliki pori di sepanjang permukaannya. Pori rotan hanya terdapat pada bagian ujungnya saja. Nah pada bagian inilah Anda harus mengisinya secara penuh dan padat menggunakan wood filler. 

Pertama cari bagian mana saja ujung rotan biasanya berada di bawah empat kaki furniture jika itu meja atau kursi. Isikan wood filler dengan scrape ke bagian tersebut kemudian keringkan. Jangan lupa pada saat mengisi sedikit ditekan agar wood filler memadat ke dalam pori. 

Wood Filler

Setelah kering gunakan amplas nomor 240 untuk mengamplas bagian tersebut. Lakukan hingga permukaan rotan menjadi lebih halus dan juga merata. Ulangi aplikasi apabila terdapat beberapa bagian pori yang ambles setelah wood filler mengering. 

Proses Aplikasi Biovarnish Wood Stain untuk Rotan

Pada langkah ini Anda akan memberikan warna natural pada rotan. Pilih terlebih dahulu dari 20 warna natural yang tersedia sebelum menggunakannya. Jika ragu cek terlebih dahulu pada permukaan rotan yang tersembunyi atau pada material lainnya. Pilih warna yang tepat sehingga Anda sudah mengetahui hasilnya. 

Wood Stain

Pertama campurkan Biovarnish wood stain dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Setelah itu tuangkan ke alat semprot dan semprotkan cat ke seluruh permukaan rotan hingga merata.

Diamkan furniture rotan hingga mengering tanpa dijemur. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit hingga wood stain mengering. Jika sudah kering amplas permukaan furniture secara ambang dengan amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas dengan kain kering yang bersih. 

Proses Aplikasi Biovarnish Clear Coat untuk Rotan

Terakhir adalah mengaplikasikan clear coat, untuk clear coat anti gores Anda bisa memilih tampilan gloss. Cara menggunakannya dimulai dengan mencampurkan dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Jika sudah encer tuang ke dalam alat semprot. 

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish clear coat

Semprotan dengan cara yang sama ketika mengaplikasikan wood stain. Jangan lupa sebelum mengaplikasikan alat semprot yang sebelumnya digunakan sudah dicuci dengan air terlebih dahulu. Setelah disemprotkan secara merata furniture rotan cukup didiamkan selama semalaman di ruangan yang kering dan juga bersih.  

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Logo Bioindustries

Artikel "Finishing Kayu"

Update

Plitur Kayu Biovarnish Untuk Finishing Artificial Wood Grain

Alat Pembuat Motif Serat Kayu

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.