You are currently viewing Memulihkan Tampilan Mebel Rotan Lawas Tanpa Ribet 

Memulihkan Tampilan Mebel Rotan Lawas Tanpa Ribet 

Harga mebel rotan yang cenderung murah, jadi daya tarik banyak pemilik rumah. Meskipun murah, rotan mampu memberikan kesan natural yang tak kalah dengan mebel kayu. 

Penggunaan selama bertahun-tahun akan membuat tampilan mebel rotan memudar. Masalah ini dapat diatasi langsung dengan menggunakan pengecatan ulang. Pada dasarnya kerusakan hanya terjadi pada lapisan luar mebel saja. 

Anda masih memiliki kesempatan untuk membuat tampilan mebel yang kusam berubah menjadi mengkilap kembali. Ditambah lagi, membuat warna rotan menjadi lebih tajam. Bagaimana cara Anda bisa memulihkan tampilan mebel rotan di rumah? 

Cara Memperbaiki Tampilan Mebel Rotan  

sofa dari bahan rotan

Rotan adalah serat alam yang mirip dengan kayu. Yang membedakan adalah bentuk dan posisi pori kayu. Bentuk rotan mirip dengan kayu panjang namun cenderung lentur. Pori rotan juga hanya terdapat pada bagian ujung-ujungnya saja.

Ada dua jenis rotan yaitu rotan sintetis dan alami. Khusus jenis sintetis tampilannya tidak bisa diperbaiki layaknya jenis alami. Inilah kelebihan mebel rotan yang membuatnya lebih awet. 

Tampilan rotan yang memudar adalah hal biasa karena pengaruh panas dan perubahan cuaca. Berbeda dengan kayu yang sebagian besar tahan terhadap hal tersebut. 

Rotan justru kurang cocok jika digunakan untuk mebel teras apalagi taman. Kebanyakan hanya digunakan untuk indoor saja, maksimal di area teras. Warna memudar dari rotan pada dasarnya dapat diperbaiki.  Ada beberapa langkah perbaikan yang bisa diikuti, sebagai berikut.

1. Membersihkan Mebel Rotan 

Debu, kotoran atau air sangat mudah menempel pada permukaan mebel. Ketika udara lembab, bisa menimbulkan kotoran menempel sangat kuat. Anda harus membersihkan semua debu serta kotoran tersebut. 

Cara membersihkannya bisa menggunakan sikat gigi bekas yang diberikan air hangat. Bisa juga dengan kain yang dibasahi. Usai membersihkan semua bagian, Anda bisa mencermati bagian mana saja yang mulai kusam. 

Baca Juga :  Cara Mudah Finishing Meja Kayu Jati Belanda Bernilai Jual Tinggi

2. Mengampelas Permukaan Mebel Rotan

Poses selanjutnya adalah mengampelas permukaan mebel rotan. Pengampelasan bertujuan membuang lapisan cat lama yang tersisa. Selain itu, mempermudah lapisan cat baru agar dapat menempel. 

Gunakan ampelas kertas aluminium oxide No.220. Lakukan hingga lapisan cat lama hilang dan permukaan lebih halus dan bersih. Debu sisa ampelas juga bisa dibersihkan dengan kain microfiber atau mesin vakum. 

Manfaatkan vakum jika banyak area siku yang jadi tempat kotoran. Pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel karena dapat mengganggu tingkat penyerapan cat baru yang akan diaplikasikan. 

3. Cara Mengaplikasikan Wood Stain pada Rotan 

Warna rotan bisa diperbarui dengan menggunakan wood stain. Cara aplikasinya bisa langsung menggunakan kuas bulu nilon. Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain, pilih warna sesuai yang diinginkan. 

Tersedia 20 warna natural yang menyerupai kayu. Jika Anda hanya ingin mengubah warna merata, cukup aplikasikan sekali saja. Proses aplikasinya dimulai dengan mencampurkan stain dengan air, selanjutnya ikuti petunjuk pada kemasan. 

Cara menguas stain sebaiknya dilakukan satu arah saja. Agar lebih mudah Anda bisa menggantung atau membalikan mebel sesuai posisi yang nyaman. Kuas sekali sampai merata dan tinggal tunggu lapisan mengering. 

Stain akan kering dalam waktu 60 menit tanpa perlu dijemur. Jika sudah kering Anda bisa melanjutkan dengan pengampelasan ambang. Kali ini menggunakan ampelas dengan No.400. 

