You are currently viewing 9 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Merawat Mebel Rotan Sendiri

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Merawat Mebel Rotan Sendiri

Mebel rotan bisa bertahan lama berkat perawatan yang benar. Tanpa memperhatikan hal ini, kursi dari rotan hanya bisa bertahan kurang lebih dua hingga tiga tahun saja. Perawatan yang dibutuhkan pun tidak jauh berbeda dari mebel kayu. 

Anda sendiri di rumah bisa melakukan perawatan ini. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menyewa jasa perawatan mebel atau membeli mebel baru setiap tahunnya. 

Apa saja yang bisa Anda perhatikan pada saat perawatannya?

Hal Penting untuk Diperhatikan Saat Merawat Mebel Rotan 

kursi rotan yang diletakan di teras rumah

Ada baiknya pada saat Anda membeli mebel, langsung menanyakan kepada penjual bagaimana cara perawatannya. Apakah terdapat instruksi membersihkan secara khusus atau bahan tambahan lainnya. 

Secara umum, perawatan mebel rotan tidak terlalu sulit. Anda juga tidak membutuhkan bahan kimia khusus yang mahal. Intinya perawatan bisa dilakukan sendiri dengan murah meriah. 

Selama melakukan perawatan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Meletakkan Mebel di Area yang Kering 

Tidak kuat dan tahan air seperti kayu, Anda harus menghindari mebel terkena air langsung. Baik itu genangan atau tetesan air hujan, mebel rotan tidak boleh terkena keduanya. 

Air adalah musuh terbesar dari bahan serat alam ini. Anda bisa meletakan mebel di area yang kering seperti di dalam rumah. Hindari menggunakannya di area taman. 

2. Menjaga Mebel agar Bebas dari Debu 

Selain air, Anda juga harus menjauhkan mebel rotan dari debu atau kotoran. Hanya dengan dua hal ini akan memperpanjang usia mebel dari rotan milik Anda. Debu dan kotoran yang dibiarkan terlalu lama dapat membuat serat rotan menjadi lapuk. 

Cara membersihkan dari debu cukup dilap menggunakan kain kering yang halus. Jika debu membandel, basahi kain dan peras agar lebih lembab. Gosok ke area kotoran yang sulit dibersihkan. 

3. Membersihkan dengan Sikat Kecil

Anda bisa juga menggunakan kotoran seperti debu menggunakan mesin vakum. Alat ini cukup efektif mengambil debu di area yang tidak tercover oleh kain. Sedangkan bagian yang cukup sulit lainnya bisa dijangkau dengan sikat gigi yang berukuran kecil. 

Simpan sikat gigi bekas yang masih cukup bagus untuk menyikat area rotan yang kotor. Langkah pembersihan ini bisa Anda lakukan cukup satu minggu sekali saja. 

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Rotan berasal dari tanaman yang ketika dipanen artinya menjadi benda mati. Apabila bahan ini terkena sinar matahari terus menerus ada beberapa efek yang muncul. Pertama, warna rotan akan memudar. Kedua, serat rotan akan cepat rusak. 

Panas akan merusak permukaan mebel rotan secara perlahan. Oleh karena itu Anda harus memilih tempat mebel rotan dengan benar. Jauhkan dari panas matahari, letakan di area yang lebih teduh. 

5. Memberikan Lapisan Pernis 

Ciri-ciri rotan adalah memiliki warna kecoklatan usai dijemur. Warna alaminya ini bisa memudar dan rusak jika tidak dilindungi oleh pernis. Bahan finishing ini berfungsi sebagai lapisan film yang akan membuat tampilan rotan tahan lama. 

biovarnish clear coat untuk rotan

Anda bisa menggunakan pernis berpelarut water based seperti Biovarnish Clear Coat yang memiliki dua pilihan tingkat glossy dari gloss sampai matte. Lapisan ini akan melindungi dari goresan, jamur hingga rayap.

6. Poles secara Rutin 

Setelah Anda menjaga kebersihan dari debu dan meletakan mebel di area kering bebas panas, permukaannya tetap bisa mengalami kerusakan. Penyebabnya bisa karena penggunaan berlebih. 

