Cat Kayu Tahan Air Mengubah Kitchen Set Kayu Mahoni Jadi Tahan Lama

Memilih kayu mahoni sebagai material kitchen set bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Kayu mahoni yang tahan air sangat cocok dijadikan sebagai kitchen set.

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

Anda ingin memiliki kitchen set yang terbuat dari kayu? Sudahkah Anda memilih kitchen set yang berkualitas? Kualitas dari kitchen set yang terbaik adalah tahan terhadap panas dan juga air. Mengingat dapur adalah wilayah di dalam rumah yang paling sering bersentuhan dengan air dan juga suhu yang panas.

Maka kitchen set juga harus dibuat dengan ketahanan yang baik untuk menghadapi gangguan tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan cat yang berkualitas maka kitchen set akan lebih tahan lama.

Rekomendasi Jenis Kayu

Kebanyakan kitchen set yang terbuat dari kayu tidak dapat bertahan lebih dari setahun. Banyak kasus ibu rumah tangga yang mengalami kerusakan kitchen di rumah Karena kayu yang lapuk dan juga karena kayu yang dimakan oleh rayap. Masalah tersebut muncul akibat permilihan kayu dan bahan finishing untuk kitchen set yang tidak tepat.

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

Untuk jenis kayu yang disarankan untuk pembuatan kitchen set adalah jenis kayu kuat kelas II dan III untuk harga yang murah. Namun jika Anda memiliki budget yang lebih maka Anda bisa menggunakan jenis kayu kelas kuat I dan II seperti kayu jati. Namun jika Anda memiliki budget yang pas-pasan maka pilihlah jenis kayu kelas kuat II dan III seperti misalnya kayu mahoni.

Walaupun masuk ke dalam katagori kelas II bukan berrati cat ini sangat lunak, namun cukup kuat apabila digunakan sebagai material kitchen set. Kayu mahoni juga memiliki warna kayu yang menarik. Untuk membuat kayu mahoni tahan air maka Anda bisa melapisinya dengan cat yang tepat.

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil warna dari kayu mahoni yang natural maka Anda bisa menggunakan pernis kayu yang memberikan hasil warna natural kayu mahoni. Perlindungan dari cat akan membuat kayu mahoni tahan air sehingga tidak akan ada kerusakan dari kitchen set yang disebabkan oleh jamur maupun rayap. Ingin mendapatkan produk cat ini maka simak artikel ini sampai selesai.

Sifat Kayu Mahoni Untuk Pembuatan Kitchen Set

Kayu mahoni adalah jenis tanaman yang bisa dengan mudah ditemukan di Pulau jawa dan inilah yang membuat kayu ini memiliki harga murah. Kayu mahoni biasanya tumbuh dan bisa mencapai tinggi hingga 350 meter dengan diameter sampai 125cm. Bentuk pohonnya silindris dan tidak berbanir dengan tajuk membulat.

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

Warna kayu mahoni pada bagian terasnya adalah coklat mduah kemerahan atau kekuningan hingga coklat tua kemerahan. Semakin kayu menjadi tua maka akan berubah menjadi warna yang lebih tua. Teksturnya yang halus dan permukaan kayu agak licin akan memudahkan proses finishing dengan tampilan serat yang berpadu terkadang bergelombang. Untuk tampilan, kayu mahoni memiliki tampilan kilap yang cukup tinggi.

Kayu mahoni memiliki tingkat keawetan kelas III, sehingga sangat dibutuhkan bahan pangawet untuk membuat kayu lebih tahan terhadap jamur dan juga rayap. Untuk proses pengeringan kayu hingga memiliki tingkat MC kayu standar yaitu 15% maka dibutuhkan proses pengeringan menggunakan oven bisa juga dengan vakum.

Kayu mahoni dengan ukuran ketebalan 2.5 hingga 5 cm biasanya memiliki kadar air hingga 40% apabila Anda ingin mengeringkan dengan cara alami atau dijemur biasa maka membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu sekitar 40 hingga 80 hari. Namun jika mengeringkan menggunakan mesin dengan suhu 43°C – 76°C maka hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa hari saja.

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

Melihat tingkat keawetan dari kayu mahoni yang kelas III ini maka dibutuhkan proses pengawetan menggunakan obat khusus. Anda bisa mengaplikasikannya sebelum proses pengeringan atau dilakukan ketika proses pengeringan berlangsung. Aplikasikan obat ini hingga menyerap ke dalam kayu agar dapat melindungi dan mengawerkan kayu mahoni.

Obat pengawet tersebut juga harus berfungsi melindungi kayu mahoni dari serangan rayap dan jamur. Cara ini sangat efektif untuk mencegah kerusakan pada kayu. Baik saat masih disimpan dalam bentuk kayu atau bahkan ketika digunakan sebagai kitchen set.

Proses Pengawetan Kayu Mahoni Sebelum Diolah

Setelah mengetahui tingkat keawetan dari kayu mahoni tersebut maka sebaiknya sebelum diolah kayu ini diberikan obat pengawet kayu terlebih dahulu. Ada dua jenis obat pengawet kayu yang bisa Anda gunakan yaitu BioCide Insecticide untuk menjaga timbulnya serangga dan juga BioCide Wood Fungicide untuk mengatasi jamur.

