Persiapan Penting Sebelum Membuat Kursi Kayu Minimalis untuk DIY

Untuk membuat kursi kayu minimalis, Anda tentu membutuhkan persiapan. Tahap persiapan dalam membuat kursi  kayu minimalis harus Anda lakukan dengan maksimal. Termasuk saat Anda memilih bahan finishing yang akan digunakan. Pada tahap persiapan ini, Anda sudah bisa menentukan sendiri kualitas kursi kayu minimalis yang akan Anda buat.

Mencari Finishing Yang Ramah Lingkungan Pada Kursi Tamu Jati Minimalis

Para DIY, tahukah Anda persiapan adalah kunci penting keberhasilan Anda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan? Tanpa adanya persiapan ini Anda tidak akan mendapatkan kursi yang memiliki penampilan menarik, kuat dan juga tahan lama. Maka persiapan membuat kursi adalah yang paling utama khususnya untuk pengguna kursi nantinya.

Persiapan Membuat Kursi Kayu Minimalis

Dalam mempersiapkan membuat kursi Anda harus tahu manakah model atau gaya kursi yang akan dipilih. Bagi pemula, kursi minimalis adalah kursi yang paling mudah dibuat. Kursi ini tidak membutuhkan banyak biaya bahkan untuk membuat satu kursi bahan yang digunakan tidak terlalu banyak. Ini dikarenakan ukuran kursi dan model kursi yang sangat sederhana.

subsidi ongkir Persiapan Penting Sebelum Membuat Kursi Minimalis Sendiri

Namun karena sederhana Anda tidak boleh meremehkan atau tidak memperhatikan bagaimana ukuran dan gaya yang dipilih. Dalam pelajaran mempersiapkan material dan perlengkapan sebelum membuat kursi ini Anda bisa mempelajarinya melalui artikel ini.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan? Apa saja alat yang digunakan, bagaimana Anda bisa mengukurnya dan apa saja bahan finishing yang bisa Anda gunakan? Semua berawal dari desain kursi. Walaupun minimalis, ada beberapa desain yang bisa Anda pilih dan gunakan. Pastikan desain Anda matang disertai dengan ukuran dan skala yang tepat agar Anda lebih mudah mengukur dan memotong material untuk dipasang.

Masalah desain ini Anda bisa membuatnya secara kasar atau bisa juga menggunakan komputer. Modern ini menggunakan komputer untuk pembuatan desain lebih diandalkan karena di sana Anda bisa memberikan ukuran yang tepat kemudian mencetak desain tersebut dan cermati mana saja yang akan Anda kerjakan terlebih dahulu.

1. Persiapan Material Kayu dan Peralatan

Jika desain dalam bentuk gambar hardcopy sudah Anda dapatkan maka selanjutnya Anda perlu memilih bahan kayu. Material kayu ada berbagai macam, Anda hanya perlu memilihnya sesuai dengan fungsi kursi nantinya. Apabila Anda ingin menggunakan kursi sebagai kursi teras maka pilih jenis kayu seperti jati. Untuk harga yang lebih murah gunakan jati muda.

Sedangkan untuk kursi indoor Anda bisa menggunakan kayu yang lebih lunak seperti kayu ulin atau kayu jati belanda bahkan kayu pinus. Kayu-kayu ini cocok digunakan dalam ruangan bahkan memiliki serat yang apik. Nah untuk memulainya Anda bisa membeli kayu-kayu ini di toko kayu terdekat.

Pilihlah kayu yang tidak banyak cacat lubang dan mata kayu karena akan mempersulit untuk memotongnya. Kemudian pilih kayu dengan warna yang sama atau tidak terlalu beda warna kayu gubal dan kayu teras. Anda akan lebih mudah melakukan finishing dengan pernis nantinya. Beli kayu sesuai dengan ukuran meja sehingga kayu yang dibeli tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit.

Selanjutnya bawa pulang kayu Anda dan siapkan peralatan. Untuk alat yang digunakan Anda bisa menggunakan saw table untuk memotong kayu. Namun Anda juga bisa menggunakan gergaji manual jika tidak memiliki alat tersebut. Siapkan alat amplas listrik jika memilikinya, siapkan juga clamp jika Anda akan mengelem setiap siku kursi.

Meteran untuk mengukur dan juga terakhir adalah peralatan keamanan. Dalam menciptakan sebuah kursi kayu minimalis Anda membutuhkan beberapa alat pengaman seperti kacamata untuk melindungi mata dari serpihan kayu, masker agar Anda tidak menghirup serbuk kayu dan juga penutup telinga untuk melindungi suara keras dari mesin pemotong.

