You are currently viewing Kursi Kayu Jati di Rumah Mulai Kusam? Atasi dengan Ini

Kursi Kayu Jati di Rumah Mulai Kusam? Atasi dengan Ini

Semahal dan sebagus apapun kursi kayu jati yang Anda beli suatu saat pasti akan kehilangan kilapnya. Ketika kursi sudah mulai kusam Anda harus segera melakukan perbaikan agar kerusakan tidak bertambah parah. 

Apa yang terjadi pada kursi kayu jati saat tampilannya kusam? Hanya lapisan coating utamanya saja yang mulai terkikis. Soal kondisi kayu jati sendiri masih tetap aman karena tertutup dengan lapisan coating yang kuat. 

Ketika Anda memutuskan untuk memperbaiki kursi kayu jati yang kusam tersebut tentu ada langkah-langkah yang harus diikuti. Bukan sekedar memberikan lapisan pernis saja. Pemilihan bahan finishing dan bagaimana teknik mengecatnya jadi pertimbangan besar. 

Penyebab Kursi Kayu Jati di Rumah Cepat Kusam 

Jangan anggap remeh tampilan kursi dari bahan kayu yang mulai kusam. Apabila Anda membiarkannya, kerusakan bukan hanya dialami bagian coating tetapi juga permukaan kayu langsung. 

Oleh karena itulah setelah perbaikan Anda tetap harus melakukan perawatan dan menghindari penyebab-penyebab kursi bisa kusam. Apa saja penyebabnya? Berikut ini pejelasannya. 

• Sering Terkena Sinar Matahari 

Kursi kayu jati yang diletakkan di luar ruangan lebih cepat kusam dibandingkan kursi indoor. Hal ini karena sinar matahari yang mengandung sinar uv membuat tingkat kilap dari coating lama kelamaan menurun kualitasnya. 

Tidak heran jika jenis coating yang digunakan antara furnitur indoor dan outdoor biasanya berbeda. Coating khusus outdoor memiliki perlindungan lebih tinggi terhadap sinar uv yang mampu mempertahankan kilap. 

• Terlalu Sering Dibersihkan

Anda mungkin sangat sayang dengan kursi kayu klasik dari bahan jati yang merupakan warisan keluarga atau membelinya dengan harga mahal. Kebiasaan membersihkan kursi memang dibutuhkan tetapi harus dengan cara yang tepat. 

Jika terlalu sering membersihkannya apalagi jika menggunakan kain lap dan bahan pembersih kaca tentu akan mengikis permukaan coating. Lama kelamaan tampilan dari kursi pasti akan kusam. Sebaiknya bersihkan sesekali menggunakan bahan poles kayu khusus. 

• Penggunaannya

Penyebab yang satu ini tentu tidak dapat dihindari karena kursi bukan hanya furnitur dekorasi saja tetapi untuk digunakan. Adanya gesekan karena penggunaan lama kelamaan membuat tampilan coating jadi menurun tingkat kilapnya. 

Tampilan kusam biasanya akan terlihat di beberapa bagian yang sering digunakan. Misalnya bagian sandaran kursi, dudukan dan juga lengan kursi. Tak hanya kusam, warna dari kursi juga bisa memudar. 

Atasi segera penyebab kursi kayu jati di rumah yang sudah mulai kusam. Anda bisa mengerjakan perawatan kursi kayu jati Anda di akhir pekan. Prosesnya tidak akan memakan waktu lama karena tidak terlalu banyak alat dan bahan yang digunakan. 

Meskipun Anda bukanlah orang yang profesional atau menekuni hobi perkayuan, mengecat kursi jati bukanlah perkara yang sulit. 

4 Langkah Perbaikan Kursi Kayu Jati Kusam 

Semua jenis kursi kayu jati milik Anda bisa mengalami kusam dalam beberapa tahun penggunaan. Anda harus paham akan perawatan yang diperlukan, salah satunya adalah pengecatan ulang. 

Apa yang dimaksud dengan mengecat ulang bukan dalam skala penuh, di mana Anda harus menghilangkan coating lama dengan alat ampelas. Jika masalahnya adalah kursi kayu jati kusam, Anda cukup menggunakan dua bahan saja untuk perbaikan. 

