You are currently viewing 5 Tahapan Atasi Cacat pada Kerajinan dari Kayu Mahoni

5 Tahapan Atasi Cacat pada Kerajinan dari Kayu Mahoni

Cacat pada kerajinan kayu adalah hal yang umum. Demi mendapatkan hasil sempurna Anda perlu tahu bagaimana cara atasi cacat kerajinan dari kayu. Khususnya kerajinan dari bahan kayu mahoni. 

Ciri khas kayu mahoni yang berwarna merah membuatnya tampak eksotis. Kayu ini juga mudah untuk ditemukan serta diolah karena cukup lunak. Hanya saja warna dari kayu dan tingkat lunaknya tersebut sangat mudah timbul cacat. 

Contohnya, cacat karena goresan atau warna belang karena stain yang digunakan tidak tepat. Semua cacat tersebut perlu segera diatasi agar tampilan dari kerajinan bisa tetap menarik. 

Bagaimana cara Anda untuk memperbaiki cacat tersebut bisa disimak berikut ini. 

Lima Langkah Cara Atasi Cacat Kerajinan dari Kayu Mahoni 

Jenis cacat pada kayu ada begitu banyak, baik itu cacat berasal dari kayu atau karena pengolahan. 

Misalnya saja goresan karena proses pengampelasan yang kurang halus. Permukaan kayu bisa tidak rata dan muncul bekas pengampelasan berbentuk lingkaran yang berulang. Sebelum melakukan finishing pada kayu dengan stain dan clear coat , kita perlu terlebih dahulu memperbaikinya. 

Tanpa memperbaiki terlebih dahulu, hasil warna dari kerajinan kayu mahoni akan belang. Bekas ampelas akan terlihat jelas, yang berdampak menurunkan harga jual dari produk kerajinan yang Anda buat. 

Berikut ini lima tahapan dalam atasi cacat kerajinan dari kayu mahoni yang bisa Anda dilakukan. 

Tahap 1. Membersihkan Area Cacat

Cara mengatasi cacat kayu selalu dimulai dengan membersihkan area yang cacat. Khusus kerajinan Anda tentu lebih mudah menemukan bagian cacat. Apabila jumlah kerajinan terlalu banyak, lakukanlah inspeksi. 

Bagian yang cacat terlebih dahulu bisa Anda berikan tanda menggunakan isolasi kertas. Setelah itu bersihkan area tersebut dengan kain. Pastikan bahwa tidak ada debu atau kotoran yang menempel. 

Pada bagian terakhir pada tahap ini, mulailah dengan mengampleas khusus bagian yang cacat. Gunakan ampelas alumunium oxide nomor 180 kemudian 220. Ampelas sampai permukaan menjadi lebih halus dan cacat goresan terlihat lebih jelas. 

Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengampelasan menggunakan kain kering. 

Tahap 2. Mengaplikasikan Wood Filler

Cara menghaluskan kerajinan kayu mahoni adalah menutupnya dengan wood filler. Bahan finishing ini akan menutup cacat tekstur lebih cepat. 

Demi mendapatkan hasil yang rata, kuncinya adalah pada pemilihan produk. Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler yang diformulasikan dari air yang hasilnya jauh lebih halus. Selain itu pastikan bahwa warna yang dipilih tepat. 

Jika jenis kayu mahoni bisa memilih Biovarnish Wood Filler warna mahogany. Cara aplikasinya cukup dengan meratakan menggunakan scrape.

Setelah itu Anda bisa meratakan larutan wood filler ke permukaan kayu mahoni dengan kain. Usapkan sampai merata dan bagian cacat tertutup. Tunggu kering selama 20 menit saja, baru lanjutkan dengan pengampelasan. Gunakan ampelas aluminium oxide kali ini nomor 240.

Tahap 3. Mengaplikasikan Stain

Permukaan kerajinan kayu sudah halus setelah aplikasi wood filler tapi masih ada cacat warna. Perbedaan warna wood filler dengan kayu masih sangat terlihat sehingga Anda harus menutupnya dengan stain. 

Produk stain yang direkomendasikan kali ini adalah Biovarnish Liquid Stain. Sama-sama menggunakan pelarut air, kemampuannya untuk atasi cacat kerajinan dari kayu  mahoni juga sangat baik. Stain ini dapat menyamakan warna kerajinan kayu mahoni. 