Hasilnya, warna mebel rotan akan lebih tajam dan menarik. Kesan kusam akan hilang. Namun langkah perbaikan tidak cukup sampai di sini saja. Anda harus menggunakan clear coat yang bekerja melindungi mebel serat alam. 

4. Cara Mengaplikasikan Clear Coat 

Pembentukan lapisan film terjadi hanya pada lapisan yang terakhir ini. Warna catnya transparan, namun mebel bisa memiliki tingkat kilap berbeda-beda. Jika Anda menggunakan Biovarnish clear coat, ada dua jenis yang bisa dipilih. 

biovarnish clear coat

Pertama adalah gloss yang bisa memberikan kesan mengkilap dan juga mewah. Kedua adalah matte, yang lebih cocok untuk mebel dengan kesan lebih natural. Clear coat yang ingin dipilih dapat menyesuaikan. 

Baca Juga :  Tips Menghaluskan Tekstur Rak Bunga Kayu dengan Produk Biovarnish

Cara aplikasi Biovarnish Clear Coat hampir sama dengan wood stain, hanya saja tidak ada lagi tahapan pengampelasan. Hanya terdapat langkah terakhir yaitu pengeringan saja. Hasil terbaik dari perbaikan ini akan Anda lihat langsung esok harinya.

Keempat tahapan ini bisa Anda terapkan juga pada kerajinan dari rotan yang sudah mulai memudar. 

Tips Perawatan Mebel Rotan agar Indah dan Tahan Lama 

Kapan perbaikan mebel rotan bisa dilakukan? Anda bisa melakukannya kapan saja. Baik itu ketika sudah bosan dengan warna yang dimilikinya atau ketika mebel sudah pudar. Ciri-ciri rotan yang sudah harus diperbaiki pun sangat mudah dikenali. 

Khususnya jika mebel sering Anda gunakan, artinya tingkat kerusakan lebih cepat terjadi. Beberapa tips berikut ini akan menjaga furnitur berbahan rotan di rumah jadi lebih awet. Jadwal melakukannya pun dapat disesuaikan dengan tingkat penggunaan mebel. 

1. Menjaga Mebel Tetap Bersih 

Kapan terakhir kali Anda membersihkan mebel? Satu bulan atau lebih dari tiga bulan? Menjaga mebel rotan tetap bersih adalah kunci untuk membuat mebel awet. Debu yang terkena kelembaban dapat menjadi sumber rayap. 

Ditambah lagi, kumbang bubuk yang paling cepat menyerang ketika Anda memilih bahan finishing tanpa pengawet kayu. Oleh karena itu, sesering mungkin Anda perlu menghilangkan debu yang menempel. 

Anda bisa melakukannya setiap hari dengan kain kering atau tiga hari sekali. Pilih jenis kain dengan tekstur halus agar tidak melukai permukaan coating rotan. 

2. Hindari Paparan Matahari Langsung

Suka berjemur dengan kursi rotan di pagi hari? Jangan lupa untuk memasukkannya kembali selama Anda tidak menggunakannya. Kursi rotan akan mudah pudar warnanya jika terpapar sinar matahari setiap haris. 

Meskipun Anda sudah menggunakan cat dengan harga mahal sekalipun, warnanya biasanya akan tetap memudar. Jika merasa kesulitan, pilih untuk meletakan mebel di area yang tidak langsung terpapar matahari atau hujan. 

Baca Juga :  Cara Menciptakan Lapisan Cat Paling Aman untuk Box Bayi Kayu

3. Memoles Permukaan Rotan 

Proses poles mebel rotan juga penting dilakukan, tidak hanya furnitur kayu saja. Anda bisa menggunakan bahan poles seperti Biopolish Beeswax untuk memperbaiki dan mempertahankan kilap pada mebel. 

Anda hanya perlu memoles mebel setiap tiga minggu sekali atau satu bulan sekali. Cara memolesnya pun mudah, tinggal ambil sedikit bahan poles kemudian gosok ke permukaan rotan. 

Mebel yang sudah dilapisi bahan ini akan mendapat perlindungan lebih baik dari rayap sampai jamur. Anda pun akan memperoleh tampilan mebel yang jauh lebih mengkilap. 

Selama menerapkan keempat cara di atas dengan benar, terlebih menggunakan Biovarnish, mebel rotan Anda akan tampak sempurna kembali. Anda yang sudah bosan dengan warnanya, tinggal mengganti warna stain kapan saja.