Tips Memilih Finishing yang Tepat untuk Kursi Kayu Minimalis Modern

Memiliki kursi minimalis modern dengan finishing terbaik tentu menjadi keinginan semua orang, untuk mendapatkannya simak tips memilih bahan finishing yang tepat untuk kursi minimalis modern disini!

Tidak mudah memilih warna khususnya untuk pada gaya minimalis. Fungsi dari gaya minimalis  yang membuat ruangan tampak bersih dan luas sangat cocok digunakan untuk anda yang memiliki space tempat yang kecil. Bagaimana dengan pemilihan warna pada perabotan seperti kursi misalnya?

Agar tidak salah memahami mengenai gaya minimalis, simak berbagai informasi penting mengenai finishing kursi gaya minimalis beserta tips untuk memilih bahan finishingnya disini.

subsidi ongkir

Tips Memilih Warna Kursi Minimalis Modern

Warna yang terdapat pada gaya minimalis sangat terbatas, jadi Anda harus berhati-hati dalam memilihnya agar tidak menyimpang dari gaya yang sesungguhnya. Kursi kayu minimalis adalah alternatif yang mudah dan juga paling cepat untuk diberikan warna baru. Bagi gaya minimalis kursi yang memiliki warna natural kayu akan memberikan kesan netral dalam ruangan.

Mendapatkan Ukuran Meja Makan Minimalis Dan Kursi Yang Tepat

Saat memilih skema warna, gunakan warna sederhana untuk menciptakan kesan minimalis yang sempurna. Untuk gaya ruangan yang dinamis, pilih salah satu dari gaya kombinasi warna ini:

  1. Monokromatik: berbagai nuansa dari satu warna.
  2. Analog: warna yang muncul di samping satu sama lain pada warna utama
  3. Pelengkap: warna yang muncul di sisi berlawanan dari warna utama yang dipilih, seperti biru dan oranye atau merah dan hijau.
  4. Split-complementary: warna apa pun pada warna utama serta dua yang membatasi warna.
  5. Triadic: tiga warna yang merata saat melihat warna utama.

Ide paling mudah untuk mendapatkan gaya minimalis pada ruang tamu adalah cara kedua yaitu dengan warna analog. Warna ini hanya mengandalkan warna hitam dan juga putih. Dengan penempatan tepat warna kayu dari kursi natural akan tepat diletakan di dalanya.

Misalnya saja Anda memilih dinding warna putih dengan lis warna hitam yang akan memperlihatkan tingkat keluasan dalam ruangan. Karpet berwarna hitam dengan coffee table warna natural cokelat terang dari kayu jati senada dengan warna kursi tamu. Letakan beberapa pot tanaman di beberapa pojok ruangan untuk menambah kesan natural.

Finishing yang Bagus untuk Kursi Indoor

Ada beberapa kualitas cat yang harus dimiliki walaupun kursi minimalis hanya akan diletakan di dalam ruangan. Ini tidak memungkiri apabila cat akan mengalami kerusakan karena rayap dan juga jamur. Berikut ini contoh kualitas yang harus dimiliki bahan finishing dalam ruangan.

1. Bahan kimia yang terdapat dalam cat

Sebaiknya, jangan gunakan cat yang mengandung bahan kimia berbahaya pada cat. Aplikasi cat dengan bahan kimia berbahaya seperti pada cat solvent based akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Terlebih dengan baunya yang menyengat karena kandungan formaldehide yang tinggi. Gunakan cat water based yang aman digunakan karena memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang rendah. Cat kayu water based sangat aman digunakan pada finishing kursi minimalis.

2. Perlindungan pada kayu

Memilih Finishing Tepat untuk Kursi Minimalis Modern

Perlindungan dari cat berada di lapisan terluar kayu, jika terdapat goresan dan membekas akan mempermudah kelembaban dan tumbuhnya jamur. Maka jenis cat yang direkemendasikan adalah cat dengan lapisan kuat namun lentur yang akan menyesuaikan bentuk kayu yang mudah memuai dan mengecil. Lapisan film ini dibutuhkan untuk melindungi khususnya kelembaban pemicu jamur dan rayap.

3. Tampilan warna

Kursi minimalis modern dengan warna natural tingkat yang transparansinya tinggi sangat dibutuhkan. Anda akan mendapatkan hasil finishing kursi minimalis modern dengan serat kayu yang tampak eksotis. Cat water based sangat cocok digunakan karena memiliki keunggulan ini.

4. Tingkat glossy

Ada banyak tingkat glossy yang bisa dipilih sesuai dengan sheen level. Ada beberapa tingkat sheen level namun tidak semuanya dimiliki oleh produk cat. Anda cukup memilih yang akan memenuhi keinginan Anda. Apakah Anda membutuhkan tampilan gloss atau natural.

Cara Finishing Kursi Minimalis Modern

Melakukan finishing kursi minimalis Anda sendiri merupakan pilihan mudah untuk penghematan. Tidak perlu menyewa tukang profesional untuk mengatasi hal ini. Jika Anda membeli kursi yang belum difinishing, maka cat kayu water based Biovarnish akan memberikan solusi untuk Anda.

Sebagai cat water based, Biovarnish memberikan varian kemudahan mulai dari cara aplikasi yang cepat dengan kuas dan air, waktu kering dalam ruangan, pilihan warna yang beragam dari 20 warna, dan terakhir adalah keamanan yang diberikan. Tingkat transparansi dari cat sesuai dengan kebutuhan serat dan warna kayu asli.

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

Agar Anda mendapatkan hasil kursi minimalis yang tahan lama maka finishing close pore akan menjadi pilihan yang baik. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Lakukan pengamplasan pada kursi kayu dengan amplas kasar seperti nomor 150. Bersihkan debu amplas dan pastikan permukaan kayu bersih, rata, halus dan kering.
  2. Pengaplikasian Biovarnish wood filler disesuaikan dengan warna kayu. Aplikasikan dengan pisau palet kemudian ratakan berlawanan arah pori kayu. Tunggu kering dan amplas sambil ditekan hingga serat kayu terlihat dengan amplas 240. Jangan lupa untuk membersihkan debu amplas.
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain dengan warna yang telah dipilih. Campurkan wood stain liquid dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Kuaskan dengan kuas busa searah serat kayu hingga rata, tunggu lapisan cat kering dan Anda bisa mengamplas ambang dengan amplas 400. Jika warna kurang rata, aplikasikan wood stain  liquid kembali dan lakukan langkah yang sama hingga warna sesuai didapatkan.
  4. Terkahir pengaplikasikan Biovarnish Clear Coat. Pilih clear coat yang ingin didapatkan natural dengan matte dan mengkilap dengan gloss. Campur clear coat pilihan Anda dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan dengan kuas busa bersih searah serat kayu, tunggu lapisan kayu kering hingga 24 jam. Kursi akan mengering dalam ruangan bersih dengan ventilasi udara yang baik. Selanjutnya Anda bisa langsung menggunakan kursi minimalis di rumah.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish Liquid Stain"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.