Cara aplikasi kedua poroduk tersebut pada kayu mahoni sangat mudah yaitu dengan dicampur menggunakan air saja kemudian kayu mahoni dapat direndam. Untuk cara aplikasinya Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

  • Siapkan kayu mahoni yang akan diawetkan dan sudah dihilangkan dari kulitnya. Jika bisa gunakan kayu yang sudah siap untuk dikeringkan. Siapkan juga bak perendaman khusus.
  • Campukan BioCide Wood Fungisicide dengan air bersih ke dalam bak dengan perbandingan 12 bahan : 100 air. Kemudian campurkan juga BioCide Insecticide ke dalam bak dengan air pebandingan 1 bahan : 300 air.

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

  • Masukan batangan kayu mahoni ke dalam bak yang sudah dipenuhi dengan BioCide kemudian rendam dan tunggi sekitar 15-30 menit tanpa perebusan.
  • Setelah itu angkat kayu mahoni bisa langsung dimasukan ke dalam mesin vakum atau masuk ke dalam tahapan pengeringan.

Kayu mahoni yang sudah diberikan pengawetan akan lebih tahan lama dan juga akan tahan terhadap serangan jamur dan rayap karena telah diberikan perlindungan dari dalam. Selanjutnya adalah tinggal memilih model kitchen set kemudian mengolah kayu mahoni menjadi furniture yang bisa langsung digunakan.

Finishing Kitchen Set Kayu Mahoni Dengan Cat Kayu Tahan Air

Mengenali ciri dari kayu mahoni hingga pada proses pengawetannya sudah Anda dapatkan kini saatnya Anda melakukan proses finishing. Jika perlindungan dari dalam dilakukan mengguanakan obat pengawet khusus maka perlindungan dari luar dilakukan menggunakan cat yang akan membuat kayu tahan air dan rayap.

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

Memilih cat yang mampu untuk melindungi adalah salah satu kebutuhan penting untuk menjaga keberlangsungan agar perlindungan dari dalam dan dari luar terjalin dengan baik. Kini jenis cat yang paling sering digunakan adalah cat kayu water based. Produk cat water based ini akan membuat kitchen set memiliki tampilan yang sangat natural sehingga serat kayu dan juga warna kayu mahoni akan bertahan dengan baik.

Cat water based yang memiliki kelebihan ini tidak lain adalah cat kayu Biovarnish. Produk ini dapat Anda aplikasikan hanya menggunakan kuas saja. Bahkan tidak akan meninggalkan bekas sapuan kuas. Jadi jika berbicara mengenai cat yang akan memberikan tampilan menarik hanya cat kayu Biovarnish jagonya. Lalu bagaimana peranan perlindungan yang diberikan?

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Dengan lapisan yang kuat bahkan tiga lapisan mulai dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish wood stain dan juga Biovarnish Clear Coat maka perlindungan yang diberikan tentu saja sangat maksimal. Perlindungan yang diberikan antara lain adalah ketahanan terhadap air, terhadap goresan, panas dan tidak akan mempengaruhi makanan yang disimpan di dalam lemari dapur.

Sifat racun atau logam berat yang biasanya terdapat dalam cat tidak dimiliki oleh cat water based Biovarnish ini. Jadi sangat aman apabila digunakan sebagai finishing furniture dapur.

Kembali lagi pada masalah tampilan, biasanya banyak ibu rumah tangga yang akan memilih jenis warna kesukaan. Jangan khawatir apabila Anda ingin melakukan finishing sesuai dengan pesanan, cat kayu Biovarnish menyediakan 20 pilihan warna natural dengan tampilan gloss atau matte. Anda bisa menyesuaikan keinginan Anda sehingga tidak perlu khawatir dengan keterbatasan warna yang dimiliki.

Cara Finishing Kitchen Set Kayu Mahoni dengan Biovarnish

Untuk cara finishing kitchen set dengan Biovarnish sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengikut beberapa langkah berikut ini:

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

1. Lakukan Persiapan

Siapkan kitchen set dari kayu mahoni yang sudah kering dengan mc 15% dan juga bersih dari debu. Ketika furniture masih dipenuhi dengan debu amplas maka akan mengganggu cat untuk bisa melekat dengan baik.

2. Aplikasikan Wood Filler

Gunakan Biovarnish Wood Filler mahoni dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu. Aplikasikan searah serat agar bisa masuk dan mengisi pori kayu dengan benar.

Warna Dempul Kayu

Setelah itu tunggu kering sekitar 20 menit baru diamplas dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 240 hingga serat kayu terlihat. Jika masih terdapat banyak lubang pada kayu maka Anda bisa mengisinya kembali hingga mendapatkan permukaan kayu yang rata.

3. Lakukan Pewarnaan

Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain red mahogany dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga tercampur rata kemudian kuaskan searah serat kayu ke seluruh permukaan kitchen set. Tunggu hingga kering sekitar 60 menit setelah diaplikasikan.

Produk Liquid Stain

Kemudian amplas ambang dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 400 hingga permukaan kayu menjadi halus dan rata. Anda bisa mengulang pengecatan jika warna finishing masih kurang sesuai keinginan anda.

4. Gunakan Clear Coat

Proses terakhir adalah memberikan lapisan clear coat dengan Biovarnish Clear Coat antara matt atau gloss. Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga merata.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Clear Coat

Aplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan hingga merata. Tunggu lapisan clear coat mengering sekitar semalaman agar kitchen set bisa digunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.