Persiapan Penting Sebelum Membuat Kursi Minimalis Sendiri

2. Cara Merakit Kursi Kayu Minimalis

  • Ukur semua kayu yang telah Anda beli kemudian potong berdasarkan ukuran yang telah ditentukan.
  • Jika Anda akan menggunakan lem sebagai perekat siku kayu maka amplas seluruh bagian siku sebelum Anda mengaplikasikan lem.
  • Amplas seluruh permukaan media, proses ini akan membantu permukaan pori kayu terbuka dan membuat lem lebih mudah menyerap ke dalam pori kayu.
  • Jika Anda sduah selesai merekatkan gunakan clamp dan diamkan selama beberapa jam. Maka lem akan meresap dan Anda akan mendapatkan siku kursi yang kuat.
  • Setelah proses perakitan kursi selesai Anda perlu melapisi kursi dengan pernis atau plitur. Anda bisa memilih beberapa jenis bahan finishing yang cocok untuk kursi minimalis Anda.

Produk Finishing Tepat untuk Kursi Kayu Minimalis

Jika Anda sedang bingung memilih produk minimalis, di sini Anda bisa memilihnya dengan mudah. Ada banyak produk dan merk yang bisa Anda pilih. Ketahui bahan pelarut cat akan memudahkan Anda memilih jenis cat yang tepat. Pertama adalah cat solvent, cat solvent adalah cat yang dapat digunakan dengan bahan pelarut thinner. Kedua adalah cat water based, cat ini dapat digunakan dengan bahan pelarut air.

Persiapan Penting Sebelum Membuat Kursi Minimalis Sendiri

Manakah yang terbaik dari cat solvent dan cat water based? Jika dilihat dari daya tahan dan harganya kebanyakan orang akan memilih cat kayu solvent. Banyak orang yang menanggap bahwa cat water based adalah cat yang mahal dan tidak tahan lama. Namun apakah benar begitu?

Anda bisa mencoba melakukan finishing dengan cat Biovarnish yang merupakan cat water based pengganti plitur dan pernis konvensional seperti shelac. Produk Biovarnish yang terdiri dari wood filler, wood stain dan clear coat akan menciptakan lapisan film yang kuat bahkan ketahanannya mencapai lebih dari tiga tahun untuk furnitur dalam ruangan seperti ruang tamu.

Jika dilihat dari ketahanannya, cat ini bisa Anda aplikasikan pada kursi teras yang akan terkena panas matahari terus menerus atau hujan dan kelembapan yang tinggi. Adanya wood filler yang akan mengunci fungsi dari pori kayu akan menghambat penyerapan uap air dan juga mempertahankan warna kayu tetap alami tidak memudar. Dengan kata lain anggapan mengenai cat water based yang tidak tahan lama adalah salah.

Finishing Lebih Hemat dengan Cat Water Based Biovarnish

Jika berbicara mengenai standar keamanan yang sudah jelas terjamin, Anda pasti mulai berfikir mengenai biaya. Bicara soal harga, sepertinya segala sesuatu yang lebih berkualitas biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Tetapi tidak dengan cat water based Biovarnish ini, jika Anda mengetahuinya Anda pasti akan semakin takjub.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Kebanyakan cat water based dijual dengan harga 70 ribu ke atas per liter atau per kilonya. Sedangkan untuk cat solvent Anda bisa mendapatkan harga di bawah harga tersebut. Namun pasti Anda lupa untuk mempertimbangkan bahan pelarut yang digunakan.

Cat solvent adalah cat  yang membutuhkan thinner. Penggunaan thinner dalam satu liter atau satu kilo cat cukup banyak dan harganya pun tidak murah. Thinner adalah cairan yang mudah menguap sehingga Anda harus bersiap dengan penggunaannya yang sangat boros. Maka bukan tidak mungkin jika Anda membutuhkan dua liter thinner untuk aplikasi satu liter cat solvent. Uang yang harus Anda keluarkan pun juga akan lebih banyak.

Persiapan Penting Sebelum Membuat Kursi Minimalis Sendiri

Sedangkan jika Anda menggunakan cat water based Anda tidak perlu membeli thinner. Produk cat yang digunakan hanya membutuhkan air di mana Anda tidak perlu membelinya dengan harga mahal. Adna hanya perlu menyiapkan air yang tidak asam atau memiliki ph kurang lebih 7. Ph ini sangat baik dan tidak akan merusak cat water based ketika dicampurkan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk bahan pelarut bukan?

Nah jika dibandingkan akan lebih untung jika Anda membeli cat water based seperti cat Biovarnish untuk finishing kursi baru Anda. Cat water based merk Biovarnish ini masih menyimpan banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.