You are currently viewing Ini Dia Tips Memilih Bahan dan Cara Finishing Kursi Jati Minimalis

Ini Dia Tips Memilih Bahan dan Cara Finishing Kursi Jati Minimalis

Memiliki kursi jati minimalis dengan finishing terbaik tentu menjadi keinginan semua orang, untuk mendapatkannya simak cara finishing kursi jati minimalis disini!

Sebagai seorang pemula, anda pasti seringkali bingung ketika dihadapkan pilihan untuk melakukan finishing pada kursi kayu jati. Anda mungkin sudah membuat kursi dari bahan kayu jati dengan susah payah namun karena pilihan finishing yang salah, hasilnya tidak memuaskan.

Mencari Finishing yang Ramah Lingkungan Pada Kursi Tamu Jati Minimalis

Pilihan gaya finishing yang patut anda coba sebagai seorang pemula adalah gaya minimalis. Kursi jati minimalis masih tetap banyak digandrungi karena mudah dikombinasikan dengan berbagai gaya desain ruangan. Gaya minimalis juga sangat lekat dengan kesan natural sehingga anda juga dapat menambah kesan hangat saat menggunakannya di rumah.

Tips Memilih Bahan Finishing untuk Kursi Jati

Kualitas kayu jati yang anda gunakan haruslah terlihat sempurna saat digunakan sebagai kursi minimalis. Agar mendapat hasil finishing kursi jati minimalis terbaik, anda perlu memilih dan menggunakan bahan finishing berkualitas. Simak tips memilih bahan finishing untuk kursi jati berikut ini:

1. Kandungan bahan kimia dalam cat

Penting untuk memperhatikan kandungan bahan kimia dalam cat. Sebaiknya, jangan gunakan cat yang mengandung bahan kimia berbahaya pada cat. Aplikasi cat dengan bahan kimia berbahaya seperti pada cat solvent based akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Terlebih dengan baunya yang menyengat karena kandungan formaldehide yang tinggi. Gunakan cat water based yang aman digunakan karena memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang rendah. Cat kayu water based sangat aman digunakan pada finishing kursi jati minimalis.

2. Bahan pelindung kayu

Memilih Finishing Tepat untuk Kursi Minimalis Modern

Jenis cat yang direkomendasikan adalah cat dengan lapisan kuat yang fleksibel sehingga akan menyesuaikan bentuk kayu yang mudah memuai dan mengecil. Lapisan film ini dibutuhkan untuk melindungi berbagai gangguan yang berpotensi merusak kayu, termasuk kelembaban pemicu jamur dan rayap.

3. Tampilan warna

Kursi minimalis sangat bagus jika dikombinasi dengan gaya natural. Sehingga sebaiknya gunakanlah cat yang memiliki tingkat transparansi tinggi. Hal ini  sangat dibutuhkan agar anda mendapatkan hasil finishing kursi minimalis natural dengan serat kayu yang tampak eksotis. Cat water based sangat cocok digunakan karena memiliki keunggulan ini.

4. Tingkat glossy

Ada banyak tingkat glossy yang bisa dipilih sesuai dengan sheen level. Ada beberapa tingkat sheen level namun tidak semuanya dimiliki oleh produk cat. Anda cukup memilih yang akan memenuhi keinginan Anda. Apakah Anda membutuhkan tampilan gloss atau matte.

Cat Water Based untuk Finishing Kursi Jati Minimalis

Untuk mendapatkan bahan finishing kursi kayu jati minimalis, anda dapat menggunakan cat water based sesuai dengan tips diatas. Cat water based adalah jenis cat kayu yang memudahkah para penggunanya serta memberikan hasil finishing yang terbaik. Biovarnish adalah merk cat water based yang direkomendasikan untuk finishing kursi jati minimalis.

Warna natural dari biovarnish liquid stain akan membuat kesan minimalis natural semakin terlihat. Cara aplikasi yang fleksibel membuat anda lebih mudah menggunakannya. Anda bisa menggunakan kuas maupun spray gun. Biovarnish liquid stain telah diformulasikan sesuai dengan standar regulasi bahan kimia internasional (EU-ECHA Reach Regulation compliance dan US EPA Regulation Compliance).