Untuk menghindari masalah kerusakan yang lebih parah, Anda bisa menggunakan bahan poles. Perawatan ini bisa dilakukan kurang lebih tiga minggu sekali. Lakukan semakin sering jika tingkat penggunaannya cukup tinggi. 

Bahan poles yang direkomendasikan adalah Biopolish Beeswax. Berbekal kain katun kering Anda tinggal meratakan bahan saja ke seluruh permukaan rotan. Hasilnya pun akan lebih mengkilap dan terlindungi. 

7. Refinishing setiap Satu atau Dua Tahun Sekali 

Tahukah Anda bahwa lapisan coating pada rotan akan tetap mengalami kerusakan jika sudah lebih dari setahun. Apalagi jika Anda menggunakannya sebagai mebel di cafe atau tempat yang sering digunakan. 

Perlu pengecatan ulang yang termasuk perawatan jangka panjang. Pengecatan bisa dilakukan hanya dengan clear coat, bisa hanya dengan pernis saja. Refinishing ini dilakukan sesuai dengan kondisi mebel. 

Misalnya warna cat sebelumnya mengelupas, bahan poles saja tidak akan cukup untuk menutupnya. Lakukan pengecatan ulang dengan cara mengampelas keseluruhan mebel rotan sebelum diaplikasi cat.  

8. Hindari Langsung Menempatkan Barang di Atas Meja Rotan 

Perawatan yang baik juga bisa dilihat dari bagaimana cara Anda menggunakan mebel. Contohnya adalah mebel berbentuk meja. Jika ingin awet, selalu letakan coaster sebelum gelas atau cutleries

Coaster akan melindungi top table dari gesekan langsung dengan peralatan makanan. Begitu juga ketika peralatan tersebut memiliki suhu panas atau dingin akibat makanan atau air di dalamnya. 

9. Jangan Lupa Bersihkan Cushion 

Kebanyakan kursi atau sofa dari rotan menggunakan tambahan cushion agar nyaman diduduki. Sebaiknya Anda bersihkan juga cushion ini baik dari isi dan juga sarungnya. Cuci bersih agar tidak ada noda lama menempel. 

Jemur cushion secara teratur untuk menghindari jamur dan bakteri menempel. Kursi pun akan jauh lebih nyaman digunakan. 

Cara Membersihkan Mebel Berbahan Rotan yang Benar  

Menghilangkan debu, bekas noda atau kerak yang menempel pada mebel rotan tidak bisa sembarangan. Salah-salah Anda justru merusak lapisan coatingnya. Oleh karena itu beberapa cara membersihkan berikut ini dapat diikuti. 

1. Membuat Sabun Pembersih 

Anda bisa menggunakan bahan kimia yang aman seperti sabun cuci piring atau shampo. Bahan pembersih ini akan efektif menghilangkan kerak yang membandel. 

Campurkan sabun dengan air hangat, Anda hanya perlu menggunakan sedikit bahan sabun saja. Kemudian aduk sampai berbusa. 

2. Sikat Area yang Berkerak 

Anda juga bisa membersihkan area pada mebel yang kotor dan berkerak. Bersihkan sampai benar-benar bersih kemudian lap dengan kain kering. Pastikan tidak ada cairan sabun yang tertinggal. 

3. Jemur Sebentar 

Terakhir, Anda bisa menjemur mebel sebentar agar sisa air menguap. Jemur sekitar 20 sampai 30 menit atau bisa diangin-anginkan saja. 

Merawat mebel rotan adalah agenda penting dan rutin yang harus Anda lakukan jika ingin mebel rotan Anda lebih awet. Khususnya dalam hal penggunaan pernis dan wood stain, sebaiknya perhatikan dengan baik jenis produknya. 

Biovarnish adalah solusi tepat untuk perawatan mebel rotan dan serat alam lainnya. Clear coat dan wood stain menjadi pilihan terbaik dan juga aman. Anda bisa menggunakannya selama melakukan perawatan ini.