Pilihlah Biovarnish Liquid Stain warna mahogany, kemudian campurkan dengan air perbandingan 2:1 hingga homogen. Cukup kuas stain ke permukaan kerajinan kayu, perbanyak pada bagian cacat yang ingin diperbaiki. 

Tunggu kering selama 60 menit maka warna akan kering dan Anda bisa melanjutkan dengan pengampleasan ambang. Kali ini gunakan ampelas nomor 400 pada stain searah serat kayu. Jika sudah amati kembali warnanya. 

Apabila masih terlihat warna belang, aplikasikan stain sekali lagi dan sebagaiman langkah sebelumnya.

Tahap 4. Mengaplikasikan Sanding Sealer 

Anda juga perlu mengunci warna stain untuk atasi cacat kerajinan dari kayu mahoni yang belang. Caranya adalah memanfaatkan produk Biovarnish Sanding Sealer. Juga menggunakan bahan pelarut air, membuat Anda tidak perlu membeli thinner. 

Proses aplikasinya bisa dilakukan ketika stain selesai diampelas ambang dan benar-benar kering. Cara aplikasinya tidak jauh berbeda, cukup campurkan sanding sealer dengan air. Perbandingkan yang digunakan juga 2:1 dan aduk sampai merata.

Kuas sanding sealer ke permukaan kerajinan kayu sampai merata, tunggu kering selama 60 menit dan lanjutkan dengan mengampelas ambang permukaan kerajinan kayu mahoni. Lapisan ini hanya perlu diberikan satu kali saja dan Anda bisa melanjutkan ke langkah kelima. 

Tahap 5. Mengaplikasikan Clear Coat 

Penguncian warna tidak hanya menggunakan sanding sealer saja. Anda juga membutuhkan pernis, dalam hal ini yang digunakan adalah Biovarnish Clear Coat. Produk pernis water based pengganti plitur ini tak hanya menjaga warna tetapi juga substrat kayu. 

Pada saat kerajinan kayu digunakan, terkena sinar matahari atau goresan, clear coat adalah perlindungan paling awal. Bisa dikatakan Biovarnish Clear Coat akan memberikan lapisan pelindung agar kerajinan Anda lebih awet tampilannya. 

Tampilannya juga cukup menarik jika menggunakan clear coat gloss. Keunggulan lain dari clear coat ini adalah tahan goresan. Cara aplikasi lapisan terakhir ini masih sama, cukup campurkan dengan air. Perbandingannya 2:1 kemudian aduk sampai rata.

Kuas clear coat pada kerajinan kayu mahoni searah serat. Jika sudah diamkan selama semalaman agar kering sempurna. Anda akan melihat kerajinan dari kayu mahoni bebas cacat dengan tampilan indah. 

Tips agar Sukses Memperbaiki Cacat Kayu pada Kerajinan

Jika mengikuti kelima langkah tersebut secara runut, cacat akan teratasi dengan baik. Hanya saja untuk hasil dan proses lebih sempurna lagi ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti berikut ini. 

  1. Pastikan Anda menggunakan alat aplikasi berupa kuas yang ukurannya sesuai dengan kerajinan. Dengan begitu cacat akan lebih mudah untuk ditutup. 
  2. Hindari untuk mengaplikasikan wood filler tanpa dilarutkan dengan air khusus untuk cacat goresan ringan. Tujuannya agar filler menutup sempurna pori kayu. 
  3. Selalu ampelas kayu ketika coating sudah kering, sesudahnya bersihkan debu ampelas dengan kain. 
  4. Pilih rangkaian produk aman seperti Biovarnish baik dari wood filler hingga clear coat. Bukan hanya aman bagi kesehatan dan lingkungan tetapi juga hasilnya lebih optimal. 

Bagi Anda yang ingin atasi cacat kerajinan dari kayu mahoni menggunakan Biovarnish segera dapatkan produknya sekarang juga. Biovarnish mudah diaplikasikan hanya dengan kuas dan dilarutkan dengan air. 

Anda bisa membeli semua produk Biovarnish dengan mudah secara online hanya dengan klik link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/catkayu 
  2. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased 
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official