Pertama adalah sanding sealer dan kedua adalah clear coat. Dua bahan ini saja sudah cukup untuk membuat tampilan kursi berubah kembali seperti furnitur baru. Adapun langkah perbaikannya dapat disimak pada penjelasan berikut ini. 

Langkah 1. Membersihkan Permukaan Kayu

Persiapan adalah hal penting dalam pengecatan. Dalam hal ini Anda harus membersihkan substrat kursi jati milik Anda. Ada beberapa cara membersihkan yang bisa diikuti. Pertama adalah mengelap semua bagian dari kayu. 

Gunakan lap setengah basah atau lembab yang bersih agar semua kotoran benar-benar terangkat. Kedua, tutup bagian kursi yang terbuat dari bahan anyaman atau busa dan kain supaya cat nanti tidak mengotori bagian tersebut. 

Anda bisa menutupinya dengan kertas koran kemudian isolasi kertas. Pastikan kembali semua bagian tersebut tertutup rapat. Setelah itu, mulailah dengan mengampelas kursi kayu jati. 

Ampelaslah sampai permukaan coating terangkat dan kayu berwarna sama. Mulai dengan ampelas nomor 180 kemudian 220. Cek apakah hasil ampelas sudah benar-benar halus. Bersihkan semua debunya baru lanjut ke langkah kedua. 

Langkah 2. Mengaplikasikan Sanding Sealer 

Produk Biovarnish untuk pengecatan ulang kursi kayu jati kusam

Pilihlah produk Biovarnish Sanding Sealer di tahapan kedua ini karena termasuk kategori cat water based yang aman digunakan. Hasilnya pun lebih bagus karena daya rekatnya tinggi. 

Jika bahan sudah siap, Anda bisa melarutkannya terlebih dahulu dengan air, aduk rata kemudian kuaskan ke permukaan kursi kayu jati. Ikuti arah serat kayunya agar hasilnya rapi. Warna sanding sealer saat diaplikasikan transparan, jadi sebaiknya kuas tipis-tipis saja. 

Sanding sealer yang sudah rata ditunggu kering selama 60 menit, jika sudah baru ampelas ambang. Gunakan ampelas halus nomor 400 dan searah serat kayu, bersihkan serbuk ameplasnya dengan kain yang kering kering. 

Langkah 3. Mengaplikasikan Clear Coat

Lapisan yang berperan penting untuk membuat kursi kayu jati tampil mengkilap kembali adalah Biovarnish Clear Coat. Sama-sama rangkaian produk water based, Anda akan lebih mudah mengaplikasikannya. 

Pilih clear coat gloss agar kursi bisa membuat kursi kayu jati tampil mengkilap seperti semula. Pertama, campurkan clear coat dengan air terlebih dahulu. Aduk sampai rata agar tidak ada bahan yang masih mengendap. 

Ketika sudah selesai, Anda bisa menguaskan di atas permukaan lapisan kursi dan ikuti juga arah serat. Ketika diaplikasikan clear coat akan berwarna putih namun jika sudah kering akan berubah menjadi transparan juga mengkilap. 

Berhati-hatilah untuk mengecat agar tidak terlalu tebal. Jika sudah rata biarkan kursi mengering selama 24 jam. Anda akan langsung melihat hasil kilap setelahnya dan baru lepaskan kertas koran yang menutupi dudukan serta sandaran kursi. 

Langkah 4. Memoles Permukaan Kayu

Usai mengaplikasikan clear coat bukan berarti tugas Anda sudah selesai. Tanpa adanya perawatan setelah lapisan clear coat (pemolesan), tampilan kilap dari kursi kayu jati tidak akan bertahan lama. Anda perlu melakukan pemolesan setelah seminggu kursi selesai dicat ulang. 

Mengapa seminggu? Karena menunggu full curing dari coating yang artinya lapisan sudah kering benar. Anda bisa menggunakan Biopolish Natural Oil untuk pemolesannya yang diulang setiap bulan sekali. 

Cara memolesnya pun sangat mudah, tinggal kuaskan tipis ke permukaan kursi kayu lalu gosok dengan kain kering sampai permukaan tidak lengket dan mengkilap. Apabila terdapat debu sebaiknya bersihkan kursi kayu dengan kain kering terlebih dahulu.