Perbandingan Cara Mengecat Kursi Kayu dengan Kuas dan Semprot

Produk ini memiliki kadar VOC (Volatile Organic Compound) dibawah standar yang ditetapkan. Sehingga keamanan bahan ini terjamin saat diaplikasikan oleh aplikator maupun bagi keamanan lingkungan di sekitarnya. Tersedia varian produk yang lengkap dilengkapi dengan warna yang beragam.

Penggunaan produk biovarnish juga lebih hemat, karena anda hanya perlu menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Aplikasinya juga cenderung kering, sehingga waktu aplikasi juga lebih cepat. Untuk mendapat hasil finishing kursi kayu jati minimalis berkualitas, anda dapat menggunakan cat water based biovarnish.

Cara Finishing Kursi Jati Minimalis dengan Biovarnish

Bagaimana caranya? Berikut ini cara aplikasi sekaligus produk apa saja yang harus anda gunakan untuk melakukan finishing kursi jati minimalis:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu yang akan dilakukan finishing menggunakan amplas nomor 240, lalu di sempurnakan menggunakan kertas amplas 400
  2. Kemudian aplikasikan WA-250 sebagai bleaching, fungsinya untuk menyamakan warna, dan menghilangkan noda yang terdapat pada permukaan kayu
  3. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer, fungsinya untuk mempertajam warna dan mencegah tumbuhnya bulu pada permukaan kayu
  4. Amplas kembali permukaan kayu yang telah diaplikasikan sanding sealer, agar serat kayu tetap terlihat setelah aplikasi selesai
  5. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain Walnut Brown. Varian Walnut Brown pada Liquid Stain series menjadikan kayu jati berwarna coklat tua, dan serat kayu tetap terlihat.
  6. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss. Fungsi top coat ini adalah mempertahankan hasil finishing dalam jangka waktu yang lama. Keunggulan Clear Coat Gloss Biovarnish ini adalah menjadikan media menjadi mengkilap, namun tetap memiliki transparansi tinggi, sehingga serat kayu tetap terlihat sempurna.

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh biovarnish liquid stain yang menjadikannya sangat cocok digunakan sebagai pewarna kursi kayu jati minimalis, diantaranya adalah:

  • Aman dan ramah lingkungan

Diformulasikan sebagai cat water based yang ramah lingkungan dengan memperhatikan standar keamanan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh EU-ECHA Reach Regulation compliance dan US EPA Regulation Compliance dengan kadar VOC yang rendah sehingga aman dan ramah lingkungan untuk digunakan baik bagi aplikator maupun bagi lingkungan sekitar

  • Cepat kering

Anda dapat mengeringkan lapisan finishing dengan biovarnish liquid stain tanpa perlu menggunakan panas matahari. Pengeringan dapat terjadi ±20 menit dengan mengandalkan suhu ruang, sehingga anda dapat melakukan finishing kapan saja meski dalam kondisi hujan.

  • Transparansi warna baik

Produk ini memiliki transparansi warna yang tidak kalah dengan cat solvent based. Transparansi warnanya akan bantu menonjolkan serat dari kayu jati sehingga lebih jelas.

  • Penetrasi warna cepat

Dari segi waktu, anda dapat lebih cepat saat melakukan finishing dengan produk ini karena biovarnish liquid stain dapat meresap dengan cepat setelah diaplikasikan pada media termasuk pada kursi jati minimalis. Selain itu, anda juga akan lebih hemat karena tidak perlu berulang kali melakukan aplikasi agar mendapat warna yang lebih tajam.

  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim

Keunggulan selanjutnya adalah, produk ini tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Sehingga produk ini juga dapat anda gunakan untuk kursi jati indoor maupun outdoor. Penggunaannya akan melindungi kursi dari pengaruh sinar UV maupun kondisi hujan.

  • Mudah diaplikasikan

Dan tentu saja, produk ini sangat mudah diaplikasikan. Proses aplikasinya dapat dilakukan dengan menggunakan kuas maupun menggunakan spray gun. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.